course-net
Search
Close this search box.

Home > , , ,

Belajar SQL: Definisi, Sejarah Singkat dan Tips Untuk Pemula

Wednesday, 6 September 2023 2:42 PM

belajar sql

.Saat ini ilmu pengetahuan berkembang sangat pesat seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih. Kini belajar SQL sangat dibutuhkan khususnya bagi Anda yang bekerja di bidang IT dan erat kaitannya dengan database.

Jika berbicara tentang data mungkin yang ada di pikiran Anda adalah aplikasi seperti Ms Excel dan lain sebagainya. Namun apakah Anda terbayang jika data yang diolah itu jumlahnya miliaran. Maka dari itu, SQL inilah yang menjadi solusi dalam pengolahan data besar tersebut.

Apa Itu SQL?

SQL adalah singkatan dari Structured Query Language, SQL merupakan bahasa pemrograman yang dirancang khusus dalam pengolahan data yang jumlahnya besar. Tahukah Anda ternyata SQL ini sudah ada semenjak beberapa puluh tahun yang lalu loh

Setelah tahu apa itu SQL Anda tentu sangat tertarik sekali untuk belajar SQL kan? Menariknya untuk melakukan pelatihan di bidang IT saat ini sangat mudah ditemukan loh, salah satu pelatihan IT terpopuler yang banyak diminati orang-orang adalah Course-Net. Di sini Anda bisa mengembangkan karier Anda bersama dengan coach ternama yang tidak main-main karena coach ini sudah kelas dunia loh.

Apa Itu Database?

Setelah mengetahui istilah SQL ini sebelumnya apakah Anda tahu apa itu database? Ya, database merupakan sebuah kumpulan data yang dikelola sedemikian hingga supaya nanti dalam pengelolaannya dapat lebih mudah karena seperti yang disebutkan tadi bahwa kumpulan data ini jumlahnya sangat besar sekali jadi perlu dikelola terlebih dahulu agar nantinya pengelolaannya tidak akan terlalu rumit.

Meskipun Anda pemula, Anda tidak perlu khawatir karena di Course-Net ini memiliki kelas khusus belajar SQL server untuk pemula. Sangat menarik bukan, Anda akan belajar analisis data maupun hal-hal dasar tentang database, contoh materi yang didapat yaitu jenis-jenis database yang terdiri dari operational database, database warehouse, distributed database, relational database dan end-user database.

Semua jenis database ini akan dikupas tuntas di Course-Net, nah masing-masing dari jenis database yang disebutkan tadi sangat membutuhkan SQL yang berguna untuk menjalankan fungsi lainnya yang ada pada sistem pengolahan data. Jadi jika disimpulkan sebagian besar software pada pengolahan data tersebut dikuasai oleh sistem SQL, sangat luar biasa ya.

Sejarah Singkat SQL

Ketika belajar SQL Anda juga perlu mengetahui sejarah singkat yang dimiliki. Tahukah Anda awalnya SQL bernama SEQUEL loh, SEQUEL ini kependekan dari Structured English Query Language yang telah dikembangkan di tahun 1970. Setelah kemunculan awalnya inilah SEQUEL digunakan pertama kali oleh IBM di tahun 1986.

Setelah itu barulah SEQUEL berubah nama menjadi SQL sampai saat ini yang Anda kenal. Pengembangan SQL hingga kini juga sudah banyak sekali untuk pengolahan database mulai dari MySQL, PostgreSQL atau Microsoft SQL. Meski begitu, di awal mempelajarinya Anda harus belajar SQL dasar hingga nanti belajar database SQL server secara keseluruhan.

Baca Juga : Cara Membuat Database MySQL Di phpMyAdmin

Apa Saja Fungsi SQL?

Tahukah Anda ternyata mempelajari SQL ini bisa menjadi salah satu cara dalam meningkatkan prospek karier Anda loh khususnya di dunia IT. Pasalnya SQL ini penting sekali dalam pengelolaan database karena hampir setiap perusahaan pasti menyimpan datanya dalam bentuk database.

SQL akan selalu dibutuhkan baik itu seseorang menggunakan bahasa pemrograman lainnya seperti Phyton, SQL akan tetap dibutuhkan dalam mengambil data yang terdapat di database. Berikut ini adalah fungsi dari SQL yang perlu Anda ketahui.

– Mengakses database

Fungsi pertama SQL adalah untuk mengakses database berdasarkan perintah yang dibuat. Selain itu SQL juga berfungsi dalam memanipulasi data contohnya seperti menghapus data, melakukan pembaruan data, menambahkan data dan lain sebagainya.

– Mengeksekusi query

Selanjutnya bahasa pemrograman ini juga memiliki fungsi dalam mengeksekusi berbagai kuery. Contoh dari eksekusi query ini adalah bentuk perintah langsung pada sistem seperti alert, trigger, grant atau yang lainnya.

– Mengatur hak akses user

Fungsi terakhir dari SQL ini yaitu untuk mengatur hak akses user. Jadi Anda bisa membatasi hak akses yang bisa digunakan pengguna pada suatu sistem sesuai dengan kebutuhan.

Tips Belajar SQL 

Anda tentu semakin penasaran bukan untuk belajar SQL server, ya hal tersebut karena seperti yang disebutkan tadi prospek pekerjaan yang didapat sangat luas sekali seperti Anda bisa menjadi data scientist, big data architect atau database administrator.

Pekerjaan tersebut merupakan pekerjaan paling dicari di era digital ini, hampir semua perusahaan pasti membutuhkan profesi ini oleh karena itu di bawah ini terdapat beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika belajar SQL apa saja itu simak di bawah ini.

– Memahami manfaat serta penggunaan SQL

Tips pertama yang bisa Anda lakukan yaitu meskipun nantinya Anda akan mempelajari berbagai materi yang berhubungan dengan bahasa pemrograman atau database. Sebelumnya Anda juga perlu mengetahui apa saja manfaat serta penggunaan dari SQL itu sendiri.

Jadi nantinya ketika Anda sudah memahami apa manfaat dari SQL, Anda akan lebih mudah dalam menerima materi yang dibaca, saat ini informasi tentang SQL juga sudah banyak sekali tersebar di internet.

– Mengikuti kursus SQL

Tips selanjutnya selain mencari berbagai hal tentang SQL di internet Anda juga bisa mengikuti kursus SQL di Course-Net. Pelatihan ini menghadirkan coach kelas dunia yang akan membuat Anda memahami SQL, menariknya kemampuan Anda yang tadinya hanyalah pemula akan terus berkembang dan bisa menjadi expert serta bisa mendapat pekerjaan menjadi data scientist karena materi yang dipelajari di sini.

Berbagai perintah dasar seperti DDL, DML atau DCL akan dipelajari pada Course-Net ini. Sebagai gambaran Anda jadi perintah dasar DDL ini merupakan jenis perintah dasar yang terdiri dari create, alter, show, drop atau rename.

Jadi pada perintah ini Anda bisa membuat struktur database dengan benar namun jika akan memanipulasi data maka Anda bisa menggunakan perintah dasar DML yang terdiri dari insert, update, delete maupun select.

Perintah dasar yang terakhir yaitu ada DCL yang memiliki fungsi untuk mengatur hak akses dari pengguna. Nah untuk DCL ini juga masih terbagi menjadi dua lagi yang terdiri dari grant dan revoke.

– Berlatih sungguh-sungguh

Dalam belajar SQL ini Anda harus terus berlatih dengan sungguh-sungguh, ikuti kursus dengan baik maka kemampuan Anda akan semakin terasah. Kuncinya Anda bisa mempelajari berbagai kode SQL yang ada di berbagai sistem database tujuannya tentu saja supaya skill Anda semakin meningkat.

Kesimpulan

Demikian informasi tentang SQL baik itu definisi, fungsi maupun sejarah SQL yang ada pada artikel ini, jika tertarik untuk belajar SQL, langsung saja Anda bisa menghubungi kontak Course-Net dengan mengunjungi websitenya di Course-Net.com. Anda bisa memilih pelatihan data analyst untuk Anda dalam memenuhi materi apa yang akan dipelajari termasuk bahasa pemrograman SQL ini. 

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!