course-net
Search
Close this search box.

Kursus Facebook Ads Untuk Pemula

Minet

February 29, 2024

Kursus Facebook Ads Untuk Pemula

Kursus Facebook Ads Untuk Pemula- Sewaktu Anda memiliki sebuah bisnis, promosi menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Salah satu caranya yakni dengan menggunakan Facebook Ads (FB Ads) untuk dapat mempromosikan bisnis secara digital. Ada banyak kursus Facebook Ads yang bisa Anda jalankan apabila belum memiliki kemampuan dalam bidang tersebut.

Kursus Facebook Ads Terbaik

Jenis Campaign Saat Kursus Facebook Ads

Kursus Facebook Ads Untuk Pemula

Sejatinya, FB Ads bukanlah suatu hal yang sulit namun juga tidak semudah yang dibayangkan seperti google ads. Terlebih, layanan iklan ini perlu diatur sedemikian rupa sehingga bisnis Anda dapat dipromosikan sesuai target konsumen yang diinginkan. Oleh karena itu, penting buat Anda mengetahui beberapa jenis campaign yang menyesuaikan jenis iklan seperti berikut.

1. Instant experience

Merupakan jenis campaign yang berfokus pada cara mendapatkan audiens baru. Apabila Anda menggunakan jenis campaign ini, Anda hanya perlu memberi informasi mengenai inti dari produk maupun layanan yang sedang dipromosikan. Facebook akan berperan membantu menayangkan konten produk tersebut sekaligus menyediakan tombol Download.

Bagi Anda yang mengikuti kursus Facebook Ads, tentunya akan belajar bagaimana Facebook melakukan optimasi iklan kepada banyak audiens sehingga iklan tersebut dapat menarik perhatian mereka. Dengan

adanya tombol Download yang tersedia, maka audiens yang meng-klik akan langsung terhubung dengan aplikasi yang Anda iklankan tersebut.

2. Post engagement

Merupakan salah satu jenis objective campaign FB Ads yang termasuk paling lama dipakai. Terlebih, pada dasarnya beriklan di Facebook bertujuan untuk mendapatkan engagement atau interaksi dari para user atau pengguna Facebook.

Dengan demikian, Facebook akan melakukan optimasi iklan agar ditampilkan kepada audiens untuk melakukan like, comment, hingga share postingan pada timeline tersebut. Jika menggunakan metode ini, maka kolom komentar akan ramai, termasuk jika konten yang dibuat merupakan informasi viral.

Selain itu, bagi Anda yang sedang kursus Facebook tentu juga akan belajar bahwa iklan FB Ads dengan objective ini bekerja menemukan aktivitas audiens melalui berbagai jenis konten dan luas jangkauan. Bahkan jenis campaign ini akan membuat Anda menemui banyak aktivitas audiens dibandingkan pengikut fanspage.

3. Offers

Ada juga jenis campaign iklan dari Facebook yang berbasis pengguna atau audiens. Jenis campaign ini lebih berfokus pada audiens melalui halaman pendaftaran pada website yang Anda miliki, kemudian mengarahkan mereka mengambil tindakan dalam setiap promosi.

Ketika Anda mengambil kursus Facebook Ads, Anda tentu akan mempelajari bahwa jika ada users yang mengambil offer (penawaran) seperti penawaran special atau diskon, maka akan ada biaya tambahan yang perlu Anda persiapkan.

4. Video campaign

Merupakan jenis campaign yang tujuannya mengedukasi audiens supaya mereka dapat mengetahui kelebihan dari produk yang Anda promosikan. Dengan objective campaign ini, maka Facebook akan mengoptimalkan iklan Anda kepada audiens yang suka menonton video dengan tingkat interaksi yang cukup tinggi.

Kendati demikian, ukuran video yang dibutuhkan tentu memerlukan resolusi tinggi dengan rasio perbandingan 9:16 dan 16:9. Selain itu, minimal video yang di-upload adalah per satu detik dengan durasi maksimal mencapai 240 menit.

Selain itu, buat Anda yang sedang belajar Facebook Ads tentu tahu jika ada banyak jenis video yang dapat kamu upload, termasuk video yang dapat diputar 360 derajat. Pembuatan konten video berkualitas dan komunikatif memang sulit, namun jika dilakukan secara maksimal, hasilnya juga akan lebih optimal.

5. Lead generation Ads

Merupakan jenis campaign yang disediakan oleh Facebook dengan tujuan untuk menyederhanakan atau memudahkan audiens melakukan proses pendaftaran dari iklan. Selain itu, audiens juga akan dapat mempelajari produk dari iklan secara lebih mendalam supaya tertarik dengan penawaran yang diberikan.

Dengan campaign ini, audiens hanya perlu menekan tombol “Learn More” guna memahami produk secara lebih mendalam. Tombol ini juga dapat dipakai untuk mengatasi keraguan audiens untuk menekan tombol Masuk.

Baca Juga : Kursus Google Ads: Pengertian, Manfaat, Biaya dan Jenis-Jenis Kursusnya

5 Alasan Menggunakan Facebook Ads

Ada cukup banyak alasan mengapa kita harus menggunakan Facebook Ads dibandingkan media konvensional maupun channel marketing online lainnya.

Mari saya sebutkan 5 saja yang paling utama:

  • Detail

Sebagaimana yang sudah disebutkan sebelumnya, Facebook memiliki data sosial tentang manusia dan gerak-geriknya secara masif yang tersusun secara rapi. Data ini dapat diakses oleh para pemasang iklan untuk melakukan penargetan secara detail.

Ada 2 tipe data besar yang dimiliki Facebook, (1) demografis dan (2) psikografis.

Data demografis meliputi:

  1. Negara
  2. Gender
  3. Usia
  4. Bahasa
  5. Pendidikan
  6. Status Hubungan
  7. dll

Sementara data psikografis meliputi:

  1. Interest
  2. Behaviour
  3. dll

Selain itu, seluruh metriks dan angka-angka yang dapat digunakan untuk mengukur sebuah kampanye juga terpampang dengan sangat detail, mendekati real-time dan senantiasa diperbaharui sehingga dapat dilihat, dipelajari dan disimak lebih lanjut.

  • Lengkap

Facebook Ads menyediakan banyak sekali objectives, yaitu tujuan dari sebuah kampanye dipromosikan. Ini membuka ruang bagi hampir semua kepentingan dalam kampanye periklanan. Kita bisa meningkatkan kepekaan terhadap merek, menarik pengunjung web, menumbuhkan engagement, mengumpulkan list hingga meningkatkan konversi.

  • Bisa mulai dari budget minimal

Tidak ada syarat finansial tertentu untuk mulai menggunakan FB Ads. Kita bahkan tidak membutuhkan perizinan khusus. Facebook Ads begitu fit untuk digunakan oleh corporate maupun personal.

Anda dapat menjalankan kampanye periklanan dengan budget puluhan ribu Rupiah per hari dan meningkatkannya ketika sudah menemukan kampanye yang menguntungkan (baca: winning campaign). Dan memang beginilah strategi menggunakan FB Ads yang disarankan, mulai dari yang kecil dan secara pasti meningkatkannya hingga ke level yang paling besar.

  • Cepat

Facebook Ads nyaris tidak memiliki waktu tunggu yang berarti. Dengan kata lain, setelah seluruh materi kampanye siap, kita dapat langsung menjalankan iklan. Review biasanya akan berlangsung dalam beberapa saat sebelum iklan diterima dan ditayangkan sesuai dengan setelan yang kita inginkan.

  • Bisa dipelajari

Ini yang paling penting.

Sekompleks dan serumit apa pun Facebook Ads, nyatanya ia bisa dipelajari oleh setiap orang. Ada banyak sekali referensi mengenai ini yang dapat kita temukan, termasuk pada bagian selanjutnya artikel ini yang akan mengajari Anda hampir seluruhnya tentang FB Ads.

Sebagai sebuah platform yang inklusif dan modern, kita tidak membutuhkan “orang dalam” atau “keberuntungan” untuk dapat bekerja dengan Facebook Ads.

Siapa saja yang mau belajar, cepat atau lambat pasti akan terbiasa dan bisa menguasainya.

Kapan menggunakan Facebook Ads?

Persayaratan pertama untuk menggunakan Facebook Ads adalah harus paham dulu mindset dan cara kerjanya. Setelah itu, siapkan seluruh materi kampanye, perencanaan kampanye, strategi serta goalnya.

Jika semuanya sudah beres, saat itulah kita dapat menggunakan Facebook Ads.

Tips Belajar Facebook Ads untuk Pemula

Tips Belajar Facebook Ads untuk Pemula

Bagi para pemula, mempelajari FB Ads memang tidak cukup hanya mempelajari tools-nya saja. Terlebih, saat ini sudah ada banyak tempat kursus Facebook Ads yang menyediakan pembelajaran dengan cara yang mudah. Tentunya ada beberapa tips yang harus diperhatikan lebih lanjut supaya penggunaan Facebook Ads tersebut bisa semakin maksimal.

1. Mengidentifikasi target dan tujuan

Adapun langkah pertama yang perlu para pembelajar pemula lakukan yakni dengan melakukan identifikasi mengenai tujuan pembuatan iklan. Cara ini dilakukan supaya Anda dapat lebih memahami target iklan yang diinginkan.

Dengan kata lain, ketika Anda ingin menjalankan suatu iklan, pahami dulu tujuan dari iklan yang akan dibuat, apakah akan meningkatkan penjualan atau hanya ingin memperbanyak interaksi dengan para audiens. Untuk itu, Anda dapat mempelajarinya melalui kursus Facebook Ads Bandung ataupun kursus secara online.

2. Menentukan audiens

Salah satu hal utama yang juga tidak boleh dilewatkan yakni menentukan audiens mana yang akan menjadi target iklan. Anda dapat melakukan research terhadap kelompok audiens tertentu yang memiliki potensi, cocok, serta relevan dengan produk atau layanan yang Anda miliki.

Ketika kursus Facebook Ads, Anda akan belajar bahwa tools tersebut memiliki fitur yang dapat mencari target audiens secara lebih spesifik. Untuk itu, carilah target yang memiliki keterkaitan hingga ketertarikan dengan produk atau layanan yang sedang Anda promosikan.

3. Membuat iklan yang sesuai

Salah satu hal yang juga tidak boleh terlewatkan adalah membuat iklan sesuai target dan tujuan dari iklan tersebut. Tentu dibutuhkan konsep yang unik dan berbeda ketika Anda ingin menjalankan iklan di suatu produk atau layanan.

Oleh karena itu, pahami kembali kebutuhan iklan yang akan Anda buat supaya tujuan iklan tersebut dapat tercapai. Terlebih, saat ini Facebook Ads memungkinkan kita sebagai pengguna untuk dapat menyesuaikan iklan seperti konten gambar atau video, landing page, bahkan teknik copywriting.

4. Membuat tes dan analisis

Ketika mengikuti kursus Facebook Ads, Anda juga akan belajar melakukan tes dan analisis untuk mengetahui hasil dari iklan yang sudah dibuat. Tentunya, hal tersebut sangat penting untuk dapat memperbaiki apa yang menjadi kekurangan dan kelebihan dari jenis iklan tersebut. Tujuannya, tentu saja supaya iklan selanjutnya dapat dijalankan dengan baik dan lancar.

Umumnya, seorang digital marketer yang bekerja dengan FB Ads akan melakukan uji coba sebelum memasang iklan yang baru. Seiring waktu, Anda akan belajar bagaimana meningkatkan performa iklan, apalagi meta-analisis Facebook menunjukkan bahwa iklan dengan pengujian dan penyempurnaan akan menghemat biaya hingga 26%.

5. Konsisten dengan frekuensi iklan

Sewaktu belajar pada kursus Facebook Ads Jakarta dan yang lainnya, usahakan Anda memasang iklan dengan frekuensi yang konsisten, misalnya diatur setiap hari dengan jam tertentu (pagi, siang, sore). Tentu saja dengan menentukan target audiens dan tujuan pengguna Facebook tersebut.

Dari situ, iklan yang Anda buat akan lebih optimal dan menjangkau target audiens secara lebih luas. Terlebih, pengguna media sosial juga akan cenderung lebih paham dengan konsep dan tipe iklan yang muncul di laman utamanya.

Memilih Tempat Kursus FaceBook Ads

Bagi seorang pemula, umumnya akan membutuhkan suatu platform yang dapat digunakan untuk mempelajari FB Ads secara lebih mendalam. Anda mungkin termasuk salah satunya, sehingga berbagai lembaga kursus Facebook Ads akan Anda pertimbangkan.

Jika ingin mendapatkan kursus dengan berbagai kelebihan, Course-Net bisa menjadi pilihan. Kursus yang diberikan mempunyai banyak kelebihan dibanding lembaga kursus serupa. Berikut beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan.

1. Training berkualitas dan coach berpengalaman

Course-net merupakan lembaga kursus IT terbaik di Indonesia yang sudah menghasilkan lebih dari 30 ribu lulusan. Bahkan, lembaga ini juga sudah mendapat penghargaan di ajang ECC Global Award pada tahun 2019 lalu.

Tidaklah mengherankan, apalagi setiap peserta akan dibimbing oleh praktisi di dunia industri dengan sertifikasi dan prestasi internasional. Selain itu, training yang diberikan tidak hanya sekadar konsep dasar, namun juga strategi praktis sesuai dunia industri.

2. Adanya ujian sertifikasi

Buat Anda yang mengikuti kursus Facebook Ads di Course-Net, Anda juga dapat mengambil kesempatan ujian sertifikasi yang sangat berguna di dunia kerja. Terlebih, lembaga ini sudah mendapatkan lisensi resmi bertaraf internasional.

Selain itu, buat Anda yang ingin melakukan kursus, tersedia juga pengulangan kelas buat Anda yang masih belum banyak memahami materi. Dengan begitu, Anda akan dijamin dapat belajar FB Ads sampai benar-benar bisa.

3. Project akhir sebagai portofolio

Setelah pelatihan selesai, Anda juga akan langsung ditugaskan untuk membuat project pertama sehingga apa yang sudah dipelajari bisa langsung diterapkan. Menariknya, project ini akan di-review langsung oleh para coach sehingga dapat dievaluasi secara menyeluruh.

Proyek akhir ini tentu sangat berguna untuk mengetahui seberapa paham Anda terhadap materi yang sudah diberikan. Selain itu sebagai gambaran pekerjaan digital marketing FB Ads di dunia kerja.

4. Biaya yang terjangkau

Dengan segala kelebihannya, Anda mungkin akan bertanya apakah Course-Net merupakan tempat kursus Facebook Ads murah? Jawabannya tentu saja iya. Bahkan buat Anda pemegang Kartu Prakerja, kursus di tempat ini bisa sangat membantu untuk meningkatkan skill.

Secara umum, keseluruhan biaya dari sesi coaching, materi basic, jaket alumni eksklusif, sertifikat, hingga portofolio bisa Anda dapatkan dengan harga 13 jutaan saja. Meski demikian, tidak perlu khawatir karena tersedia moda cicilan hingga 24x, bahkan ada tambahan cashback untuk pendaftaran 2 orang sekaligus.

5. Job connector program

Buat Anda yang berhasil mendapatkan sertifikasi, Course-Net siap membantu menyalurkan Anda ke berbagai perusahaan besar di Indonesia melalui program Job connector. Bahkan menariknya, portofolio final project dan skill certificate yang diberikan sudah terbukti diakui oleh berbagai perusahaan dan startup unicorn.

Selain itu, setelah lulus dari program ini, Anda akan tergabung dalam suatu komunitas untuk saling berbagi informasi dan pengetahuan, termasuk pencarian lowongan pekerjaan. Dengan adanya komunitas tersebut, tentu ada berbagai hal baru hingga solusi yang akan membantu Anda mengatasi masalah FB Ads di dunia kerja.

Mau Gabung Kursus Facebook Ads ? Daftar Di Course-Net

Segera daftarkan diri anda di Course-Net, ikuti pelatihan kursus digital marketing yang akan menjelaskan facebook ads. Isi data diri anda dibawah ini :

Itulah beberapa tips belajar tentang FB Ads sekaligus bagaimana menjalankan program kursus Facebook Ads bagi para pemula. Ada baiknya Anda memilih lembaga kursus terbaik untuk mendukung skill yang Anda miliki supaya dapat berkembang lebih baik lagi. Selamat mencoba!

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print