course-net
Search
Close this search box.

Facebook Ads Manager Adalah : Pengertian, Kelebihan, Fitur-Fitur, dan Cara Penggunaan

Minet

February 14, 2023

Facebook Ads Manager Adalah ? Yuk Simak Penjelasannya

Facebook Ads Manager Adalah : Pengertian, Kelebihan, Fitur-Fitur, dan Cara Penggunaan – Sebagai seorang Marketer memahami tool marketing adalah hal yang wajib salah satunya Facebook ads manager. Karena, Facebook sering digunakan sebagai tempat popular untuk memasarkan produk. Riset Statista bahkan menyatakan bahwa sekitar 94% perusahaan dunia memasarkan produknya dengan Facebook.

Namun, jangan sampai sembarangan menggunakan platform ini. Karena Anda perlu mempelajari fiturnya dengan lebih dalam. Untuk lebih memahami tentang Facebook AM ini Anda dapat mempelajarinya pada penjelasan di artikel ini.

Facebook Ads Manager Adalah ? Yuk Simak Penjelasannya

Pengertian Facebook Ads Manager

Facebook Ads Manager Adalah ? Yuk Simak Penjelasannya

Facebook ads manager adalah sebuah alat yang digunakan untuk membuat dan mengelola iklan pada sosial media buatan Mark Zuckerberg tersebut. Facebook mengeluarkan fitur ini ditujukan bagi para markerter untuk mempromosikan produk secara resmi pada platform mereka.

Anda dapat menggunakan software ini untuk melihat, mengedit dan merancang kampanye iklan yang dipublikasikan. Selain itu Facebook AM juga memudahkan Anda untuk membuat desain iklan dengan cara yang lebih simple. Menurut reviewnya, software ini sangat multifungsi untuk memasarkan produk terutama untuk marketer pemula.

Fitur Facebook Ads Manager

Meski dikatakan multifungsi, namun Anda tidak dapat sembarangan menggunakan platform ini seperti yang sudah disampaikan sebelumnya. Sebab fitur-fiturnya perlu dipelajari lebih mendalam agar tidak salah dalam penggunaannya. Sehingga Anda harus mempelajarinya dengan teliti agar menguasai tiap fiturnya seperti berikut ini.

Fitur Commerce Manager

Fitur pertama dari ads manager facebook untuk Anda pelajari adalah commerce manager. Fungsinya yakni sebagai pengelola penjualan dari seluruh katalog di Facebook. Yang keren dari fitur ini adalah Anda tidak harus memiliki toko pada platform tersebut.

Penggunanya pun dapat memanfaatkan commerce manager untuk memasarkan dagangan mereka. Namun, agar dapat digunakan secara maksimal Anda perlu mempelajarinya dengan baik. Oleh karena itu, sebelum menggunakannya, pastikan untuk menguasai fitur ini terlebih dahulu.

Fitur Campaign Budget Optimization

Selanjutnya, fitur ini digunakan untuk membayar iklan. Jadi, iklan yang Anda pasang di Facebook berbayar. Sehingga untuk pengelolaannya menggunakan campaign budget optimization agar pengeluaran Anda dapat terstruktur.

Tidak hanya itu Anda dapat menambahkan atau menonaktifkan admin pada akun Facebook yang memunculkan iklan tersebut. Pengelolaannya sangat mudah dan efisien, Anda dapat mengaturnya sendiri selama sudah menguasai fitur ini dengan maksimal.

Fitur Pengelola Iklan

Iklan pada Facebook dapat Anda kelola melalui fitur pengelola iklan ini. Anda dapat menggunakannya untuk keperluan editing dan duplikat iklan pada Facebook. Selain itu jika tidak ingin memasang iklan lagi Anda dapat menghapusnya pada fitur ini.

Pengelola iklan ini juga dapat disamakan dengan setting. Karena seperti fungsinya yang sudah disampaikan tadi, Anda dapat memasang, mengedit, menghapus, serta menduplikat iklan di sini. Untuk itu fitur ini sangat penting untuk dipahami.

Kelebihan yang Dimiliki Facebook Ads Manager

Setelah mengetahui pengertian serta beberapa fitur dari Facebook AM, Anda juga perlu memahami tentang kelebihannya. Karena jika ingin menggunakan sesuatu, Anda harus mengetahui kelebihannya terlebih dahulu sehingga bisa memperoleh keuntungan. Jadi apa saja kelebihan dari Facebook AM ini? Anda dapat menyimaknya di bawah ini.

  • Adanya opsi pelacakan pada angka engagement iklan
  • Dapat menguji kinerja iklan yang akan disebarkan
  • Iklan dapat diedit untuk kelompok audiens tertentu
  • Mampu mengelola kampanye secara objektif
  • Dapat digunakan untuk membuat set iklan secara bersamaan
  • Hadir untuk keperluan promosi time sensitive

Jenis-Jenis Iklan Pada Facebook Ads Manager

Jenis-Jenis Iklan Pada Facebook Ads Manager

Jenis-jenis iklan Facebook AM berikut bisa Anda kuasai sebelum menggunakannya.

Page Post Engagement

Iklan ini dibuat dengan cara mempromosikan postingan atau boost post pada sebuah akun. Selanjutnya iklan akan muncul pada explore atau news feed. Hal ini dapat menaikkan engagement serta reputasi bisnis.

Page Likes

Sebuah iklan yang berfokus pada jumlah likes. Dengan kata lain, peningkatan likes sangat berarti untuk Facebook Page di akun bisnis Anda. Selain itu total likes dipengaruhi dari jumlah followers akun, sehingga kedua hal in harus seimbang.

Event Responses

Jenis iklan selanjutnya memiliki tujuan untuk mengenalkan event. Misalnya pada event offline atau online Anda bisa melakukan promosi disana agar memperoleh perhatian para audiens. Strategi yang bisa di lakukan perusahaan adalah community marketing untuk menguatkan relasi antara calon konsumen dan konsumen.

App Install Ads

Saat memiliki beberapa aplikasi bisnis yang ingin dipromosikan, Anda dapat menggunakan jenis iklan ini. Dengan begitu jumlah pengguna dan awareness dapat meningkat. Nantinya target audiens akan dialihkan ke halaman download atau install dengan mengklik link yang sudah disediakan.

Webiste Ads

Hampir sama dengan Page Post Engagement pada bagian pemasarannya. Website Ads lebih berfokus pada Tombol CTA dari klik mulai sampai checkoutnya. Apabila ingin mengiklankan produk Anda dengan iklan jenis ini hasilnya dapat lebih efektif.

Cara Membuat Iklan di Facebook Ads Manager

Untuk cara pembuatan iklannya dapat dilakukan dengan beberapa langkah berikut.

  • Pertama lakukan dengan cara Facebook ads manager login
  • Selanjutnya, tentukan dan buat kampanye iklan
  • Jika sudah membuatnya, Anda bisa isi nama dari kampanye iklan tadi
  • Pastikan memiliki budget lebih untuk langkah selanjutnya yakni menentukan anggaran biaya
  • Setelah itu, menentukan target audiens
  • Buat estimasi waktu atau durasi iklan
  • Atur dan tentukan iklan akan ditempatkan di bagian mana
  • Masukkan link tujuan setelah pilih media ditentukan
  • Melakukan review iklan baik dari segi editing, duplikat, dan lain-lain.
  • Jika iklan sudah dirasa sempurna Anda dapat mengupload iklan

Cara Menggunakan

Berikut cara menggunakan Facebook AM dengan mudah.

  • Klik icon tiga garis pada menu utama, tujuannya sebagai navigator seluruh fitur pengelola bisnis agar sampai kepada konsumen
  • Pada opsi buat, Anda bisa membuat kampanye iklan baru
  • Setelah kampanye iklan dibuat, Anda akan dialihkan pada tampilan kampanyenya yang terdiri dari informasi seluruh kampanye Facebook setelah Anda menjalankannya
  • Selanjutnya Anda dapat beralih ke set iklan, untuk membandingkannya dengan kampanya yang dibuat sebelumnya
  • Kemudian, di tampilan ads Anda dapat mengecek iklan apa saja yang sudah dijalankan
  • Lalu, pada bagian kolom Anda dapat men-drop down bar agar metrik terlihat dan menampilkan isinya seperti ads, set iklan, dan kampanye.
  • Pada bagian perincian, Anda dapat melakukan filter hasil berdasarkan tindakan, waktu, dan penayangan
  • Yang terakhir, pada bagian bidang data saat Anda memulai kampanye iklan. Bidang ini menjadi tempat yang sesuai untuk seluruh data kampanye yang akan ditampilkan.

Kesimpulan

Beberapa informasi di atas dapat Anda jadikan pelajaran untuk menguasai Facebook ads manager. Jika ingin mengasah skill marketer pada bidang Facebook AM ini Anda bisa mengikuti kursus tambahan supaya semakin mahir, yakni salah satunya pada Course-Net. Tempat kursus pilihan yang terpercaya untuk mengupgrade pengetahuan Anda di bidang marketing.

Dengan mengasah kemampuan Anda pada bidang marketing tersebut, akan berdampak baik pada bisnis Anda. Untuk itu tidak perlu khawatir menggunakan kursus digital marketing Course-Net. Karena sudah bersertifikat dan memiliki tenaga pengajar yang profesional.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print