course-net
Search
Close this search box.

Pelatihan SEO : Tips Memilih Kursus SEO yang Baik

Minet

November 9, 2022

Pelatihan SEO : Tips Memilih Kursus SEO yang Baik

Pelatihan SEO : Tips Memilih Kursus SEO yang Baik – Optimasi SEO sangat penting untuk meningkatkan traffic website, membangun brand awareness, dan meningkatkan konversi penjualan. Tidak heran jika banyak pemilik situs website yang mengikuti pelatihan SEO agar dapat menerapkannya pada website mereka.

Saat ini kursus SEO menjadi pilihan banyak orang untuk mempelajari strategi SEO langsung dari pakarnya. Jika Anda masih bingung memilih tempat kursus SEO, pelajari beberapa tips memilih kursus SEO yang baik berikut ini.

Kursus SEO Terbaik Di Indonesia Ya Course-Net

Tips Memilih Kursus SEO untuk Website dan Bisnis

Tips Memilih Kursus SEO untuk Website dan Bisnis

Peranan SEO sangat penting terutama bagi website bisnis. Bagi Anda yang membutuhkan SEO website bisa mengikuti kursus atau pelatihan untuk memahami lebih jauh mengenai SEO website. Sebelum memilih tempat kursus SEO, pertimbangkan beberapa tips berikut.

  • Pahami tujuan dan target website

Setiap situs website pasti memiliki tujuan dan target yang ingin diraih, misalnya untuk promosi produk, informasi kepada audiens, penjualan, transaksi, atau lain sebagainya. Ada baiknya untuk Anda menentukan dulu tujuan dari website Anda sebelum mengikuti pelatihan atau kursus SEO.

Jika Anda sudah memiliki targetnya, Anda akan lebih mudah untuk menentukan strategi apa yang harus dipelajari atau dikuasai. Anda bisa lebih intens pada bagian tersebut ketika mengikuti pelatihan SEO.

Kursus SEO yang baik pastinya akan menyediakan materi dan praktik yang benar-benar dibutuhkan oleh pesertanya.

  • Pilih level sesuai kebutuhan

Biasanya tempat kursus SEO yang bagus memiliki berbagai pilihan kelas atau pelatihan. Sebelum Anda mengikuti pelatihan tersebut, sebaiknya Anda sudah mengetahui pelatihan apa yang paling dibutuhkan sesuai level yang Anda kuasai.

Misalnya Anda sudah bisa SEO on page dan ingin ke tingkat lanjut, Anda mungkin bisa meminta coach atau pelatih untuk memulai kursus SEO dari level tersebut. Hal ini bisa Anda pertimbangkan terlebih dahulu supaya kursus SEO yang Anda ikuti bisa memberikan manfaat yang lebih optimal.

Tempat kursus yang bagus seharusnya memiliki layanan pelatihan yang beragam sehingga peserta bisa mengikuti pelatihan sesuai kebutuhannya. Hal ini juga menunjukkan bahwa tempat kursus tersebut sudah profesional dalam menyelenggarakan pelatihan.

  • Verifikasi tempat kursus SEO

Selanjutnya, pastikan tempat kursus SEO yang Anda pilih tidak termasuk dalam daftar website penipuan atau website dengan raport merah. Anda dapat menggunakan mesin pencari untuk mendapatkan informasi tersebut.

Pilih tempat kursus SEO yang kredibel dan bisa menjamin bahwa ilmu-ilmu yang akan dipelajari nantinya benar-benar berguna untuk website dan bisnis Anda. Lebih cermat dalam memilih pelatihan SEO online agar Anda tidak tertipu dengan penyelenggara kursus yang hanya mencari uang. Pilih tempat kursus yang bagus yang memiliki tujuan utamanya yaitu meningkatkan skill SEO bagi para peserta.

  • Lihat kualitas website tempat kursus SEO

Tempat kursus SEO yang bagus pastinya paham dengan semua seluk beluk SEO website. Hal ini bisa Anda cari tahu dengan melihat situs website dari tempat kursus tersebut menerapkan SEO yang bagus atau tidak.

Anda dapat mengetik keyword di mesin pencari untuk tempat kursus. Apabila hasil pencariannya website tempat kursus muncul di halaman pertama Google, maka ini bisa menjadi poin plus.

  • Ketahui pengalaman tempat kurus SEO

Tidak kalah penting juga untuk mengetahui pengalaman tempat kursus SEO. Semakin berpengalaman akan semakin bagus karena biasanya mereka akan lebih lihai dalam permasalahan SEO website.

Anda bisa mendapatkan ilmu yang lebih banyak dan berguna dari pelatihan SEO yang sudah berpengalaman. Penyelenggara tempat kursus dengan sepak terjang yang sudah banyak akan lebih memahami apa yang peserta mereka butuhkan.

  • Cari tahu review dan testimoni dari alumni

Jika Anda masih ragu untuk memilih tempat kursus SEO, Anda bisa mencari testimoni dari alumni yang pernah mengikuti pelatihan di tempat tersebut. Pandangan atau review dari orang lain ini akan sangat membantu Anda dalam membuat keputusan.

Melalui review dan testimoni Anda dapat mengetahui kualitas dan reputasi dari tempat kursus SEO. Cari juga informasi seperti layanan yang disediakan di pelatihan SEO Jakarta, bagaimana pelatihan diberikan, dan hasilnya untuk website.

Semakin banyak review bagus yang diberikan oleh alumni, dapat menunjukkan bahwa tempat kursus tersebut memak layak untuk Anda ikuti. Pastikan Anda mencari review dan testimoni yang jujur mengenai kualitas dari suatu kursus SEO.

  • Pastikan memiliki mentor yang berpengalaman

Tips Memilih Kursus SEO untuk Website dan Bisnis

Mentor atau pengajar merupakan faktor yang paling penting dari sebuah kursus SEO. Melalui pengajar yang kompeten dan berpengalaman Anda bisa memperoleh ilmu SEO yang berkualitas. Sebelum memilih tempat kursus, sebaiknya Anda cari tahu dulu siapa yang akan menjadi pemberi materinya.

Biasanya pelatihan SEO yang bagus akan menyediakan mentor yang berkualitas dengan bersertifikat. Selain itu, di website mereka juga dicantumkan detail pengajarnya sehingga calon peserta kursus bisa lebih mengenal kemampuan mentor atau pengajar.

Apabila informasi yang disediakan cukup terbatas, Anda mungkin bisa menggunakan internet untuk mencari tahu latar belakang pengajar di tempat kursus tersebut. Misalnya saja menggunakan LinkedIn untuk memastikan pelatihnya memiliki keahlian dan pengalaman yang mendukung.

Mentor yang sudah memiliki pengalaman tidak hanya paham teori SEO saja. Biasanya mereka akan lebih banyak mengajarkan trik praktik SEO ketimbang teorinya.

  • Menyediakan materi yang up to date

Berbicara mengenai SEO website, optimasi ini sangat tergantung dengan aturan yang diterapkan oleh mesin pencari khususnya Google. Perlu Anda ketahui bahwa aturan seperti algoritma Google bisa saja berubah-ubah yang dapat mempengaruhi SEO yang diterapkan pada website.

Inilah pentingnya untuk memilih pelatihan SEO yang menyediakan materi SEO yang up to date. Perhatikan materi yang diberikan apakah memuat teknik-teknik terbaru sesuai dengan algoritma Google terkini.

Anda dapat menanyakan hal ini langsung ke tempat kursus SEO. Pastikan juga Anda memilih tempat kursus yang akan memberikan materi SEO secara lengkap dan tuntas. Apabila perlu mengikuti kelas lanjutan, Anda bisa menanyakan materi apa saja yang akan diajarkan pada kelas tersebut.

  • Sesuaikan dengan waktu yang dimiliki

Sebagus apa pun kursus SEO yang ditawarkan jika diadakan pada jam-jam yang tidak sesuai dengan waktu yang Anda miliki, tentu akan sulit untuk Anda mengikutinya. Sebaiknya Anda pertimbangkan ulang untuk menggunakan kursus SEO yang jadwalnya bertabrakan dengan jadwal kerja Anda.

Anda harus fokus dengan pekerjaan sehingga lebih baik pilih pelatihan SEO Jogja yang waktunya lebih fleksibel. Kursus SEO yang bagus yang diadakan sesuai waktu luang yang Anda miliki sehingga bisa 100% fokus untuk mengikuti kelas pelatihan tersebut.

  • Tempat kursus yang bersertifikat

Tujuan utama dari mengikuti pelatihan SEO tentu saja mendapatkan ilmu yang bisa diterapkan dalam mengoptimasi website. Tempat kursus SEO yang bagus dapat memberikan materi dan juga pelatihan praktik sehingga peserta benar-benar dapat menggunakannya bukan hanya mengetahui banyak teori saja.

Akan lebih bagus lagi jika tempat kursus SEO yang Anda ikuti menyediakan sertifikat pelatihan. Sertifikat kursus SEO ini mungkin bisa berguna untuk karier sebagai tambahan untuk Anda memperbarui CV.

Dengan adanya sertifikat pelatihan, Anda mungkin juga akan lebih bersemangat untuk mengikuti kursus SEO. Namun, jangan lupakan bahwa tujuan mengikuti kursus bukan hanya untuk sertifikat tetapi upgrade kemampuan SEO Anda.

  • Bandingkan harga yang ditawarkan

Ketika memilih tempat kursus, hal penting yang perlu dipertimbangkan adalah harga yang mereka tawarkan. Mungkin untuk harga pelatihan atau kursus tergantung dari level pelatihan yang Anda ikuti. Namun, pilihlah tempat pelatihan yang harganya wajar.

Anda dapat mencari tahu biaya kursus SEO di berbagai tempat untuk perbandingannya. Apabila tempat kursus yang ingin Anda ikuti dirasa terlalu mahal, mungkin Anda bisa menghubunginya terlebih dahulu untuk nego. Jika tidak bisa dinego, pastikan harga tersebut sebanding dengan kualitas pelatihan yang diberikan.

Begitu pula saat Anda menemukan pelatihan SEO yang biayanya sangat murah. Jangan langsung tergiur karena bisa saja tempat kursus tersebut merupakan penipuan. Hal ini tentu perlu diwaspadai bagi setiap orang yang ingin mengikuti kursus SEO.

  • Pahami sistem kursus SEO yang diterapkan

Apabila Anda sudah menemukan tempat kursus yang bagus, pastikan Anda memahami bagaimana sistem pendidikan dan pelatihan yang mereka terapkan. Pastikan metode yang mereka gunakan dapat memberikan hasil yang terbaik untuk kemampuan atau skill Anda. 

Tempat kursus yang bagus seharusnya dapat memberikan materi yang berkualitas dan update untuk pesertanya. Selain itu, metode yang diterapkan sebaiknya lebih banyak ke praktik sehingga peserta bisa menggunakannya secara real di dunia kerja.

  • Adanya konsultasi setelah kursus

Jika Anda mencari pelatihan SEO dan SEM yang benar-benar berguna untuk optimasi website dan bisnis Anda, sebaiknya pilih yang menyediakan konsultasi setelah kursus. Apabila masa kursus sudah berakhir, Anda masih bisa menghubungi tempat kursus tersebut ketika ada permasalahan yang muncul tetapi tidak dibahas sebelumnya di kelas pelatihan.

Hal ini sangat membantu bagi para pelaku bisnis yang menggunakan website agar bisa melakukan optimasi website secara terus menerus. Selain itu, bagi tempat kursus juga bisa bersama-sama memecahkan masalah tersebut yang mungkin bisa menjadi update untuk materi kursus yang diberikan di kelas-kelas berikutnya.

  • Jaminan sampai bisa

Ketika belajar SEO mungkin hasilnya bisa berbeda-beda untuk setiap orang. Ada yang cepat memahami dan ada pula yang butuh waktu lebih lama dan penjelasan lebih detail untuk menguasai materi pelatihan.

Jika Anda merasa masih pemula dan merasa tidak memiliki basic apa-apa terkait SEO, jaminan kursus sampai bisa mungkin dapat Anda pertimbangkan. Pilih pelatihan SEO yang benar-benar akan membantu Anda memahami strategi SEO hingga Anda bisa menerapkannya untuk optimasi website.

  • Fasilitas tambahan yang diberikan

Selain kualitas pelatihan, Anda bisa mempertimbangkan tempat kursus SEO dari fasilitas tambahan yang diberikan untuk peserta. Misalnya saja garansi pelatihan, layanan setelah kursus selesai, kelas online, dan lain sebagainya. Melalui fasilitas tambahan ini Anda bisa mengetahui bahwa tempat kursus tersebut tidak mudah lepas tangan atau semata-mata untuk mencari keuntungan.

Itulah beberapa tips memilih tempat kursus SEO yang bagus untuk Anda pertimbangkan. Pastikan Anda sudah mengetahui apa yang dibutuhkan dari pelatihan SEO dan pilih tempat kursus yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

Mau Ikut Pelatihan SEO & Kursus SEO ?

Caranya gampang banget, kamu bisa menikmati pelatihan SEO dengan Skill digital marketing yang diberikan. Dibimbing oleh Coach yang berpengalaman pastinya, Isi data diri anda dibawah ini Untuk mengikuti kursus SEO.

Selamat menikmati kursus SEO yang ada di Course-Net, Pastikan anda memilih tempat sertifikasi SEO yang tepat.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!