course-net
Search
Close this search box.

Home >

Data Science Training: Pengertian, Proses dan Penerapannya

Tuesday, 5 December 2023 3:46 PM

data science training

Di era digital saat ini banyak pekerjaan yang berhubungan dengan perkembangan digital seperti data engineer, web designer, data analyst hingga data scientist. Data tersebut didapat karena menggabungkan beberapa keahlian statistik, pemrograman hingga matematika. Bagi Anda yang minat untuk mempelajarinya bisa melakukan data science training. Data scientist adalah seorang ahli yang bertugas mengumpulkan dan menganalisis data hingga menghasilkan data informasi.

Mengapa Data Science itu Penting?

Data science training menjadi hal penting bagi Anda yang ingin menjadi data scientist. Adanya data science di suatu Perusahaan baik skala besar maupun kecil menjadi hal penting untuk memanajemen bisnis atau mengolah data sehingga memudahkan suatu perusahaan untuk memiliki strategi yang efektif dan efisien dalam mendapatkan keuntungan.

Hampir seluruh perusahaan di dunia menyadari pentingnya data science, oleh sebab itu sebagai pemilik bisnis Anda harus dapat berkompetisi dengan mengimplementasikan data science.

Proses Data Science

Data Science memudahkan dalam mengolah data, namun dalam prosesnya cukup sulit, dengan begitu segera training data science di beberapa jasa pelatihan yang profesional. Namun sebagai gambarannya, simak penjelasan proses data science di bawah ini:

Obtain

Hal pertama yang dilakukan yaitu mengumpulkan data atau obtain. Kumpulkan beberapa sumber data kemudian gunakan MySQL dalam proses datanya. Bisa dibaca langsung dari sumbernya ke program data science jika menggunakan Python atau R. Segera lakukan data science training and placement dari orang yang profesional.

Scrub

Data yang sudah dikumpulkan kemudian lakukan scrubbing data. Scrubbing data adalah proses filter data atau pembersihan data. Di mana data yang tidak relevan harus disingkirkan. Pada tahap ini format datanya harus distandarisasi karena pada tahap pertama formatnya bermacam-macam, sehingga perlu dilakukan konversi dengan format yang sama.

Bukan hanya melakukan filter saja, pada tahap ini lakukan pengecekan jika terdapat data yang hilang atau kurang dan perlu menyesuaikan supaya data bisa diproses. Dapat dikatakan bahwa scrubbing melakukan penyatuan dan pemisahan kategori data sesuai kebutuhan. Sehingga scrubbing merupakan proses merapikan data, mengatur data dan mengganti data yang hilang serta melakukan standarisasi pada seluruh formatnya menjadi seragam. Lakukan data science training supaya terlatih dalam melakukan proses data science.

Explore

Tahap ini merupakan penggalian dan pemeriksaan. Di mana semua data dicek propertinya karena tipe yang berbeda maka perlakuannya juga berbeda. Untuk dapat mengekstrak fitur dan menguji variabel maka perlu dihitung statistik deskriptifnya. Lakukan visualisasi data untuk mengidentifikasikan tren dan pola yang signifikan dalam data. Segera data science training programs supaya andal melakukan proses data science.

Model

Setelah melakukan secara maksimal dari proses Scrub dan Explore selanjutnya lakukan proses model. Lakukan model data untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Lakukan regresi dan prediksi untuk melakukan klasifikasi dan perkiraan nilai waktu serta pengelompokan grup nilai dari data. 

Interpret

Tahap terakhir lakukan interpret atau interpretasi data dan model. Interpretasi harus menghasilkan output atau data-data yang mudah dipahami bagi orang awam yang tidak mengerti istilah-istilah teknis. Outputnya harus bisa menjawab persoalan tentang bisnis yang hasilnya dipresentasikan. Tahap ini membutuhkan orang yang memiliki komunikasi dengan baik untuk menyampaikan point-point penting secara efektif.

Alat yang Digunakan

Menjadi data scientist, Anda perlu mengetahui terdapat tiga pilar yang mendukungnya yaitu bisnis, matematika & statistik dan teknologi. Ketiga pilar tersebut perlu Anda kuasai untuk mendapatkan data science yang akurat. Oleh sebab itu segera data science training. Dalam prosesnya ada beberapa alat yang digunakan dalam data science. Simak penjelasannya berikut ini:

Big Data

Gunakan big data dalam proses data science supaya Anda bisa memprediksi waktu dan alasan pelanggan mengganti operator, memprediksi produk yang akan dijual, penyebaran unit dan lainnya baik dalam perusahaan telekomunikasi, produk hingga finance.

Machine Learning

Alat ini memiliki sifat interdisipliner. Di mana alat ini memiliki komponen utama yaitu algoritma yang dapat belajar secara otomatis dari pengalaman sehingga dapat memperbaiki kinerjanya.

Data Mining

Alat ini dapat menerapkan algoritma khusus sehingga dapat mengekstraksi pola dari kumpulan data. Alat ini memiliki hubungan erat dengan machine learning karena dapat mengekstrak pola yang ada dalam kumpulan data.

Deep Learning

Deep learning menerapkan teknologi deep neural network yang merupakan lapisan tersembunyi dan arsitektur jaringan untuk memecahkan masalah.

Artificial Intelligence

Alat ini memiliki komponen inti berupa pemrograman dengan sifat tertentu seperti pengetahuan, penalaran, persepsi, pembelajaran hingga perencanaan.

Itulah alat yang digunakan dalam proses data science, bagi Anda yang belum paham dengan prosesnya bisa lakukan data science training di jasa pelatihan terpercaya. Saat ini banyak jasa pelatihan termasuk CourseNet yang menawarkan training secara online sehingga memudahkan Anda untuk belajar di mana pun dan kapan pun.

Harga yang ditawarkan pun sesuai dengan ilmu yang Anda dapatkan. Hal yang perlu diingat sebelum memutuskan memilih jasa pelatihan lakukan riset terlebih dahulu dengan melihat ulasan di website maupun media sosial resminya.

Penerapan Data Science

Data Science melibatkan beberapa komponen seperti packaging, organizing hingga delivering atau The OPD of data. Data science merupakan keilmuan yang bisa diterapkan ke semua sektor, oleh karena itu segera data science training di tempat yang terpercaya. Berikut kami jelaskan penerapan data science di beberapa bidang:

Medical Image Analysis

Data science dapat diterapkan dibidang kesehatan salah satunya yaitu Medical Image Analysis. Di mana dengan data science dapat mendeteksi dapat stenopsis arteri, tumor, dan CT scan. Dengan begitu segera lakukan Python for data science training supaya bisa melakukan data science. Cara penerapan untuk Medical Image Analysis dengan menggunakan metode MapReduce untuk mendapatkan paramater yang optimal.

Website Recommendation

Data science dapat diterapkan pada industri e-commerce seperti Website Recommendation. Dengan Website Recommendation pengguna e-commerce mudah menemukan produk yang relevan dengan apa yang sedang dicari, sehingga menguntungkan bagi Perusahaan lainnya juga. Tidak heran jika banyak Perusahaan yang menggunakan sistem tersebut untuk mempromosikan produknya.

Bidang finansial

Ikuti data science training online supaya bisa menerapkan data science di bidang finansial untuk keperluan fraud detection. Perusahaan berbasis finansial menggunakan data science untuk mengelompokkan dan segmentasi supaya terhindar dari penipuan. Bukan hanya itu saja, pakar data science juga dapat mengkodekan data yang bisa mendeteksi penipuan dalam bentuk tak terduga. Oleh sebab itu ikuti segera data science online training di jasa pelatihan yang profesional.

Bidang olahraga profesional

Nyatanya data science bisa diterapkan pada bidang olahraga yaitu pada tim baseball Oakland Athletics. Ikuti segera data science training, karena sistem ini bisa digunakan untuk rekrutmen pemain baru baseball yang memiliki potensi menjadi bintang olahraga profesional. Sistem ini digunakan untuk memprediksi ketika pemain melakukan gym sehingga memudahkan pelatih untuk membentuk tim yang kuat.

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!