Web Proxy Adalah : Pengertian, Jenis, Fungsi & Manfaat Proxy

March 6, 2023

Web Proxy Adalah : Pengertian, Sistem Kerja, Manfaat, Fungsi, & Jenis-Jenisnya

Web Proxy Adalah : Pengertian, Sistem Kerja, Manfaat, Fungsi, & Jenis-Jenisnya – Proxy menjadi layanan utama untuk menjaga kita supaya bisa menjadi anonim ketika menjelajahi suatu website, web proxy akan bekerja menjadi perantara antara perangkat kita, baik itu smartphone, PC atau tablet, dengan server tempat meminta informasi.

Perusahaan biasanya menggunakan proxy ini secara luas seperti mengamankan dan mengelola jaringan perusahaan, tapi proxy tidak dirancang khusus menghadapi ancaman terhadap keamanan internet dan perangkat seluler.

Web Proxy Adalah : Pengertian, Sistem Kerja, Manfaat, Fungsi, & Jenis-Jenisnya

Web Proxy Adalah ? Mengnal Tentang Webproxy Beserta Jenis & Fungsinya Didalam Jaringan

Apa Itu Web Proxy?

Pertama-tama kita pahami terlebih dahulu apa yang dimaksud web proxy. Web proxy adalah satu ini merupakan komputer server dengan fungsi layaknya komputer lainnya, fungsi web ini adalah melakukan permintaan dari sumber intranet dan jaringan internet terhadap konten.

Kalau dilihat secara umum, ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh web tersebut seperti beberapa poin di bawah ini.

  • Memblokir akses menuju situs berbahaya atau situs sensitif
  • Menyembunyikan data alamat IP perangkat komputer
  • Menyaring cookies tertentu yang tidak pengguna inginkan
  • Mengakses web yang diblokir ISP
  • Meningkatkan privacy dan keamanan pengguna internet

Jenis – Jenis Web Proxy

Web Proxy Adalah : Pengertian, Sistem Kerja, Manfaat, Fungsi, & Jenis-Jenisnya

Setidaknya ada 2 macam bagian atau jenis dari proxy web yang perlu Anda tahu, berikut penjelasannya:

  1. Non-transparent Web

Client bisa memilih memakai atau tidak berbagai fasilitas dari situs proxy yang disediakan server. Biasanya web proxy sudah diatur para administrator sehingga siap digunakan. Client dapat mendaftarkan situs proxy mereka lewat setting browser yang dipakai sebagai contoh sebagai melakukan konfigurasi manual pada web browser Firefox.

Caranya dengan memilih menu tools, lalu pilih option dan cari menu advanced, selanjutnya pilih general dan masuk ke settings.

  1. Transparent Web

Ada lagi yang namanya transparent web, kalau untuk nontransparent pihak client bisa memilih memakai berbagai fasilitas situs proxy atau tidak, pada web transparent berbeda. Seorang client akan dipaksa menggunakannya, client atau user tersebut pun tak perlu setting apa pun itu di dalam web browser karena pengaturan dilakukan server saja.

Secara otomatis nanti client server akan memakai free web proxy. User yang browsing, maka akan dibelokkan menuju proxy terlebih dahulu.

Apa Itu Yang Dimaksud WebProxy Server?

Selain memahami apa yang dimaksud dengan situs proxy, kita perlu tahu yang dimaksud server proxy itu apa. Proxy server merupakan server komputer dengan layanan meneruskan permintaan user menuju server lainnya di dalam internet. Lewat server proxy, maka perangkat komputer dapat dihubungkan bersama komputer lain sebagai perantara lewat internet.

Proxy server pada umumnya dipakai untuk menunjang keamanan jaringan pribadi yang mengakses jaringan publik. Server ini biasanya diletakkan antara aplikasi client dan aplikasi server, aplikasi klien merupakan web browser atau FTP client. Sementara aplikasi server merupakan web server dan server FTP.

Cara Kerja Web Proxy Server

Kalau sudah memahami arti web proxy dan proxy server, maka kita harus tahu juga bagaimana sistem kerja proxy server tersebut. Penjelasan singkatnya yaitu setiap komputer yang terhubung dengan internet harus ada alamat protokol atau biasa disebut IP. Anda bisa melihat alamat IP tersebut sebagai alamat untuk jalan komputer.

Misalnya kantor pos yang mengirimkan surat ke alamat, internet tahu metode pengiriman data dengan tepat ke komputer tertentu yang sesuai alamat IP. Server proxy bisa dibilang komputer di dalam internet dengan detail alamat IP tersendiri yang diketahui oleh komputer Anda.

Ketika kita mengirim suatu permintaan web, maka permintaan Anda menuju proxy server ini terlebih dahulu. Lalu server tersebut membuat permintaan sesuai nama Anda, lalu mengumpulkan respon, dan meneruskannya agar Anda bisa melihat halaman pada browser Anda.

Fungsi Web Proxy Croxy Site

Ada pun fungsi-fungsi dari proxy server secara umum yang perlu kalian tahu. Berikut beberapa fungsinya:

  1. Caching

Fungsi pertama server proxy yaitu caching, lewat proxy server ini, maka bisa menyimpan data dan objek yang sudah pernah di-search atau diminta user ketika browsing memakai aplikasi internet. Misal saat Anda mencari data lewat situs tertentu, data-data tersebut disimpan dalam bentuk cache.

Dari semua permintaan data dan yang diakses bisa tersimpan di proxy web browser, dari fungsi satu ini maka proxy server bisa dimanfaatkan untuk deteksi dokumen-dokumen mana saja yang biasa diakses di perangkat komputer.

  1. Connection Sharer

Proxy server juga berfungsi menjadi connection sharer yang berarti secara teknis server proxy bisa menjadi gateaway atau gerbang. Perannya adalah membatasi pemakaian jaringan lokal atau pun jaringan luar.

Kalau jaringan komputer instansi perusahaan menanamkan suatu program server proxy, maka bisa masuk ke akses sambungan gateway jaringan lokal menuju jaringan internet.

  1. Filtering

Lalu fungsi terakhir dari server proxy adalah filtering, server proxy bertindak layaknya firewall untuk media filtering jaringan internet. Tiap paket data yang masuk proses transmisi akan ter-scan dan difilter juga agar bisa mengurangi kegagalan.

Ada tujuan lain yaitu web proxy bisa melindungi keamanan jaringan lokal suatu perusahaan dari retasan atau serangan luar, server proxy bisa membantu juga meminimalisir serangan dari malware atau virus yang dapat merugikan.

Manfaat Utama Proxy Scraper

Agar lebih memahami seperti apa proxy ini, simak bahasan berikut mengenai apa saja manfaat dari adanya server proxy:

  1. Peningkatan kecepatan dan menghemat bandwidth

Suatu perusahaan bisa menerima kinerja jaringan lebih baik dengan kualitas proxy server memadai. Proxy server bisa meng-cache atau menyimpan salinan secara lokal suatu web. Contohnya misal, ketika meminta alamat suatu website, maka proxy server memeriksa apakah alamat itu memiliki salinan web terbaru, lalu kemudian dikirim salinan yang sudah disimpan ke Anda.

Saat ratusan orang memencet alamat situs tersebut di satu waktu dengan server proxy yang sama juga, maka proxy mengirim satu saja permintaan menuju situs tersebut. Dengan begitu, maka pada akhirnya situs proxy web bisa menghemat bandwidth dan bisa meningkatkan kualitas kinerja jaringan.

  1. Kontrol pemakaian internet

Server proxy bisa disiapkan untuk memantau karyawan menggunakan internet. Manfaat satu ini juga sangat cocok untuk anak-anak yang biasa memakai internet. Perusahaan nantinya bisa mengkonfigurasi server ini untuk menolak jalan akses menuju situs tertentu.

  1. Menunjang sisi privasi

Baik itu organisasi atau pun individu sama-sama memakai layanan web proxy agar dapat menjelajahi internet dengan lebih pribadi. Ada server-server proxy yang mengubah data alamat IP atau informasi pengenal lain yang berisikan permintaan web.

Dengan begitu, maka server tujuan nantinya tidak mengetahui siapa yang membuat permintaan. Pada akhirnya server proxy mampu menjaga informasi dan kebiasaan dalam menjelajah.

  1. Keamanan ditingkatkan

Manfaat terakhir dari server proxy yaitu mampu memberikan sistem keamanan lebih baik untuk. Anda bisa mengkonfigurasi server proxy supaya dapat mengenkripsi permintaan situs supaya tidak membaca transaksi. Selain itu, Anda bisa juga mencegah website berisi malware dari akses seperti apa pun dengan server proxy.

Sekian saja dan kalau Anda ingin mulai menjalani program pelatihan web proxy, Course-Net bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Untuk belajar tentang jaringan, ada baiknya kamu mengikuti kursus jaringan yang tersedia di Course-Net.

Mau tanya Soal Kursus IT ? ? Atau Mau Tanya Soal Biaya ? Yuk Tanya Via Whatsapp ?

Tempat Belajar Data Science Terbaik, Lebih Dari 75000 Alumni Mendapatkan Sertifikasi. #1 Practical IT Coaching  EC Council ATC Circle of Excellence 2021 The Most Impactful IT Coaching 2020

Share Artikel Ini

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Tags

Artikel Berkaitan

Artikel Terbaru

Gabung Newsletter
Course-Net

Dapatkan tips seputaran Teknologi dan Informasi secara up to date serta promo spesial menarik Course-Net.