course-net
Search
Close this search box.

Home >

Mengenal Konsep Marketing Mix 4P

Thursday, 2 November 2023 4:23 PM

Marketing Mix 4P

Di dunia pemasaran, saat ini Marketing Mix adalah salah satu strategi marketing yang banyak digunakan untuk menarik perhatian audiens atau calon konsumen. Ada 2 konsep marketing mix, yaitu 4P dan 7P. Namun di artikel kali ini kita akan membahas mengenai Marketing Mix 4P.

Marketing Mix 4P adalah konsep pemasaran yang digunakan oleh perusahaan dan melibatkan empat elemen utama dalam perencanaan dan mengelola strategi pemasaran produk atau layanan mereka. Dengan adanya konsep ini, setiap elemen dapat berhubungan dan membantu bisnis dalam bisnis dapat mengembangkan strategi pemasaran yang efektif.

Sebelum itu membahas lebih lanjut mengenai Marketing Mix 4P, mari kita pahami pengertian Marketing Mix.

Pengertian Marketing Mix

Marketing mix adalah serangkaian elemen penting dalam pemasaran yang membantu perusahaan untuk merencanakan dan menjalankan strategi pemasaran dengan lebih efektif.

Mulai dari pengembangan produk hingga bagaimana memasarkan produk tersebu, perusahaan tentunya harus memerhatikan serangkaian elemen. Tujuannya yaitu untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan target audiens dengan cara yang efektif.

Marketing mix dapat menjadi alat yang berguna untuk marketer dalam mengevaluasi strategi pemasaran dan kampanye yang telh dijalankan. Dengan memahami faktor yang mempengaruhi keberhasilan produk di pasar, marketer dapat mengevaluasi strategi terbaik yang dijalankan untuk melakukan promosi.

Konsep Marketing Mix 4P

Dengan adanya konsep Marketing Mix 4P, marketer dapat bereksperimen dan melakukan riset untuk menggabungkan seluruh elemen agar dapat mencapai tujuan bisnis. Elemen tersebut ada product, price, place, dan promotion.

Berikut penjelasan mengenai 4 konsep Marketing Mix 4P :

1. Product

Elemen ini biasa diartikan dengan produk atau layanan perusahaan yang ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Hal ini mencakup desain produk, merek, kualitas, dan fitur lain yang membedakan produk dari pesaing.

Namun di zaman serba digital ini, produk tidak hanya berbentuk fisik. Namun ada juga produk virtual seperti aplikasi, situs web, dan lainnya.

Ketika memproduksi produk, Anda harus melakukan riset pasar dan produk agar mengetahui kebutuhan dan keinginan konsumen. Membuat produk harus ada pertimbangan berdasarkan target pasar.

Hal tersebut dilakukan agar produk yang diciptakan relevan dan dapat menjadi solusi dari apa yang dibutuhkan pasar.

Baca juga : Ini Dia 4 Strategi Content Marketing yang Wajib Anda Ketahui

2. Price

Elemen ini berkaitan dengan penetapan harga atas produk atau layanan. Ada berbagai faktor yang harus dipertimbangkan dalam sebelum menetapkan harga.

Anda harus mempertimbangkan biaya produksi, permintaan pasar, profit yang diinginkan, dan persaingan. Menetapkan harga haruslah sesuai dengan nilai produk atau layanan yang ditawarkan. Elemen ini sangatlah karena jangan sampai Anda mengalami kerugian karena menetapkan harga yang tidak sesuai.

Jika Anda menetapkan harga yang rendah atau murah, Anda dapat mengalami kerugian dan membahayakan keberlangsungan bisnis. Namun jika Anda menetapkan harga yang terlalu tinggi juga dapat mengurangi minat pembeli serta mempersempit segmen pasar. Maka dari itu harga jual yang tepat sangat penting untuk keberlangsungan bisnis dan minat konsumen.

3. Place

Elemen place atau tempat berkaitan dengan distribusi yang digunakan perusahaan untuk menawarkan produk atau layanan kepada calon konsumen. Memilih saluran distribusi atau lokasi penjualan yang tepat dapat menjadi faktor penting untuk menjangkau target pasar. Anda dapat memutuskan di mana dan bagaimana produk ini akan didistribusikan seperti kantor, pabrik, grosir, atau lainnya.

Di era digital ini, tidak hanya lokasi fisik saja namun sekarang sudah banyak yang menggunakan saluran distribusi online di internet. Anda dapat menjual produk di marketplacee-commerce, media sosial, situs web, dan lainnya.

Sebelum Anda memilih tempat, penting untuk melakukan riset target pasar. Karena setiap pasar biasanya menggunakan platform yang berbeda, apakah tempatnya di offline atau online.

4. Promotion

Elemen yang terakhir dalam Marketing Mix 4P adalah promotion atau promosi. Promotion adalah elemen yang berkaitan strategi untuk mempromosikan produk ata layanan kepada target audiens. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan brand awareness dan juga penjualan produk.

Untuk menarik target market atau calon konsumen yang diinginkan, perlu membuat strategi promosi yang efektif dan menarik. Promosi dapat dilakukan dengan iklan, penjualan langsung, konten media sosial, promo, dan metode lainnya.

Ada berbagai macam media yang dapat Anda gunakan untuk melakukan promosi, seperti media sosial, situs web, televisi, ads digital, surat kabar, dan lainnya. Namun karena zaman ini sudah modern dan berpaku pada digital, sebaiknya Anda menjangkau calon konsumen lewat dunia maya.

Baca juga : Kembangkan Bisnis Anda Dengan Network Marketing

Contoh Strategi Perusahaan yang Menerapkan Marketing Mix 4P

Mari kita ambil contoh perusahaan FnB (Foods and Beverages) yang terkenal di Indonesia, yaitu Kopi Kenangan. Sebagai bisnis yang sudah memiliki 924 outlet di hampir seluruh Indonesia, tentunya kita dapat mempelajari strategi 4P dalam pemasaran ini.

1. Product

Kopi kenangan memiliki berbagai varian kopi dan minuman non kopi lainnya. Perusahaan ini memiliki produk utama mereka sebagai highlight dengan nama ‘Kopi Kenangan Mantan’ yaitu kopi susu dengan gula aren. Berikut beberapa contoh produk minuman Kopi Kenangan :

  • Kopi Kenangan Mantan
  • Vanilla Latte
  • Cappuccino
  • Salted Caramel Macchiato
  • Milo Dinosaurus
  • 100% Cokelat
  • Thai Tea

Sebelumnya, Kopi Kenangan hanya menyediakan varian minuman. Namun dengan perkembangan dan pertumbuhan toko yang pesat, mereka membuat inovasi baru yaitu menambahkan makanan ke dalam menu mereka. Berikut beberapa contoh produk makanan Kopi Kenangan :

  • Bananan Pound Cake
  • Coffee Bun
  • Floss Bread
  • Chocolate Bread

2. Price

Untuk harga, Kopi Kenangan memiliki harga yang relatif terjangkau. Harga untuk produknya yaitu kisaran Rp10.000 – Rp30.000.

Namun Kopi Kenangan juga menyediakan paket atau bundling. Strategi itu dapat mempengaruhi dan mendorong konsumen agar mereka membeli paket karena paket lebih murah dari satuan. Biasanya paket yang ditawarkan beragam, seperti paket 3 minum atau paket minuman dan makanan.

3. Place

Kopi Kenangan biasanya memiliki outlet tersendiri. Tempatnya bisa besar ataupun bisa kecil, tergantung pemilik cabang tersebut.

Akibat maraknya pengiriman makanan secara online, Kopi Kenangan juga fokus untuk menjual produknya melalui online seperti GoFood atau Grab Food. Jika tempatnya kecil dan tidak ada dine-in atau makan di tempat, berarti cabang tersebut lebih fokus untuk pengiriman online.

Namun masih ada banyak outlet Kopi Kenangan yang besar dan dijadikan tempat untuk berkumpul orang-orang.

4. Promotion

Strategi promosi yang dilakukan Kopi Kenangan sebagian besar dilakukan secara daring. Beberapa contohnya yaitu seperti iklan digital, iklan media sosial (Instagram, Facebook), endorse melalui Influencer, dan lainnya.

Strategi tersebut ampuh diterapkan hingga Kopi Kenangan dapat berdiri hingga sebesar ini.

Kesimpulan

Itulah penjelasan mengenai Marketing Mix 4P dan contoh penerapannya. Untuk Anda yang masih baru memulai bisnis, Anda dapat mencontohnya sehingga dapat membuat strategi yang matang dan maksimal.

Anda juga harus melakukan riset dan menyesuaikan dengan kondisi-kondisi tertentu. Meskipun tidak mudah untuk dilakukan, namun seperti itulah proses bisnis, tidak ada yang instan dan mudah.

Untuk mempelajarinya lebih lanjut, Anda dapat mengikuti kursus Digital Marketing di Course-Net. Anda akan mempelajari strategi untuk menjalankan pemasaran digital dengan bimbingan Coach kelas dunia yang akan siap membantu Anda.

Kunjungi course-net.com untuk info lebih lanjut.

Kursus Digital Marketing di Course-Net Di Jamin SAMPAI BISA!

Masih Ga percaya ? Nih Testimoni Alumni Course-Net Yang Udah Belajar Digital Marketing

Play Video about kursus digital marketing

Tertarik mau berkarir dibidang digital marketing? Saatnya kamu ambil keputusan ini. Klik  dibawah ini untuk informasi berkaitan tentang kursus digital marketing yang tersedia di Course-Net.

SAYA BERMINAT, SAYA MAU IKUT KURSUS DIGITAL MARKETING

Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat untuk anda. Simak terus berita IT seputar digital marketing. Demikianlah artikel hari ini, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang ingin mengetahui tentang digital marketing.

Artikel Terkait

Tags

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!

Mau Berkarir Di Bidang Digital Marketing? Tapi Ga punya Basic IT

Kursus di Course-Net, Anda akan didampingi langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. 100.000++ ORANG DARI LEVEL MAHASISWA, STAFF, MANAGER, HINGGA BUSINESS OWNER TELAH BERGABUNG BERSAMA DI COURSE-NET INDONESIA DAN TERUS BERTAMBAH! Jadi Kapan giliran Anda ikut kursus di Course-Net?