course-net
Search
Close this search box.

Home >

Apa Itu Analisis Sentimen : Definisi, Keunggulan & Cara Kerja Menggunakan Machine Learning

Monday, 10 June 2024 9:13 AM

Apa Itu Analisis Sentimen : Definisi, Keunggulan & Cara Kerja Menggunakan Machine Learning

Analisis sentimen menggunakan machine learning merupakan sebuah metode terbaru yang bisa menjawab tantangan dalam proses analisis sentimen. Proses analisis di era sekarang memang memiliki tantangan yakni dalam jumlah data sentimen yang sangat besar saat ini. Berikut ini kami akan jelaskan konsep analisis sentimen dengan menggunakan machine learning dan juga keunggulan mempergunakan metode tersebut.

Konsep Analisis Sentimen Dibantu Machine Learning

Sebagai seorang expert dalam melakukan analisa data dalam bisnis, penggunaan machine learning ini memang sangat membantu prosesnya. Machine learning mampu dijadikan alat untuk melakukan analisis teks untuk polarisasi dari positif ke negatif dan sebaliknya. Jadi nantinya proses analisis sentimen seperti pandangan terhadap isu, tingkat kepuasan pelayanan, dan lain sebagainya bisa dilakukan oleh machine learning.

Machine learning sendiri memiliki konsep seperti manusia, di mana mereka bisa mempelajari setiap teks dan mempelajari emosi dalam teks. Jadi machine learning pun sudah bisa mendeteksi emosi pada teks yang menjadi kunci dalam proses analisis sentimen dengan hasil maksimal. Proses analisis sentimen yang dilakukan oleh machine learning yang sudah belajar tidak membutuhkan bantuan manusia lagi dan bisa berjalan otomatis.

Jenis Analisis sentimen
Source: Binus

Keunggulan Analisis Sentimen dengan Machine Learning

Jika melihat konsep dari machine learning dengan beragam algoritma yang bisa membuatnya semakin memahami data teks, proses analisis memang dimungkinkan. Sebagai seorang expert kami melihat adanya beberapa keunggulan yang dimiliki analisis sentimen menggunakan machine learning dalam bisnis. Berikut ini beberapa keunggulan menggunakan machine learning untuk analisis sentimen dalam bisnis atau organisasi yang lainnya.

1. Bisa Dilakukan dengan Lebih Mudah

Algoritma yang dimiliki oleh machine learning akan membantu proses analisis data termasuk data sentimen dalam bentuk teks. Terlebih algoritma tersebut membantu machine learning untuk mempelajari data dan membantu machine learning memahami data sentimen lebih baik. Prosesnya sendiri pun sangat mudah dilakukan, hanya perlu menginput data dalam program machine learning untuk memulai analisis.

Tantangan analisis sentimen pada masa sekarang adalah jumlah data yang sangat besar, sehingga akan sangat sulit melakukan analisis satu per satu. Machine learning akan bisa melakukan analisis dengan mudah berapa pun jumlah data yang dimasukkan ke dalam program tersebut.

2. Tidak Membutuhkan Biaya yang Besar

Proses analisis sentimen secara manual itu memang membutuhkan biaya yang besar, karena jumlah data sentimen pun sangat besar. Mulai dari biaya untuk membayar banyak orang melakukan analisis sampai waktu yang cukup lama dan akan memperbesar biaya yang harus dibayarkan. Sementara 1 machine learning saja sudah bisa melakukan proses analisis dengan tepat pada sejumlah besar data sentimen tersebut.

Waktu yang dibutuhkan pun terbilang cepat, sehingga analisis sentimen menggunakan machine learning itu jelas jauh lebih hemat dibandingkan secara manual.

3. Proses Analisis Lebih Cepat

Machine learning merupakan program yang sudah dibuat untuk bisa melakukan beragam pekerjaan dengan cepat sesuai kemampuan perangkat komputer. Menurut pengalaman kami memang melakukan analisis sentimen bisa jauh lebih cepat mendapatkan hasil ketika mempergunakan machine learning ini.

Terutama ketika jumlah data sangat banyak, di mana machine learning akan melakukan analisis dengan lebih efektif dan juga efisien.

Jadi selain dari biaya yang lebih hemat juga waktu yang diperlukan untuk analisis dengan machine learning pun jauh lebih cepat. Penggunaan machine learning ini menjadi solusi analisis sentimen dengan data teks yang jumlahnya besar dan juga beragam.

Baca Juga: 8 Contoh Penerapan Machine Learning Pada Kehidupan Sehari Hari

Apa Itu Analisis Sentimen

Analisis sentimen sendiri adalah sebuah proses analisis untuk mengidentifikasi nada emosi di balik sebuah teks yang berisi pandangan dan pendapat. Analisis jenis ini banyak digunakan untuk mengategorikan sebuah pendapat baik itu seputar layanan, produk, atau juga gagasan atau ide. Prosesnya sendiri dimulai dari pengumpulan data, analisis dengan machine learning untuk mendapatkan informasi subjektif dari sebuah teks.

Jadi sistem analisis sentimen ini akan membantu bisnis mengumpulkan dan menyortir informasi dari teks yang tidak terstruktur dan terorganisir. Biasanya informasi teks tersebut didapatkan dari email, komentar sosial media, postingan blog, dan masih banyak lagi sumber yang bisa diambil. Analisis sentimen menggunakan machine learning akan mengumpulkan informasi dan menganalisis data dengan cepat dan tepat dari berbagai sumber.

Baca Juga: 4 Pendekatan Machine Learning untuk Bisnis Anda

Fungsi Analisis Sentimen

Fungsi analisis sentimen bagi bisnis atau juga beragam organisasi itu sebenarnya ada banyak sekali, berikut ini beberapa di antaranya.

1. Mendapatkan Informasi yang Jelas dan Objektif Seputar Testimoni

Bisnis atau organisasi biasanya menyediakan media untuk pasar memberikan pendapat mengenai layanan mereka atau produk mereka. Informasi tersebut biasanya tidak bisa dijelaskan secara objektif, karena biasanya diberikan dengan bahasa yang sangat beragam. Analisis sentimen ini akan bisa membaca testimoni atau pendapat mengenai produk untuk menjadi informasi yang lebih mudah dipahami.

Informasi yang jelas dan objektif itu sangat diperlukan dalam bisnis, karena akan menjadi tolok ukur mengenai kualitas produk dan pelayanan. Banyak sekali perusahaan yang kesulitan mendapatkan informasi yang benar dari pendapat para konsumen dan analisis sentimen menjadi sangat berguna. Hasil analisis sentimen akan menjadi informasi yang menjadi landasan bagi bisnis untuk berkembang, sehingga memang sangat diperlukan.

2. Meningkatkan Kualitas Produk atau Layanan

Pendapat yang diberikan konsumen atau juga orang yang mempergunakan produk atau layanan bisnis akan bisa dipahami dengan baik dengan analisis sentimen. Jadi perusahaan atau organisasi pun tahu apa yang kurang dari produk atau dari layanan yang disediakan itu ada di mana. Informasi hasil analisis sentimen menggunakan machine learning ini akan menjadi dasar untuk bisa mengembangkan produk atau juga layanan.

Jadi secara tidak langsung melakukan analisis sentimen itu sangat penting sebagai bahan evaluasi untuk bisa mengembangkan kualitas. Kekurangan produk bisa diketahui dengan baik, sehingga bisa meminimalisir dan memperbaiki kekurangan yang ada pada produk tersebut. Selain itu kelebihan produk pun bisa dipahami dengan baik, sehingga bisa dikembangkan lebih baik di sisi tersebut.

3. Memahami Kebutuhan Pasar yang Sudah Ditentukan

Sentimen merupakan pandangan orang di mana melakukan analisis sentimen berarti akan mengetahui pendapat orang secara lebih baik. Informasi seputar kebutuhan pasar pun akan bisa didapatkan dari melakukan analisis sentimen itu, karena dari pendapat kita tahu kebutuhan orang. Pemahaman akan kebutuhan pasar yang sudah ditentukan bisnis itu sangat penting untuk menyediakan produk yang lebih baik.

Baca Juga: Belajar Machine Learning Untuk Pemula

Kalian bisa membuat produk yang mampu menjadi solusi dan memenuhi kebutuhan pasar dengan sangat baik bila mendapat informasi tersebut. Pada saat bisnis mampu memproduksi produk atau layanan yang memenuhi kebutuhan pasar, maka akan lebih mudah untuk berkembang dan menghasilkan keuntungan.

Bila kalian ingin mempelajari analisis sentimen menggunakan machine learning maka perlu mengikuti kursus data scientist terlebih dahulu. Course-Net merupakan penyedia kursus data scientist berkualitas yang bisa jadi pilihan.

Artikel Terkait

Tags

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!

Mau Berkarir Di Bidang Data Scientist? Tapi Ga punya Basic IT

Kursus di Course-Net, Anda akan didampingi langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. 100.000++ ORANG DARI LEVEL MAHASISWA, STAFF, MANAGER, HINGGA BUSINESS OWNER TELAH BERGABUNG BERSAMA DI COURSE-NET INDONESIA DAN TERUS BERTAMBAH! Jadi Kapan giliran Anda ikut kursus di Course-Net?