course-net
Search
Close this search box.

Home > ,

9 Tips Belajar Hacker Dasar

Monday, 18 September 2023 11:20 AM

Belajar hacker dasar

Profesi hacker diketahui sangat dibutuhkan di seluruh negeri yang membutuhkan keamanan siber termasuk di ranah pemerintahan. Saking banyaknya yang memerlukan jasa keamanan hacker tahukah Anda ternyata profesi ini digadang-gadang memiliki angka pengangguran hampir nol loh, maka dari itu belajar hacker dasar sangat diperlukan.

Jadi jika Anda memiliki skill menjadi hacker sangat dipastikan Anda tidak akan menjadi seorang pengangguran karena pasti langsung direkrut oleh perusahaan-besar ternama di seluruh negara ataupun pada pemerintahannya, informasi ini tentu semakin membuat Anda penasaran dan semakin ingin belajar hacker dasar kan?

Jangan khawatir karena pada informasi yang akan kami sampaikan di bawah ini menjelaskan beberapa dasar dasar belajar hacker yang tak boleh Anda lewatkan. Namun bagi Anda yang membutuhkan pelatihan di bidang IT tentang belajar hacker dasar, Course-Net menyediakan pelatihan untuk skill ini loh.

– Mempelajari Linux

Menjadi seorang hacker tidak selamanya buruk loh seperti yang sudah dijabarkan di atas, pasalnya memang hacker itu sendiri terbagi dari beberapa jenis dan bisa dibilang ada yang berniat baik dan ada juga yang berniat jahat seperti yang sering Anda dengar di berita. Nah untuk cara pertama Anda belajar hacker dasar yaitu Anda harus mempelajari Linux terlebih dahulu.

Langkah ini tidak boleh dilewatkan karena Linux memiliki OS dengan segudang tools yang biasa digunakan untuk hacking. Selain itu untuk melakukan hacking juga dinilai lebih mudah jika menggunakan OS ini dibanding dengan Windows yang kebanyakan orang gunakan. 

– Belajar bahasa C

Tips selanjutnya, jika Anda mempelajari Linux Anda juga harus belajar bahasa C atau bahasa pemrograman. Bahasa C sering disebut bahasa ibu dari bahasa pemrograman. Karena bahasa ini merupakan bahasa paling dasar yang harus dipahami dan dipelajari jika ingin menggunakan tools maupun program open source pada Linux.

– Bisa menguasai bahasa pemrograman lainnya

Tidak hanya bahasa C untuk maju atau berkembang ke tingkat selanjutnya Anda juga harus mempelajari bahasa pemrograman lainnya karena bahasa C saja tidak cukup dikuasai untuk menjadi hacker.

Menariknya bahasa pemrograman lain seperti Python, SQL atau Java tidak serumit Anda mempelajari bahasa C jadi pasti bisalah jika Anda sudah melewati penguasaan bahasa C. Perlu diketahui juga bahwa bahasa-bahasa pemrograman tersebut akan dipelajari di Course-Net yang akan membuat Anda menjadi seorang hacker profesional. 

– Latihan untuk menjadi hacker anonymous

Masuk ke tahap selanjutnya, jika Anda sudah belajar hacker dasar dengan langkah-langkah di atas dan siap untuk mengaplikasikannya Anda bisa mencoba berlatih menjadi hacker anonymous. Hal tersebut juga bertujuan supaya Anda bisa belajar dalam menyembunyikan informasi tentang data pribadi Anda yang pasti untuk melindungi diri Anda dari black hat hacker jikalau menemukan jejak data pribadi Anda. 

– Memahami konsep jaringan

Selain mempelajari Linux, cara belajar hacker dasar selanjutnya Anda juga harus memahami konsep jaringan. Seperti yang diketahui konsep jaringan juga sebenarnya sudah dipelajari ketika Anda dibangku sekolah kan? Jaringan seperti LAN, WLAN, PAN dan lainnya tentu Anda masih ingat dan familiar dengan istilah ini.

Jadi untuk menjadi hacker Anda juga harus mengulas kembali konsep jaringan beserta dengan cara kerjanya hingga bagaimana jaringan tersebut dibuat. Hal ini bertujuan supaya Anda sebagai hacker bisa mengetahui kira-kira sisi mana saja yang rentan dan bisa dimanfaatkan oleh para hacker. Lebih lanjutnya Anda juga dapat mengeksplor lebih dalam penggunaan tools-tools seperti Wireshark atau Nmap yang asing bagi Anda untuk memantau ataupun menganalisa jaringan. 

– Eksplor ke deep dan dark web

Langkah selanjutnya jika Anda sudah mencoba belajar ke lapangan menjadi hacker anonymous Anda juga bisa mulai mengeksplor deep atau dark web. Hal inilah yang cukup menegangkan karena di sini Anda benar-benar mempelajari dunia hacking.

Anda mungkin juga pernah mendengar bahwa konon di setiap negara baik itu militer, politisi ataupun sebuah institusi kerap kali menggunakan dark web dengan tujuan untuk mengakses ataupun bertukar informasi.

Nah namun perlu diketahui juga bahwa dalam mengakses dark web ini Anda tidak boleh sembarangan ya. Tips yang bisa diberikan yaitu ingatlah untuk selalu memasang VPN ataupun memakai TOR browser supaya identitas Anda tetap aman. 

Baca Juga  CEH (Certified Ethical Hacking) : Pengertian, Tujuan dan Peran Penting CEH Cyber Security

– Mengetahui kriptografi juga

Tidak hanya hal-hal yang berkaitan tentang hacking saja namun untuk menjadi seorang hacker Anda juga perlu menguasai kriptografi. Kriptografi merupakan sebuah cara yang dilakukan untuk mengamankan sebuah informasi menggunakan sekumpulan kode atau sandi. Cara ini sudah banyak dilakukan sebagian besar orang terutama dalam menyimpan informasi yang sensitif. 

Jadi akan banyak orang yang menyimpan informasi dengan sengaja dalam bentuk susunan kode supaya tidak gampang dibaca sembarang orang. Oleh karena itu untuk menjadi hacker Anda harus menguasai cara ini juga. 

– Mengupdate isu-isu tentang hacking

Tips selanjutnya dalam belajar hacker dasar Anda juga harus terus update isu-isu tentang hacking karena dengan begitu Anda bisa mengetahui isu terbaru serta informasi yang berkaitan dengan update baru pada OS yang digunakan. Jadi jika Anda selalu mengupdate isu ini Anda tidak akan ketinggalan informasi dan bisa terus mengembangkan skill Anda menjadi seorang hacker. 

Baca Juga : Ketahui Gaji Cyber Security, Bisa Mencapai Ratusan Juta!

– Memperbanyak jam terbang

Tips yang terakhir yang bisa Anda lakukan dalam belajar menjadi hacker yaitu perbanyaklah jam terbang. Tidak hanya seorang hacker namun untuk bisa berkembang dalam suatu profesi tertentu untuk bisa semakin profesional dan expert di bidangnya Anda harus terus memperbanyak jam terbang. Seorang pemula dengan seorang hacker selama beberapa tahun tentu memiliki pengalaman yang berbeda.

Ya, selain skill profesional yang harus dimiliki pengalaman juga bisa membuat seseorang luwes dalam melakukan problem solving ataupun meningkatkan skillnya. Jika dibandingkan seorang pemula dan profesional memiliki skill yang sama-sama bagus namun tentu terdapat perbedaan karena hacker yang sudah memiliki jam terbang tinggi pasti sudah pernah mengalami berbagai hal.

Itulah beberapa cara-cara yang bisa dilakukan dalam belajar hacker dasar. Jika Anda ingin mengikuti pelatihan-pelatihan di bidang IT. Anda dapat mengambil kursus Cyber Security di Course-Net Anda juga bisa mengetahui apa saja hal-hal yang harus dikuasai. Anda juga bisa mengikuti beberapa komunitas untuk bisa berdiskusi dengan hacker lainnya yang akan memberikan pengalaman belajar untuk Anda yang pastinya bermanfaat.

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!