course-net
Search
Close this search box.

Home >

Cloudflare : Pengertian, Fungsi Dan Fitur Kecepatan Serta Keamanan Website

Thursday, 3 August 2023 10:37 AM

Cloudflare Solusi Terbaik Untuk Kecepetan & Keamanan Website Anda

Apakah Anda pernah mendengar tentang Cloudflare? Secara singkat Cloudflare merupakan salah satu layanan untuk Content Delivery Network atau CDN. Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang panduan dasar mengenai Cloudflare yang menjadi CDN unggulan para web developer. Anda akan mendapatkan informasi mengenai CDN, arti fungsi serta beragam fitur dan keunggulannya.

Tak hanya itu saja, kami pun akan menjelaskan tentang beberapa langkah awal dalam membuat akun CDN ini untuk website. Ikuti terus pembahasan pada artikel kali ini, ya!

Cloudflare Solusi Terbaik Untuk Kecepetan & Keamanan Website Anda
Sumber : Cloudflare

Cloudflare Solusi Terbaik Untuk Kecepetan & Keamanan Website Anda

Pengertian Cloudflare

Cloudflare adalah salah satu layanan CDN atau Content Delivery Network dan juga menjadi layanan Web Security. Layanan CDN ini dapat Anda peroleh secara mudah dengan tarif gratis.

Layanan CDN ini dapat dikatakan menjadi CDN unggulan jika dibandingkan dengan layanan CDN secara umum. Hal ini dikarenakan CDN ini dapat menghadirkan layanan yang optimal. CDN ini sendiri memiliki beragam jenis paket antara lain Pro, Bussiness serta Enterprise.

Namun, apa sebenarnya arti dari CDN itu? CDN merupakan suatu sistem yang nantinya menyediakan content dengan cepat pada end user di mana hal ini ada di beragam data center yang ada di internet. Content yang disebar via CDN ini umumnya berupa konten statis.

Dengan demikian, cara kerjanya yaitu dengan menyebar beragam konten statis web di beberapa data center yang tersedia. Saat konten statis direload dari website (gambar, video, CSS, JS dan beragam jenis konten lainnya) maka user akan langsung mendapatkan content dari lokasi CDN terdekat, bukan melalui web server-nya.

Hal inilah yang menjadi keunggulan Cloudflare, karena website Anda sebagai user bisa direload lebih cepat oleh end user yang berada di lokasi mana pun. CDN sebenarnya memang tak diberikan dengan gratis/cuma-cuma, akan tetapi Cloudflare berkenan memberikan CDN secara gratis bagi Anda dengan beragam fitur ekstra lainnya.

Ini lebih hemat bandwidth dan menyebarkannya ke seluruh content statis yang tersedia di web, lalu sesudahnya menyebarkan kembali ke semua data center dari CDN tersebut.

CDN ini mengklaim bahwa terdapat lebih dari 20 data center yang tersebar, terutama di wilayah Asia Tenggara, yang berada di Singapura. Para developer sangat menyukai CDN sebab bisa menghemat bandwidth sampai 50%. Dengan begitu website pun menjadi 2 kali lebih cepat untuk diakses.

Sekalipun website Anda mungkin telah memakai plugin W3 Total Cache, namun nantinya tetap tak lebih cepat dibandingkan dengan website yang memakai CDN Cloudflare ini.

Beberapa Fitur Unggulan

Ada beberapa fitur unggulan yang dapat Anda peroleh dengan login Cloudflare ini, antara lain:

1. Mirroring

Beragam content yang ada pada website Anda nantinya menjadi mirror ke masing-masing data center Cloudflare DNS. Hal inilah yang akan membuat website Anda sebagai user dapat teroptimasi dengan lebih cepat saat pengunjung atau visitor lokasinya jauh dari server utama.

2. Caching

Hal ini artinya layanan CDN ini menjalankan fungsi caching pada kondisi dan waktu tertentu. Fitur caching ini nantinya lebih hemat bandwidth hosting Anda, khususnya jika webhosting memiliki limit untuk bandwidth. Secara sederhana, koneksi Anda nantinya berjalan dua arah, ke web pengunjung/visitor serta ke server-nya.

3. Firewall

Firewall dapat memberi perlindungan bagi website Anda dari security threat (ancaman keamanan). Tak hanya itu, Anda dapat memblokir IP dari beberapa negara lain sehingga Anda bisa menentukan visitor mana saja yang dapat mengakses website Anda.

4. Analytics

Analytics ini berarti menjalankan monitoring pada semua aktivitas yang ada pada website Anda. Lalu apa saja aktivitas yang dimonitoring? Beberapa di antaranya jumlah unique visitor dan asal dari visitor, jumlah pengiriman request dalam waktu 24 jam terakhir, serta ketersediaan bandwidth selama 24 jam penuh.

5. Railgun

Fitur railgun juga dapat berpengaruh pada kecepatan website Anda. Klaim Cloudflare bahkan website Anda dapat meningkat kecepatannya sampai 300%. Akan tetapi fitur satu ini hanya dapat dinikmati oleh para pengguna dengan versi berbayar atau bila jasa hosting yang Anda gunakan telah bekerja sama dengan layanan CDN ini.

Fungsi

Setelah mengetahui apa itu Cloudflare beserta fiturnya, berikut adalah beberapa fungsi dari layanan CDN yang penting untuk diaktifkan pada website.

  • Memberikan kecepatan akses dalam mengunjungi website
  • Memonitor trafik berbahaya di website
  • Meningkatkan kinerja dari web sebab mempunyai server proxy yang ada di sejumlah negara
  • Cloudflare login bisa digunakan menjadi cache konten statis bagi website, contoh antara lain gambar, video, CSS, JS dan lain-lain
  • Dapat mengurangi penggunaan untuk resource server

Cara Membuat Akun Cloudflare Serta Menambahkan Situs/Website

1. Kunjungi website Cloudflare

Kunjungi website Cloudflare lalu klik link “Under Attack?” di pojok kanan atas laman website-nya.

2. Membuat akun Cloudflare

Berikutnya buat akun dengan mengetik email dan password Anda. Pilih “Create account now” untuk lanjut ke tahap selanjutnya. Anda sebaiknya menggunakan email perusahaan, seperti [email protected]. Dengan begitu notifikasi penagihan dan informasi apa pun yang berkaitan dengan layanan nantinya dikirim ke email tersebut.

3. Memasukkan domain website

Berikutnya masukkan domain website Anda lalu pilih “Add site”. Anda tak perlu menginput www pada domain-nya. Contoh jika website Anda yaitu www.nama.com, maka cukup ketikan nama.com. Nantinya layanan CDN ini akan memindai catatan DNS domain Anda. Hal ini membutuhkan waktu kurang lebih 60 detik sampai selesai. Sesudah pemindaian DNS selesai, pilih Next.

4. Memilih plan

Next, pilih paket disesuaikan dengan kebutuhan Anda, kemudian pilih “Confirm Plan”.

5. Mendaftarkan seluruh catatan DNS

Daftar seluruh history DNS yang sudah ditemukan nantinya ditampilkan, subdomain Anda juga termasuk. Di langkah ini Anda dapat menentukan subdomain yang ingin diaktifkan menggunakan Cloudflare. Bila ada catatan ekstra yang ingin Anda tambahkan untuk pihak layanan CDN ini, Anda pun dapat menambahkannya. Sesudah Anda mengecek catatan DNS, pilih “Next”.

6. Verifikasi

Nantinya server Anda diberikan nama dengan layanan CDN ini. Cloudflare nameserver ditambahkan pada domain Anda dan tercantum pada laman ini. Pilih Lanjutkan. Anda pun harus melanjutkan pada tab Crypto dari akun CDN baru guna verifikasi bahwa catatan Universal SSL CDN ini sudah ditentukan untuk domain Anda.

Hal-hal tersebut harus ditampilkan sebagai dua notes pada bagian Edge Certificates; satu bagi domain root Anda (sample.com) serta satu catatan bagi subdomain wildcard (*.sample.com).

7. Menunggu konfirmasi

Anda perlu menunggu kurang lebih 72 jam untuk bisa menyebarkan informasi nama server. Anda nantinya mendapatkan konfirmasi email dari layanan CDN ini ketika pembaruan nama server telah selesai. Website Anda tak akan mengalami down pada periode ini.

Setelah mengikuti pembahasan kali ini tentu Anda sudah lebih mengetahui tentang layanan CDN satu ini. Nah, bagi Anda yang ingin mempelajari Cloudflare maka bisa bergabung dengan kursus IT online Course-Net. Karena Course-net juga menawarkan kursus website yang bisa anda ikuti dan daftarkan.

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print