course-net
Search
Close this search box.

Home > ,

Flowchart Online, Mudah untuk Menyelesaikan Pekerjaan

Tuesday, 19 September 2023 3:20 PM

flowchart online

Apakah Anda bekerja di bidang pemrograman? Jika iya, maka Anda pasti sudah tidak asing dengan istilah flowchart. Secara umum, flowchart online bisa dipahami sebagai sebuah gambaran alur pekerjaan atau pengoperasian program yang sedang dikerjakan tersebut.

Dalam pemrograman, alur yang jelas sangat penting untuk menentukan hasil yang sesuai. Apalagi untuk tim yang besar, menggunakan flowchart yang jelas dan singkat sangat penting agar tidak ada kesalahpahaman. 

Berkenalan dengan Flowchart

Flowchart secara harfiah bisa dipahami sebagai diagram alur. Diagram ini berisi langkah-langkah pada proses yang dilakukan untuk mengoperasikan suatu program. Tujuannya adalah untuk menentukan fungsionalitas dari pembuatan program yang sedang dikembangkan. 

Hal ini sangat penting untuk program yang melibatkan banyak orang, sehingga semua orang yang terlibat bisa menafsirkan apa yang ada pada diagram dengan jelas. Hal ini dianggap lebih efektif dibandingkan dengan penjelasan secara lisan atau dalam bentuk paragraf. Penjelasannya ringkas, padat, dan jelas. 

Online flowchart juga bisa menghubungkan pihak-pihak yang terlibat, yang mungkin tidak memiliki kemampuan yang sama. Berkat adanya flowchart online, kebutuhan tim teknis dan non-teknis bisa dijembatani sehingga bisa meminimalisasi kesalahpahaman. Jika digunakan secara efektif, pekerjaan yang dilakukan akan diselesaikan dengan efisien.

Flowchart juga bisa dipahami sebagai diagram yang menggambarkan alur yang menjabarkan langkah-langkah pengoperasian suatu program. Hal ini bisa menjelaskan bagaimana program yang sedang dikembangkan tersebut bekerja. Jadi, orang awam pun bisa memahami apa yang terjadi pada program tersebut.

Jika Anda merupakan orang yang baru berkecimpung di dunia pemrograman, pasti Anda butuh info lebih banyak tentang flowchart. Agar tidak asing dengan flowchart dan lebih paham cara membuat alur yang jelas, yuk simak artikel ini sampai selesai!

Fungsi Utama Flowchart Online

Kini, Anda tidak perlu repot membuat flowchart secara manual karena sudah tersedia banyak flowchart maker online. Flowchart yang sangat membantu setiap proses pemrograman jadi lebih mudah dibuat. Selain itu, hal ini juga membuat Anda lebih hemat waktu. Jadi, akan ada lebih banyak pekerjaan yang bisa diselesaikan!

Secara umum, ada dua fungsi utama dari flowchart yang bisa membantu pekerjaan Anda:

  1. Memadatkan informasi sehingga lebih mudah dipahami. Informasi dalam bentuk kalimat singkat akan jauh lebih mudah dipahami oleh pembacanya dibandingkan dengan tulisan berbentuk paragraf.
  2. Bisa digunakan untuk integrasi bisnis. Flowchart mempermudah bisnis untuk membuat alur yang mudah dipahami oleh semua anggota tim. Mulai dari tim teknis sampai non-teknis, semua bisa memahami alur yang beruntun dan singkat, sehingga cepat dipahami oleh pembacanya.

Sebenarnya, penggunaan flowchart ini sangat beragam dan multifungsi. Bagi para pengguna yang masih mencoba mencari alur yang tepat, flowchart bisa sangat membantu. Di kemudian hari, membuat flowchart online juga akan mempermudah analisis jika terjadi blocker atau kendala selama bekerja.

Mau tahu cara buat flowchart online dan tips pengaplikasiannya? Yuk, belajar di Course-Net untuk mendapatkan ilmu yang tidak pasaran!

Baca Juga : Simbol Flowchart : Pengertian, Fungsi , Jenis & Cara Membuat Flowchart

Jenis-jenis Flowchart

Sebelum mulai membuat flowchart untuk pekerjaan Anda, pastinya Anda harus tahu jenis dan klasifikasi flowchart. Di sini, kami akan memberikan info seputar jenis-jenis flowchart yang bisa digunakan untuk program yang sedang dikembangkan:

1. Bagan Alur Proses

Secara umum, bagan alur proses merupakan salah satu jenis flowchart yang digunakan untuk menggambarkan rekayasa industrial. Flowchart online ini juga bisa digunakan untuk perincian tahapan prosedur sebuah sistem.

2. Diagram Alur Dokumen

Jika bagan alur proses menjelaskan tahapan atau prosedur dalam sebuah sistem, diagram alur dokumen menjelaskan serta menelusuri bagian dari proses pembuatan suatu dokumen. Hal ini juga termasuk pencatatan serta penyimpanan dokumen tertentu.

Bagi Anda yang banyak bekerja menggunakan dokumen, bagan alur dokumen pasti akan sangat berguna!

3. Diagram Alur Program

Flowchart yang satu ini bisa dibuat secara online. Flowchart online free diagram alur program masih memiliki dua cabang, yaitu logika komputer terperinci serta logika program. Fungsi dari diagram alur program adalah untuk menjabarkan gambaran yang rinci mengenai prosedur pembuatan sebuah program.

4. Bagan Alur Sistem

Bagan alur sistem merupakan salah satu flowchart yang menampilkan proses dalam sebuah program secara utuh. Diagram ini juga menjelaskan urutan yang ada dalam prosedur pembuatan sistem atau program, sehingga interpretasinya tidak salah. 

5. Bagan Alur Skematik

Bagan alur skematik sekilas mirip dengan diagram alur sistem. Bedanya, diagram ini menggunakan simbol yang bisa menampilkan prosedur yang ada dalam sebuah program. Diagram ini juga menggunakan computer, agar pembacaannya lebih mudah dan jelas

Berbagai jenis flowchart online di atas bisa dibuat dengan mudah, lho! Anda bisa mencari layanan di internet yang bisa membantu Anda membuat flowchart. Caranya mudah, Anda cukup mencari ‘online flowchart maker’ di mesin pencari seperti Google sampai menemukan yang paling cocok untuk kebutuhan Anda.

Baca Juga : Manfaat Belajar Coding di Kursus Website / Kursus Pemrograman Jakarta

Menggunakan Online Flowchart Free, Menguntungkan Tidak Ya?

Bagi Anda yang ingin menggunakan layanan pembuatan flowchart di internet, ada banyak sekali website yang menyediakan layanan ini. Lalu, apa saja sih keuntungannya menggunakan flowchart maker yang ada di internet?

Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

  1. Mudah dibuat, karena ada berbagai tools yang akan membantu Anda saat membuat flowchart di website yang dipilih. Selain itu, Anda juga bisa menggunakannya dengan nyaman karena biasanya Anda tinggal memasukkan saja apa yang ingin Anda buat diagramnya.
  2. Murah, karena ada banyak sekali website yang menawarkan pembuatan flowchart dengan harga yang murah, bahkan gratis! Anda bisa menggunakan banyak tools yang mempermudah pekerjaan Anda. Selain itu, Anda juga bisa memperoleh banyak fitur unik yang membuat flowchart Anda semakin bagus.
  3. Mempercepat pekerjaan, karena dibandingkan dengan cara lama, membuat flowchart di internet tentu akan sangat mudah dilakukan. Anda bisa menghemat waktu dan mempercepat pekerjaan yang Anda kerjakan!
  4. Mempermudah tim dalam membaca alur pekerjaan. Untuk Anda yang memiliki tim yang terdiri dari latar belakang berbeda, tentu saja diagram ini sangat dibutuhkan untuk membuat pemahaman di dalam tim.

Saat membuat flowchart, ada banyak simbol yang harus dipelajari. Namun, Anda mungkin kesulitan jika mempelajarinya sendiri. Nah, agar lebih mudah, tentunya Anda bisa belajar dari para ahlinya. Beberapa kursus menyediakan ilmu yang sangat bermanfaat untuk Anda yang ingin menjadi ahli membuat flowchart.

Belajar Membuat Flowchart yang Efektif

Belajar sendiri tentu menyenangkan, tapi akan jauh lebih efektif jika Anda belajar dari ahlinya. Caranya mudah, Anda bisa bergabung dengan Course-Net yang siap memberikan Anda pelajaran make flowchart online tanpa drama!

Bersama Course-Net, Anda akan menemukan cara terbaik untuk belajar tentang pemrograman serta pembuatan flowchart. Jadi, Anda akan belajar lebih dari membuat flowchart online, tapi keseluruhan pemrograman. Menarik sekali, bukan?

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!