Python Adalah : Pengertian , Download & Cara Installnya

Mau tanya Soal Kursus IT ? ? Atau Mau Tanya Soal Biaya ? Yuk Tanya Via Whatsapp ?

Python Adalah : Pengertian , Download & Cara Installnya – Ada berbagai jenis bahasa pemrograman yang sering digunakan dalam coding, salah satunya adalah Python. Dibandingkan lainnya, bahasa pemrograman ini yang paling sering dipelajari oleh pemula karena mudah dipahami dan perintahnya ringkas. Namun untuk belajar Python harus memulai dari mana?

Untuk kamu yang ingin menguasai bahasa pemrograman Python, bisa belajar dari hal-hal mendasarnya terlebih dahulu. Kali ini akan dijelaskan mengenai pengertian python, mengapa memilihnya, dan apa saja tipe datanya.

Apa Itu Python? Python Adalah

Pengertian Python Adalah

Python adalah salah satu bahasa pemrograman yang sering dipakai untuk berbagai hal, misalnya untuk menganalisis data, membangun website dan lain-lain.

Karakteristik dari bahasa pemrograman ini yaitu merupakan proses pemrograman tingkat tinggi, ditulis secara dinamis dan menggunakan pendekatan orientasi objek. Apa artinya?

Dalam hal ini, Python termasuk bahasa pemrograman tingkat tinggi yang berarti sintaks atau penulisan Python mirip dengan bahasa manusia. Dengan begitu, proses untuk mempelajari bahasa pemrograman ini jauh lebih cepat mudah dan menyenangkan.

Sedangkan, Python yang menggunakan paradigma pemrograman berorientasi objek artinya instruksi pada coding tersusun dari beberapa objek yang kecil. Setiap objek tersebut mempunyai karakteristik dan atribut tersendiri.

Pada Python, objeknya berupa kumpulan variabel yang diisi dengan beberapa tipe data. Uniknya, bahasa pemrograman ini mengizinkan kamu untuk mengubah tipe data dari variabel yang sama tanpa terjadi error. Itulah alasan mengapa Python termasuk bahasa yang ditulis dinamis.

Banyak perusahaan multinasional yang menggunakan Python sebagai bahasa pemrograman, misalnya Amazon, Netflix, Slack, Dropbox, Spotify, Intel, Ebay, dan lain-lain. Dengan begitu belajar bahasa pemrograman ini masih sangat relevan dengan perkembangan digital saat ini.

Alasan Memilih Belajar Bahasa Pemrograman Python

Ada beberapa alasan mengapa banyak orang memilih belajar Python saat ingin belajar coding.

Bersifat Gratis

Python merupakan bahasa pemrograman yang bisa digunakan secara gratis dan open source. Artinya, semua modul, tools, dan library bisa digunakan tanpa membayar sepeser pun.

Sebagai bahasa pemrograman yang open source maka setiap orang bebas untuk menggunakan Python, baik untuk tujuan komersial maupun untuk tujuan pribadi. Kamu juga tidak perlu membayar royalti untuk developer python.

Mudah dan Cepat Dipelajari

Banyak para pemula yang memilih belajar bahasa pemrograman ini karena mudah dan cepat dipelajari. Sebagai salah satu bahasa tingkat tinggi yang mempunyai sintaks mirip bahasa manusia, membuat Python sangat mudah dimengerti.

Bahkan apabila dibandingkan dengan bahasa tingkat tinggi sesamanya, perintah coding pada Python jauh lebih sederhana.

Komunitas Luas dan Suportif

Tidak hanya sebagai bahasa pemrograman yang populer ternyata Python diminati oleh para pemula karena memiliki komunitas yang luas dan suportif. Dengan begitu komunitas tersebut bisa menjadi wadah belajar untuk setiap orang yang tergabung.

Tidak jarang komunis tersebut mengadakan diskusi kecil seputar belajar bahasa pemrograman atau mencari solusi bersama saat menemukan kesulitan belajar Python.

Multiplatform

Python juga termasuk bahasa pemrograman yang multiplatform, artinya setiap orang dapat menulis coding Python dengan leluasa dan menjalankannya di semua sistem operasi populer. Misalnya sistem operasi Linux, Windows, dan Mac OS.

Hal ini menjadi salah satu keuntungan belajar Python karena kamu dapat memulai belajar bahasa pemrograman ini tanpa membeli atau mengganti perangkat baru yang kompatibel.

Multifungsi

Selain multiplatform, ternyata Python juga merupakan bahasa pemrograman yang multifungsi. Penasaran dengan apa saja fungsi Python yang telah diketahui?

Berikut ini merupakan beberapa fungsi Python.

  • Membuat aplikasi desktop, web, dan mobile
  • Pengolahan data science
  • Melakukan data analisis
  • Machine learning
  • Artificial intelligence
  • Robotics

Bagaimana Langkah Download dan Instal Python?

Setelah mengetahui apa itu Python dan mengapa mempelajarinya, maka kamu perlu untuk mempraktikkannya. Untuk kamu yang ingin mempraktikkan tutorial python, maka wajib download Python terlebih dahulu di perangkat komputer milikmu. Berikut ini merupakan beberapa cara untuk download dan install Python dengan mudah.

Cara Download Python

Bagaimana Langkah Download dan Instal Python?

Apabila kamu tidak memiliki file instalasi Python, maka harus mendownloadnya terlebih dahulu. Untuk mendapatkan file instalasi ini bisa diunduh di website resmi yaitu di python.org. Ada dua versi Python yang tersedia di website tersebut, yakni Python 2 dan Python 3.

Apa perbedaan kedua versi tersebut? Untuk Python versi 2 adalah versi yang populer dan paling banyak digunakan. Sedangkan Python versi 3 memiliki teknologi yang lebih canggih karena tersedia berbagai fitur serta perbaikan bug dan error dengan sistem keamanan yang jauh lebih baik.

Berikut ini merupakan langkah-langkah Python download di website resmi secara langsung.

  • Bukalah situs web python.org di browser perangkatmu.
  • Setelah halaman utama terbuka klik tombol Download.
  • Selanjutnya, pilihlah sesuai dengan sistem operasi yang kamu gunakan, misalnya Linux, Windows, atau Mac OS.
  • Kemudian klik link di versi Python yang diinginkan, Python versi 2 atau versi 3.
  • Dengan begitu maka file akan terdownload secara otomatis.

Cara Instal Python di Setiap Sistem Operasi

Cara Instal Python di Setiap Sistem Operasi

Setelah file berhasil diunduh, selanjutnya kamu perlu mengetahui cara install python di setiap sistem operasi.

Windows

Windows adalah sebuah sistem operasi keluaran Microsoft yang memiliki tampilan user friendly. Hal ini membuat Windows menjadi salah satu sistem operasi yang populer untuk para pengguna perangkat komputer.

Untuk pengguna Windows, berikut merupakan cara install python dengan mudah.

  • Bukalah file instalasi yang telah diunduh dari web resmi python dengan cara double klik pada file tersebut.
  • Kemudian pilihlah “Install for all users” supaya dapat digunakan oleh semua pengguna Windows di komputer maupun laptop.
  • Selanjutnya, konfigurasi Python supaya dikenali oleh sistem operasi, caranya checklist Add Python 3.7 to Path atau pada versi yang diinstall.
  • Klik Install Now.
  • Apabila proses instalasi berhasil maka akan muncul tulisan “Setup was Successful”.

Selanjutnya kamu dapat melakukan uji coba dengan cara menjalankan Command Prompt (CMD). Lalu tuliskan “python” untuk bisa masuk pada mode python.

Kamu juga dapat menjalankan bahasa pemrograman ini dengan Python Shell, caranya mencari pada menu search di Windows. Kemudian Klik kanan dan jalankan Run as Administrator.

MacOS

Mac OS adalah sebuah sistem operasi interface grafis yang didistribusikan dan dikembangkan oleh Apple Inc. para pengguna sistem operasi micros bisa memasang Python dengan cara sebagai berikut.

  • Bukalah file instalasi python yang sudah diunduh.
  • Kemudian klik “Continue” di tahapan selanjutnya, mulai dari Introduction sampai Installation Type.
  • Masukkan password user komputer apabila diminta.
  • Jika instalasi sukses, akan muncul pemberitahuan bahwa instalasi sudah berhasil.
  • Lakukan uji coba Python menggunakan CMD seperti yang dilakukan pada sistem operasi Windows.

Linux

Linux adalah sebuah sistem operasi dengan sistem UNIX yang sifatnya open source. Meskipun tidak sepopuler Windows tetapi Linux tergolong sistem operasi yang stabil dan tangguh karena jarang terjadi masalah Malware, virus, dan proses yang melambat.

Untuk cara instalasi Python pada sistem operasi Linux yaitu sebagai berikut.

  • Unduh development package yang diperlukan untuk membangun Python.
  • Kemudian download file instalasi Python yang resmi pada website resminya.
  • Apabila muncul dialog box klik Simpan.
  • Selanjutnya, double klik di file yang telah berhasil diunduh untuk membukanya.
  • Extract file.
  • Konfigurasi script kemudian jalankan pada Terminal yaitu

$ cd Python-3.*

./configure

  • Tunggulah beberapa saat sampai proses instalasi selesai.
  • Terakhir melakukan pengecekan dengan cara menuliskan python3-version pada terminal Linux.

5 Jenis Tipe Data Python Adalah

Pada bahasa Python kamu tidak perlu ribet untuk mengenalkan tipe data pada setiap kali menulis program. Hal ini terjadi karena Python dapat mengenali tipe data yang kamu gunakan.

Meskipun demikian, kamu tetap wajib mengetahui apa saja tipe data Python karena setiap tipe data memiliki aturan penulisan yang berbeda. Jadi kamu tetap wajib mematuhi aturan tersebut, karena jika tidak maka program Python bisa error.

Berikut merupakan beberapa tipe data Python.

Integer

Tipe data integer merupakan tipe data untuk memasukkan nilai bilangan bulat.

Contoh:

usia = 30

harga = 30.000

suhu = -10

Float

Tipe data berikutnya yaitu float yang merupakan kebalikan integer. Tipe data float khusus untuk menampung nilai bilangan desimal.

Contoh:

phi = 3.14159

berat = 50.75

jumlah = -0.279

String

String merupakan jenis tipe data Python yang digunakan untuk menampung nilai teks, misalnya tanda baca, huruf, dan karakter spesial. Karakteristik dari tipe data string yaitu diapit menggunakan tanda petik, baik petik satu (‘..’) maupun petik dua (“…”).

Contoh:

nama = “sarinah”

gender = ‘P’

motto = ‘saya ingin sukses’

Boolean

Boolean merupakan tipe data Python yang hanya dapat diisi oleh dua nilai berupa True dan False. Untuk menuliskan isian boolean, terdapat dua aturan yang harus dilakukan yaitu huruf pertama menggunakan kapital dan tanpa tanda petik.

Contoh:

kanan = True

kiri = False

Tipe Data Khusus

Selain beberapa tipe data di atas, Python juga memiliki tipe data khusus, yakni bilangan kompleks. Tipe data ini dapat dimanfaatkan untuk kemudahan dalam perhitungan matematis.

Dalam penggunaannya, kamu harus menambahkan fungsi complex(bilangan bulat, bilangan imajiner).

Contoh:

x = complex (6,7)

y = complex (5,8)

x + y

Tips Belajar Python Untuk Pemula

Jika tertarik untuk belajar Python, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan sehingga lebih mudah untuk mempelajarinya.

1. Praktik coding setiap hari

Dalam mempelajari bahasa pemrograman konsistensi menjadi hal yang sangat penting. Untuk itu, supaya menguasai Python luangkan waktu untuk belajar proses coding dengan menggunakan bahasa pemrograman ini.

2. Membuat catatan tangan

Kamu juga perlu membuat catatan tangan selama proses mempelajari Python. Catatan tangan ini sangat bermanfaat untuk retensi jangka panjang.

3. Menjadi Bug Bounty Hunter

Saat belajar bahasa pemrograman baru, apalagi bagi pemula, hal ini tentu saja merupakan hal yang kompleks. Jadi tidak menutup kemungkinan apabila terjadi banyak. Meskipun demikian, kamu tetap harus memperbaiki buku tersebut karena ini menjadi cara efektif untuk bisa lebih menguasai bahasa pemrograman.

4. Belajar Dasar Syntax

Hal yang tidak kalah penting dalam belajar Python yaitu mempelajari dasar sintaks. Sebelum terjun lebih dalam tentang Python, belajar dasar sintaks tidak boleh dilewatkan. Ada berbagai sumber yang bisa dimanfaatkan, karena pada tahap pembelajaran ini tidak menghabiskan waktu lebih dari sebulan sehingga tergolong cepat.

Itulah penjelasan tentang pengertian Python, cara download dan install, hingga tips yang dapat dilakukan supaya cepat mahir. Agar lebih cepat dalam menguasai bahasa pemrograman ini untuk keperluan coding dan programming, kamu sangat dianjurkan untuk mengikuti kelas khusus sehingga bisa belajar langsung dari ahlinya. Bahkan kamu bisa berdiskusi dengan teman lainnya untuk memecahkan masalah yang tidak bisa dipecahkan sendiri.

Mau Ikut Kursus IT ? Harga MAHAL ? Tenang, Ambil DISKON Sekarang. Saatnya Amankan SEAT Anda Sekarang

PROMO VALENTINE
DISKON IDR 750.000

Days
Hours
Minutes
Seconds

*Promo Sampai 17 Februari 2023

Share This Post

Related Posts

0
0

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Thanks for submitting your rating!
    Please give a rating.

    Thanks for submitting your comment!
    Promo Valentine

    Artikel Rekomendasi

    GRATIS E-Book Algoritma

    Kami ingin membagikan E-BOOK INI SECARA GRATIS hanya untuk 100 ORANG PERTAMA. Buruan Download Sekarang !