course-net
Search
Close this search box.

Home >

Cara Membuat Mind Mapping: Contoh dan Manfaatnya

Tuesday, 13 February 2024 4:14 PM

mind mapping adalah

Cara Membuat Mind Mapping: Contoh dan Manfaatnya

Anda pernah merasakan stres dan bingung untuk mengatur dan mengelola masalah dengan tepat. Dalam hal ini anda dapat mempelajari Mind Mapping dalam mengatasi segala masalah yang pernah anda hadapi. 

Pengertian Mind Mapping

 

mind mapping adalah

 

Belajar Mind Mapping adalah cara untuk mengelompokkan ide-ide yang berbeda ke dalam kerangka terstruktur untuk mengingat atau menganalisis suatu masalah. Pemetaan pikiran juga merupakan proses mentransfer pikiran di otak ke dalam tulisan dan gambar. Sedangkan peta pikiran adalah gambaran kerangka atau peta pikiran yang Anda susun berdasarkan ide-ide yang ada di kepala anda.

Mind Mapping memastikan fungsi otak lebih optimal. Hal ini dikarenakan Anda sudah menentukan topik utama informasi kemudian membaginya menjadi kelompok kelompok yang lebih kecil. Hal ini memungkinkan informasi untuk dipahami secara lebih komprehensif.

Cara Membuat Mind Mapping

Dengan membuat mind mapping maka masalah yang anda hadapi bisa anda atasi dengan baik, berikut cara anda dalam membuat mind mapping.

Topik Pembahasan

Dalam membuat mind mapping ini anda harus tahu terlebih dahulu masalah tersebut membahas berkaitan dengan hal apa, dengan anda menentukan topik dalam mengatasi masalah tersebut ini mampu memberikan kemudahan kepada anda. Sehingga nantinya keputusan yang diambil memang sesuai dengan prioritas yang harus diselesaikan. Apalagi jika anda memiliki masalah yang tidak hanya satu tapi anda harus bisa menyelesaikan masalah itu dengan fokus satu satu, dan anda dapat menyesuaikan kembali masalah mana yang harus diselesaikan saat ini juga. 

Analisa Masalah

Dari penentuan topik yang ingin dibahas, selanjutnya melihat ke arah permasalahan. Masalah disini adalah anda harus membuat hal-hal apa saja yang menyebabkan masalah itu terjadi, mengetahui sebab masalah terjadi ini membuat anda harus menganalisa terhadap hal yang sudah terjadi, anda juga bisa menggunakan data yang ada untuk menganalisa masalah tersebut. 

Mengklasifikan Masalah

Cari penyebab masalah tersebut dibuat secara satu-satu dengan lebih rinci, detail, dan kompleks sehingga dari masalah itu anda tau penyebab masalah. Dari anda mengetahui penyebab masalah maka solusi nya anda bisa temukan dengan lebih mudah.

Membuat Map Masalah dan Solusi 

Setelah anda mengetahui apa menjadi masalah anda, saatnya mencari solusi, pada langkah ini anda bisa membuat mind dengan skala prioritas masalah yang anda selesaikan yang disesuaikan dengan realita pada kenyataan yang sedang anda alami saat ini. Anda bisa menulis pada kertas kecil atau sticky notes untuk setiap masalah yang anda hadapi dengan solusi yang sudah anda tulis pada kertas tersebut.

Manfaat Mind Mapping

Mind mapping juga meningkatkan keakuratan pengumpulan informasi. Anda akan terbiasa mengurutkan atau mengelompokkan informasi dari yang paling penting hingga yang paling tidak penting. Selain itu, Anda juga dapat dengan mudah melihat hubungan antara setiap informasi. dengan hal tersebut diyakini dapat meningkatkan produktivitas seseorang. Hal ini karena anda lebih cepat memahami informasinya. Selain itu, mind mapping juga meningkatkan kreativitas. Dengan anda menggunakan mind map memproses atau menyajikan informasi dengan cara yang lebih sederhana dan menarik.

Jenis – Jenis Mind Mapping

Bubble map digunakan untuk menjelaskan ide atau konsep dengan cara yang paling sederhana. Akan ada gelembung besar yang menjadi topik utama dan kemudian gelembung-gelembung kecil dihubungkan ke gelembung besar tersebut. Gelembung kecil ini berisi kata- kata pendek yang menggambarkan gagasan utama.

Tree map umumnya digunakan untuk mengklasifikasikan atau mengkategorikan data berdasarkan topik utama. Misalnya, jika Anda ingin memetakan level atau prosedur. 

Flow map digunakan pada saat membuat rangkaian proses atau mengelompokkan ide dan turunannya. Pada flowmap ini anda dapat mengelompokkan setiap masalah dengan tingkat masalah mana yang anda harus segera selesaikan. Dengan memiliki skala atau mampu menempatkan setiap masalah pada kelompoknya. Ini juga membantu anda untuk lebih siap dalam mengatasi masalah.

Contoh Mind Mapping

Misalnya, jika Anda ingin melamar pekerjaan, maka perusahaan akan meminta penjelasan dari Anda. Ada berbagai metode yang dengannya kita dapat menemukan sifat dan konstitusi kita sendiri. Tentu saja, mengenal diri sendiri tidak hanya diperlukan untuk mencari pekerjaan, tetapi juga dapat digunakan untuk meningkatkan taraf hidup. Karena mencari informasi dan membawa berbagai hal ke dalam diri anda berguna, penggunaan mind mapping adalah contohnya. Ada beberapa contoh yang menganalisis penjelasan konsep diri, Dan dengan bantuan mind map anda dapat menjelaskan berbagai karakteristik yang terdapat dalam diri anda. Selain itu, mind map juga merupakan cara yang baik untuk menjelaskan siapa diri anda sebenarnya dan apa yang mungkin menarik bagi orang lain. Hal ini akan menunjukan anda yang memiliki perbedaan dari banyak orang lainnya, sehingga anda memiliki karakteristik yang unggul dibandingkan kandidat lain, atau anda juga dapat menarik perhatian orang lain atas persiapan yang sudah anda lakukan sebelumnya.

Kesimpulan

Mind mapping merupakan metode yang dapat anda lakukan ketika anda menghadapi berbagai bentuk permasalahan, anda jadi bisa lebih mengklasifikasikan permasalahan dan mengatasi masalah sesuai dengan skala prioritas yang sedang anda jalani. Pada Mind mapping, Ini membuat anda lebih mudah dalam mengambil keputusan terhadap hal – hal yang akan dilakukan maupun yang sudah anda persiapkan sesuai dengan kebutuhan dan juga tujuan anda saat membuat map. Jika anda sedang mempersiapkan diri untuk bisa memiliki skill dan karir yang sesuai pada perkembangan teknologi saat ini anda juga dapat mengikuti kelas IT

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!