course-net
Search
Close this search box.

Home >

Weebly: Pengertian, Jenis dan Cara Menggunakannya

Friday, 26 January 2024 1:48 PM

weebly adalah

Weebly merupakan salah satu platform pembuat website yang memudahkan orang untuk bisa membuat website dengan kualitas baik. Bagi kalian yang tidak memiliki kemampuan pemrograman atau juga desain web, maka menggunakan platform tersebut adalah pilihan terbaik. Berikut ini kami akan jelaskan mengenai platform tersebut, jenisnya, sampai dengan bagaimana cara menggunakannya untuk bisa membuat website sendiri.

Pengertian

Weebly adalah platform website builder yang memiliki user interface yang sederhana, sehingga pengguna bisa membuat website dengan mudah. User interface sederhana ini sangat membantu orang untuk mengetahui semua fitur dan mempergunakan fitur dalam membuat website dengan mudah. Penyesuaian konten, layout dan beragam elemen dalam sebuah website bisa dilakukan dengan sangat mudah pada platform ini.

Meskipun sederhana dan mudah digunakan, tetapi fleksibilitas dalam mengubah template pun tetap tersedia pada platform ini. Jadi bagi kalian yang sudah berpengalaman dan memiliki skill yang cukup dalam membangun website bisa melakukan edit pada kode HTML dan juga CSS. Bisa disimpulkan kalau platform ini sangat tepat digunakan oleh pemula dan juga oleh kalangan profesional dalam pembuatan website.

Jenis-jenis Layanan

Bila melihat dari biayanya dan fiturnya, ada beberapa jenis layanan yang bisa dipergunakan untuk bisa membuat sebuah website di platform ini. Berikut ini beberapa jenis layanan yang tersedia pada Weebly yang bisa kalian pergunakan untuk membuat website.

1. Free

Versi gratis ini merupakan layanan yang paling banyak digunakan orang, karena kalian bisa membuat website di platform ini secara gratis. Berhubung ini adalah versi gratis tentu saja kalian akan mendapatkan fitur yang terbatas, namun kalian sudah mendapatkan SSL Security. Kapasitas yang bisa digunakan pada versi gratis yakni 500 MB dan alamat domain yang kalian dapatkan adalah Weebly.com.

2. Pro

Versi Pro ini adalah layanan yang memberikan akses yang lebih luas dengan biaya yang harus dibayarkan per bulan sekitar 12 Dollar. Ada banyak fitur lanjutan yang bisa didapatkan mulai dari layanan e-commerce, layanan Google Ads, dukungan pelanggan, menghapus iklan dan lainnya. Jenis layanan ini sangat tepat digunakan untuk membangun komunitas atau juga website organisasi.

3. Business

Versi Business merupakan jenis layanan yang paling lengkap fasilitasnya dan memiliki biaya bulanan paling besar yakni 25 Dollar. Dengan harga segitu kalian bisa mendapatkan fitur yang lengkap, selain dari fitur yang ada pada versi Pro dalam membangun sebuah website. Kalian akan mendapatkan fitur seperti keranjang belanja, integrasi pembayaran, analitik dan bantuan advance SEO.

Layanan Business ini sangat tepat untuk kalian yang menginginkan membangun website marketplace yang profesional melalui platform tersebut.

4. Connect

Versi Connect merupakan versi Lite yang memungkinkan kalian membuat alamat domain tanpa menggunakan nama Weebly di dalamnya. Biaya yang harus dibayarkan untuk layanan Connect ini sendiri cukup murah yakni hanya 5 Dollar per bulan. Mengingat beberapa fitur dasar dalam pembuatan website dan fitur penghapusan iklan tentunya harga tersebut bisa dibilang murah.

Cara Membuat Website

Bila ingin mempergunakan platform ini untuk membuat website tentunya perlu tahu dengan baik bagaimana cara menggunakan Weebly untuk bisa membuat website. Berikut ini kami akan jelaskan cara untuk membuat website di platform tersebut.

1. Membuat Akun

Membuat akun bisa kalian lakukan dengan sangat mudah dengan langsung mengunjungi situs resminya untuk kemudian membangun website. Kalian tinggal klik Sign up dan kemudian kalian mengisi data diri dan juga alamat email yang masih aktif sebagai penghubung dengan platform. Nanti kalian akan disuguhkan opsi I just need a website untuk blog pribadi atau I need website with an online store untuk membangun online store. 

2. Memilih Paket Layanan

Setelah kalian membuat akun kalian perlu Weebly login dan kemudian kalian bisa memilih paket layanan yang diinginkan. Biasanya bila di awal kalian memilih membangun online store, maka langsung di sarankan untuk memilih paket layanan Business. Setelah kalian memilih paket layanan maka kalian perlu membayar biaya bulanan dulu bila kalian memilih paket selain layanan Weebly Free.

3 Menentukan Tema

Lanjut kalian perlu menentukan tema dari website yang tentunya akan menentukan desain website yang nantinya kalian bangun. Biasanya Tema sudah tersedia beberapa dan kalian tinggal memilih tema yang paling sesuai dengan desain web yang kalian inginkan. Tema sendiri bisa diedit dengan mengubah beberapa kode untuk kalian yang mungkin sudah cukup profesional dalam membangun website.

4. Menentukan Nama Domain Website

Setelah itu kalian perlu menentukan dulu nama domain dari website yang akan kalian bangun, tapi tentunya disesuaikan dengan paket. Bila menggunakan Free sudah pasti tidak akan seleluasa dari paket layanan berbayar, karena kalian bisa menentukan nama domain secara bebas. Platform ini sudah menyediakan nama domain tapi kalian bisa custom nama domain tersebut sesuai keinginan kalian.

5. Membuat Desain Web

Setelah semua sudah disetel sedemikian rupa, maka saatnya kalian membangun website dengan desain yang kalian inginkan. Kalian bisa hanya tinggal drag and drop beberapa hal mulai dari tulisan, gambar, video dan lainnya di tempat yang disediakan oleh tema. Bahkan kalian pun bisa mengubah layout ketika sudah menempatkan konten di dalam website untuk tampilan yang lebih menarik.

  1. Menambahkan Apps Pada Website

Langkah terakhir dalam menambahkan apps yang dibutuhkan pada website untuk bisa menunjang fungsionalitas dari website di Weebly ini.

Kelebihan 

Ada beberapa kelebihan dari platform website builder ini, berikut ini beberapa di antaranya.

  1. Memiliki elemen yang lengkap untuk bisa dimasukkan ke dalam website yang dibangun.
  2. Memiliki fitur SEO yang bisa membantu website lebih ramah terhadap mesin pencari dan menunjang traffic yang jauh lebih baik.
  3. Kompatibel dengan beragam perangkat bahkan ada Weebly for Android supaya bisa mudah dibuka di smartphone bahkan kalian bisa edit di smartphone.
  4. Template yang tersedia cukup beragam dan juga banyak yang menarik, sehingga kalian bisa langsung memilih.

Contoh Website

Ada beberapa contoh website besar yang mempergunakan platform ini salah satunya adalah Iruna Weebly yang merupakan sebuah komunitas game. Selain itu ada juga JIS Service Weebly yang merupakan organisasi besar dalam memperjuangkan anak-anak dan kesehatan lingkungan. Ada banyak lagi seperti salah satunya adalah Moriya Shrine Weebly dengan beragam informasi mengenai Moriya Shrine.

Skill membangun website pada masa sekarang ini memang sangat penting dan bila kalian tertarik maka bisa mencoba kursus di CourseNet. Kalian akan diajarkan beragam cara untuk membangun website dengan benar termasuk memanfaatkan platform easy to use dari Weebly ini. Kalian juga akan mendapatkan ilmu SEO yang baik untuk bisa membangun website yang mudah dijumpai dan ditemukan di mesin pencari.

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print