course-net
Search
Close this search box.

Flowchart Adalah : Apa Itu Flowchart ? Definisi & Simbol Flowchart

Minet

March 20, 2024

Flowchart Adalah : Apa Itu Flowchart ? Definisi & Simbol Flowchart

Flowchart Adalah : Apa Itu Flowchart ? Definisi & Simbol Flowchart – Pada beberapa bisnis dan juga instansi ada yang namanya Flowchart yang merupakan hal yang sangat penting untuk dibuat. Sebenarnya diagram alur semacam ini pasti sering sekali kalian temui, tapi kalian tidak sadar kalau itu adalah diagram alur.

Pada kesempatan kali ini kami akan coba jelaskan mengenai apa itu Flowchart secara lengkap dan menyinggung sedikit mengenai beberapa simbolnya.

Apa Itu Flowchart? Flowchart Adalah

Hal pertama yang harus kalian pelajari mengenai diagram alur itu adalah soal pengertiannya terlebih dahulu untuk tahu konsepnya. Pengertian Flowchart itu adalah sebuah diagram yang akan menunjukkan dan juga menjelaskan alur dari sebuah program atau prosedur. Jadi Flowchart adalah diagram yang akan menampilkan langkah demi langkah dan juga pengambilan keputusan untuk menjalankan proses atau program.

Setiap langkah yang ada pada satu prosedur itu akan dijelaskan dalam bentuk gambar diagram yang akan dihubungkan dengan garis atau tanda panah. Tanda panah ini yang akan menjelaskan urutan dari prosedur yang dijelaskan pada sebuah diagram alur tersebut. Prosedur dan juga sistem kerja pada sebuah perusahaan atau instansi akan bisa dijelaskan dengan sangat baik dengan diagram alur ini.

Pada dunia pemrograman juga dibutuhkan adanya diagram alur untuk bisa menghubungkan kebutuhan teknis dengan kebutuhan non teknis. Perusahaan dan instansi menggunakan Flowchart ini adalah untuk menghindari kesalahan tafsir pada proses atau juga prosedur yang mereka buat. Diagram alur ini pun membantu pembuatan program yang akan melibatkan banyak orang sekaligus supaya memiliki persepsi langkah yang sama.

Flowchart Adalah : Apa Itu Flowchart ? Definisi & Simbol Flowchart

Fungsi Dari Flowchart

Banyak sekali perusahaan atau juga instansi yang mempergunakan diagram alur untuk berbagai macam prosedur yang mereka berlakukan. Sudah pasti ada banyak sekali kegunaan dan juga fungsi flowchart yang membuat banyak perusahaan mempergunakan diagram alur tersebut. Berikut ini kami akan jelaskan apa saja sih fungsi dari diagram alur yang nantinya akan membantu perusahaan atau instansi dalam operasional mereka.

  1. Memberikan Gambaran Suatu Proses

Fungsi yang paling pertama dari diagram alur bila dilihat dari simbol-simbol flowchart itu adalah untuk memberikan gambaran tentang suatu proses. Biasanya proses atau prosedur tertentu yang sudah ditentukan akan bisa dijelaskan dengan lebih mudah dengan menggunakan diagram alur. Orang jadi tahu prosesnya dari awal sampai akhir dan juga dokumen yang dihasilkan dari setiap proses yang ada.

  1. Mengelola Workflow

Fungsi yang kedua adalah untuk bisa mengatur alur kerja dari suatu proses, ini supaya alur kerja bisa lebih efektif. Adanya bantuan dari diagram alur ini memang akan membantu setiap orang yang berkepentingan untuk bisa bekerja dengan alur yang lebih efektif. Ini membantu proses pembuatan program atau juga proses pengembangan dari program yang sudah dibuat.

  1. Membuat Rancangan Program Jadi Universal

Flowchart juga memiliki fungsi untuk bisa membantu membuat rancangan program untuk bisa lebih dipahami oleh banyak orang. Biasanya rancangan sebuah program itu akan menggunakan bahasa pemrograman tertentu, sehingga tidak banyak orang yang memahami rancangannya. Tapi dengan mempergunakan diagram alur ini akan membantu banyak orang memahami dengan lebih baik rancangan dari sebuah program.

  1. Mendokumentasikan Suatu Proses

Fungsi yang selanjutnya adalah untuk bisa mendokumentasikan suatu proses yang berjalan pada satu organisasi dengan lebih baik. Jadi bukan hanya mengatur soal alur kerjanya saja, akan tetapi setiap proses itu akan bisa didokumentasikan dengan lebih baik. Dengan bantuan flowchart simbol, maka kalian akan bisa membuat dokumentasi dari sebuah proses dengan jauh lebih mudah.

  1. Memastikan Program Sudah Dibuat Sesuai Alur

Fungsi yang terakhir itu adalah untuk memastikan kalau program yang dibuat itu memang sudah sesuai dengan alur yang ditentukan. Memastikan program berjalan sesuai alur itu sangat penting, supaya nantinya program tersebut akan bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Sampai di sini kita bisa lihat kalau fungsi dari diagram alur ini memang sangat banyak dan juga bermanfaat bagi operasional perusahaan. Fungsional ini sangat berguna baik bagi internal perusahaan atau juga untuk para klien atau eksternal dari perusahaan. Jadi bisa dibilang kalau Flowchart itu memang sangat penting dan juga sangat berguna.

Jenis Flowchart

Nama lain dari flowchart adalah diagram alur, dan jenis dari diagram alur ini memang cukup banyak dan kalian harus pahami dengan baik. Setiap diagram alur yang banyak beredar saat ini memang memiliki karakteristik dan juga penggunaan yang memang berbeda-beda. Berikut ini kami akan coba jelaskan apa saja sih jenis dari diagram alur yang mungkin tidak banyak diketahui oleh orang.

  1. Diagram Alur Program

Jenis yang pertama itu adalah diagram alur program, ini adalah diagram alur dari sebuah program tertentu. Diagram alur jenis ini akan menjelaskan secara detail mengenai gambaran alur dari sebuah program komputer dari awal sampai akhir. Jenis diagram alur ini terbagi lagi menjadi 2 yakni diagram logika program dan juga diagram program komputer terperinci.

  1. Diagram Alur Dokumen

Jenis yang kedua itu ada juga diagram alur dokumen yang biasa disebut juga dengan diagram alur paperwork. Jadi fungsi dari diagram alur dokumen ini untuk menelusuri alur form atau dokumen dari bagian yang satu ke bagian yang lainnya. Biasanya akan dijelaskan juga cara pemrosesannya, lalu juga cara penyimpanannya, dan banyak hal lainnya berkaitan dengan dokumen tersebut.

  1. Diagram Alur Proses

Jenis yang ketiga itu adalah diagram alur proses atau bisa dibilang Flowchart proses yang akan menunjukkan setiap langkahnya. Jadi fungsinya adalah menunjukkan dan juga menggambarkan langkah secara berurutan dari proses yang ditentukan. Diagram alur proses ini bisa dipakai untuk satu proses mengerjakan tertentu dan juga bisa dalam pengambilan keputusan pada sebuah perusahaan.

Contoh flowchart dari jenis ini memang cukup banyak ditemukan baik di instansi, rumah sakit, atau di berbagai organisasi.

  1. Diagram Alur Sistem

Jenis yang keempat adalah diagram alur sistem yang memang banyak digunakan oleh perusahaan terutama perusahaan teknologi. Diagram alur ini akan menjelaskan alur dari sebuah sistem yang diberlakukan oleh perusahaan dan juga instansi. Diagram ini juga memberikan detail urutan dari prosedur yang diberlakukan pada sebuah sistem.

Ini menjadi salah satu jenis flowchart online yang biasa kalian temukan di internet.

  1. Diagram Alur Skematik

Terakhir ada juga diagram alur Skematik yang memang secara konsep hampir sama saja dengan diagram alur sistem. Hanya saja pada diagram alur Skematik itu mempergunakan tambahan gambar komputer dan juga peralatan yang lainnya. Penggunaan kedua hal tersebut memang dimaksudkan supaya orang awam itu bisa lebih mudah dalam membaca diagram alur Skematik ini.

Cara Membuat Flowchart

Cara Membuat Flowchart

Untuk bisa membuat diagram alur pada masa sekarang ini memang bisa dilakukan dengan beberapa pilihan cara. Teknologi yang berkembang semakin pesat pun membuat kalian yang ingin membuat flowchart itu memiliki beberapa pilihan cara. Berikut ini kami akan jelaskan beberapa pilihan cara membuat flowchart dengan baik untuk kebutuhan perusahaan.

  1. Membuat Diagram Alur Secara Manual

Cara yang pertama itu adalah dengan membuat diagram alur secara manual, ini merupakan cara yang dari dulu dipergunakan. Cara manual ini mungkin bukan cara yang paling praktis, akan tetapi memang bisa jauh lebih fleksibel dalam membuat. Banyak juga yang sampai saat ini masih mempergunakan cara yang manual untuk bisa membuat sebuah

  1. Membuat Diagram Alur Dengan Aplikasi

Cara yang kedua adalah dengan mempergunakan aplikasi yang memang bisa menjadi cara yang paling praktis digunakan. Sekarang ini sudah ada banyak sekali flowchart maker yang bisa kalian pergunakan untuk bisa membuat diagram alur. Kalian tinggal mencari aplikasi yang terbaik supaya kalian bisa menghasilkan diagram alur yang menarik dan juga berkualitas.

Untuk bisa membuat diagram alur ini kalian itu perlu sekali untuk memperhatikan beberapa hal supaya diagram alur berkualitas. Berikut ini kami akan coba jelaskan beberapa tips yang mungkin akan bisa membantu kalian untuk bisa membuat diagram alur dengan baik.

  1. Tips yang paling pertama adalah kalian harus membuat sistem yang jelas terlebih dahulu agar supaya bisa digambarkan dalam diagram alur. Jadi nantinya flowchart yang kalian buat itu akan cukup jelas dan juga kalian bisa membuat diagram alur yang berkualitas.
  2. Tips yang kedua adalah kalian harus ketahui dulu setiap simbol yang digunakan, supaya nantinya tidak terjadi kesalahan. Perbedaan penggunaan simbol itu akan membuat alurnya jadi berbeda, jadi kalian harus memahami simbol dengan baik dan benar.

Simbol Dalam Flowchart

Simbol Dalam Flowchart

Salah satu hal yang paling penting dalam sebuah diagram alur itu adalah soal simbol flowchart yang memang cukup banyak jenisnya. Kalian perlu memahami setiap jenis dari simbol tersebut dan juga arti dari setiap simbol supaya tidak terjadi kesalahan pada saat membuat. Berikut ini kami akan coba jelaskan beberapa simbol flowchart dan fungsinya yang cukup sering muncul pada diagram alur.

  1. Process

digunakan untuk menyatakan suatu proses yang dilakukan oleh komputer

  1. Terminator

menyatakan awal atau akhir dari suatu program

  1. Decision

dapat menghasilkan 2 kemungkinan jawaban antara ya dan tidak

  1. Input/Output

digunakan untuk proses input dan output

  1. Predifine Proses

melakukan suatu bagian atau prosedur

  1. Document

menyatakan bahwa input berasal dari dokumen dalam bentuk fisik atau output yang harus dicetak pada Flowchart

  1. Preparation

diberikan untuk memberikan nilai awal

  1. Manual Operation

Simbol yang dilakukan untuk proses yang dilakukan tidak dengan komputer

  1. On-Page Reference

menyambung proses antar lembar kerja yang sama

  1. Off-Page Reference

menyambungkan proses di antara lembar kerja yang berbeda

  1. Display

Fungsinya untuk menyatakan output yang digunakan

  1. Flow

Simbol untuk menghubungkan antar simbol yang biasa disebut juga dengan connecting line

Demikianlah beberapa hal mengenai diagram alur yang harus kalian pahami, supaya kalia

Contoh flowchart

contoh flwochart
Sumber: dicoding

Untuk membuat sebuah flowchart sederhana kamu diharuskan untuk mengetahui setiap simbol dan juga fungsinya. Nah, di bawah ini saya akan memberikan sebuah contoh flowchart sederhana untuk menentukan apakah bilangan yang dimasukan ganjil atau genap. Berikut adalah contohnya:

Pembahasan:

  • Pertama pengguna menginput data yang berupa nilai dari bilangan bulat.
  • Kemudian nilai yang dimasukan diproses dengan cara dibagi dengan angka 2.
  • Jika sisa bagi sama dengan 0 berarti bilangan yang dimasukan adalah bilangan genap.
  • Jika sisa bagi tidak sama dengan 0 berarti bilangan yang dimasukan adalah bilangan ganjil.
  • Selesai.

n itu bisa membuatnya dengan baik dan berkualitas. Bila kalian ingin membuat flowchart, pastikan kalau kalian sudah mempelajarinya dulu.

Mau mahir FlowChart ? Yuk Ikuti kelas ITVersity

Di kelas ITversity , kamu di ajarkan tentang flowchart. Dimana kamu juga akan memahami Pseudecode yang aka diajarkan. Berminat klik daftar sekarang disini.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!