course-net
Search
Close this search box.

HTTPS Adalah : Pengertian, Fungsi, serta Manfaatnya

Minet

February 15, 2023

HTTPS Adalah ? Pengertian & Definisi Lengkapnya

HTTPS Adalah : Pengertian, Fungsi, serta Manfaatnya – Bagi Anda yang sudah terbiasa berselancar di mesin pencarian tentu sudah tidak aneh dengan istilah HTTPS. Tapi, apakah Anda tahu apa yang dimaksud dengan HTTPS? Untuk Anda yang mempunyai website pribadi ataupun bagi urusan bisnis sudahkah website Anda berprotokol HTTPS? Tahukah Anda bahwa HTTPS merupakan tanda bahwa website Anda telah mendapat perlindungan ekstra?

Jadi, HTTP secure atau HTTPS adalah salah satu di antara tiga persyaratan utama agar suatu website menjadi web yang progresif di internet.

Hal ini membuat para pemilik website bersaing dalam meningkatkan security websitenya selama beberapa tahun terakhir. Berkat adanya HTTP secure ini para hacker tak dapat sembarangan membaca data user di internet.

HTTPS Adalah ? Pengertian & Definisi Lengkapnya

Apa itu HTTPS?

HTTPS Adalah ? Pengertian & Definisi Lengkapnya

Kepanjangan dari HTTPS adalah Hypertext Transfer Protocol Secure. Sedangkan untuk pengertiannya sendiri HTTPS adalah wujud protokol internet paling aman dan paling valid. Nantinya HTTPS ini memiliki tugas melindungi kerahasiaan serta integritas antara website serta komputer pengguna.

HTTPS atau kepanjangan dari Hypertext Transfer Protocol Secure adalah varian HTTP yang lebih aman dan juga menjadi protokol utama dengan kegunaan untuk mengirimkan data antara website dan web browser.

Enkripsi yang dilakukan di HTTPS merupakan bagian dari data session. Untuk proses enkripsi ini memakai protokol Secure Socket Layer (SSL) atau protokol Transport Layer Security (TLS). Dikarenakan penggunaan protokol tersebut, maka port pada HTTPS umumnya yaitu 443.

Apa Saja Fungsi dari HTTPS?

Terdapat tiga fungsi HTTPS yang wajib Anda ketahui, di antaranya adalah:

1.   Keamanan Website yang Meningkat

Saat ini HTTPS menggunakan sistem enkripsi, yaitu data nantinya diacak sehingga akan sulit diakses oleh peretas, menghindari pencarian data, maupun salah mengirim data.

2.   Menambahkan Kredibilitas Website

Nantinya website memakai URL (Uniform Resource Locator) yang berawalan https:// serta browser nantinya menampilkan icon gembok hijau di website itu. Nah hal tersebut dapat menjadi indikasi bahwa semua proses transfer data pada website itu memperoleh perlindungan ekstra.

3.   Memberikan Dampak Positif bagi SEO

Algoritma Google menetapkan bahwa hanya website yang dilengkapi perlindungan SSL yang akan direkomendasikan keluar pada hasil pencarian. Maka, jika ingin website yang Anda miliki mudah untuk ditemukan, penggunaan HTTPS harus Anda lakukan.

Bagaimana Sih Cara Kerja HTTPS?

HTTPS saat ini memakai protokol enkripsi pada server guna mengenkripsi semua jenis komunikasi atau interaksi. Protokol tersebut dinamakan dengan TLS (Transport Layer Security) yang sebelumnya dikenal dengan SSL (Secure Sockets Layer). HTTPS mengamankan komunikasi menggunakan sistem yang dinamakan dengan asymmetric publickey infrastructure.

Pada dasarnya HTTP hanya suatu protokol, namun saat dipadukan dengan TLS atau keamanan lapisan transport, maka protokol ini nantinya terenkripsi. Varian keamanan ini memakai dua kunci berbeda guna mengenkripsi interaksi dari dua pihak. Berikut dua kunci HTTPS tersebut:

·      Private Key

Private key adalah kunci yang disimpan dan dikendalikan oleh pemilik laman web yang sifatnya privat. Nantinya kunci ini bekerja pada web server serta dipakai dalam mendeskripsi informasi yang dilakukan proses enkripsinya oleh public key

·      Public Key

Public key tersedia bagi semua kalangan yang ingin melakukan interaksi dengan server secara aman. Informasi yang diproses enkripsi public key hanya bisa didekripsi oleh privat key.

Anda dapat menerapkan sertifikat pada protokol berbeda, misal HTTP pada web, SMTP pada email, serta FTP. Sertifikat SSL atau TLS beroperasi dengan menyimpan kunci yang pembuatannya secara acak (private ataupun public) pada web yang tersedia pada server Anda.

Public key diverifikasi bersama client serta private key yang dipakai pada proses dekripsi. Ketika browser sudah terkoneksi ke server HTTPS, maka server nantinya merespon menggunakan sertifikat SSL.

Selanjutnya browser akan memeriksa sertifikat tersebut apakah valid, dari informasi pemilik haruslah cocok dengan nama server yang direquest user dan sertifikat SSL asalnya harus dari otoritas sertifikat yang terpercaya. Nantinya, bila salah satu kondisi tersebut tak terpenuhi maka user akan memperoleh notifikasi permasalahan website security.

Pada tahapan selanjutnya request awal akan dikirim pada server guna diverifikasi. Sesudah itu, saat server merespon bahwa itu merupakan server yang sesuai, lalu client akan mengirimkan pesan halo.

Hasilnya, untuk tahap ini komunikasi akan terenkripsi serta terjadi komunikasi online di antara website dengan user web via web browser.

Manfaat Penggunaan HTTPS Adalah

Manfaat Penggunaan HTTPS Adalah

Ada begitu banyak manfaat yang akan Anda dapatkan ketika meningkatkan protokol dari HTTP ke HTTPS, di antaranya adalah:

1.   Lebih Dipercaya Pengguna serta Web Browser

Website yang sudah menggunakan HTTPS akan mendapatkan kepercayaan lebih dari pengunjung atau pengguna aplikasi websitenya.

Pada pembahasan sebelumnya sudah disinggung bahwa HTTPS merupakan protokol yang memakai sertifikat TLS atau SSL guna mengenkripsi komunikasi untuk meminimalisir percobaan hacker dalam mencuri data.

2.   Keamanan Interaksi Website yang Lebih Terjamin, Baik Untuk Pemilik Maupun Pengguna Web

HTTPS merupakan protokol yang menyebabkan data dienkripsi ketika transit dari serta menuju server asal. Komunikasi dan interaksi online dijaga oleh protokol ini agar tetap aman hingga para hacker tak bisa mengintip ataupun mengambil data yang sudah dikirim.

3.   Autentifikasi Website

Autentifikasi memiliki arti melakukan verifikasi validitas mesin atau seseorang pada proses interaksi di antara user dan website. Dalam protokol HTTP tak tersedia verifikasi identitas, sebab pada protokol tersebut berdasarkan prinsip kepercayaan. Dengan kata lain menggunakan protokol HTTPS dapat lebih aman karena adanya proses verifikasi antara pengguna website.

Belajar Website Lebih Mudah Bersama Course-Net

Bagi Anda yang tertarik mempelajari terkait website lebih lanjut, dari cara pembuatan website yang kuat dan tahan banting. Atau mungkin Anda ingin belajar bagaimana cara membuat aplikasi yang bebas dari hacker, Anda bisa bergabung di kelas back-end develop di Course-Net. Berik beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari kelas tersebut:

Course-Net adalah practical IT coaching nomor satu di Indonesia, ini terbukti dari 75.000 lebih alumni Course-Net yang sudah bergabung di berbagai perusahaan besar. Empat dari Sembilan startup unicorn di Indonesia juga mempercayakan Course-Net sebagai learning partnernya.

Anda akan dibimbing langsung oleh coach yang merupakan praktisi langsung dari dunia industri, yang memiliki sertifikasi internasional dan prestasi tingkat dunia.

Course-Net akan mengajarkan strategi praktis yang nyata di dunia kerja. Selain itu tim coach juga menjamin akan mengajari Anda sampai bisa

Anda juga akan difasilitasi dengan project yang bisa Anda jadikan sebagai portofolio. Untuk Anda yang lulus dengan nilai A dan B tim Course-Net akan membantu mereferensikan Anda ke perusahaan rekanan yang sedang membutuhkan tenaga kerja.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai HTTPS, mulai dari pengertian, fungsi, cara kerja serta manfaatnya. Semoga informasi di atas dapat membantu dan menjawab rasa penasaran Anda pada HTTP Secure.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!