course-net
Search
Close this search box.

Home >

FTP Adalah Kunci Dunia Digital, Berikut Penjelasannya

Friday, 26 January 2024 2:14 PM

ftp adalah

Era modern dengan adanya digitalisasi tentu saja sangat membutuhkan yang namanya FTP yang menjadi protokol dalam transfer data. File Transfer Protocol adalah protokol yang banyak digunakan orang akan tetapi tidak banyak disadari atau diketahui oleh para pengguna internet. Berikut ini kami akan coba berikan informasi mengenai FTP, server dan juga beberapa fungsi dari FTP ini.

Pengertian FTP

Kepanjangan dari FTP adalah File Transfer Protocol, di mana sesuai namanya merupakan protokol untuk melakukan transfer file. File Transfer Protocol ini merupakan protokol standar yang digunakan untuk transfer file antar komputer dengan menggunakan jaringan termasuk jaringan internet. Jadi bisa dibilang protokol FTP ini yang banyak digunakan untuk browsing, download dan juga upload data di internet.

Jika dibandingkan dengan transfer file dengan menggunakan kabel atau secara fisik menggunakan USB tentu saja FTP adalah yang terbaik. Bukan hanya bisa transfer dari mana saja akan tetapi proses transfer pun bisa jauh lebih cepat dan juga lebih mudah dilakukan. Tapi tidak semua pengguna internet bisa akses data melalui FTP, harus ada username dan password untuk bisa mengakses.

Fungsi FTP

Fungsi dari FTP sendiri sesuai dengan kepanjangan File Transfer Protocol tadi yakni sebagai protokol untuk transfer file atau data antar komputer. Tapi sebenarnya ada beberapa fungsi lainnya dari File Transfer Protocol selain dari fungsi utamanya tersebut, berikut ini beberapa di antaranya.

  1. FTP adalah protokol yang bisa melayani semua pengguna untuk proses transfer dua arah
  2. Mampu melakukan pertukaran file dengan cepat dan mudah meskipun ukuran file cukup besar
  3. File Transfer Protocol bisa digunakan untuk download file dari software publik
  4. Bisa dipergunakan untuk backup website dengan lebih mudah dan efisien
  5. Mengirim file dengan ukuran besar dengan menggunakan sistem lampiran pada email
  6. Membantu distribusi dan juga revisi program pada software developer. 

Kelebihan FTP

Setelah tahu FTP merupakan singkatan dari File Transfer Protocol dan pengertiannya, maka kita jadi tahu apa saja sih kelebihannya. Berikut ini kami akan jelaskan beberapa kelebihan yang membuat File Transfer Protocol ini jadi banyak digunakan pada dunia digital dan menjadi kunci dunia digital.

  1. File Transfer Protocol bisa melakukan multitasking yang berarti bisa melakukan transfer data dari beberapa komputer yang mengakses server.
  2. Lebih efisien dalam transfer data, karena bisa mengirimkan satu atau beberapa file dalam satu folder dalam waktu yang bersamaan.
  3. Transfer data bisa dilakukan tanpa hambatan yang berarti, karena pada File Transfer Protocol ini ada fitur resume untuk melanjutkan proses transfer. Jadi ketika dalam perjalanan transfer koneksi bermasalah, maka kalian bisa melanjutkan proses transfer sebelumnya setelah koneksi kembali baik.
  4. Memiliki fitur jadwal, sehingga kalian bisa mengatur jadwal kapan untuk transfer file tanpa harus melakukannya secara manual.
  5. Salah satu keunikan File Transfer Protocol adalah adanya fitur pemulihan, yang berarti menyediakan back up data secara otomatis dan dilakukan berkala. Hal ini akan mencegah beragam kemungkinan terjadinya kerusakan data yang penting.
  6. File Transfer Protocol mampu mengirimkan atau transfer file dengan ukuran yang sangat besar, sehingga pengiriman bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Dua Hal Penting dalam FTP

Dua hal yang penting dalam FTP adalah client dan server pada File Transfer Protocol, berikut ini penjelasan mengenai dua hal tersebut untuk memahami kinerja FTP.

1. Server

FTP server adalah sebuah server yang melayani permintaan pertukaran file dari beragam komputer yang membutuhkan data pada server tersebut. Mode dari server ini sendiri ada 2 yakni aktif dan pasif, di mana kalau aktif File Transfer Protocol server berperan menyetujui permintaan file. Sementara untuk mode pasif berarti server hanya diprogram untuk mempertahankan koneksi jaringan untuk transfer file saja.

2. Client

FTP client itu sendiri adalah komputer yang biasa kita gunakan untuk download atau upload data kepada server dari FTP tersebut. Jadi nantinya File Transfer Protocol client ini yang akan mengirim permintaan file dan kemudian akan dikirimkan file atau data tersebut dari server. Bisa dibilang client File Transfer Protocol adalah komputer yang biasa kita pergunakan saat ini untuk beragam kegiatan digital.

Cara Kerja FTP

Cara kerjanya dari FTP sendiri sebenarnya cukup sederhana, di mana awal mulanya adalah File Transfer Protocol client akan meminta koneksi kepada server. Setelah sudah terkoneksi maka proses transfer file baik itu download atau upload bisa dilakukan dari Client ke server. Meskipun sederhana namun ini adalah kunci berjalannya dunia digital saat ini dengan berbagai kelebihan yang dimiliki oleh File Transfer Protocol ini.

Cara Menggunakan FTP

Untuk bisa mempergunakan FTP sendiri tentunya tidak bisa sembarangan, karena hanya yang memiliki username dan password yang bisa. Berikut ini kami akan jelaskan langkahnya seperti apa untuk bisa melakukan transfer file menggunakan File Transfer Protocol.

1. Menghubungkan dengan Server

Hubungkan dulu komputer dengan server dari File Transfer Protocol ini untuk bisa mendapatkan koneksi dan melakukan proses transfer file tersebut. Ada 2 metode yang bisa digunakan untuk menghubungkan dengan server, berikut ini penjelasannya. 

  1. Menggunakan browser dengan cara menuliskan ftp://ftp.namadomain.com. Kalian hanya perlu mengubah nama domain dengan URL website yang kalian inginkan. 
  2. Menggunakan Command Prompt dari Windows atau terminal dari Linux atau Mac. 

2. Melakukan Transfer File dengan Aplikasi FTP Client

Setelah sudah terhubung saatnya kalian melakukan transfer file dengan aplikasi pihak ketiga FTP Client. Ada banyak sekali aplikasi yang saat ini bisa digunakan mulai dari FileZilla dan masih banyak lagi yang lainnya. Berikut ini langkah untuk melakukannya.

  1. Download terlebih dahulu aplikasi pada website resmi aplikasi File Transfer Protocol Client tersebut.
  2. Buka Cpanel pada akun hosting dan buka menu File Transfer Protocol Akun, lalu buat aku baru bila belum membuatnya, bila sudah kalian tinggal login saja. Akun File Transfer Protocol adalah hal utama untuk bisa melakukan transfer file melalui server File Transfer Protocol.
  3. Setelah sudah membuat akun kalian bisa install aplikasi File Transfer Protocol Client terlebih dahulu dan kemudian buka aplikasi tersebut. Setelah itu kalian sudah bisa melakukan proses transfer file dengan bebas dari database server File Transfer Protocol yang dituju.

Kelemahan FTP

Meskipun memiliki banyak kelebihan tapi ada beberapa kelemahan dari FTP, salah satunya adalah sulit untuk dioperasikan karena membutuhkan skill IT. Selain itu juga File Transfer Protocol dinilai kurang aman, terlebih adanya aplikasi FTP Client pihak ketiga yang apabila salah pilih akan berisiko. Pengiriman data melalui FTP pun tidak bisa dilacak, jadi sulit untuk memonitor perpindahan file.

Dalam dunia digital skill penguasaan File Transfer Protocol ini sendiri memang sangat penting baik untuk urusan website developer dan lain sebagainya. Bila kalian ingin mengetahui lebih lengkap apa itu File Transfer Protocol, maka perlu mengikuti kursus IT yang terbaik. CourseNet menjadi salah satu tempat kursus IT terbaik dengan materi yang lengkap dan File Transfer Protocol adalah salah satu materinya.

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print