course-net
Search
Close this search box.

Belajar Copywriting : Pengertian, Jenis dan Cara Belajar

Minet

February 14, 2023

Belajar Copywriting Dengan Ahlinya, Daftar Kursus Sekarang

Belajar Copywriting : Pengertian, Jenis dan Cara Belajar – Di era digital seperti sekarang, belajar copywriting tengah digemari. Sebab, melalui skill menulis ini akan ada banyak benefit yang didapat. Misal, memperoleh uang saku tambahan, serta membuat bisnis semakin maju.

Tidak sedikit yang mulai sadar untuk mengembangkan skill ini. Khususnya anak muda dengan rasa penasaran dan keinginan belajar yang kuat. Platform belajar menulis ini cukup mudah ditemukan seperti di Instagram atau Course-Net salah satu kursus copywriting pilihan.

Untuk pemula yang ingin belajar menulis tidak perlu takut dan khawatir. Skill dasar menulis pada dasarnya dimiliki oleh setiap orang. Hanya saja perlu diasah untuk mengetahui beberapa teknik tambahan serta penyesuaian kerangka tulisan yang harus tepat dan tepat.

Belajar Copywriting Dengan Ahlinya, Daftar Kursus Sekarang

Pengertian Copywriting

Belajar Copywriting Dengan Ahlinya, Daftar Kursus Sekarang

Istilah ini digunakan untuk menjelaskan suatu aktivitas atau teknik penulisan materi publikasi atau teks iklan. Tujuannya yakni untuk mempengaruhi audiens melakukan sesuatu seperti mengunjungi situs, mendaftarkan diri pada suatu program atau keanggotaan, membeli barang, mengikuti akun media sosial, menghubungi kontak tertentu, dan lain-lain.

Tidak hanya berbentuk teks saja, Anda juga dapat belajar copywriting dalam bentuk visual, audio, maupun verbal. Bentuknya sangat beraneka ragam sehingga Anda dapat mempelajari selain dalam wujud teks atau tulisan. Untuk gambarannya supaya lebih jelas yakni sebagai berikut.

  • naskah video,
  • podcast,
  • jingle,
  • iklan billboard yang berada di jalan,
  • deskripsi pada kemasan produk,
  • tagline perusahaan,
  • konten media sosial,
  • email marketing,
  • website,

Belajar Jenis-jenis Copywriting

Bahan belajar copywriting pemula yang biasa diberikan yakni tentang jenis-jenisnya. Kurang lebih ada 6 jenis teknik penulisan untuk Anda pahami antara lain.

·      SEO

Jenis yang pertama biasa digunakan sebagai pengoptimalisasian konten agar gampang ditemukan pada search engine. Penulisannya memiliki beberapa aturan dan keyword yang harus diterapkan. Sehingga tidak boleh asal dan hanya menulis sesuai permintaan tanpa mempedulikan kualitasnya.

·      Sales

Teknik menulis selanjutnya merupakan yang paling umum dan sering digunakan pada bidang marketing. Bentuknya berupa advertorial, iklan, kategori produk, dan deskripsi produk. Dengan kata lain jenis ini juga merupakan bagian dari digital marketing.

·      Creative

Secara tidak langsung penulisan ini sudah sering Anda temukan. Namun, sebagai pemula dalam belajar copywriting mungkin Anda belum begitu mengenalinya. Biasanya jenis ini dapat ditemui pada iklan radio ataupun televisi dengan ciri tidak terlalu banyak tulisan tapi menghasilkan jingle, naskah, slogan, atau kalimat yang dapat menarik perhatian.

·      Web

Bentuknya dapat Anda jumpai dalam konten media sosial, artikel, dan postingan blog. Isinya akan berfokus pada deskripsi produk dalam beberapa kalimat panjang. Tujuannya untuk menjalin komunikasi melalui teks dengan konsumen agar kedua belah pihak saling memahami maksud satu sama lain.

·      PR

Jenis selanjutnya yakni berupa pernyataan perusahaan atau siaran pers. Dengan kata lain konten-konten yang dibuat menjelaskan tentang produk atau perusahaan di mata publik. Sehingga tulisan harus menonjolkan tiap keunggulan yang dimiliki semakin meningkatkan minat audiens untuk membaca copywriting Anda

Cara Belajar Copywriting Untuk Pemula

Cara Belajar Copywriting Untuk Pemula

Dalam membuat konten yang baik, Anda harus mampu meyakinkan audiens dengan produk yang dipasarkan. Tidak hanya itu, tulisan juga harus mampu merepresentasikan brand image sehingga membuat audiens dapat mempertimbangkan keputusan untuk membeli suatu produk. Oleh karena itu, jika ingin menguasai copywriting, Anda dapat mengikuti beberapa cara di bawah ini.

1. Mempelajari Iklan

Untuk memudahkan belajar copywriting untuk pemula yakni dengan mempelajari iklan. Pelajari bagaimana iklan-iklan yang Anda lihat memasarkan produknya. Selanjutnya lakukan analisa produk, mengapa Anda tertarik pada produk tersebut.

Amati teks atau copy dengan pola-pola iklan yang dikemas. Melalui rasa penasaran itu, Anda akan mengetahui teknik atau materi dari copywriting. Ingat prosesnya tentu saja tidak instan, Anda perlu belajar terus untuk meningkatkan skillnya.

2. Baca Buku

Buku adalah jendela dunia, kalimat ini sangat sesuai bagi siapa saja yang ingin terus belajar. Bagi Anda yang ingin belajar copywriting salah satu caranya adalah dengan perbanyak baca buku. Rekomendasi buku bagus tentang copywriting antara lain.

  • How to Write a Good Advertisement oleh Vicctor Schwab
  • The Adweek Copywriting Handbook oleh Joseph Sugarman
  • Great Leads oleh Michael Masterson & John Forde
  • Ogilvy on Advertising oleh David Ogilvy

3. Buat Swipe File

Cara belajar copywriting untuk pemula selanjutnya yakni dengan membuat swipe file. Apa itu swipe file? jadi, istilah ini digunakan untuk sekumpulan copy menarik untuk mempengaruhi audiens. Seperti kumpulan iklan yang menjual dan membuat headline menarik.

Melalui swipe file ini Anda akan mempelajari teknik dan struktur tulisan. Selain itu kemampuan memperoleh inspirasi dan mengembangkan ide dapat dikembangkan melalui hal ini. Sehingga mulailah untuk membuat swipe file sebelum mulai menulis.

4. Latihan Menulis Secara Rutin

Cara satu ini menjadi sangat ampuh dilakukan, sebab dengan aktif berlatih kemampuan serta ide akan mengalir dengan mudah. Tuangkan seluruh ide yang ada dalam kepala Anda pada kertas dengan pena atau laptop maupun tablet. Dengan begitu Anda akan semakin gampang memproyeksikan suara dan ide di dalam pikiran ke dalam tulisan.

Dengan rutin belajar copywriting Anda akan semakin mahir dan tidak ragu lagu untuk menulis kalimat. Belajar sedikit demi sedikit akan lebih efektif, terutama jika dilengkapi dengan tenaga pengajar. Anda juga dapat mencari jam belajar tambahan dengan mengikuti kursus copywriting terdekat.

5. Mengikuti Akun Instagram

Selanjutnya Anda dapat mengembangkan skill menulis dengan menggunakan cara belajar copywriting Instagram. Misalnya dengan menggunakan teknik storytelling seperti sekedar menceritakan deskripsi produk, asal usul produk, dan cerita dibalik layar. Selanjutnya, Anda juga bisa membuat caption panjang yang mampu membangkitkan emosi audiens.

Tidak hanya itu, Anda perlu memfokuskan benefit dari pada fitur Instagram. Maksudnya, tulisan yang Anda buat harus diutamakan pada manfaat produk yang dimiliki. Karena konsumen lebih mempertimbangkan hal tersebut dibandingkan dengan fitur.

Anda juga perlu mengajukan pertanyaan, sehingga audiens dapat mengemukakan keinginan mereka. Dengan hal ini Anda bisa mengembangkan promosi produk lebih baik lagi. Karena dengan memahami keinginan konsumen sebuah bisnis dapat berjalan dengan lancar.

Mengapa Harus Mengikuti Kursus Copywriting?

Dengan mengikuti kursus, Anda dapat semakin percaya diri dengan tulisan yang Anda buat. Karena Anda dibimbing oleh tenaga pengajar yang ahli dan profesional. Selain itu kemampuan menulis Anda dapat berkembang dengan lebih cepat ketimbang belajar sendiri.

Untuk itu, Anda bisa mengikuti kursus belajar copywriting yang sudah terjamin kualitas serta fasilitasnya. Seperti Course-Net yang akan memberikan materi lengkap dan mampu mengupgrade skill Anda. Anda tidak perlu ragu menjadi tempat kursus ini sebagai pilihan belajar copywriting.

Tidak hanya itu Anda akan dibimbing sampai bisa menghasilkan tulisan terbaik. Coachnya dipilih secara selektif agar Anda merasa nyaman selama pembelajaran. Sistem pembelajarannya dibuat sebaik mungkin dan langsung mempraktikkan apa yang diajarkan.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!