course-net
Search
Close this search box.

Home >

Cara Menggunakan Google Trends Untuk Riset Pasar Saat Ini

Monday, 3 June 2024 3:46 PM

Cara Menggunakan Google Trends Untuk Riset Pasar Saat Ini

Kita sudah memasuki era yang serba digital, dan di era seperti sekarang riset pasar adalah hal yang sangat penting untuk mengembangkan bisnis. Dengan perkembangan yang ada, riset ini bisa dilakukan dengan mudah dan metode yang sederhana, salah satunya adalah dengan cara menggunakan Google Trends.

Peran digital marketing sangat penting dalam melakukan riset pasar. Dan Google trends menjadi salah satu tools yang sangat dibutuhkan untuk seorang digital marketing specialist.

Pentingnya Riset Pasar

Google Trends : Pengertian dan Cara Menggunakannya dengan Mudah

Riset pasar adalah hal yang sangat krusial pada saat Anda dalam proses mengembangkan bisnis. Riset pasar yang benar wajib berdasar pada hal yang faktual dan sedang terjadi di lingkungan secara nyata. Dengan begitu, riset ini akan memberikan dampak yang nyata juga terhadap bisnis Anda.

Fungsi dari Google Trends adalah untuk mengawasi hal apa saja yang sedang naik daun atau jadi tren di masa sekarang. Anda juga akan dibantu menemukan topik info yang sedang banyak dicari oleh pengguna internet, dan semua itu tentunya akan sangat bermanfaat untuk perkembangan bisnis Anda.

Baca Juga: 10 Rekomendasi SEO Tools Free yang Bisa Digunakan Untuk SEO Performance

Panduan Lengkap Menggunakan Google Trends

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah masuk ke laman Google Trends yang bisa ditemukan melalui mesin pencarian Google. Anda perlu ubah pengaturan Negara yang ada di bagian pojok kanan atas dan sesuaikan dengan nagara asal Anda supaya lebih mudah dipahami dan relevan.

Jika Anda ingin menyasar target pasar di luar negeri dan membutuhkan info yang jauh lebih luas dan mendunia, maka Anda bisa mengubah pengaturan Negara menjadi Negara yang Anda inginkan. Misalkan Anda ingin mencari trends yang sedang terjadi di Korea Selatan, maka Anda perlu mengubahnya ke Negara tersebut.

Anda akan dibantu untuk menemukan info dan tren yang sedang happening di Korea Selatan. Informasi ini bisa Anda manfaatkan untuk bahan riset dan pertimbangan jenis produk atau konten apakah yang akan Anda buat supaya bisa relevan dengan masyarakat Korea Selatan. Untuk bisa menghasilkan engagement yang tinggi, Anda perlu melakukan riset secara mendalam bahkan hingga aspek budaya mereka dengan cara menggunakan Google Trends ini.

Baca Juga: Pelatihan SEO : Tips Memilih Kursus SEO yang Baik

Ketik Keyword yang Dibutuhkan

keyword research tools
Sumber : Feedbackexpress

Langkah selanjutnya adalah dengan mencari kata kunci yang relevan dengan produk, layanan, atau info yang sedang Anda pelajari dan teliti. Sebagai contoh, jika Anda ingin membuka bisnis baru di bidang fashion seperti celana jogger, maka Anda bisa masukkan kata kunci tersebut ke dalam kolom “enter a search term or topic”, lalu Anda klik Enter.

Pada saat Anda mengetikkan kata kunci, Anda mungkin bisa mengetikkan susunan kata yang lebih detail agar menemukan tren yang juga lebih khusus. Misalnya, ketika Anda ingin memulai bisnis fashion celana jogger untuk pria, maka Anda bisa mengetikkan kata kunci yang lebih rinci, misalnya dengan menambahkan kata “pria” di akhir susunan kata.

Cara ini akan membuat Anda menemukan data yang lebih detail dan terfokus pada tingkat tren celana jogger secara khusus pada kaum laki-laki. Walaupun secara umum celana jogger adalah unisex, artinya bisa digunakan oleh laki-laki atau perempuan, akan tetapi ada juga tren tertentu yang berlaku berbeda antara celana jogger laki-laki dan perempuan.

Sebagai contoh, kebanyakan pria yang memakai celana jogger akan memilih yang ukurannya mengatung. Lain halnya dengan tren celana jogger wanita yang kebanyakan memilih ukuran yang menyesuaikan dengan panjang kaki. Begitu dengan selera pemilihan warna celana yang cenderung berbeda antara laki-laki dan perempuan. Maka dari itulah, penting untuk mengetikkan kata kunci yang lebih detail.

Analisa Grafik pada Google Trends

Tips dan tata cara menggunakan Google Trends selanjutnya setelah Anda memasukkan kata kunci yang diinginkan adalah melakukan analisa terhadap grafik pada Google Trends. Pada tampilan tersebut, Anda bisa melihat adanya kenaikan maupun penurunan grafik terkait kata kunci yang Anda masukkan, misalnya celana jogger.

Dengan begitu, Anda bisa melakukan pertimbangan apakah kata kunci tersebut akan menghasilkan prospek yang baik pada saat dijadikan tujuan bisnis. Jangan sampai Anda melewatkan langkah analisa grafik karena ini sangatlah penting. Perlu Anda ketahui bahwa dengan tingginya jumlah pengguna internet saat ini dan tingkat keterlibatan pengguna internet dalam menjawab survei yang ada di internet, maka bisa disimpulkan bahwa grafik yang ditampilkan cukup bisa dipertanggungjawabkan dan dijadikan pegangan untuk memulai bisnis.

Grafik tersebut bahkan menunjukkan peningkatan dan penurunan di tiap bulannya dalam satu tahun. Maka Anda juga bisa memperhitungkan kira-kira kapan tren ini akan berakhir atau seberapa besar kemungkinan sebuah tren lama muncul kembali. Jika bisa melihatnya secara jeli, Anda akan bisa meningkatkan keuntungan dan meminimalisir kerugian.

Analisa Minat Berdasarkan Wilayah

Pelatihan Data Analyst
Pelatihan Data Analyst

Cara menggunakan Google Trends tidak hanya terbatas pada analisa grafik secara umum, Anda juga bisa menganalisa ketertarikan masyarakat pada daerah tertentu terhadap suatu kata kunci. Misalkan pada kata kunci celana jogger, memang sudah jadi rahasia umum bahwa celana trendi ini sudah banyak dipakai oleh anak muda di kota besar. Akan tetapi, ternyata celana ini tidak terlalu populer di bagian Indonesia Timur karena mereka lebih nyaman menggunakan celana jeans.

Informasi semacam ini akan sangat berharga bagi Anda yang akan memulai bisnis. Anda jadi bisa menentukan daerah manakah yang akan menjadi pasar utama Anda dan mana yang tidak perlu mendapat promosi terlalu besar. Anda jadi lebih mudah dalam menyusun alokasi dan lebih tepat sasaran.

Di sisi lain, Anda mungkin bisa mengembangkan bisnis Anda dengan mencoba menyasar pasar yang lebih luas dan menambah jenis produk Anda sehingga bisa menjangkau pasar yang lebih heterogen. Ini akan membuat bisnis Anda berkembang dengan lebih cepat dengan membuat produk yang beragam dan target pasar yang juga beragam namun tepat sasaran dan penuh pertimbangan.

Bagaimanapun perluasan pasar semacam ini akan sangat berpengaruh pada biaya produksi, maka perlu juga mempertimbangkan memastikan keuntungan yang didapat agar bisnis bisa bertahan lebih lama.

Perbandingan Keyword di Google Trends

Tidak hanya menambahkan kata kunci jadi lebih detail, Anda juga bisa mengembangkan cara menggunakan Google Trends dengan melakukan perbandingan kata kunci secara langsung di laman tersebut. Anda bisa melakukannya dengan cara memasukkan kata kunci yang sejenis dalam fitur “Compare”.

Cara ini berfungsi untuk melihat bagaimana tingkat tren kata kunci yang Anda cari dengan kata kunci lain. Sebagai contoh kata kunci celana jogger dan celana training panjang yang Anda bandingkan untuk melihat tren manakah yang lebih baik. Anda bisa menemukan informasi penting bahwa celana jogger masih jauh lebih menarik dan banyak digunakan daripada celana training panjang. Mungkin karena celana jogger lebih cocok untuk digunakan untuk jalan-jalan.

Dengan melihat data itu, maka Anda bisa lebih mudah dalam membuat keputusan, manakah yang akan Anda produksi secara luas dan Anda promosikan secara besar-besaran agar mendapat keuntungan yang besar.

Itulah ulasan mengenai cara menggunakan Google Trends untuk melakukan riset pasar yang sangat penting untuk perkembangan dan keberlangsungan bisnis di tengah dinamika pasar yang tidak menentu dan selalu menuntut inovasi. Pelajari lebih jauh tentang penggunaan Google Trends dan topic IT menarik lainnya dengan ikut kursus IT di CourseNet.

Artikel Terkait

Tags

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!

Mau Berkarir Di Bidang Digital Marketing? Tapi Ga punya Basic IT

Kursus di Course-Net, Anda akan didampingi langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. 100.000++ ORANG DARI LEVEL MAHASISWA, STAFF, MANAGER, HINGGA BUSINESS OWNER TELAH BERGABUNG BERSAMA DI COURSE-NET INDONESIA DAN TERUS BERTAMBAH! Jadi Kapan giliran Anda ikut kursus di Course-Net?