course-net
Search
Close this search box.

Home >

Mengupas Konsep Marketing Mix 7P Beserta Contohnya

Wednesday, 3 January 2024 2:17 PM

Marketing Mix 7P

Dalam menjalankan sebuah bisnis, mungkin Anda sudah tidak asing dengan konsep Marketing Mix. Marketing Mix adalah strategi atau kerangka kerja yang digunakan oleh perusahaan untuk merencanakan strategi pemasaran produk atau layanan. Kali ini, kita akan membahas mengenai konsep Marketing Mix 7P.

Strategi ini banyak digunakan untuk membantu dalam mengembangkan produk atau layanan kepada calon konsumen. Dengan adanya strategi tersebut, sebuah bisnis dapat berkembang dan mendapatkan keuntungan besar.

Simak artikel berikut ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Marketing Mix 7P beserta contohnya!

Mengenal Konsep Bauran Pemasaran

Bauran pemasaran yang sederhana memiliki 4 elemen berupa product, place, price dan promotion. Empat elemen tersebut menjadikan konsep bauran pemasaran 4P ini disebut product oriented atau berorientasi pada produk saja.

Sedangkan konsep bauran pemasaran yang lebih kompleks memiliki lebih dari 4 elemen dan menjadikan konsep pemasaran ini tidak lagi berorientasi atau fokus pada produk saja. Konsep bauran pemasaran 7P memiliki 7 elemen yang lebih kompleks dan tidak fokus pada produk saja, akan tetapi juga berkaitan dengan relasi dengan pasar atau target konsumen.

Istilah marketing mix atau bauran pemasaran ini pertama kali muncul tahun 1953 di acara American marketing Association, tepatnya pada sebuah pemaparan oleh Neil Bordon yang seorang pakar pemasaran dan profesor di Universitas Harvard.

Konsep Marketing Mix 7P

konsep marketing 7p
Sumber : accurate online

Marketing Mix 7P adalah pengembangan dari konsep Marketing Mix 4P yang mencakup tiga elemen tambahan yang penting dalam konteks pemasaran layanan. Dalam Marketing Mix 7P, ketujuh elemen yang dimiliki adalah:

1. Product

Konsep pertama Marketing Mix 7P adalah produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. Produk merupakan inti dari perusahaan. Tanpa produk atau layanan yang bagus dan relevan, sebuah bisnis tidak akan berhasil.

Karena itu diperlukan riset pasar untuk menciptakan produk yang sesuai dengan target pasar. Penting untuk melihat apa kebutuhan dan keinginan calon konsumen. Hal ini termasuk aspek produk seperti fitur, kualitas, dan keunikan produk.

Ketika menciptakan suatu produk, sebuah brand harus menciptakan keunggulan yang dimiliki produk tersebut dibanding pesaing. Hal itu penting untuk meningkatkan minat konsumen agar lebih memilih produk kita dibanding yang lain.

Untuk meningkatkan penawaran produk, Anda harus menambahkan nilai yang relevan dengan jaminan bahwa produk tersebut lebih unggul dari yang sebelumnya. Seperti contoh Anda menciptakan produk edisi terbaru untuk menggantikan yang lama dikarenakan ada tambahan fitur baru yang menguntungkan.

Baca juga : Marketing Mix Adalah : Manfaat dan Fungsinya

2. Price

Elemen ini melibatkan penetapan harga untuk produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. Dalam menentukan harga, penting untuk memikirkan faktor seperti biaya produksi, keuntungan yang diinginkan, target audiens, dan strategi pemasaran.

Harga tersebut harus sesuai dengan nilai yang dimiliki oleh produk dan persaingan dengan produk sejenis di pasaran. Setelah itu Anda dapat menetapkan harga produk atau layanan, diskon atau promo, dan juga metode pembayaran.

Dalam menetapkan harga, tentunya Anda harus bisa menutup biaya pengeluaran dan tidak mendapat kerugian. Yang paling penting, Anda juga menghasilkan keuntungan baik besar maupun kecil.

Anda dapat melakukan riset untuk target pasar dan melihat apakah produk Anda memiliki banyak permintaan atau banyak pesaing atau tidak. Sebaiknya Anda tidak memiliki harga yang tidak jauh dengan pesaing. Namun jika Anda memiliki nilai lebih yang bisa ditawarkan dan keunikan tersendiri dari pesaing, Anda dapat menetapkan harga yang tinggi.

Semakin langka atau sulitnya pembuatan produk, harga pun dapat semakin mahal karena adanya nilai ‘eksklusif’ yang ditawarkan.

3. Place

Elemen place dalam konsep ini yaitu tempat dimana Anda mendistribusikan produk atau layanan kepada konsumen.

Ini mencakup saluran distribusi yang digunakan untuk menjual produk atau layanan, serta lokasi fisik atau platform online di mana produk atau layanan dapat diakses oleh pelanggan.

Tempat mengacu pada distribusi produk atau cara bagaimana produk sampai ke tangan konsumen. Hal ini meliputi strategi lokasi penjualan, kanal distribusi, kebijakan penyimpanan dan pengiriman produk. Perusahaan harus memastikan produk dapat dijangkau oleh konsumen dengan mudah dan efektif. Sama halnya jika kamu memiliki website untuk memasarkan produk. Pastikan website kamu dapat dengan mudah dinavigasikan oleh konsumen.

Konsep tempat merupakan lokasi pelanggan melakukan pembelian. Tempat yang dimaksud dapat berupa aplikasi, situs web, atau toko fisik. Perusahaan perlu mempertimbangkan tempat seperti apa yang sesuai dengan target konsumennya. Namun, perusahaan juga perlu mengaitkannya dengan perantara yang ada, seperti logistik, gudang penyimpanan, dan transportasinya.

4. Promotion

Promotion adalah elemen yang berkaitan dengan strategi pemasaran untuk mempromosikan produk atau layanan kepada target audiens. Tahap ini merupakan salah satu tahap yang penting dalam bisnis karena untuk menjual suatu produk tentunya Anda harus memperkenalkannya terlebih dahulu.

Elemen ini dapat dilakukan untuk mengkomunikasikan kepada audiens mengenai keunggulan dan harga produk. Tanpa promosi, calon konsumen tidak akan mengetahui hal-hal tersebut.

Promosi dapat dilakukan melalui berbagai media, seperti media sosial, iklan, mulut-ke-mulut, konten, dan sebagainya. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan brand awareness, menarik calon konsumen, dan juga mendorong audiens untuk melakukan pembelian.

5. People

Pekerja atau karyawan perusahaan sangat berperan bagi perusahaan. Elemen ini mencakup semua individu yang terlibat dalam bisnis tersebut. Contohnya yaitu karyawan dan personil yang berinteraksi langsung dengan pelanggan.

Penting untuk memiliki pekerja yang dapat berinteraksi dan melayani konsumen sehingga mereka merasa puas. Tentunya harus memiliki keterampilan dan pengetahuan yang dapat membantu pertumbuhan perusahaan.

Karyawan merupakan ‘wajah’ perusahaan bagi konsumen, karena mereka berinteraksi dengan konsumen sepanjang hari. Mereka perlu melakukan pendekatan kepada konsumen agar tumbuh rasa percaya dan nyaman.

6. Process

Di balik kesuksesan sebuah perusahaan, pasti semua telah melalui proses yang tepat. Elemen process mengacu pada proses dan prosedur yang digunakan perusahaan untuk menyediakan produk atau layanan kepada konsumen, termasuk cara produk tersebut dihasilkan, dikirim, atau dikelola.

Dengan adanya proses, perusahaan dapat merencanakan, mengelola, dan meningkatkan cara mereka untuk melayani konsumen. Proses sangat mempengaruhi pengalaman dan persepsi pelanggan terhadap kualitas produk atau layanan.

Dengan memahami aspek ini, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi operasional serta membangun reputasi positif terhadap pelanggan. Perusahaan dapat mempertimbangkan proses apa saja yang perlu dilakukan agar konsumen memiliki pengalaman yang positif.

7. Physical Evidence

Konsep terakhir dari Marketing Mix 7P yaitu physical evidence. Elemen ini mengacu pada bukti fisik yang mendukung pemasaran produk atau layanan. Hal ini penting untuk membantu perusahaan dalam menciptakan pengalaman yang mendukung citra positif pelanggan tentang kualitas layanan.

Bukti fisik juga sangat memengaruhi persepsi pelanggan karena hal tersebut dapat membantu mereka dalam memahami produk atau layanan perusahaan yang meliputi fasilitas fisik, desain kemasan, merek, dan lainnya.

Untuk membutkikan kualitas dan profesionalisme yang baik, perusahaan harus bisa menciptakan bukti fisik yang dapat berkualitas. Elemen ini dapat berguna bagi pelanggan yang membutuhkan jaminan atas pesanannya.

Baca juga : Mengenal Konsep Marketing Mix 4P

Contoh Penerapan Marketing Mix 7P

Untuk memberikan contoh, kita dapat menggunakan Course-Net. Course-Net merupakan tempat pelatihan IT no. 1 di Indonesia, dengan bimbingan dari Coach kelas dunia.

Mari kita bedah bagaimana penerapan Marketing Mix 7P oleh Course-Net!

1. Product

Sebagai tempat kursus IT, Course-Net menyediakan product berupa layanan atau jasa. Jasa yang ditawarkan yaitu pelatihan dan pembelajaran untuk materi seputar IT.

Berikut kursus yang ditawarkan oleh Course-Net :

  • Kursus Jaringan Komputer
  • Kursus Cyber Security
  • Kursus Website
  • Kursus Mobile Application
  • Kursus Data Science
  • Kursus Digital Marketing
  • UI/UX
  • dan sebagainya

2. Price

Dengan kualitas yang dimiliki, Course-Net menawarkan harga yang cukup terjangkau. Harga setiap kursus berbeda-beda, namun rentang harganya hanya belasan juta rupiah saja.

Dibandingkan dengan pelatihan dan kursus yang lain, tentunya harga yang ditawarkan Course-Net merupakan great deal, terlebih dengan kualitasnya yang tidak main-main.

3. Place

Course-Net menyediakan kursus secara offline dan online. Untuk offline, ada 2 tempat kursus Course-Net yang terletak di Kebon Jeruk, Jakarta Barat dan Gading Serpong, Tangerang. Peserta dapat mengikuti pelatihan di salah satu dari kedua tempat tersebut.

Namun, Course-Net juga menyediakan platform untuk kursus online seperti aplikasi Zoom Meeting.

4. Promotion

Course-Net melakukan promosi dengan berbagai macam cara di berbagai media. Contohnya yaitu dengan rutin mengunggah konten di platform media sosial seperti Instagram, TikTok, Youtube, dan lainnya. Course-Net juga menggunakan digital Ads serta SEO.

Dengan rutin membuat promosi, Course-Net dapat meningkatkan brand awareness, menarik calon pembeli, serta meyakinkan audiens untuk mendaftar kursus.

Di hari tertentu, Course-Net juga seringkali mengadakan promosi seperti potongan harga. Hal tersebut dapat efektif untuk menarik calon pembeli yang merasa hal tersebut sayang untuk dilewatkan.

5. People

Ada banyak tim yang terdapat di Course-Net, mulai dari tim sales, admin, digital marketing, dan lainnya. Peran mereka sangat penting dalam pertumbuhan perusahan, mulai dari keuangan maupun pelayanan kepada pelanggan.

Coach atau pelatih juga merupakan peran yang sangat penting. Itulah layanan utama yang ditawarkan oleh Course-Net, yaitu jasa tutor. Coach yang berkualitas sangat mempengaruhi faktor kepuasan pelanggan karena jika pembelajaran yang diberikan bagus, maka perusahaan akan mempunyai reputasi yang tinggi dan baik.

6. Proses

Namun untuk membentuk perusahaan menjadi seperti sekarang, tentunya Course-Net telah melewati banyak proses. Saat membentuk Course-Net, pasti ada pembentukan materi kursus dan merancang pembelajaran yang berkualitas. Hal tersebut bukanlah hal yang mudah karena untuk menciptakan sesuatu yang berkualitas, prosesnya pasti tidak sebentar.

Untuk mempromosikan tentunya ada juga proses merintisi promosi dari awal. Mulai dari pembuatan konten, promosi media sosial, dan lainnya. Tentunya karyawan yang melakukan itu semua perlu diberikan pelatihan dan penyuluhan terlebih dahulu.

7. Physical Evidence

Dalam penyediaan layanan, pastinya diperlukan tempat atau media yang memadai. Course-Net memiliki gedung yang ada ruang kelas, tempat dimana peserta mengikuti kursus.

Terdapat juga fasilitas yang dimiliki untuk mendukung kenyamanan peserta saat mengikuti kursus. Yang pastinya ada meja, kursi, papan tulis, AC, dan juga Wi-Fi.

Tempat fisik sangat penting bagi persepsi pelanggan, karena penilaian mereka juga bisa berdasarkan kenyaman mereka pada tempat tersebut.

Penutup

Itulah ulasan mengenai Marketing Mix 7P. Dapat disimpulkan strategi tersebut sangatlah penting bagi pertumbuhan perusahan untuk mengembangkan produk atau layanannya kepada konsumen. Membuat strategi marketing bukanlah hal yang mudah, namun tidak sulit juga.

Dengan mengikuti kursus Digital Marketing di Course-Net, Anda dapat mempelajari materi seputar pemasaran digital dengan mudah dikarenakan adanya bimbingan dari Coach kelas dunia. Dengan begitu Anda dapat menerapkan ilmu tersebut untuk mengembangkan sebuah bisnis.

Kunjungi course-net.com untuk info lebih lanjut.

Artikel Terkait

Tags

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!

Mau Berkarir Di Bidang Digital Marketing? Tapi Ga punya Basic IT

Kursus di Course-Net, Anda akan didampingi langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. 100.000++ ORANG DARI LEVEL MAHASISWA, STAFF, MANAGER, HINGGA BUSINESS OWNER TELAH BERGABUNG BERSAMA DI COURSE-NET INDONESIA DAN TERUS BERTAMBAH! Jadi Kapan giliran Anda ikut kursus di Course-Net?