Belajar Jaringan Komputer Untuk Pemula Lengkap!

Mau tanya Soal Kursus IT ? ? Atau Mau Tanya Soal Biaya ? Yuk Tanya Via Whatsapp ?

Belajar Jaringan Komputer Untuk Pemula Lengkap! – Istilah LAN, WAN, atau MAN mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda yang aktif mengoperasikan perangkat komputer. Istilah-istilah tersebut digunakan untuk penyebutan jaringan komputer yang menghubungkan sebuah perangkat komputer dengan beberapa komputer lain. Nah, bagi Anda yang belajar jaringan komputer bisa menyimak ulasan selengkapnya di artikel berikut.

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah dua atau lebih komputer yang saling terhubung dan memungkinkan untuk saling bertukar data. Jaringan komputer dibangun dengan konfigurasi hardware dan software sehingga sistem bisa berjalan dengan lancar.

Dalam sebuah jaringan, hardware seperti router dan switch menggunakan berbagai algoritma dan protokol untuk bertukar informasi hingga mendistribusikan data ke titik akhir yang disebut host. Anda mungkin mengenal host ini dengan pengenal unik yaitu alamat IP untuk menujukan tujuan transmisi.

Pada perkembangannya, jaringan komputer dapat dibuat dengan menggunakan teknologi kabel maupun tanpa kabel atau wireless. Pada jaringan yang menggunakan kabel, jaringan komputer membutuhkan coaxial cable, optical fiber, atau kabel tembaga.

Sementara itu, jaringan wireless termasuk jaringan yang menggunakan sambungan data nirkabel untuk menghubungkannya ke titik akhir seperti radio seluler, radio siaran, satelit, dan microwave.

Dalam belajar jaringan komputer, Anda bisa mengatur jaringan menjadi jaringan publik atau private. Jaringan publik memiliki akses tanpa batasan pengguna, misalnya jaringan internet. Sedangkan jaringan private biasanya membatasi akses dengan cara menggunakan kata sandi sehingga tidak bisa diakses oleh sembarang orang.

Jenis-Jenis Jaringan Komputer

LAN – Local Area Network

Setelah memahami pengertian jaringan komputer, lanjut ke jenis-jenis jaringan. Berikut ini beberapa jenis jaringan komputer yang paling banyak digunakan.

  • LAN – Local Area Network

LAN atau Local Area Network merupakan jaringan komputer yang cakupan wilayahnya kecil. Biasanya digunakan untuk menghubungkan antar perangkat yang berada dalam jarak yang relatif pendek.

Contoh jaringan LAN untuk menambah pemahaman Anda dalam belajar jaringan komputer antara lain jaringan komputer sekolah, gedung kantor, kampus, dan rumah. Dalam satu cakupan wilayah tersebut biasanya berisi satu LAN, namun ada juga yang menggunakan beberapa LAN.

Biasanya jaringan LAN dimiliki, dikelola, dan dikendalikan oleh satu orang atau satu organisasi. Selain itu, jaringan komputer yang beroperasi dalam ruang terbatas ini menggunakan teknologi jaringan tertentu terutama token ring dan ethernet. LAN juga dapat menggunakan jaringan nirkabel seperti WIFI yang dikenal sebagai WLAN atau Wireless Local Area Network.

  • MAN – Metropolitan Area Network

Berikutnya adalah jaringan komputer yang menghubungkan dua atau lebih jaringan LAN di dalam kota yaitu MAN atau Metropolitan Area Network. Apabila jarak untuk menghubungkan perangkat sudah tidak bisa menggunakan LAN, maka Anda bisa membangun jaringan MAN. Jangkauan dari MAN antara 10 hingga 50 Km.

Jika Anda masih belajar jaringan, ingat bahwa MAN ini adalah jaringan komputer yang lebih besar dari LAN tetapi lebih kecil dari WAN. Dalam membuat jaringan MAN membutuhkan perangkat khusus dan juga kabel untuk menghubungkan jaringan LAN.

  • WAN – Wide Area Network

WAN atau Wide Area Network adalah jaringan komputer yang cakupannya besar seperti jaringan komputer antar kota, antar wilayah, atau bahkan antar negara. Jenis jaringan ini bisa dikatakan sebagai kumpulan LAN yang tersebar dalam cakupan geografis yang luas. Namun, jaringan WAN biasanya tidak dimiliki oleh satu organisasi tetapi di bawah pengelolaan kolektif.

Jaringan komputer ini membutuhkan router yang menghubungkan LAN ke WAN. Jika Anda belajar jaringan komputer, Anda akan mengetahui ada beberapa teknologi yang digunakan WAN seperti Frame Relay, ATM, dan X.25 untuk membangun jaringan dengan konektivitas jarak yang lebih jauh.

  • CAN – Campus Area Network

CAN atau Campus Area Network bisa dikatakan sebagai jaringan komputer yang hampir sama seperti MAN, tetapi penggunaannya khusus untuk universitas atau lingkungan kampus.

Anda dapat belajar jaringan komputer lengkap untuk memahami jaringan CAN. Jaringan ini biasanya dibangun untuk mendukung kegiatan pendidikan seperti praktik lab, pemberitahuan, email, pembaruan kelas, ujian, dan lain-lain.

  • PAN – Pearson Area Network

Jaringan PAN memiliki cakupan wilayah yang kecil seperti halnya jaringan LAN. Misalnya jaringan kantor dan rumah yang berbagai resources. Anda bisa menemukannya pada jaringan seperti internet atau printer.

  • Internet

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan jaringan komputer terbesar yang berhasil diciptakan manusia ini. Jaringan internet menghubungkan jutaan perangkat komputasi seperti PC, server, laptop, tablet, smartphone, workstation, webcam, TV, CCTV, dan lain sebagainya.

Dalam membangun jaringan ini dibutuhkan banyak teknologi dan infrastruktur. Tidak ada batasan akses karena internet dapat digunakan untuk semua orang. Jaringan ini dianggap sebagai jaringan yang paling tidak aman.

Baca Juga : Jaringan Internet Adalah : Fungsi dan Jenis Koneksi Internet

  • VPN – Virtual Private Network

Beberapa orang mungkin sudah pernah atau bahkan sering menggunakan VPN. Dalam belajar jaringan komputer, VPN atau Virtual Private Network dikenal sebagai jaringan yang dibangun untuk menyediakan koneksi internet yang aman. Jaringan VPN dapat menjadi solusi untuk kebutuhan kantor yang memiliki cabang di luar kota agar tetap dapat terhubung dengan konektivitas aman dan bisa melakukan transmisi data.

Topologi Jaringan

Topologi Jaringan

Topologi jaringan adalah bentuk atau struktur virtual dari sebuah jaringan komputer. Tata letak perangkat dalam jaringan ini tidak selalu sesuai antara struktur virtual dengan struktur secara fisiknya. Terbagi dalam beberapa kategori seperti beberapa topologi jaringan komputer berikut ini.

  • Bus

Jaringan komputer yang menggunakan topologi bus memiliki kabel sebagai media komunikasinya. Perangkat yang ingin bertukar informasi atau berkomunikasi mengirim pesan siaran melalui kabel tersebut. Namun, pesannya hanya diterima oleh penerima yang menjadi tujuannya.

  • Star atau Bintang

Jaringan bintang banyak digunakan untuk jaringan rumah dengan cirinya yang menggunakan hub node. Biasanya perangkat terhubung ke hub menggunakan UTP Ethernet. Jaringan bintang menggunakan kabel yang lebih banyak dibanding jaringan bus.

  • Ring atau Cincin

Anda dapat belajar jaringan komputer yang menggunakan topologi ring atau cincin. Jaringan ini memiliki dua “neighbour” dan akan mengirim pesan melalui cincin dengan arah yang sama, bisa searah jarum jam maupun berlawanan arah jarum jam.

  • Mesh

Topologi mesh banyak digunakan untuk jaringan komputer yang termasuk WAN seperti jaringan internet. Pesan yang dikirim melalui jaringan ini bisa mengambil dari salah satu sumber ke tujuan.

  • Tree atau Pohon

Topologi pohon dan topologi bintang dapat bergabung membentuk topologi bus. Perangkat hub saja yang terhubung ke bus pohon dengan masing-masing hub berfungsi sebagai akar dari pohon. Jaringan ini bisa dipahami saat belajar jaringan komputer untuk pemula untuk mendukung pembuatan jaringan yang lebih baik.

Perangkat Yang Digunakan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa jaringan komputer dibangun di atas perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Beberapa jenis perangkat yang diperlukan untuk membangun jaringan komputer antara lain:

  • Server

Server adalah perangkat yang berfungsi untuk menyimpan data serta mengelola jaringan komputer. Oleh sebab itu, spesifikasi hardware yang digunakan untuk server harus lebih tinggi dibanding hardware client.

  • Hub dan switch

Bagi Anda yang belajar jaringan komputer, hub dan switch adalah dua perangkat yang memiliki fungsi yang sama. Perangkat hub dan switch dalam suatu jaringan digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer.

  • Kabel jaringan

Kabel memiliki fungsi untuk menghubungkan perangkat server dengan client atau perangkat lainnya dalam suatu jaringan komputer. Beberapa jenis kabel yang digunakan antara lain twister pair, coaxial, dan fiber optic yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

  • NIC

NIC atau Network Interface Card berfungsi untuk menghubungkan perangkat komputer ke sebuah jaringan. Inisering disebut juga sebagai LAN Card yang kecepatannya bervariasi.

NIC dengan kecepatan 10MB per detik (ethernet), 100MB per detik (fast ethernet), 1000MB per detik (gigabit ethernet), dan 10000MB per detik (tenging). Beberapa komputer saat ini yang lebih modern sudah dilengkapi dengan fitur NIC built-in.

  • Router

Dalam jaringan komputer terdapat router yang merupakan perangkat untuk menghubungkan jaringan kabel (LAN) ke jaringan nirkabel (WAN). Router juga berfungsi untuk mengatur lalu lintas yang ada dalam jaringan komputer tersebut.

  • Repeater

Perangkat yang disebut repeater ini memiliki fungsi untuk memperkuat sinyal yang ada dalam sebuah jaringan nirkabel. Repeater sangat membantu apabila sinyal jaringan terhalang oleh suatu objek.

  • Modem

Jaringan komputer membutuhkan modem untuk menghubungkan perangkat komputer dengan ISP atau penyedia layanan internet.

  • Wireless Card

Wireless card merupakan perangkat yang digunakan dalam jaringan komputer untuk menangkap sinyal serta menghubungkan suatu perangkat ke jaringan nirkabel. Perangkat untuk mendukung konektivitas nirkabel ini biasanya sudah tersedia pada laptop generasi terbaru. Namun untuk desktop atau komputer sebagian besar membutuhkan perangkat nirkabel tambahan.

Baca Juga : Jaringan Nirkabel Adalah: Pengertian, Sejarah, Kelebihan dan Kekurangan

Manfaat Jaringan Komputer

Belajar jaringan komputer sangat membantu untuk Anda yang ingin menikmati manfaat dari jaringan komputer. Beberapa fungsi atau manfaat jaringan komputer antara lain.

  • Berbagi sumber daya

Jaringan komputer sangat bermanfaat untuk berbagi sumber daya, baik itu data sharing, hardware sharing, maupun data backup.

  • Memudahkan komunikasi jarak jauh

Anda bisa berkomunikasi dengan orang-orang dari berbagai negara di seluruh dunia menggunakan internet. Ini menjadi manfaat yang paling dirasakan banyak orang dari sebuah jaringan komputer.

  • Meningkatkan keamanan dan manajemen data

Jaringan komputer juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan keamanan data dari risiko pencurian maupun kerusakan. Biasanya data akan otomatis tersimpan dalam jaringan server sehingga Anda bisa meningkatkan keamanan data-data yang penting.

  • Data menjadi bisa diakses secara remote

Ketika data hanya disimpan pada satu perangkat, maka Anda hanya bisa melihat data melalui perangkat tersebut. Berbeda halnya dengan menggunakan jaringan komputer yang bisa memberikan akses sehingga Anda bisa membuka data secara remote, seperti data yang disimpan pada penyimpanan cloud.

  • Memfasilitasi jalur untuk konten hiburan

Cara belajar jaringan komputer otodidak yang banyak dilakukan orang mungkin melalui internet. Jaringan komputer ini juga yang memberikan manfaat hiburan dengan beragam pilihan. Adanya jaringan komputer memfasilitasi jalur baru untuk pengguna menikmati berbagai konten hiburan seperti game online, YouTube, Instagram, Netflix, TikTok, dan lain sebagainya.

Itulah informasi penting seputar jaringan komputer yang perlu Anda ketahui. Kehidupan manusia di era digital seperti sekarang memang tidak bisa lepas dari penggunaan jaringan komputer. Silahkan Anda belajar jaringan komputer untuk memahami konsep dari sebuah jaringan yang begitu penting bagi kehidupan manusia ini.

Mau Mahir Jaringan Komputer ? Ikut Kursus Aja

Untuk mengikuti kursus jaringan komputer , Kamu bisa mengikuti di Course-Net. Tersedia untuk bulan ini, Segera isi form dibawah ini untuk mengikuti kursus jaringan komputer bersertifikat.

Daftarkan diri anda sekarang juga bersama Course-Net, Dibimbing dengan coach yang ahli dibidangnya.

Mau Ikut Kursus IT ? Harga MAHAL ? Tenang, Ambil DISKON Sekarang. Saatnya Amankan SEAT Anda Sekarang

PROMO VALENTINE
DISKON IDR 750.000

Days
Hours
Minutes
Seconds

*Promo Sampai 17 Februari 2023

Share This Post

Related Posts

0
0

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Thanks for submitting your rating!
    Please give a rating.

    Thanks for submitting your comment!
    Promo Valentine

    Artikel Rekomendasi

    GRATIS E-Book Algoritma

    Kami ingin membagikan E-BOOK INI SECARA GRATIS hanya untuk 100 ORANG PERTAMA. Buruan Download Sekarang !