Apa Itu Jaringan Komputer ? Pengeritan , Definisi & Jenisnya

Mau tanya Soal Kursus IT ? ? Atau Mau Tanya Soal Biaya ? Yuk Tanya Via Whatsapp ?

Apa Itu Jaringan Komputer ? Pengeritan , Definisi & Jenisnya – Sebagian orang yang aktif menggunakan atau sering mengoperasikan komputer pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah LAN, MAN dan juga WLAN. Istilah tersebut seringkali dipakai saat menyebut jenis dari jaringan komputer. Salah satu fungsi dari jaringan komputer adalah dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer atau gadget menjadi satu jaringan atau network sekaligus, dengan adanya penyatuan jaringan tersebut pengguna komputer atau gadget bisa langsung berinteraksi di dalamnya.

Salah satu yang mungkin Anda lihat misalnya ketika Anda berada pada ruang gamers, pada ruangan tersebut antara komputer satu dan lainnya saling berhubungan dan bisa bermain secara bersamaan. Selain dari contoh tersebut masih ada banyak lagi contoh jaringan komputer beserta dengan isinya, maka untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan jaringan komputer ? Anda bisa menyimak ulasan lengkap berikut ini.

Apa Itu Jaringan Komputer ? Jaringan Komputer Adalah

Pengertian Jaringan Komputer

Apa Itu Jaringan Komputer ? Pengeritan , Definisi & Jenisnya

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang dapat menghubungkan dari beberapa komputer menjadi satu jaringan yang biasanya digunakan untuk berinteraksi berbagi data. Selain itu jaringan komputer dapat digunakan untuk alat komunikasi yang saling terhubung langsung, sehingga memungkinkan pengguna untuk saling berkomunikasi dengan mudah. Dengan adanya kemanfaatan tersebut sampai sekarang banyak orang yang memanfaatkannya dan juga banyak yang mengembangkannya.

Dengan berkembangnya teknologi, jaringan komputer ini juga sudah mengalami perkembangan. Salah satu dari perkembangan yang sudah berjalan dari jaringan komputer adalah tidak lagi hanya menggunakan kabel sebagai media penghubung, namun sekarang ini bisa menggunakan jaringan nirkabel dalam cara menghubungkannya. Selain menjadikan komputer sebagai alat untuk menggunakan jaringan internet ada hal lain yang harus ada sebelum menggunakan jaringan ini.

Untuk memanfaatkan jaringan komputer, Anda harus mempunyai atau menginstal software pada komputer Anda, karena dengan menggunakan software akan secara langsung software berfungsi untuk mendeteksi perangkat sekitar agar bisa langsung dihubungkan. Selain dengan menggunakan software, ketika berada dalam jangkauan yang dekat maka ada seorang admin pula yang menghubungkan satu komputer dan lainnya.

Jenis-jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Skala-nya

Setelah mengetahui pengertian dari jaringan komputer, dan mau memanfaatkan jaringan komputer sebagai alat untuk berkomunikasi, maka harus mengerti terlebih dahulu jenis dari jaringan komputer.

Hal tersebut harus dilakukan mengingat setiap jenis jaringan komputer memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda. Berikut ini akan kami bagikan beberapa jenis jaringan yang harus Anda ketahui sebelum menggunakannya diantaranya sebagai berikut ini:

  • Local Area Network (LAN)

LAN adalah sebuah jaringan lokal yang telah dibuat pada sebuah ruangan yang terbatas, ruangan yang terbatas tersebut maksudnya adalah satu jaringan yang hanya bisa dipakai beberapa orang saja. karena sifatnya yang terbatas dalam ruangan, LAN ini biasanya dipakai saat penggunaan printer bersama, penggunaan media penyimpanan yang bisa diakses secara bersamaan dan hal lain sebagainya.

  • Metropolitan Area Network (MAN)

Berbeda dengan LAN, MAN adalah sebuah jaringan lokal yang telah memiliki desain khusus untuk dibuat pada sebuah area yang lebih luas. Daerah cakupan MAN yang dimaksud adalah bisa satu Rukun Warga (RW) atau juga bisa digunakan dalam satu kompleks instansi. Jaringan MAN ini merupakan pengembangan jaringan LAN yang memiliki kelebihan untuk bisa diakses dengan area yang lebih luas.

  • Wide Area Network (WAN)

Wide Area Network atau WAN merupakan jaringan komputer yang mencakup area lebih dari area yang dijangkau dari jaringan MAN. Jaringan ini tidak hanya bisa menjangkau lokal area saja namun bisa juga menjangkau antar wilayah, antar kota bahkan bisa menjangkau berbagai negara di dunia. Penggunaan jaringan WAN saat ini paling banyak digunakan sebagai media perantara dalam berkomunikasi yang memiliki tempat yang berbeda dan berada dalam kejauhan.

Baca Juga : Apa Itu Jaringan Komputer Cisco?

Topologi Jaringan Komputer

Topologi Jaringan Komputer

Setelah mengetahui dari jenis jaringan berdasarkan skala nya diatas, Anda juga harus mengetahui pula skema desain pembangunan sebuah jaringan komputer dikenal dengan istilah topologi.

Istilah topologi jaringan komputer adalah metode atau cara yang dapat digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan perangkat komputer yang lainnya.

Secara umum fungsi dari topologi jaringan komputer adalah untuk mengetahui masing – masing komputer atau host dapat saling mengetahui dan saling berkomunikasi satu sama lain. Namun, selain mempunyai fungsi yang sama tersebut ada beberapa perbedaan dari jenis topologi jaringan yang harus Anda ketahuinya diantaranya sebagai berikut ini.

1. Topologi Ring

Berikut ini jenis topologi jaringan komputer kecuali jenis LAN, Umumnya tipe jenis ini menggunakan jenis jaringan yang mempunyai skala LAN, agar masing – masing komputer dapat terkoneksi dengan baik. Jenis topologi ring atau topologi cincin merupakan jenis jaringan yang digunakan untuk menghubungkan sebuah perangkat komputer dengan perangkat komputer yang lainnya yang memiliki bentuk layaknya sebuah cincin.

Kelebihan Topologi Ring:
  • Biaya Instalasi yang murah
  • Memiliki performa yang cukup baik
  • Proses Instalasi dan konfigurasi yang mudah
  • Penerapan nya cukup mudah dilakukan
Kekurangan Topologi Ring:
  • Jika terjadi permasalahan jaringan, untuk perbaikannya sedikit rumit.
  • Sangat rentan terjadinya arus tabrakan data
  • Jika terdapat salah satu koneksi jaringan yang bermasalah, maka koneksi jaringan tersebut akan terputus.

2. Topologi Bus

Topologi bus merupakan jenis topologi yang memiliki tingkat jaringan yang lebih sederhana. Umumnya penggunaan topologi ini dilakukan dengan instalasi berbasis kabel coaxial. Dengan menggunakan kabel coaxial, jenis jaringan ini juga menggunakan jenis konektor nya adalah jenis BNC, bentuk terminator nya TBNC.

Kelebihan Topologi Bus:
  • Salah satu keuntungan jaringan komputer menggunakan topologi bus adalah mudah digunakan dan sangat sederhana.
  • Penambahan klien dan stasiun kerja baru mudah untuk dilakukan.
  • Biaya instalasi yang murah karena kabel yang digunakan sangat sedikit.
Kekurangan Topologi Bus diantaranya:
  • Sering terjadi tabrakan arus data
  • Proses pengiriman dan penerimaan data kurang efisien
  • Topologi bus yang lama sulit untuk dikembangkan
  • Jika ada permasalahan dalam kabel penghubung misalnya terputus, maka jaringan komputer akan terganggu semua.

3. Topologi Mesh

Salah satu tipe jaringan komputer yang umum dijumpai adalah topologi mesh. Topologi mesh merupakan sebuah topologi yang biasa digunakan untuk cabang rute yang banyak (multiple).

Jaringan topologi ini menggunakan jenis kabel tunggal agar proses pengiriman data berlangsung dengan lebih cepat tanpa melalui switch atau hub.

Kelebihan:

  • Bandwidth Limit nya lumayan besar
  • Keamanan data pada topologi mesh terhitung sangat baik
  • Adanya banyak jalur pengiriman data membuat tabrakan arus data tidak akan terjadi

Kekurangan:

  • Kabel yang dibutuhkan sangat banyak jumlahnya.
  • Biaya instalasi topologi mesh sangat mahal karena banyak kabel dan rumit.
  • Instalasi membutuhkan ketelitian karena tingkat kerumitan cukup tinggi.

4. Topologi Star

Nama topologi star merupakan nama yang dibentuk karena topologi jaringan yang membentuk bintang. Topologi star ini menggunakan hub atau switch untuk menghubungkan koneksi antar client. Namun dengan mudahnya akses menggunakan hub dan switch tersebut terdapat kekurangan dan kelebihan di dalamnya.

Kelebihan topologi star jaringan komputer adalah:
  • Jaringan topologi tetap berjalan baik meski salah satu client terdapat masalah
  • Tingkat keamanan data cukup baik
  • User dapat lebih mudah dalam mendeteksi jaringan yang bermasalah
  • Lebih fleksibel dalam penggunaannya.
Kekurangan topologi star:
  • Topologi ini terhitung dengan harga yang cukup mahal
  • Seluruh jaringan akan bermasalah jika hub atau switch mengalami masalah
  • Sangat bergantung pada terminal utama

5. Topologi Tree

Sesuai namanya topologi ini berbentuk jaringan yang menyerupai sebuah pohon, hal tersebut terjadi karena bentuk topologi ini merupakan gabungan dari topologi bus dan juga topologi star. Dalam penggunaan topologi, topologi tree ini biasa digunakan pada interkoneksi antara hierarki dengan pusat komputer yang berbeda beda.

Kelebihan Topologi Tree:
  • Dapat dan mudah dikembangkan menjadi sebuah topologi jaringan yang lebih luas.
  • Susunan topologi ini sangat terpusat, sehingga pengaturan data menjadi lebih mudah.
Kekurangan Topologi Tree:
  • Memiliki kinerja jaringan yang lebih lambat
  • Kabel backbone menjadi kabel utama dalam topologi tree ini
  • Bila komputer utama memiliki masalah, maka akan menyebabkan permasalahan pada jaringan yang ada di bawahnya.

setelah mengetahui jenis – jenis jaringan berdasarkan skala dan juga penggolongan nya (tipologi), ada beberapa ciri – ciri yang harus diketahui untuk menunjukkan jaringan komputer. Ciri-ciri jaringan komputer adalah sebagai berikut ini:

  • Berbagi menggunakan perangkat keras (Hardware)
  • Berbagi menggunakan Perangkat Lunak (Software)
  • Berbagi menggunakan saluran komunikasi (Internet)
  • Berbagi data menjadi lebih mudah
  • Memudahkan komunikasi antar pemakai jaringan komputer

Manfaat Apa Itu Jaringan Komputer

Dibentuknya sebuah jaringan komputer pasti mempunyai manfaat, setiap manfaat tersebut tentu berbeda denngan masing–masing jenis dari jaringan komputer itu sendiri. Namun, manfaat secara umum dari jaringan komputer akan dijelaskan di bawah:

  • Dengan menggunakan jaringan komputer Anda bisa lebih ringan untuk menjalankan transisi atau mengirim data maupun berbagi sumber daya.
  • Jaringan komputer bisa memudahkan komunikasi dan juga transaksi.
  • Bisa digunakan untuk mencari informasi yang dibutuhkan dalam waktu yang sangat cepat.
  • Dengan menggunakan jaringan komputer dapat menyelesaikan pekerjaan dengan waktu yang relatif lebih singkat.

Tujuan Jaringan Komputer

Tujuan dengan dibangunnya suatu jaringan komputer adalah sebagai alat untuk membawa kemudahan dalam menyampaikan atau menerima informasi secara tepat tanpa adanya kesalahan pada saat pengiriman (transmitter) menuju kepada penerima (receiver) melalui media komunikasi. Adapun tujuan secara detail dibentuknya jaringan komputer akan dijelaskan di bawah ini:

  1. Media Berbagi Sumber Daya

Media ini bertujuan agar seluruh perangkat yang ada pada jaringan data dapat berbagi program, data base dan sumber daya yang lainnya tanpa mempengaruhi lokasi maupun pengaruh dari pemakainya. Dengan demikian penggunaan jaringan komputer akan memberikan dampak yang besar dalam pembagian sumber daya kepada client.

  1. Media Komunikasi

Jaringan pada komputer memungkinkan untuk terjadinya komunikasi diantara berbagai perangkat yang sudah terhubung menjadi satu jaringan, baik itu untuk mengirim pesan maupun untuk mendapatkan informasi yang lainnya. Dengan demikian adanya jaringan komputer dapat memberikan kemudahan bagi orang yang mempunyai jarak komunikasi dengan tempat yang berbeda secara kejauhan.

  1. Media Keamanan Data

Sistem keamanan jaringan komputer adalah sistem yang akan memberikan perlindungan atau proteksi terhadap data yang dibagikan. Jaminan dari proteksi data tersebut diberikan melalui settings atau pengaturan hak akses dari para pemakai dan password nya, serta diberikan berikan pula perlindungan secara efektif dengan adanya pemeliharaan data yang dilakukan oleh admin.

Mau Belajar Jaringan Komputer ?

Ikuti pelatihan jaringan komputer di Course-Net, Kami menyediakan pelatihan kursus jaringan komputer atau CCNA yang tersedia. Daftarkan diri anda dengan mengisi form dibawah ini :

Segera daftarkan diri anda bersama Course-Net Indonesia, Pelatihan jaringan komputer untuk pemula sampai mahir.

Mau Ikut Kursus IT ? Harga MAHAL ? Tenang, Ambil DISKON Sekarang. Saatnya Amankan SEAT Anda Sekarang

PROMO VALENTINE
DISKON IDR 750.000

Days
Hours
Minutes
Seconds

*Promo Sampai 17 Februari 2023

Share This Post

Related Posts

0
0

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Thanks for submitting your rating!
    Please give a rating.

    Thanks for submitting your comment!
    Promo Valentine

    Artikel Rekomendasi

    GRATIS E-Book Algoritma

    Kami ingin membagikan E-BOOK INI SECARA GRATIS hanya untuk 100 ORANG PERTAMA. Buruan Download Sekarang !