course-net
Search
Close this search box.

Big Data Adalah: Pengertian, Contoh, dan Manfaatnya

Minet

January 10, 2023

Big Data Adalah: Pengertian, Contoh, dan Manfaatnya

Big Data Adalah: Pengertian, Contoh, dan Manfaatnya – Big Data Adalah: Pengertian, Contoh, dan Manfaatnya – Jaman yang semakin berkembang membuat setiap manusia memiliki gadget. Gadget yang digunakan sangat bermanfaat, sebagai contoh untuk keperluan komunikasi seperti penggunaan aplikasi WhatsApp, Twitter, Facebook, Instagram, YouTube dan social media lainnya. Tentu, setiap detiknya manusia di Indonesia menggunakan salah satu aplikasi tersebut.

Aplikasi social media yang digunakan bukan hanya sekedar chat saja, namun biasanya melampirkan video, suara dan foto. Tidak hanya aplikasi yang di atas saja namun banyak aplikasi yang kini digunakan oleh banyak orang. Bayangkan saja, berapa data yang diedarkan seharinya dari setiap pengguna aplikasi di dunia?

Tahu Big Data ? Big Data Adalah Sesuatu Yang Penting Di Suatu Perushaan / Organisasi

Apa Itu Big Data ?

Big Data Adalah: Pengertian, Contoh, dan Manfaatnya

Nah, oleh karena itu tidak dapat dipungkiri bahwa sistem big data Indonesia kini semakin berkembang. Big data di Indonesia kini sudah menyentuh seluruh sektor mulai dari industri kesehatan, marketing retail, pajak, asuransi hingga telekomunikasi.

Tujuan utama dalam big data sendiri memiliki fungsi untuk mengolah informasi dari pelanggan kemudian hasil diberikan kepada pengusaha dengan tujuan mengetahui kondisi konsumen dan kondisi pasar.

Berikut akan kami jelaskan apa itu big data dan mengapa banyak perusahaan menggunakan big data. Secara simple, big data adalah suatu data dengan kapasitas besar yang digunakan secara kompleks dan luas.

Baca Juga : Data Analyst Adalah : Pengertian, Tugas, Skill dan Gajinya

Karakteristik Kumpulan Data Besar (Big Data)

  • Dapat dibilang big data memiliki jumlah data yang besar dan dapat menyimpan data (Volume).
  • Memiliki karakteristik kecepatan dalam produksi (Velocity) mulai dari input data hingga penggunaan data. Dengan menggunakan internet maka berlangsung secara cepat dan instan.
  • Memiliki banyak karakteristik (Variety) bentuk. Mulai dari video, foto hingga filter instastory. Terdapat data yang mudah dibaca namun ada data yang perlu dianalisis terlebih dahulu agar mudah dibaca. Oleh karena itu, data dapat dikelompokkan menjadi:
  • Structured data yang bisa digunakan langsung tanpa analisis.
  • Semi-structured data yang merupakan data yang perlu diolah.
  • Unstructured data atau data yang perlu dianalisis, diolah dan baru kemudian bisa digunakan.
  • Veracity adalah hal yang penting untuk menjaga keakuratan, konsistensi, kualitas, dan trustworthiness dari sebuah data. Dengan begitu banyak data, maka semakin sulit untuk mengolahnya. Bayangkan bila terjadi kesalahan atau error maka dampaknya akan cukup besar. Oleh karena itu, dengan adanya veracity, data dihasilkan bukan sekedar data mentah saja, namun data yang telah teridentifikasi dengan data yang tepat agar bermanfaat bagi pengguna.
  • Dengan adanya value memudahkan pengguna dalam mengakses berbagai macam informasi dengan cepat sebab mengambil keputusan dari berbagai data yang ada.

Big data memiliki konsep dengan cara mengumpulkan semua data yang dihasilkan kemudian diolah dengan tepat dan dapat digunakan oleh pengguna yang memberikan value sesuai harapan. Konsep kumpulan data besar dibagi menjadi tiga:

  • Integrasi data

Integrasi data adalah suatu proses untuk mengumpulkan semua data yang kemudian menjadi kumpulan tipe data yang besar. Contohnya ketika Anda mendaftar baru di toko online pada website atau handphone. Semua data yang Anda isi otomatis akan tercatat pada sistem yang kemudian akan digunakan ke proses berikutnya. Sehingga disebut dengan pengumpulan data saja.

  • Pengelolaan data

Setelah semua data yang dihasilkan atau dikumpulkan kemudian dikelola dengan baik sehingga memudahkan dalam mengaksesnya. Dengan begitu memerlukan tempat penyimpanan yang besar dan mudah diakses dari mana saja dan kapan saja.

Bila digunakan untuk bisnis, bisa gunakan layanan hosting dengan penggunaan website. Sehingga data dan aktivitas bisnis yang dikumpulkan dan akan dikelola pada suatu tempat. Maka memudahkan dalam pencarian cukup dengan mensortirnya saja.

  • Analisis data

Terakhir Anda perlu menganalisisnya. Dalam arti semua data yang sudah dikumpulkan dan dikelola akan dikelompokkan sesuai dengan jenisnya.

Misalnya: Ketika Anda membuka toko di online Anda bisa mencari dan menyimpulkan produk yang tepat ditawarkan ketika konsumen sedang belanja di toko online, dengan menganalisa seperti itu maka memberi dampak positif bagi Anda sebab potensi pembeli produk semakin banyak karena penawaran dari Anda sendiri relevan.

Itulah beberapa informasi mengenai karakteristik dan konsep dari Big data. Hal yang harus diperhatikan yaitu Anda harus mengumpulkan data kemudian dikelola sedemikian sehingga memudahkan dalam pencarian saat diperlukan dan menganalisa data dengan cara mengelompokkan data sesuai jenisnya.

Hal yang perlu diperhatikan yaitu rancangan kumpulan data. Idealnya bila ingin mengelola kumpulan data besar menggunakan teknologi ruang penyimpanan yang baik, algoritma yang modern, dan jaringan server yang mudah digunakan atau diakses kapan saja.

Manfaat Kumpulan Big Data Adalah

Big Data Adalah: Pengertian, Contoh, dan Manfaatnya

Berikut akan kami jelaskan manfaat big data yang didapat bila para pebisnis menggunakannya:

  • Pengembangan produk jadi lebih murah

Dengan menggunakan kumpulan data besar Anda dapat mengembangkan produk yang baik sesuai kebutuhan konsumen sehingga produk meningkat penjualannya.

Contohnya bila Anda menggunakan kemasan ekonomis maka banyak yang diminati dengan begitu Anda dapat memproduksi lebih banyak. Bila Anda memiliki produk yang rendah penjualannya Anda segera menganalisanya mengapa seperti itu, ditinjau dari data yang ada.

Dengan begitu Anda dapat memutuskan apakah Anda dapat melanjutkan dengan strategi yang baru atau menghentikan produk tersebut.

  • Dapat merancang UX yang lebih friendly

Dengan kumpulan data besar Anda bisa menyimpan riwayat pembeli. Maka Anda bisa menganalisa data yang membuat interaksi pada website toko online tersebut.

Misalnya banyak konsumen yang tidak tertarik dan keluar dari halaman toko tersebut. Anda bisa mempelajari dan memperbaiki halaman tersebut, mulai dari navigasi hingga kecepatan proses belanja konsumen.

  • Peluang inovasi bisnis lebih terbuka

Dengan big data memudahkan Anda dalam membuka inovasi produk bagi, sebab Anda bisa mengenali yang sedang diminati konsumen. Anda bisa menganalisa dari banyak transaksi produk atau jenis produknya.

Dengan begitu Anda dapat menciptakan inovasi produk yang sesuai tren dengan tujuan menarik hati konsumen. Tidak hanya dari produk namun bisa berinovasi dari penerapan sistem yang memudahkan dalam penjualan produk Anda.

Misalnya ketika banyak konsumen yang lebih suka transfer artinya konsumen lebih suka bila pembayarannya dimudahkan dengan transfer. Sebagai pebisnis harus melakukan sesuatu agar produknya terjual banyak. Sehingga pebisnis selalu mengikuti tren konsumen.

  • Resiko manipulasi dapat dihindari

Dengan adanya kumpulan data besar maka Anda dapa mengidentifikasi pola suatu data yang tidak wajar yang dapat merugikan pebisnis. Misalnya ketika harus mengeluarkan angka yang besar untuk membeli bahan baku daripada seharusnya.

Dengan menggunakan kumpulan data besar Anda dapat menganalisis apakah memang adanya penambahan bahan baku yang harus dibeli atau harga bahan baku yang naik. Dengan kumpulan data besar Anda dapat mengatasinya dengan cepat sebab mudah diakses.

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan bila Anda menggunakan big data dalam bisnis Anda. Dengan menggunakan kumpulan data besar memudahkan Anda dalam mengikuti tren konsumen sehingga toko Anda akan meningkat dalam penjualan produknya.

Contoh Kumpulan Data Besar

Tulisan di atas sudah menjelaskan mulai dari karakteristik, konsep hingga manfaat yang didapat bila menggunakan kumpulan data. Berikut akan kami jelaskan contoh big data pada berbagai bidang:

  • Sektor kesehatan

Sektor kesehatan berhubungan dengan Rumah Sakit, Puskesmas, dan Klinik. Setiap sektor kesehatan menggunakan software yang berbeda dalam pencatatan pasien.

Dengan begitu hasil data yang akan dikirim ke Dinas Kesehatan pun memiliki format yang berbeda. Dengan menggunakan big data  yang berpusat memudahkan data pasien untuk dianalisis dan diolah untuk menarik kesimpulan kesehatan penduduk di Indonesia seperti apa.

  • Pajak

Banyak warga Indonesia yang belum sadar akan pentingnya membayar pajak, sehingga pendapatan pajak pun tidak sesuai target. Dengan menerapkan big data  mencari silsilah keluarga dan mengambil datanya sehingga mengetahui barang yang dimilikinya.

Dengan mengambil data jumlah kekayaan, mulai dari rekening bank, hingga jenis pajak yang sudah dan belum dibayar. Sehingga akan memudahkan Ditjen untuk mencapai target pajak di Indonesia.

  • Transportasi

Kota besar di Indonesia baik setiap hari maupun ketika hari-hari besar selalu mengalami kemacetan di jalan.

Dengan adanya GPS dapat melakukan konversi menjadi percepatan, kecepatan, dan durasi berhenti. Dengan adanya data konversi dapat mengetahui waktu yang tepat untuk berkendara dan kapan waktu yang tidak tepat saat di perjalanan.

  • Agrikultur

Indonesia merupakan negara Agraris, bayaknya lahan pertanian yang luas sebagai buktinya. Dengan adanya kumpulan data besar membuat taraf hidup petani menjadi sejahtera.

Dalam pengambilan data dengan cara mengambil foto yang berhubungan dengan cuaca, kualitas tanah, pertumbuhan tinggi tanaman dan lainnya. Setelah data dikumpulkan maka dapat diolah dan dianalisis dengan tujuan dapat meningkatkan produktivitas.

Itulah beberapa contoh di beberapa sektor. Namun ada hal yang perlu di perhatikan bagi pebisnis ketika menggunakan big data. Anda para pebisnis harus mempertimbangkan bagaimana suatu data dapat mengalir diantara banyak sumber, lokasi, sistem, pengguna dan pemilik.

Baca Juga : Struktur Data Adalah : Apa Itu Struktur Datas ? Kegunaan & Jenisnya

Oleh karena itu, ada 5 langkah untuk mengambil data yang mencakup data tradisional dan terstruktur. Berikut penjelasannya:

  • Tetapkan strategi kumpulan data besar

Dengan menggunakan kumpulan data besar memudahkan dalam membuat rencana dari mengawasi Anda mendapatkan, menyimpan dan mengolah data baik di dalam maupun di luar organisasi.

Dengan menggunakan kumpulan data besar menjadikan kesuksesan pada bisnis Anda. Bila ingin mengembangkan strategi maka perlu mempertimbangkan inovasi bisnis dan teknologi di masa depan.

  • Identifikasi sumber kumpulan data besar
  • Media sosial: data yang didapat dari media sosial seperti Instagram, YouTube, Twitter, Facebook dan lainnya. Data besar juga termasuk suara, video, gambar dan teks yang memiliki tujuan untuk penjualan, pemasaran dan dukungan. Data dari sumber media sosial dalam bentuk semi-struktur sehingga perlu dianalisis dahulu.
  • Streaming data: berasal dari perangkat terhubung dan IOT yang mengalir ke sistem TI. Anda dapat menganalisis dari sumber ini mana yang akan disimpan atau tidak serta mana yang perlu dianalisis mana yang tidak.
  • Data yang tersedia untuk umum: suatu data yang berasal dari Pemerintah.
  • Data besar lainnya: berasal dari data lainnya seperti sumber data cloud.
  • Akses, kelola dan simpan

Dengan adanya sistem komputasi yang modern memudahkan dalam mengakses data dalam jumlah yang besar. Seiring dengan berkembangnya teknologi sehingga menyediakan untuk mengelola data yang kemudian akan disimpan.

  • Analisa data

Dengan teknologi yang semakin modern seperti grid memudahkan untuk menganalisis data.

  • Buat keputusan berdasarkan data

Setelah melalui beberapa tahap, pebisnis harus membuat keputusan yang tepat berdasarkan data yang sudah dianalisis. Bila suatu bisnis datanya dikelola dengan baik maka akan menguntungkan bagi pebisnis sebab penjualan produk semakin meningkat.

Itulah beberapa informasi mengenai big data mulai dari karakteristik, konsep, manfaat yang akan didapatkan bila menggunakan data besar, dan contoh penerapan di berbagai sektor.

Kumpulan data besar memiliki karakteristik berupa volume, velocity, variety, veracity, dan value. Sedangkan konsepnya terdiri dari integrasi data, pengelolaan data dan analisis data.

Manfaat paling banyak dari big data sangatlah menguntungkan para pebisnis. Sedangkan, penerapan dalam berbagai bidang dari bid data ini mulai dari sektor kesehatan, pajak, agrikultur hingga transportasi.

Hal yang perlu diingat dalam kumpulan data besar memiliki cara kerja mulai dari pengumpulan data dari berbagai sumber, kemudian dikelola, dan terakhir dianalisis sehingga dapat diambil kesimpulan dari data tersebut. Penerapan ini sangat cocok bagi pebisnis sebab dapat menganalisis tren konsumen yang dapat menguntungkan bagi pebisnis. Kamu juga bisa mempelajari mengolah big data di kursus data science yang tersedia di Course-Net.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print