course-net
Search
Close this search box.

Home >

Cara Mengatasi Kebocoran Data Dari Serangan Hacker

Monday, 24 June 2024 4:53 PM

Cara Mengatasi Kebocoran Data Dari Serangan Hacker

Bocornya data pribadi kerap terjadi, baik pada platform digital pemerintah maupun swasta. Tidak hanya marah di Indonesia, hal-hal semacam ini banyak terjadi di berbagai negara. Sebagai expert di bidang kebocoran data.

langkah-langkah yang harus dilakukan setelah insiden menjadi hal yang seringkali saya sampaikan kepada para pengguna.

Lakukan Ini untuk Cara Mengatasi Kebocoran Data Dari Serangan Hacker

Kebocoran data

Bocornya data dapat terjadi baik pada pribadi maupun perusahaan. Secara umum, setidaknya terdapat dua hal yang harus dilakukan, yakni langkah preventif guna merespon insiden kebocoran data serta langkah reaktif yang bersifat teknis dan harus mendapat respon cepat.

Dalam lingkup perusahaan, kebocoran data perlu ditangani dengan mulai membentuk tim terkait sampai dengan melakukan langkah-langkah perbaikan. Tidak lupa melakukan pelaporan ke pihak terkait mengenai insiden tersebut. Berikut uraian langkah-langkah yang dimaksud:

1. Membentuk tim khusus

Ketika menyadari adanya kebocoran data perusahaan, sangat penting untuk mulai mengumpulkan berbagai ahli guna menangani insiden tersebut. Mulai dari pihak manajemen terkait, tim IT, hingga penasihat hukum internal seperti tim legal.

Sejumlah kasus juga dapat memerlukan pihak eksternal seperti ahli forensik hingga pengacara. Hal ini diperlukan untuk mengidentifikasi kebocoran data apa saja yang dialami, bagaimana insiden tersebut terjadi, hingga upaya apa yang perlu dilakukan sebagai respons.

Kebocoran informasi dan data merupakan hal yang sangat sensitif, terlebih jika sudah diketahui oleh publik secara luas. Oleh karena itu, tim khusus ini akan bekerja secara hati-hati guna memastikan kembali kebocoran data seperti apa yang terjadi.

Baca Juga: 10 Cara Melindungi Data Pribadi Anda dari Serangan Hacker

2. Mengamankan sistem IT

Setelah menyadari adanya kebocoran data: langkah-langkah yang harus dilakukan setelah insiden salah satunya dengan mengamankan sistem IT perusahaan terlebih dahulu. Hal ini untuk memastikan agar tidak semakin banyak data yang hilang atau bocor.

Pengamanan sistem ini dapat dilakukan dengan menarik komputer dari jaringan hingga Anda yakin bahwa komputer tersebut sudah aman dan tidak membocorkan lebih banyak data penting. Pastikan juga setiap mesin hingga server memiliki perlindungan yang ketat.

Di sisi lain, sangat penting juga untuk meminta semua individu seperti karyawan atau pelanggan mengubah kredensial login seperti kata sandi. Hal ini setidaknya akan membantu mengurangi akses para peretas dalam mendapatkan informasi pribadi.

3. Membuat rencana komunikasi

Perusahaan mana pun tentu tidak ingin memberi tahu publik tentang adanya insiden kebocoran data. Akan tetapi, hal ini penting untuk tetap dilakukan terutama bagi mereka yang terkena dampaknya, termasuk pada karyawan perusahaan maupun pelanggan.

Apabila kebocoran data bersifat sensitif atau berpengaruh terhadap privasi dan keamanan, diperlukan tim humas untuk menyediakan campaign atau pemberitahuan resmi guna dapat menjangkau dan memberitahu para individu yang terdampak.

Ke depannya, diperlukan juga tim khusus yang akan berkomunikasi untuk menangani pertanyaan dan keluhan individu yang terdampak. Pastikan tim ini memiliki informasi yang cukup dan relevan untuk menjawab setiap pertanyaan atau keluhan yang muncul.

4. Melaporkan pada lembaga terkait

Mengatasi kebocoran data: langkah-langkah yang harus dilakukan setelah insiden lain yang perlu dilakukan yakni dengan membuat laporan kepada pihak-pihak yang berwenang. Adapun pihak-pihak yang dimaksud seperti penegak hukum bahkan instansi pemerintah.

Membuat laporan mengenai kebocoran data setidaknya akan membantu menurunkan risiko lain seperti serangan publik terhadap perusahaan. Terlebih jika informasi yang bocor merupakan data-data yang bersifat pribadi atau identitas diri.

Anda dapat melaporkan secara langsung saat insiden tersebut terjadi atau menunggu selama beberapa waktu sembari melakukan investigasi internal. Kendati demikian, jangan sampai Anda menyembunyikannya begitu lama dari publik agar tidak berdampak pada reputasi perusahaan.

5. Memperbaiki akar permasalahan

Hal yang juga tidak kalah penting untuk mengatasi kebocoran data yakni dengan memperbaiki akar permasalahannya. Hal ini lantaran pelanggaran terhadap privasi data terjadi akibat adanya eksploitasi kelemahan pada sistem IT.

Oleh karena itu, saat publik sudah mengetahui adanya kebocoran data dan laporan ke pihak berwajib sudah dibuat, maka dari internal perusahaan harus bekerja ekstra untuk memperbaiki masalah yang terjadi. Mulai dari memperbaiki kerentanan komputer hingga melatih karyawan.

Tidak ada salahnya bekerja sama dengan pakar siber hingga tim audit keamanan IT yang akan membantu menemukan kelemahan pada sistem IT perusahaan. Mereka juga akan membantu untuk mengatasi masalah yang terjadi agar kebocoran data tidak terjadi kembali.

Baca Juga: 3 Ancaman Serangan Hacker Pada Dunia Game Online

Mitigasi Pencegahan Kebocoran Data

Mengatasi kebocoran data: langkah-langkah yang harus dilakukan setelah insiden memang sangat penting, namun melakukan pencegahan agar kebocoran data tersebut terjadi juga wajib dilakukan. Berikut beberapa hal urgent yang bisa Anda jalankan:

1. Memastikan SOP penanggulangan

Penanganan terhadap kebocoran data sudah seharusnya dilakukan sesuai SOP atau standar operasional perusahaan yang berlaku. Meski demikian, perlu dicek kembali apakah SOP yang ada saat ini masih relevan untuk mengatasi berbagai kemungkinan yang terjadi.

Tidak ada salahnya meng-update SOP dan strategi penanggulangan serangan siber, termasuk standar tim yang akan menangani insiden tersebut, SOP mengenai protokol komunikasi yang jelas, hingga prosedur untuk melakukan mitigasi insiden kebocoran data.

Setiap karyawan hingga pelanggan perusahaan juga perlu diedukasi untuk menjaga keamanan data pribadinya. Misalnya dengan meng-update kata sandi akun dan perangkat secara berkala, tidak membocorkan data pribadi ke orang lain, dan sebagainya.

2. Melakukan audit keamanan secara berkala

Mencegah terjadinya kebocoran data: langkah-langkah yang harus dilakukan setelah insiden dapat dilakukan juga dengan melakukan audit keamanan IT secara rutin. Salah satu caranya yakni dengan memperbaiki risiko kerentanan dalam sistem perusahaan.

Hal ini mencakup melakukan penilaian risiko secara mendalam dan menyeluruh, termasuk memperbaiki perangkat lunak dan sistem yang sudah usang hingga menerapkan pengawasan keamanan yang ketat di semua lini yang menggunakan sistem IT.

Dengan melakukan audit dan pemantauan secara teratur, perusahaan akan membangun fondasi pertahanan yang baik terhadap berbagai insiden kebocoran data pribadi, menjaga integritas, hingga mematuhi standar perlindungan data yang telah ditetapkan.

3. Menggunakan perangkat proteksi data

Pengujian keamanan secara rutin sudah pasti memerlukan perangkat yang tepat. Dengan demikian, Anda dapat mengidentifikasi celah kerentanan yang terjadi sehingga mampu melindungi data perusahaan dari potensi kebocoran.

Mulai dari sistem pendeteksian penyusup, perangkat firewall, prosedur autentikasi, hingga penggunaan software enkripsi. Anda juga dapat menerapkan pendekatan Zero Trust yang membatasi akses pada pihak ketiga dan menerapkan langkah perlindungan tambahan guna mencegah penyusupan sistem berisiko tanpa melalui izin dan prosedur yang berlaku.

Demikian beberapa penjelasan mengenai kebocoran data: langkah-langkah yang harus dilakukan setelah insiden yang penting untuk diperhatikan. Keamanan data menjadi hal sensitif yang harus dijaga oleh setiap individu dan perusahaan. Dengan demikian, penting untuk mengetahui cara mengatasinya sekaligus mencegah kebocoran data tersebut terjadi.

Guna memastikan Anda memahami tentang keamanan data, tidak ada salahnya untuk belajar langsung dari ahlinya. Melalui kursus Cyber Security bersertifikasi dari Course-Net, Anda dapat mengambil kesempatan untuk berkarir di bidang yang saat ini sedang banyak dibutuhkan. Segera hubungi Expert Team Course- Net untuk informasi lebih lanjut!

Artikel Terkait

Belajar hacker dasar
Cyber Security
Minet Course-Net

9 Tips Belajar Hacker Dasar

Profesi hacker diketahui sangat dibutuhkan di seluruh negeri yang membutuhkan keamanan siber termasuk di ranah pemerintahan. Saking banyaknya yang memerlukan jasa keamanan hacker tahukah Anda

Read More »

Tags

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!

Mau Berkarir Di Bidang Hacking? Tapi Ga Punya Basic IT

Kursus di Course-Net, Anda akan didampingi langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. 100.000++ ORANG DARI LEVEL MAHASISWA, STAFF, MANAGER, HINGGA BUSINESS OWNER TELAH BERGABUNG BERSAMA DI COURSE-NET INDONESIA DAN TERUS BERTAMBAH! Jadi Kapan giliran Anda ikut kursus di Course-Net?