course-net
Search
Close this search box.

Home >

Penasaran Dengan Cara Kerja SEO? Berikut Penjelasannya!

Thursday, 9 November 2023 3:32 PM

Cara Kerja SEO

Di dunia marketing, pastinya Anda sudah tidak asing dengan istilah SEO atau Search Engine Optimization. SEO merupakan salah satu strategi pemasaran yang memanfaatkan teknik optimisasi situs web untuk meningkatkan traffic. Jika Anda merupakan seorang pemula dalam bidang pemasaran, artikel ini akan menjelaskan mengenai pengertian, manfaat, faktor, hingga cara kerja SEO.

Simak artikel ini lebih lanjut!

Apa itu SEO?

SEO adalah metode yang digunakan untuk mengoptimasi situs web untuk menjadikannya sebagai peringkat teratas di halaman pertama mesin pencari. Tujuannya yaitu agar memudahkan pengguna untuk menemukan situs web tersebut jika sedang mencari kata kunci tertentu. Situs web pun akan mendapatkan banyak pengunjung sehingga traffic nya naik.

SEO berfokus pada kata kunci yang dapat membantu Anda untuk menemukan target audiens yang tepat untuk konten atau bisnis Anda. Jika konten yang Anda buat disukai oleh audiens, mereka akan kembali lagi untuk membaca konten lainnya sehingga dapat meningkatkan brand awareness. Strategi pemasaran ini dinilai efektif dan hemat biaya untuk membantu meningkatkan traffic situs web serta konversi.

Jika Anda mengetahui cara kerja SEO dan menerapkan strategi dengan benar, situs web Anda dapat menaiki peringkat menjadi peringkat teratas saat audiens mencari kata kunci tertentu.

Manfaat SEO

Selain membantu meningkatkan traffic situs web, SEO juga memiliki manfaat lain yang tidak kalah penting. Karena itulah penting untuk menerapkan SEO semaksimal mungkin.

Berikut beberapa manfaat SEO yang perlu Anda ketahui :

1. Memperluas Target Pasar

Salah satu keuntungan menggunakan SEO yaitu Anda dapat menetapkan target pasar dan audiens seluas mungkin dan tidak ada batasannya. Jika dahulu menggunakan teknik tradisional seperti menyebarkan brosur, maka pasarnya hanya di daerah tempat brosur tersebut dibagikan saja.

Dengan perkembangan teknologi digital dan internet, Anda dapat menjangkau audiens dari mana saja. Anda bisa saja menjangkau audiens dari luar kota ataupun luar daerah.

Bahkan, Anda juga bisa menjangkau pasar internasional jika membuat situs web yang berbahasa inggris. Namun Anda juga harus menerapkan SEO tertentu agar situs web Anda dapat terdeteksi di negara lain.

Ekspansi pasar dapat menjadi lebih efisien dan tentunya menghemat anggaran. Manfaat ini sangat menguntungkan bagi bisnis Anda yang ingin menjangkau pasar lebih luas.

2. Mendapatkan Traffic Organik

Traffic yang diperoleh situs web berasal dari traffic organik. Traffic organik adalah traffic dari pengunjung situs web yang dihasilkan dari pencarian organik di mesin pencari tanpa menggunakan iklan.

Biasanya, orang mencari suatu informasi dengan mengetik kata kunci tertentu di mesin pencari. Hal itu yang menjelaskan mengapa kebanyakan traffic yang diperoleh situs web berasal dari traffic organik.

SEO berperan untuk mengoptimalkan kata kunci yang ada di situs web agar mendatangkan traffic organik. Dengan banyaknya traffic pada situs web Anda, maka peluang untuk mengonversi pengunjung menjadi pembeli pun semakin tinggi.

Namun Anda juga harus mengoptimalkan SEO Anda agar peringkatnya naik. Jika bisa mencapai di pencarian teratas pada halaman pertama, traffic organik pun akan semakin meningkat.

3. Meningkatkan Brand Awareness

SEO sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesadaran merek atau brand awareness. Dengan mengoptimasi situs web dengan SEO, Anda dapat menjadi peringkat teratas pada mesin pencari. Jika hal tersebut terjadi, semakin banyak audiens akan mengetahui dan mengunjungi situs web Anda. Metode ini bisa menjadi salah satu teknik promosi yang efektif dan hemat biaya.

Jika situs web Anda sering muncul di mesin pencari teratas, audiens dapat mengingatnya. Bisa saja, ketika situs web Anda tidak ada di list hasil pencarian, mereka akan mencarinya karena sudah mempercayai situs web Anda sebagai sumber informasi.

Dengan meningkatnya brand awareness, bisnis Anda pun akan mengalami peningkatan pembelian.

Namun perlu diingat, brand awareness tidak bisa dibangun dalam waktu singkat. Diperlukan konsistensi dan waktu yang panjang untuk merasakan manfaatnya.

Faktor Penting Dalam SEO

SEO dapat menentukan naik turunnya peringkat situs web Anda pada mesin pencari. Hal tersebut dapat dipengaruhi dengan algoritma pencarian dan juga seberapa relevan konten Anda. Jika peringkat Anda naik, maka akan lebih mendatangkan banyak traffic.

Ada beberapa faktor penting dalam SEO yang dapat mempengaruhi situs web Anda, yaitu :

1. Kata Kunci atau Keyword

Kata kunci atau keyword adalah salah satu faktor yang mempengaruhi SEO situs web Anda. Membuat konten dengan keyword yang relevan dapat memperkaya isi konten sehingga dapat menaiki peringkat di mesin pencari.

Namun Anda juga harus memerhatikan pemilihan keyword, apakah relevan dan dapat meningkatkan SEO atau tidak. Biasanya, orang mencari suatu informasi dengan mengetik keyword tertentu di mesin pencari. Dengan menggunakan keyword yang sesuai, Anda dapat meningkatkan traffic dan dapat menjadi kunci kesuksesan SEO.

2. Kualitas Konten

Konten merupakan salah satu hal yang paling penting dan kunci kesuksesan dalam penerapan strategi SEO. Jika Anda membuat konten yang berbobot, pastinya akan mempengaruhi ketertarikan audiens dan peringkat konten pada mesin pencari.

Konten yang dibuat harus relevan, informatif, original, dan juga terstruktur. Pastikan konten Anda bukan hasil duplikasi dari situs web lain. Jika terdeteksi, bisa saja konten Anda terhapus dan lebih parahnya, situs web Anda dapat terblokir.

Cara kerja SEO juga dapat dipengaruhi dengan algoritma mesin pencari. Dengan menjaga kualitas konten, Anda dapat menarik lebih banyak audiens sehingga meningkatkan visibilitas situs web.

3. Keamanan Situs Web

Dengan memiliki situs web yang aman, mesin pencari akan mengenali situs Anda sebagai situs yang aman. Jika situs web anda memiliki tanda Not Secure, maka situs Anda tidak akan dipercaya oleh mesin pencari dan juga audiens. Situs web Anda akan sulit untuk berada di tingkat teratas mesin pencari.

Pastikan situs web Anda memiliki tingkat keamanan yang baik dengan protokol keamanan SSL dan TLS. Jika Anda memiliki keamanan yang baik, situs web Anda serta audiens dapat terlindungi dari ancaman atau serangan siber.

 4. Backlink

Backlink adalah link dari konten yang mengarah ke situs web lain. Pentingnya backlink bagi SEO yaitu karena dengan traffic situs web Anda dapat meningkat karena audiens yang mengklik link situs web Anda dari situs web lain.

Mungkin Anda sering melihat di suatu konten, dimana mereka menyispikan link untuk mengarah ke website lain. Jika banyak situs web yang menyisipkan link situs web Anda di konten mereka, artinya situs web Anda dipercaya sebagai sumber yang relevan.

Backlink yang berkualitas dan dari situs web yang terpercaya dapat mempengaruhi performa SEO Anda di mesin pencari.

Cara Kerja SEO

Mungkin Anda bertanya-tanya, bagaimana cara kerja SEO? Cara kerja SEO meliputi beberapa hal, yaitu :

1. Crawling

Crawling adalah proses pengumpulan informasi yang dilakukan oleh mesin pencari untuk mengumpulkan informasi agar halaman situs web dapat diindeks. Proses ini dilakukan oleh bot atau perangkat lunak yang bekerja terus menerus dalam mengumpulkan detail situs web seperti judul, keyword, halaman, hingga internal link pada situs web.

2. Indexing

Indexing adalah proses dimana mesin pencari melakukan penyimpanan dan pengaturan konten yang ditemukan selama proses crawling. Pada tahapan ini, dibutuhkan informasi yang sudah dikumpulkan oleh crawler. Informasi tersebut akan di simpan di dalam database suatu mesin pencari.

Ketika keyword diketikkan di mesin pencari, nantinya mesin pencari akan mengambil situs web yang telah diindeks.

3. Processing

Setelah proses indexing, mesin pencari akan menerima permintaan keyword dari pengguna yang diketikkan di mesin pencari. Lalu, mesin pencari akan melakjkan perbandingan keyword dengan website lain yang terindex di database mesin pencari tersebut.

4. Calculating Relevancy

Di tahap ini, mesin pencarian akan melakukan pembandingan halaman-halaman situs web yang sudah terindex untuk mencari situs web dengan keyword yang relevan dengan permintaan pengguna. Jika situs web Anda semakin relevan, maka akan memiliki kemungkinan besar untuk tampil di halaman utama mesin pencari.

Bisa juga muncul di peringkat teratas tergantung seberapa optimal SEO Anda.

5. Retrieval

Setelah itu, mesin pencari akan memberikan situs web yang paling relevan dengan keyword dari permintaan pengguna. Cara kerja SEO di setiap mesin pencari memiliki algoritma yang berbeda, karena itu hasil pencariannya bisa berbeda meskipun keywordnya sama.

6. Rank

Mesin pencarian akan menampilkan situs web yang tersimpan dalam index pencarian. Hasil dari pencarian akan ditampilkan secara berurutan berdasarkan seberapa relevan keyword dengan isi konten dan juga peringkat situs web tersebut.

Hal ini sangat berkaitan dengan seberapa optimal SEO situs web Anda, yang dimana jika konten semakin relevan maka bisa memiliki kemungkinan besar untuk menduduki peringkat teratas pada halaman pertama mesin pencari.

Rekomendasi Tempat Untuk Belajar SEO

SEO merupakan salah satu strategi pemasaran yang sangat penting terlebih jika Anda menggunakan situs web untuk bisnis Anda. Dengan mengoptimalkan SEO, Anda dapat meningkatkan brand awareness sehingga penjualan pun ikut meningkat.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari SEO dan seputar digital marketing namun bingung belajar dimana, jangan khawatir! Anda dapat mengikuti Kursus SEO & Kursus Digital Marketing hanya di Course-Net!

Anda akan mempelajari seputar digital marketing dari dasar hingga mahir, dengan materi terstruktur dan bimbingan Coach kelas dunia.

Kunjungi course-net.com untuk info lebih lanjut.

Kursus Digital Marketing di Course-Net Di Jamin SAMPAI BISA!

Masih Ga percaya ? Nih Testimoni Alumni Course-Net Yang Udah Belajar Digital Marketing

Play Video about kursus digital marketing

Tertarik mau berkarir dibidang digital marketing? Saatnya kamu ambil keputusan ini. Klik  dibawah ini untuk informasi berkaitan tentang kursus digital marketing yang tersedia di Course-Net.

SAYA BERMINAT, SAYA MAU IKUT KURSUS DIGITAL MARKETING

Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat untuk anda. Simak terus berita IT seputar digital marketing. Demikianlah artikel hari ini, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang ingin mengetahui tentang digital marketing.

Artikel Terkait

Tags

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!

Mau Berkarir Di Bidang Digital Marketing? Tapi Ga punya Basic IT

Kursus di Course-Net, Anda akan didampingi langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. 100.000++ ORANG DARI LEVEL MAHASISWA, STAFF, MANAGER, HINGGA BUSINESS OWNER TELAH BERGABUNG BERSAMA DI COURSE-NET INDONESIA DAN TERUS BERTAMBAH! Jadi Kapan giliran Anda ikut kursus di Course-Net?