Machine Learning Adalah : Pengertian, Manfaat dan Kelebihannya

Machine Learning Adalah : Pengertian, Manfaat dan Kelebihannya – Perkembangan teknologi dapat meningkatkan kecerdasan buatan yang disebut dengan AI (Artificial Intelligence). Tahukah kamu AI ini terdiri dari beberapa cabang loh ? Beberapa dari Anda mungkin masih sedikit asing dengan cabang yang dimiliki oleh AI namun penting sekali bagi Anda untuk mengetahuinya. Salah satu cabang tersebut adalah machine learning atau pembelajaran mesin.

Teknologi ini disebut dengan pembelajaran mesin. Karena teknologi ini bisa melakukan aktivitas layaknya seperti manusia. Sejak pertama kali komputer ditemukan, manusia sudah memikirkan cara agar komputer dapat dijalankan berdasarkan pengalaman. Ini sudah dibuktikan dengan adanya game komputer IBM di tahun 1952, Mulai darisinilah Machine Learning muncul.

Machine Learning Adalah : Pengertian, Manfaat dan Kelebihannya

Apa Itu Machine Learning?

Apakah anda pernah mendengar istilah pembelajaran machine learning ? Machine learning adalah sebuah ilmu komputer yang merupakan bagian dari AI. Machine Learning menggunakan data serta algoritma. Cara ini digunakan untuk meniru cara belajar dari manusia. Ini dilakukan secara bertahap yang bisa meningkatkan akurasinya.

Teknologi yang satu ini juga dapat diartikan sebagai mesin yang dikembangkan untuk melakukan aktivitas belajar dengan sendirinya tanpa dilakukan arahan dari penggunanya. Teknologi termasuk komponen yang sangat penting keberadaannya pada bidang ilmu perkembangan data. Pada pengembangan data ini pembelajaran mesin akan menggunakan statistika dan algoritma yang dilatih agar bisa membuat klasifikasi maupun prediksi.

Disebut sebagai cabang dari AI karena kemampuannya yang dibuat untuk bisa mempelajari data sendiri seperti layaknya aktivitas belajar yang dilakukan manusia. Bagi Anda yang masih belum bisa memahaminya mungkin dapat disebutkan seperti ini.

AI merupakan sebuah teknologi kecerdasan buatan yang berfokus dalam pemecahan masalah yang cukup kompleks sedangkan machine learning yang dibahas ini merupakan sebuah teknologi yang fokusnya adalah pada pembelajaran yang dilakukan dengan membuat algoritma sendiri sebagai proses belajarnya.

Machine Learning: Pengertian, Cara Kerja, dan 3 Metodenya!

Sangat berbeda sekali bukan jika dibandingkan keduanya? Lalu untuk pembelajaran mesin ini sendiri terdiri dari 3 metode yang bisa dilakukan yaitu

  • Supervised Learning

Metode yang satu ini dilakukan dengan cara memberikan label pada data tertentu untuk kemudian bisa dilihat tingkat akurasi kinerjanya oleh algoritma. Jadi contohnya pada teknologi ini Anda akan memasukkan data usia, gaji, dan jumlah pinjaman sebagai data input pada contoh kasus pinjaman bank selanjutnya output yang akan diperoleh yaitu total jumlah orang yang sudah membayar pinjaman maupun yang belum membayar.

  • Semi-supervised Learning

Metode yang kedua disebut sebagai metode tanpa pengawasan, mengapa disebut seperti itu? Hal tersebut karena pada metode machine learning ini tidak digunakan data berlabel namun algoritma akan mencoba mengidentifikasi dengan sendirinya baik itu pola maupun relasinya tanpa bantuan pengembang.

  • Reinforcement Learning

Selanjutnya metode terakhir yang bisa dilakukan pada teknologi ini yaitu memungkinkan melakukan umpan balik terhadap algoritma, jadi metode yang satu ini akan menggunakan dataset dengan bersistem reward atau punishment. Contohnya pada kasus pinjaman bank tadi, algoritma akan mencoba mengelompokkan pelanggan atau nasabah yang belum membayar sebagai impresi negatif secara otomatis.

Manfaat Machine Learning

  • Dapat mengidentifikasi tren data yang ada dengan lebih mudah

Seperti yang diketahui untuk bisa mengolah data yang ukurannya sangat besar tentu tidak bisa langsung diselesaikan oleh manusia selain itu biaya yang diperlukan juga pasti lumayan banyak. Teknologi ini selain dikenal sebagai pembelajaran mesin, juga dapat digunakan untuk mengolah data yang berukuran cukup besar sekalipun. Nah manfaat lain selanjutnya adalah bisa menemukan pola maupun tren data yang sedang berlangsung dalam waktu yang sangat singkat.

Contohnya dalam bidang bisnis, teknologi ini mampu mengetahui tren bisnis yang sedang berlangsung maupun menentukan langkah selanjutnya yang harus dilakukan seperti adanya giveaway, bonus hingga penawaran produk lainnya.

  • Memiliki akurasi yang meningkat

Manfaat selanjutnya yang dimiliki machine learning bisa memiliki akurasi yang meningkat seiring dengan banyaknya data yang telah dipelajari.

  • Bisa membuat sistem otomatis

Mesin ini sangat memungkinkan dijalankan tanpa adanya campur tangan dari manusia karena manfaat selanjutnya yang dimiliki teknologi ini adalah sistemnya dapat dibuat secara otomatis. Hal tersebut karena dimilikinya algoritma pada teknologi ini memungkinkan adanya sistem yang dijalankan secara otomatis.

Nah dengan teknologi yang diterapkan ini membuat sistem bisa berjalan secara otomatis dengan mengelompokkan pesan yang termasuk spam dan yang bukan spam. Hal tersebut karena pada sistem ini sudah memiliki algoritma yang bisa mengidentifikasikan ciri dari pesan yang tergolong spam dan bukan.

  • Mempermudah operasional sebuah sistem

Algoritma yang dimiliki dapat mempermudah operasional sebuah sistem jadi pada bidang bisnis contohnya, Anda dapat dengan mudah menganalisis komentar yang berasal dari pelanggan. Jadi dengan analisis ini juga nantinya bisa memberikan manfaat bagi sebuah perusahaan untuk bisa melakukan evaluasi dan menentukan langkah selanjutnya yang harus dilakukan.

Kelebihan Machine Learning Apa Saja Itu?

Berdasarkan penjelasan di atas, itulah hal-hal yang berkaitan dengan definisi serta manfaat dari pembelajaran mesin itu sendiri. Nah dari manfaat yang telah disebutkan tadi pastinya teknologi yang satu ini memiliki kelebihan ya.

  • Bisa menjalankan sebuah perintah tanpa adanya keputusan dari manusia

Seperti yang diketahui teknologi yang satu ini fokus terhadap pembelajaran data sehingga kelebihannya adalah bisa menjalankan perintah apapun tanpa adanya keputusan atau intervensi dari manusia maupun pengguna.

  • Mampu mengidentifikasi tren data yang bisa saja terlewat oleh manusia

Akal dan pikiran manusia tentu saja sudah sempurna dibandingkan dengan makhluk lain di dunia ini namun tentu saja setiap manusia memiliki kemampuan yang terbatas diantaranya seperti ketelitian atau hal lainnya. Jadi bisa saja manusia melewatkan sesuatu dalam pekerjaannya seperti mengidentifikasi tren dan pola data yang sedang berlangsung. Nah dengan machine learning inilah tren data bisa diidentifikasi dengan baik.

  • Bisa mengolah berbagai format

Berbagai data mulai dari yang berukuran hingga sangat besar sekalipun dapat diolah dengan teknologi yang satu ini dalam waktu singkat.

  • Mempermudah manusia dalam menerjemahkan

Dengan kemajuan teknologi, ini dapat membantu manusia dalam menerjemahkan antar bahasa contohnya dari bahasa indonesia ke bahasa inggris.

Aktivitas lain yang bisa disematkan dengan menggunakan teknologi ini adalah CCTV, jadi Anda bisa mendeteksi adanya tindak kejahatan yang terjadi.

Mau Belajar Data Science ?

Kamu mau belajar soal big data, kamu bisa mengikuti kursus data science yang diterapkan oleh Course-net. Daftarkan diri anda dengan mengisi form dibawah ini.

Itu saja pembahasan kali ini, semoga dapat bermanfaat. Segera daftarkan anda jadilah seorang data scientist yag handal.

Share This Post

Related Posts

0
0

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Thanks for submitting your rating!
    Please give a rating.

    Thanks for submitting your comment!
    promo batik day

    Artikel Rekomendasi