course-net
Search
Close this search box.

Home > , ,

Draw io: Pengertian, Fitur dan Berbagai Keunggulannya

Tuesday, 19 September 2023 3:46 PM

Draw io

Semakin banyak website yang sangat bermanfaat untuk para pengguna internet. Salah satunya adalah draw io, situs ini sering dikunjungi terutama untuk mereka yang ingin berkreasi dengan diagram. Agar lebih .jelasnya, simak artikel berikut ini.

Apa yang Dimaksud dengan Draw.io?

Situs ini sebenarnya sudah cukup populer, tetapi masih banyak yang belum memahaminya. Draw.io merupakan sebuah website dengan konsep desain khusus yang dapat membuat Anda bisa menggambar diagram via online. Banyak fitur yang bisa Anda manfaatkan pada websitenya.

Semua fitur tersebut bisa Anda gunakan dengan memakai browser yang sudah support bahasa markah HTML 5. Web draw.io memiliki tampilan responsif dan berbagai fitur-fiturnya bisa dengan mudah Anda akses baik saat memakai perangkat PC maupun smartphone.

Mungkin ada dari Anda yang sudah tahu sebelumnya mengenai Visio dan terkendala memakai software tersebut karena harga lisensinya yang cukup mahal. Situs ini sangat dapat diandalkan jika Anda ingin mencari alternatif pengganti Visio.

Situs draw.io menawarkan berbagai kemudahan dalam membuat diagram, tak ada batasan untuk jumlah diagram di web ini untuk Anda buat. Lebih hebatnya lagi, sudah terintegrasi dengan Google Drive, yaitu layanan penyimpanan milik Google. Ketika Anda menginterpretasikan data draw io dengan Google Drive, maka setiap diagram Anda yang sudah dibuat bisa tersimpan pada platform tersebut.

Jika kalian tidak ingin mengintegrasikan memakai Google Drive, maka tiap diagram buatan Anda akan diekspor. Ekspor diagram bisa dengan berbagai bentuk file mulai dari PNG, JPG, XML dan SVG. Tidak sampai situ saja, selain bisa Anda integrasikan dengan platform Google Drive, bisa juga memakai Github, Gitlab, Google Docs, One Drive dan Google Slide.

Lebih menariknya, draw.io menyediakan plugin khusus untuk Google Chrome. Proses editing pun bisa dilakukan dengan lebih mudah dan cepat. Ada pun aplikasi khusus yang dapat Anda pakai untuk edit diagram versi offline. Tetapi, service ini bisa digunakan dengan membayar lisensi terlebih dahulu.

Sementara cara penggunaannya cukup mirip dengan sistem Microsoft Visio baik itu untuk PC atau HP.

Baca Juga : Data Analyst Adalah : Pengertian, Tugas, Skill dan Gajinya

Fitur-fitur draw.io

Di dalam draw.io sebenarnya ada cukup banyak fitur. Fitur-fitur ini bisa dimanfaatkan para pengguna dalam membuat grafik atau diagram alur dengan lebih mudah atau bisa lebih mudah disesuaikan dengan kebutuhan. Berbagai fitur di draw io online bisa Anda akses secara gratis.

Berikut ini beberapa fitur-fitur unggulan yang ada pada draw.io:

1. Menu Tools komplit

Salah satunya adalah lengkapnya terdapat pada menu tools. Aplikasi ini menyediakan menu yang berisi banyak tools, fungsi tools tersebut bisa untuk menambah teks, editing diagram maupun untuk menentukan bentuk diagram. Tidak perlu khawatir akan susah membuat diagram sesuai keinginan Anda, karena tools yang disediakan sangat lengkap.

Dari banyaknya fitur unggulan di draw.io, pastinya bisa Anda akses gratis.

2. Banyak opsi diagram

Seperti yang sudah Anda tahu, diagram itu memiliki berbagai macam jenis atau tipe. Pada website draw io, Anda bisa menemukan banyak sekali opsi tipe diagram. Mulai dari flowchart, business diagram, class diagram, sequence diagram, dan UML.

Tentunya masih banyak lagi tipe-tipe diagram draw.io lainnya yang dapat Anda pilih sesuai dengan tujuan proyek atau tugas Anda.

3. Berbagai jenis format untuk ekspor file

Kebutuhan jenis format bisa berbeda-beda untuk setiap pengguna. Untungnya draw.io menyediakan berbagai opsi untuk tipe format file yang bisa Anda pilih ketika melakukan ekspor. Saat Anda menyimpan hasil diagram yang sudah dibuat, pilihan format yang tersedia mulai dari format png, xml, html, dan svg.

File ekspor tersebut juga bisa Anda simpan dengan memakai layanan cloud. Kalau ingin formatnya menjadi pdf, Anda bisa mudah mencari tools draw io to pdf di internet.

4. Import file memakai layanan Cloud

Kalau ekspor bisa memakai cloud, draw.io juga pastinya menyediakan akses import dengan menggunakan cloud juga. Draw.io menyediakan akses untuk para penggunanya bisa membuka file yang terdapat pada penyimpanan cloud.

Baik itu Dropbox, Google Drive, atau pun Onedrive bisa pengguna draw.io saat melakukan import. Selain lewat cloud, tentunya Anda bisa langsung membuka file di memori penyimpanan perangkat seperti biasanya.

Keunggulan Draw.io

Download draw io dapat menjadi salah satu solusi terbaik untuk Anda yang sedang membutuhkan tools untuk membuat diagram dengan mudah secara online. Tidak perlu menyiapkan banyak budget saat ingin menikmati penggunaan draw.io ini. Banyak keunggulan yang membuat draw.io semakin populer digunakan banyak orang.

Agar lebih jelasnya, simak beberapa nilai plus atau keunggulan yang dimiliki draw.io berikut ini:

– Keamanan pengguna bisa dijamin

Keamanan merupakan salah satu aspek utama dalam menggunakan website maupun aplikasi. Untuk aspek satu ini, Anda tidak perlu takut, karena data pribadi Anda akan tetap terjamin aman. Alasannya karena akses draw io tidak memerlukan registrasi/ pendaftaran akun maupun login terlebih dahulu.

Mereka yang ingin memakai draw.io, bisa langsung masuk ke situs atau aplikasinya dan memakai berbagai fitur di dalamnya. Baik itu nama, nomor HP, alamat email Anda, dan sebagainya akan tetap aman.

– Mudah dipahami dengan tampilan sederhana

Keunggulan lain yang mampu dihadirkan oleh draw.io kepada penggunanya yaitu dari sisi kemudahan. Anda tidak akan kesulitan saat memahami berbagai fitur yang draw.io sediakan. Tampilan yang simple membuat Anda bisa lebih mudah untuk menguasai apa saja yang ada di dalam platform draw io online free ini.

Pembuatan diagram juga bisa dilakukan dengan mudah terutama kalau Anda sudah cukup mempelajari fitur-fitur di dalamnya. Tata letak baik itu menu maupun fitur-fiturnya mudah dijangkau. Dengan begitu, maka para pengguna tidak akan mudah kebingungan saat memakainya.

– Pilih diagram sesuka hati

Nilai plus lainnya ada di lengkapnya opsi diagram yang bisa Anda pilih dan terapkan. Banyaknya tipe diagram yang sediakan membuat para penggunanya bisa memenuhi kebutuhan tugas atau pekerjaan mereka. Diagram basic, UML, flowchart, dan lain sebagainya sudah tersedia di website draw io.

– Tidak perlu menyiapkan banyak budget

Aplikasi yang murah tapi fungsional memang sangat menarik, salah satunya adalah draw.io. Dengan situs web pembuat diagram tersebut, Anda bisa menyelesaikan pekerjaan Anda dengan lebih mudah dan cepat karena layanannya bisa diakses secara gratis.

Cukup sediakan koneksi internet stabil agar bisa menyelesaikan diagram Anda dengan lancar. Kalau ingin memakainya secara offline, harus download draw io offline terlebih dahulu.

Kesimpulan

Sudah semakin banyak yang mengakses draw io download. draw.io mampu menyediakan banyak kelebihan mulai dari tampilannya yang sederhana, terdapat banyak fitur unggulan, koleksi tipe diagram komplit dan banyak kelebihan lainnya.

Draw.io bisa efektif membantu pekerjaan Anda terutama yang berhubungan dengan flowchart. Untuk mempelajari draw io maupun pembelajaran IT lainnya, Anda bisa pertimbangkan pelatihan IT dari Course-Net yang bersertifikasi dan dibimbing oleh mereka para praktisi yang ahli pada bidangnya.

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!