course-net
Search
Close this search box.

Home >

Contoh Penggunaan AI dan Machine Learning dalam Media dan Hiburan

Tuesday, 18 June 2024 10:35 AM

Contoh Penggunaan AI dan Machine Learning dalam Media dan Hiburan

Penggunaan AI dan machine learning dalam media dan hiburan sangat banyak dan bisa kita rasakan, seperti AR dan VR, personalisasi konten, iklan yang ditargetkan, pengenalan wajah dan suara dan sebagainya. Kecerdasan buatan atau AI dan machine learning merupakan dua hal yang sangat berkaitan erat dan saling terhubung.

Baik, AI, maupun machine learning memiliki banyak persamaan, seperti untuk pemecahan masalah, aplikasi lintas industri dan di bidang ilmu komputer. Untuk memahami lebih jauh mengenai penggunaan AI dan machine learning pahami persamaan dan juga penggunaannya di media dan hiburan yang bisa kita temui atau bahkan rasakan selama ini.

Apa Itu AI?

Kecerdasan buatan atau AI adalah kemampuan pada sistem komputer untuk menirukan fungsi kognitif manusia, seperti pembelajaran serta pemecahan masalah. Kehadiran AI, sistem komputer memakai logika dan matematika untuk melakukan simulasi penalaran yang dipakai oleh orang untuk belajar dari informasi baru serta dalam membuat keputusan.

Apa Itu Machine Learning?

Tips Mempelajari Machine Learning 

Machine learning adalah penerapan dari AI, yang merupakan proses penggunaan model data matematika yang dapat membantu komputer belajar tanpa menggunakan instruksi langsung. Hal ini juga memungkinkan sistem komputer akan terus belajar dan meningkatkan dirinya sesuai dengan pengalaman. Cara yang dilakukan untuk melatih komputer supaya bisa meniru penalaran manusia adalah memakai jaringan saraf.

Jaringan saraf adalah serangkaian algoritma yang meniru otak manusia. Jaringan ini dapat membantu sistem komputer dapat mencapai AI dengan pembelajaran secara mendalam. Hubungan erat dari kedua inilah yang jadi alasan mengapa AI dan machine learning sebenarnya adalah mengenai keduanya bekerja sama satu dengan lainnya.

Tentu saja penggunaan AI dan machine learning dalam media dan hiburan sangat banyak dan keduanya memiliki hubungan yang sangat erat, sehingga sering kita jumpai di dalam kehidupan sehari-hari.

Cara AI dan Machine Learning Terhubung

Komputer yang memkaai AI dapat berpikir seperti manusia dan bisa melakukan tugasnya sendiri. Machine learning adalah cara sistem komputer dalam mengembangkan kecerdasannya. Nah, cara interaksi AI dan machine learning adalah:

1. Pengambilan Keputusan Berdasarkan Data

Umumnya sistem AI kerap menggunakan machine learning untuk membuat keputusan sesuai dengan data yang ada. Algoritma machine learning dapat menganalisis kumpulan data yang sangat besar, identifikasi pola dan juga menghasilkan wawasan yang dipakai oleh sistem AI dalam membuat pilihan yang tepat.
Contohnya pada chatbot yang mendukung AI memakai dukungan machine learning dalam memahami dan merespon pertanyaan dari para pengguna. Hal ini merupakan salah satu contoh penggunaan AI dan machine learning dalam media dan hiburan.

2. Personalisasi

Personalisasi yang berbasis AI, seperti rekomendasi konte di platform streaming maupun rekomendasi produk dari e-commerce akan bergantung dengan algoritma machine learning. Algoritma inilah yang dapat menganalisis perilaku serta preferensi pengguna dalam memberikan pengalaman yang sesuai.

3. Natural Language Processing (NLP)

Natural Languange Processing atau NLP adalah sub bidang AI yang berhubungan dengan interaksi komputer dan juga bahasa manusia. Machine learning biasanya memiliki peran penting pada tugas-tugas NLP ini seperti pengenalan ucapan, analisis sentimen dan terjemahan bahasa.

Asisten virtual yang mendukung AI seperti Alexa dan Siri memakai NLP yang berbasis machine learning dalam memahami serta merespon bahasa lisan dengan mudah dan efektif.

4. Visi Komputer

Visi komputer, sub bidang AI yang lain akan melibatkan machine learning dalam menafsirkan serta memahami informasi secara visual dari dunia. Machine learning memungkinkan sistem AI mengenal wajah, objek dan pemandangan pada gambar serta video. Teknologi tersebut diterapkan di sejumlah bidang, seperti sistem keamanan, pencitraan medis, kendaraan otonom dan sebagainya.

Nah, seperti itulah cara penggunaan AI dan machine learning dalam media dan hiburan yang harus dipelajari karena keduanya memiliki hubungan yang sangat erat.

Baca Juga: 8 Contoh Penerapan Machine Learning Pada Kehidupan Sehari Hari

Penggunaan AI dan Machine Learning pada Media dan Hiburan

Contoh-contoh penggunaan AI pada media dan hiburan yang paling umum ditemukan adalah:

1. AR dan VR

Kehadiran AR dan VR merupakan salah satu pemanfaatan AI yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Masyarakat zaman sekarang menginginkan konten yang lebih imersif dan interaktif yang bisa ditemukan di AR dan VR.

Aplikasi AI sudah memperluas bagaimana penggunaan keduanya bisa meningkatkan pengalaman pengguna dengan memungkinkan suatu perusahaan media serta hiburan dalam membuat acara yang interaktif maupun program NPC video game yang sudah diprogram sebelumnya.

2. Personalisasi Konten

Salah satu contoh alat terbesar untuk meningkatkan pengalaman dan keterlibatan pengguna di platform OTT adalah personalisasi konten maupun saran konten yang dibuat secara khusus untuk preferensi pengguna. Personalisasi kontan akan memungkinkan suatu perusahaan media dan juga hiburan memastikan setiap pelanggan memperoleh saran konten sesuai dengan preferensi mereka agar mempertahankan dan meningkatkan pengalaman pelanggan.

3. Kualitas Streaming

Contoh penggunaan AI dan machine learning dalam media dan hiburan adalah kualitas streaming. Kecepatan serta kualitas streaming merupakan kunci kepuasan bagi pelanggan. Aplikasi AI di dalam industri media dan hiburan bisa menyediakan dengan kualitas video yang terbaik untuk mengatasi buffering.

4. Iklan yang ditargetkan

Streaming termasuk salah satu saluran konten yang sedang populer saat ini di masyarakat. Saat melakukan streaming secara real time, AI di industri media serta hiburan memungkinkan suatu perusahaan untuk menampilkan iklan yang ditargetkan di sana. Biasanya hal ini akan disesuaikan dengan preferensi masing-masing agar bisa meningkatkan pengalaman pelanggan.

5. Pengenalan Wajah

Pengenalan wajah merupakan salah satu contoh penggunaan AI dan machine learning yang bisa kita temukan saat ini. Dengan adanya pengenalan wajah yang didukung dengan pembelajaran lebih mendalam akan bermanfaat untuk perawatan kesehatan dan berguna membantu mendeteksi penyakit genetik maupun melacak penggunaan obat pasien lebih akurat.

6. Optimasi Media Sosial

Platform media sosial, seperti Facebook, Instagram dan Twitter memakai big data dan AI untuk meningkatkan fungsionalitasnya serta memperkuat pengalaman bagi penggunanya. Machine learning dapat membantu untuk memerangi konten yang tidak pantas serta pembullyan yang dapat menimbulkan efek negatif bagi platform karena bisa kehilangan penggunanya.

7. Otomatisasi Email dan Filter Spam

Otomatisasi email adalah salah satu contoh keberhasilan dari machine learning. Fungsinya adalah untuk melakukan filter spam pada email secara otomatis. Pemfilteran spam ini bisa dilakukan untuk konten email yang tidak diinginkan oleh pengguna, mencakup teks dan struktur pesan lokasi fisik pengirim data dari domain email dan alamat IP.

8. Suara Seluler ke Teks dan Teks Prediktif

Mesin juga dapat mempelajari bahasa dengan format lain, seperti Cortana dan Siri yang merupakan aplikasi suara ke teks yang dapat mempelajari kata-kata serta bahasa, lalu menyalin audio jadi tulisan. Teks prediktif memiliki hubungan dengan bahasa.

Baca Juga: 10 Fungsi Metode Linear Regresssion Pada Machine Learning 

Nah, jadi itulah semua contoh penggunaan AI dan machine learning dalam media dan hiburan yang bisa Anda rasakan selama ini. Pahami lebih jauh mengenai machine learning dengan mempelajari Data Science melalui kursus yang tersedia di Course-Net.

Artikel Terkait

tahapan data analisis
Data Analyst
Minet Course-Net

Ketahui 4 Tahapan Data Analisis

Tahapan data analisis merupakan salah satu hal yang penting dalam pengembangan perusahaan. Data adalah bahan utama dalam proses pengambilan keputusan. Sebelum terjadi proses tersebut, diperlukan

Read More »

Tags

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!

Mau Berkarir Di Bidang Data Scientist? Tapi Ga punya Basic IT

Kursus di Course-Net, Anda akan didampingi langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. 100.000++ ORANG DARI LEVEL MAHASISWA, STAFF, MANAGER, HINGGA BUSINESS OWNER TELAH BERGABUNG BERSAMA DI COURSE-NET INDONESIA DAN TERUS BERTAMBAH! Jadi Kapan giliran Anda ikut kursus di Course-Net?