course-net
Search
Close this search box.

Ubuntu Adalah : Definisi Ubuntu Server , Kelebihan & Jenisnya

Minet

March 5, 2024

Ubuntu Adalah : Definisi Ubuntu Server , Kelebihan & Jenisnya

Ubuntu Adalah : Definisi Ubuntu Server , Kelebihan & Jenisnya  – Ubuntu merupakan sebuah sistem operasi yang berbasis Linux dan memiliki banyak fitur. Sistem operasi Ubuntu sifatnya open source jadi dapat digunakan secara gratis oleh penggunanya. Itulah mengapa lebih dari 3 miliar menggunakan Ubuntu, seperti perusahaan besar Dell hingga Zendesk menggunakan sistem operasi satu ini.

Nah, bagi Anda yang penasaran dengan penjelasan lengkap tentang Ubuntu, kelebihan dan jenis-jenisnya bisa simak penjelasan di bawah ini.

Ubuntu Adalah ? Yuk Pelajari Tentang Ubuntu Server

Apa Itu Ubuntu? Ubuntu Adalah

Ubuntu adalah sistem operasi atau OS yang dikembangkan dari program inti Linux. Itulah alasannya kerap disebut dengan Linux Ubuntu. Ubuntu pertama kalinya dirilis di tahun 2004 oleh perusahaan Canonical dan perusahaan ini didirikan oleh Mark Shuttleworth dan tim lainnya yang pada awalnya merek adalah developer OS Debian.

Mark beserta timnya ingin membuat OS yang berbasis Linux secara gratis dan mudah. Nah, lahirlah sistem operasi yang bernama Ubuntu dengan sifat open source. Siapa saja bisa memakai Ubuntu secara gratis dan juga bebas untuk mengembangkannya. Anda bisa download Ubuntu dengan mudah melalui website resminya.

Sekarang Ubuntu semakin berkembang jadi salah satu OS yang berbasis Linux terpopuler. Bahkan ada sejumlah perusahaan besar dunia yang memakai Ubuntu dengan mengembangkan produknya, seperti Uber dan Snapchat. Sistem operasi satu ini sangat cocok digunakan untuk beragam perangkat, seperti mobile, komputer atau laptop hingga Ubuntu server.

Kelebihan-kelebihan Ubuntu Paling Populer

Kelebihan-kelebihan Ubuntu Paling Populer

Kelebihan-kelebihan sistem operasi Ubuntu yang paling populer adalah:

  • Cocok untuk Pemula

Salah satu kelebihan dari Ubuntu adalah cocok bagi semua pengguna baru atau pemula. Sistem operasi satu ini mudah di install dan juga dijalankan tanpa instalasi secara live. Tidak itu saja, Ubuntu juga mempunyai pengguna atau UI yang gampang dipahami. Siapa saja bisa memakai Ubuntu, termasuk bagi pemula yang belum terbiasa memakai Windows.

  • Gratis

Kelebihan kedua Ubuntu adalah bisa di download secara gratis dan membagikannya tanpa harus membayar lisensi. Hal ini berarti Anda tidak perlu menyediakan modal untuk memakainya, baik untuk kepentingan pribadi maupun bisnis. Berbeda sekali dengan OS lainnya, seperti Windows dan macOS karena mereka berbayar sehingga Anda harus install Ubuntu sekarang juga.

  • Aman

Kelebihan ketiga adalah Ubuntu termasuk salah satu OS yang mempunyai tingkat keamanan tinggi. Ubuntu sangat sulit untuk diretas dan jarang sekali jadi sasaran para peretas dibandingkan dengan Windows. Ubuntu juga telah memenuhi standar keamanan internasional sehingga pengguna tidak perlu khawatir memanfaatkannya.

  • Bebas dari Virus

Kelebihan keempat adalah Ubuntu bebas dari virus karena memiliki sistem keamanan Livepatch yang bisa melakukan perbaikan otomatis di celah keamanan Ubuntu. Anda tidak perlu melakukan restart komputer terlebih dahulu. Virus juga akan cenderung diciptakan untuk menyerang pengguna di sistem operasi Windows bukan di Ubuntu.

  • Mendukung Banyak Aplikasi

Kelebihan kelima adalah Ubuntu mendukung untuk banyak aplikasi sehingga tidak kalah menariknya. Ubuntu mempunyai aplikasi dengan nama Software Center yang bisa dipakai untuk download berbagai jenis aplikasi secara mudah dan hampir sama dengan Microsoft Store maupun Apple App Store yang banyak digunakan oleh masyarakat.

Pengguna bisa download aplikasi yang cukup populer, seperti Spotify, Google Chrome, Visual Code Editor dan yang lainnya. tanpa harus mengetik kode secara khusus.

  • Syarat-syarat Sistem Rendah

Kelebihan keenam adalah Ubuntu menentukan spesifikasi sistem yang cukup rendah untuk instalasi. Itulah sebabnya OS yang satu ini dapat dipakai di berbagai komputer dan termasuk untuk versi yang lama.

  • Mendukung Beragam Perangkat

Kelebihan ketujuh adalah selain syarat-syarat sistem yang relatif rendah, Ubuntu juga mendukung untuk digunakan pada beragam perangkat dengan baik berkat adanya driver yang baik. Driver ini merupakan software yang bisa membuat OS Ubuntu berkomunikasi dengan hardware komputer, seperti keyboard dan juga komputer.

  • Bisa dipakai di Beragam Perangkat

Kelebihan kedelapan adalah dapat dipakai di beragam perangkat, seperti tablet, handphone, penyimpanan cloud hingga server. Pengguna Ubuntu di server memang yang sangat populer karena OS satu ini gratis dan dapat digunakan tanpa harus memikirkan masalah lisensi.

  • Memiliki Komunitas

Kelebihan kesembilan adalah Ubuntu mempunyai komunitas internasional yang cukup aktif untuk berdiskusi dan juga menjawab sejumlah pertanyaan di sesama pengguna. Itulah sebabnya, Anda bisa dengan mudah mendapatkan tempat duduk untuk menanyakan saat memiliki kendala dalam penggunaan Ubuntu.

  • Mempunyai Jenis Berdasarkan Kebutuhan

Ubuntu mempunyai beragam jenis berdasarkan dengan kebutuhan penggunanya. Sejumlah jenis Ubuntu yang memakai Desktop Environment atau DE adalah KDE, GNOME, MATE, Budgie dan Xfce dengan keunggulan fiturnya masing-masing.

Nah, seperti itulah keunggulan-keunggulan Ubuntu sehingga Anda harus segera coba Ubuntu download.

Baca Juga : 7 Alasan Mengapa Menggunakan Windows

Jenis-jenis Ubuntu Paling Umum

Ubuntu Adalah : Definisi Ubuntu Server , Kelebihan & Jenisnya

Jenis-jenis Ubuntu download yang paling umum sesuai dengan tampilan Desktop Environmentnya adalah:

  • Kubuntu

Salah satu jenis Ubuntu yang paling umum adalah Kubuntu. Jenis Ubuntu yang satu ini memiliki tampilan seperti Windows, mulai pada letak ikonnya sampai warna toolbarnya juga. Anda tidak perlu membutuhkan waktu lama untuk beradaptasi dengan jenis Ubuntu yang satu ini.

  • Ubuntu Studio

Ubuntu studio merupakan jenis Ubuntu yang diciptakan khusus untuk memenuhi kebutuhan penggunanya yang berorientasi di multimedia. Nah, dengan memakai Ubuntu Studio ini maka proses pembuatan sejumlah konten akan lebih mudah karena menyediakan beragam aplikasi secara default.

  • Ubuntu MATE

Ubuntu MATE merupakan jenis Ubuntu yang hampir sama tampilannya dengan GNOME 2. Dengan tampilan yang klasik ini, maka banyak pengguna yang pindah ke jenis Ubuntu satu ini. Terlebih lagi ada sejumlah fitur Ubuntu MATE yang tidak kalah lengkapnya.

  • Xubuntu

Xubuntu merupakan jenis Ubuntu yang memakai Xfce untuk tampilannya. Xfce akan memberi kesan modern di desktop tanpa harus mengorbankan kecepatan hingga performanya. Ubuntu yang satu ini hadir untuk bisa memenuhi kebutuhan pengguna OS yang lebih ringan.

  • Ubuntu Kylin

Ubuntu Kylin merupakan jenis Ubuntu dengan versi yang dibuat secara khusus bagi pengguna di Cina. Bahasa default yang dipakai aplikasi sampai aplikasi khusus banyak digunakan di negara satu ini. Ubuntu Kylin memakai UKUI sebagai desktop environmentnya dan memiliki tampilan seperti Windows 10.

  • Lubuntu

Lubuntu merupakan jenis Ubuntu memakai LXQT dengan tampilan yang ringan. Anda juga dapat memakai jenis Ubuntu yang satu ini untuk komputer dengan spesifikasi yang rendah dan mempunyai pilihan software yang paling ringan, mulai dari aplikasi untuk office sampai file manager.

  • Ubuntu Budgie

Ubuntu Budgie merupakan jenis Ubuntu yang memakai desktop environment yang bernama Budgie dengan tampilan yang modern seperti di macOS. Fitur yang menarik di Ubuntu Budgie ini adalah Applet atau extension yang memiliki fungsi untuk fitur tambahan maupun fitur khusus untuk kustomisasi.

  • Ubuntu Server

Ubuntu Server merupakan jenis Ubuntu terakhir yang dikembangkan secara khusus untuk server. Ubuntu Server ini yang paling banyak digunakan saat ini untuk mendukung website yang ada di seluruh dunia.

Apa Itu Ubuntu? Ini Penjelasan, Kelebihan, & Kekurangannya

Ubuntu adalah salah satu sistem operasi gratis berbasis Linux yang saat ini cukup populer. Ubuntu bisa Anda gunakan di komputer, atau di virtual private server.

Selama ini, Windows dan macOS mungkin adalah sistem operasi yang paling banyak digunakan. Tapi, jumlah user Linux mulai menyusul beberapa tahun terakhir, bahkan tidak hanya dari kalangan developer. Hasilnya, kini Ubuntu adalah salah satu OS yang juga populer di kalangan konsumen umum.

Linux adalah pilihan yang tepat kalau Anda ingin menggunakan virtual private server atau mencoba sistem operasi yang tersedia gratis. Selain itu, Linux juga memiliki berbagai distribusi, seperti Fedora, Debian, dan CentOS.

Distribusi Linux, atau yang sering disingkat “distro”, adalah sistem operasi yang didasarkan pada kernel Linux. Nah, Ubuntu adalah satu dari sekian banyak distribusi Linux ini. Anda bisa menginstalnya di komputer maupun private server.

Tidak seperti software berhak milik, Ubuntu bersifat open-source, yang berarti user boleh mengubah kodenya, membuat dan menginstal salinannya sebanyak yang mereka inginkan, dan mendistribusikan kustomisasinya di mana saja. Anda tidak perlu membayar lisensi untuk menggunakan Ubuntu.

Sejarah Ubuntu dan Awal Mulanya

Sejarah Ubuntu dimulai pada tahun 2004, yang diperkenalkan oleh perusahaan Inggris bernama Canonical. OS ini didasarkan pada Debian, yang merupakan distro populer saat itu namun susah untuk diinstal. Akhirnya, Ubuntu diusulkan sebagai alternatif yang lebih user-friendly.

Sebagai pengelola Ubuntu, Canonical bertugas untuk merilis versi Ubuntu baru setiap enam bulan. Canonical juga menyediakan server hosting untuk Komunitas Ubuntu, yang memungkinkan orang-orang dari seluruh dunia turut menguji bug software, menjawab pertanyaan, dan memberikan dukungan teknis secara gratis.

Nah, sampai di sini, Anda sudah tahu apa itu Ubuntu dan sejarahnya. Selanjutnya kami akan membahas perbedaan Ubuntu dan Linux, serta kelebihan Ubuntu yang membuatnya sangat populer.

Perbedaan Ubuntu dan Linux

Linux adalah keluarga sistem operasi yang didasarkan pada kernel Linux, di mana kernel adalah bagian inti dari sebuah sistem operasi. Kernel memungkinkan komunikasi antara komponen hardware dan software.

Linux didasarkan pada Unix dan dikembangkan dari kernel Linux. Sejarah Linux sendiri dimulai pada tahun 1991, yang disediakan untuk web server, konsol game, embedded system, desktop, dan komputer pribadi. Linux juga hadir dalam berbagai versi berbeda, yang disebut dengan distribusi atau distribution.

Sementara itu, Ubuntu merupakan distribution Linux yang didasarkan pada Debian. Ubuntu sangat cocok untuk cloud computing, server, desktop, dan perangkat internet of things (IoT) lainnya.

Jadi, perbedaan Linux dan Ubuntu yang paling utama adalah adalah, Linux merupakan keluarga sistem operasi berbasis Unix, sedangkan Ubuntu adalah salah satu distribusi Linux.

Apa Saja Kelebihan Ubuntu?

Menurut website resminya, Ubuntu merupakan platform workstation Linux yang paling banyak digunakan di dunia. Kami akan menjelaskan beberapa kelebihan Ubuntu yang membuatnya begitu populer untuk digunakan pada komputer dan private server.

Ramah Pengguna

Ubuntu menggunakan lingkungan desktop Linux untuk antarmukanya. Sejak Ubuntu 17.10, GNOME menjadi antarmuka defaultnya. GNOME tidak memenuhi layar dengan banyak deskripsi, tapi menggunakan ikon untuk mempermudah navigasi.

Secara default, GNOME menampilkan panel Aktivitas atau Activities di taskbar sebelah kiri.

Kontrol terletak di pojok kanan atas layar.

Tampilan aplikasi selengkapnya bisa dilihat dengan mengklik tombol grid di pojok kiri bawah layar.

Navigasi sistem menjadi lebih mudah karena semua konfigurasi dan elemen aplikasi bisa diakses dari layar utama.

Keamanan yang Lebih Kuat

Sifat Ubuntu yang open-source membuatnya dicek dan ditinjau secara ketat oleh anggota komunitasnya. Hasilnya, setiap kerentanan keamanan bisa diidentifikasi dan diatasi dengan cepat. Secara umum, distribusi Linux memiliki masalah keamanan yang lebih sedikit dibandingkan dengan sistem operasi lain.

Terlebih lagi, Ubuntu menggunakan AppArmor, yaitu penyempurnaan kernel yang mengatur bagaimana program berperilaku dan membatasi resourcenya. Hal ini bisa menjadi manfaat tersendiri apabila Anda memiliki profil yang dimasukkan pada kernel.

AppArmor terdiri dari file teks yang berisi aturan akses untuk setiap aplikasi. Sistem keamanan ini bisa meminimalkan pelanggaran keamanan karena program tidak memiliki izin tak terbatas.

Selain itu, ada sejumlah praktik keamanan yang didukung Ubuntu, seperti menginstal update keamanan secara otomatis, menggunakan sudo dan bukan user Linux root, menerapkan password yang rumit, membuat VPN server, mengonfigurasi firewall menggunakan ufw, dan mengaktifkan iptables.

Pilihan Software yang Lebih Banyak

Sebagian besar aplikasi macOS dan Windows populer seperti Slack, Spotify, dan Firefox juga tersedia untuk pengguna Linux dan bisa diinstal melalui Ubuntu Software Center. Bahkan, kalau Anda tidak bisa menemukan aplikasi yang diinginkan, kemungkinan ada alternatifnya yang sepadan.

Misalnya, ada LibreOffice yang tidak kalah fungsional dibandingkan dengan Microsoft Office.

Opsi lain yang bisa Anda gunakan selain Ubuntu Software Center adalah Snapcraft. Aplikasi ini dibuat oleh Canonical, berisi paket software open-source dan software berhak milik yang tersedia untuk sistem operasi berbasis Linux.

Salah satu kelebihan utama Snapcraft adalah, aplikasi ini menggunakan daemon snapd, yang akan secara otomatis memeriksa dan memperbarui aplikasi.

Privasi yang Lebih Baik

Sama seperti sistem operasi lainnya, Ubuntu memiliki kebijakan privasi data sendiri. Ada empat prinsip dasar yang dipatuhi Ubuntu terkait pemrosesan informasi pribadi:

  • Ubuntu tidak meminta data pribadi kecuali benar-benar membutuhkan informasi tersebut untuk tujuan hukum.
  • Ubuntu tidak membagikan informasi pribadi usernya kepada siapa pun, kecuali untuk menyediakan produk dan layanan kepada pelanggannya, mematuhi hukum, dan melindungi hak-haknya.
  • Ubuntu tidak menyimpan informasi pribadi kecuali jika diperlukan untuk pengoperasian layanan, untuk menyediakan produk, mematuhi hukum, atau melindungi hak-haknya.

Ubuntu juga mengumpulkan beberapa informasi hardware serta lokasi dan data penggunaan. Namun, Anda bisa menghentikannya kapan saja. Misalnya, layanan lokasi bisa dinonaktifkan melalui pengaturan Privasi, seperti di bawah ini.

Performa Ringan

Ubuntu mampu mengoptimalkan penggunaan resource sehingga bisa beroperasi dengan lancar di perangkat kelas bawah. Antarmuka defaultnya bisa berjalan dengan RAM kurang dari 1 GB. Terlebih lagi, ada sejumlah environment desktop Ubuntu yang bahkan lebih ringan. Misalnya, Ubuntu bisa berjalan pada sistem dengan RAM hanya 512 MB.

Sebagai perbandingan, baik Windows maupun macOS membutuhkan lebih banyak resource. Contohnya saja, macOS Big Sur dan Windows 11 membutuhkan RAM minimal 4 GB untuk bisa berjalan lancar. Sebab, kedua OS tersebut memiliki antarmuka pengguna (UI) yang butuh banyak resource dengan fitur-fitur canggih yang disertakan dengannya.

Tersedia Gratis!

Ubuntu adalah sistem operasi open-source gratis yang bisa Anda download dari website resminya. Anda juga bisa memodifikasi kode sumbernya sesuai keinginan. Bahkan, saat ini sudah ada banyak sekali proyek berbasis Ubuntu.

Sebagai perbandingan, macOS dan Windows adalah OS closed-source atau sumber tertutup. Untuk menggunakan Windows, Anda perlu membeli komputer yang juga menyertakannya, atau membeli lisensi secara terpisah mulai dari $139/lisensi. Sementara itu, macOS tidak tersedia untuk dibeli dan sudah diinstal secara default dengan perangkat Mac.

Kesimpulan

Meskipun ada berbagai distribusi Linux yang tersedia secara online, opsi yang paling populer di antara semuanya adalah Ubuntu, yang merupakan OS open-source dan juga gratis.

Berikut adalah kelebihan Ubuntu yang membuatnya begitu populer:

  • Ramah Pengguna. – Ubuntu memiliki antarmuka yang sederhana dan intuitif.
  • Keamanan yang Lebih Kuat – Ubuntu menggunakan AppArmor dan langkah-langkah keamanan tingkat lanjut untuk mencegah pelanggaran keamanan.
  • Pilihan Software yang Lebih Banyak – Ubuntu memiliki banyak aplikasi yang bisa Anda instal, dan beberapa tersedia secara eksklusif untuk sistem operasi ini.
  • Privasi yang Lebih Baik – Ubuntu memastikan kebijakan privasi data yang ketat dan memungkinkan user menyesuaikan pengaturan privasi.
  • Performa Ringan – antarmuka default Ubuntu hanya menggunakan RAM kurang dari 1 GB. Oleh karena itu, sistem operasi ini bisa bekerja pada perangkat kelas bawah.
  • Tersedia Gratis – Ubuntu adalah distribusi Linux open-source yang tersedia gratis.

 

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!