course-net
Search
Close this search box.

Home >

Intranet: Pengertian, Fungsi dan Manfaat

Tuesday, 26 September 2023 9:01 AM

intranet

Koneksi memang merupakan salah satu hal yang sudah sangat umum saat ini, namun yang lebih dikenal itu adalah internet. Tapi ada satu koneksi baru yang saat ini muncul adalah intranet yang memang mungkin belum diketahui oleh banyak orang. Berikut ini akan kami coba jelaskan mengenai hal tersebut, karena memang hal tersebut tidak sama dengan internet.

Pengertian

Intranet adalah sebuah jaringan yang berbeda dengan internet, di mana ruang lingkupnya itu jauh lebih sempit dibandingkan dengan internet. Bisa dibilang jaringan ini adalah jaringan privat yang bisa dibilang sangat tepat digunakan untuk perusahaan atau juga institusi. Sistem jaringan intranet ini memang dibuat untuk menjadi ruang kerja digital yang bisa membantu kinerja karyawan bisa berkembang dengan baik.

Jaringan ini pun bisa dibilang sebagai portal yang menyediakan beragam akses data yang dibutuhkan oleh karyawan dalam satu perusahaan. Jaringan ini bisa membantu proses koordinasi dari setiap orang dalam satu institusi atau perusahaan dalam menjalankan operasional. Sistem ini tetap memiliki perlindungan yakni dengan menggunakan password untuk membatasi akses hanya untuk karyawan saja.

Jaringan ini bisa diatur sedemikian rupa agar supaya nantinya setiap orang bisa memiliki akses yang berbeda sesuai dengan jabatan. Perusahaan bukan hanya terbantu dengan koordinasi, akan tetapi bisa juga membantu proses evaluasi dengan menggunakan jaringan intranet. Jaringan ini sendiri sebenarnya bukan hal baru, karena pertama kali diperkenalkan pada tahun 1955.

Baca Juga : Apa Itu Jaringan Komputer ? Pengeritan , Definisi & Jenisnya

Fungsi

Jaringan ini sebenarnya memiliki fungsi untuk menghubungkan beberapa device yang ada di perusahaan untuk operasional perusahaan. Semua komputer di perusahaan akan bisa terhubung dan juga bisa terhubung dengan device lain seperti printer termasuk server. Selain itu jaringan ini memiliki access point untuk setiap anggotanya yang membuat sistem perusahaan pun akan bisa berjalan dengan baik.

Jadi fungsi utamanya menghubungkan semua komputer dan device termasuk server yang tentunya bisa membantu akses data dan memproses data. Jaringan ini biasanya dibuat berdasarkan sistem perusahaan, sekolah, atau universitas untuk semua anggota yang ada.

Manfaat Penggunaan

Penggunaan jaringan lokal ini sebenarnya memiliki beberapa manfaat yang sangat bisa dipergunakan untuk memajukan kinerja perusahaan. Bila kalian sudah mengetahui apa saja manfaatnya, maka kalian akan bisa memaksimalkan penggunaan jaringan tersebut di perusahaan kalian. Berikut ini beberapa manfaat bila kita lihat berdasarkan pengertian intranet.

1. Meningkatkan Produktivitas Kinerja Perusahaan

Manfaat yang pertama adalah untuk bisa meningkatkan produktivitas kinerja dari perusahaan dengan adanya sistem dalam jaringan tersebut. Akses terhadap data perusahaan akan bisa jauh lebih baik untuk setiap bagian dan jabatan, hal tersebut sangat membantu operasional. Data pada server bisa diakses dengan sangat mudah namun tetap aman, karena setiap orang perlu password untuk bisa mengakses di jaringan intranet.

Ketika data perusahaan bisa diakses dengan cepat dan bisa dibagikan antar karyawan, maka sudah pasti produktivitas akan meningkat. Peningkatan produktivitas ini akan membuat perusahaan berkembang dengan cepat dan akan memberikan keuntungan yang lebih besar.

2. Mempermudah Komunikasi Internal Perusahaan

Manfaat yang kedua adalah untuk mempermudah komunikasi internal perusahaan yang nantinya akan menunjang operasional juga. Tidak bisa dipungkiri komunikasi dalam perusahaan adalah hal yang utama, sehingga jaringan ini bisa membantu komunikasi berjalan baik. Hubungan antar bagian dalam perusahaan pun akan berjalan dengan baik dan koordinasi bisa dilakukan lebih maksimal juga.

3. Efisiensi Biaya Operasional

Manfaat yang ketiga adalah soal biaya operasional, di mana penggunaan jaringan ini akan meningkatkan efisiensi biaya operasional. Biaya-biaya yang mungkin perlu dikeluarkan untuk cetak dokumen dan lain sebagainya guna berjalannya operasional akan bisa dipangkas.

Baca Juga : Belajar Jaringan Komputer Untuk Pemula Lengkap!

Kelebihan dan Kekurangan

Jaringan ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangan, sehingga kita perlu memahaminya untuk bisa memaksimalkan pemanfaatan jaringan tersebut. Berikut ini akan kami jelaskan apa saja sih kelebihan dari jaringan intranet yang bisa kalian manfaatkan dengan baik.

  1. Kelebihan yang paling pertama adalah keamanan, karena ini merupakan jaringan privat yang sangat terbatas aksesnya. Biasanya jaringan ini hanya dipergunakan oleh orang yang memiliki akun dan password yang sudah di setting sebelumnya. Jadi kalau di perusahaan hanya karyawan kalian saja yang bisa masuk ke dalam jaringan tersebut.
  2. Kelebihan yang kedua adalah semua pekerja bisa mengakses informasi atau data perusahaan dengan jauh lebih mudah. Selama mereka masih terdaftar, maka mereka akan bisa mengakses data yang dibutuhkan untuk pekerjaan mereka di perusahaan.
  3. Kelebihan yang ketiga adalah keseragaman data, karena data perusahaan yang tersimpan bisa dipergunakan untuk setiap bagian. Hal semacam ini akan menghindarkan terjadinya miskomunikasi pada perusahaan yang akan sangat mengganggu jalannya perusahaan.
  4. Kelebihan yang keempat yaitu hubungan dengan pelanggan atau konsumen yang bisa lebih baik dengan adanya fitur keluhan. Biasanya manajemen akan bisa langsung membaca keluhan dengan mudah dan langsung memberikan solusi atau menanggapi secara langsung.
  5. Kelebihan yang kelima adalah kemudahan dalam komunikasi, sehingga proses brainstorming bisa berjalan dengan lebih mudah dan cepat. Melakukan rapat atau koordinasi bisa lebih mudah dan cepat tanpa harus menunggu pertemuan semua anggota.

Jaringan ini juga memiliki beberapa kekurangan, dan berikut ini akan kami jelaskan apa saja sih kekurangan dari jaringan tersebut.

  1. Jaringan ini memang mudah untuk saling berkirim pesan, namun hal ini justru membuat kemungkinan jaringan overload jadi lebih besar.
  2. Kekurangan yang kedua adalah soal pengembangan jaringan, di mana memang membutuhkan tenaga ahli untuk bisa mengembangkannya.
  3. Kekurangan yang ketiga adalah soal kemampuan mengakses jaringan intranet ini, di mana karyawan perlu memiliki kemampuan tersebut supaya jaringan tersebut bisa berjalan dengan lancar.

Perbedaan dengan Internet

Jaringan internet itu berbeda dengan jaringan ini meskipun memiliki konsep yang hampir sama, banyak orang yang masih bingung membedakan keduanya. Berikut ini akan kami jelaskan beberapa poin perbedaan internet dan intranet yang mungkin bisa membantu kalian memahami lebih baik. 

1. Jenis Jaringan

Perbedaan pertama adalah jenis jaringan, di mana jaringan internet itu lebih bersifat umum.

2. Keamanan

Perbedaan kedua dari sisi keamanan, di mana jaringan internet jelas lebih rentan karena tidak memiliki keamanan enkripsi dan firewall.

3. Informasi yang Diberikan

Perbedaan ketiga adalah informasi yang diberikan internet tidak terbatas, sementara jaringan ini lebih pada data perusahaan saja.

4. Aksesibilitas

Perbedaan keempat dari sisi akses di mana internet lebih luas tanpa harus ada tanda pengenal dan password seperti jaringannya.

Untuk bisa mengenali jaringan tersebut kalian mungkin perlu mengikuti kursus yang disediakan oleh Course-Net. Materi yang diberikan mengenai jaringan intranet sangat lengkap dan tersedia mentor yang akan membantu kalian menguasai jaringan tersebut dengan baik. Jangan ragu untuk mengikuti kursus di Course-Net.

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!