course-net
Search
Close this search box.

Home >

Mengenal Apa Itu Bridge: Cara Kerja dan Fungsi

Wednesday, 31 January 2024 2:23 PM

bridge adalah

Mengenai apa itu bridge dalam dunia musik dan teknologi terdapat makna yang beragam dan tergantung akan konteksnya. Dalam konteks musik, bridge menjadi unsur penting dalam struktur sebuah lagu. Sedangkan dalam konteks teknologi, bridge dapat merujuk pada berbagai hal, seperti jembatan koneksi antar perangkat atau bahkan elemen dalam jaringan nirkabel.

Pada kesempatan kali ini, Anda akan mengetahui tentang bridge dalam konteks musik dan teknologi.

Apa Itu Bridge dalam Lagu?

Dalam musik, bridge menjadi salah satu bagian dari struktur lagu dengan peran yang penting dalam memberikan dinamika dan variasi. Bridge biasanya muncul setelah chorus dan sebelum kembali ke verse atau chorus. Fungsi utamanya adalah memberikan kontras dengan bagian-bagian lain dari lagu, baik dari segi melodi, lirik, atau harmoni sehingga menciptakan perasaan yang dinamis dan memperkaya pengalaman mendengarkan lagu bagi pendengar.

Pada umumnya, brige memiliki karakteristik yang berbeda dibandingkan bagian lain dalam lagu. Mungkin terdapat perubahan melodi, dinamika, atau bahkan tempo. Pencipta lagu menggunakan bridge untuk memecah monoton dan memberikan warna baru dalam pengalaman mendengarkan lagu.

Pengertian Bridge dalam Konteks Teknologi

Lalu, bridge itu apa dalam konteks teknologi? Dalam dunia teknologi, istilah apa itu bridge juga memiliki makna yang penting. Bridge menjadi penghubung antar jaringan komputer LAN dengan jaringan lokal lainnya. Memiliki kelebihan bisa menghubungkan tipe berbeda dari jaringan komputer seperti LAN Ethernet dengan LAN Fast Ethernet.

Bridge beroperasi pada lapisan data link dalam model jaringan Open Systems Interconnection (OSI). Karena itu, bridge bisa menghubungkan jaringan komputer menggunakan metode medium access control atau tranmisi yang berbeda. Di samping itu, bridge juga bisa mempelajari alamat link yang terdapat di setiap perangkat yang terhubung.

Macam-macam Bridge

Ada beberapa macam bridge dengan fungsi masing-masing. Bridge yang umum digunakan untuk membagi, menghubungkan, dan membantu jaringan ke jaringan lainnya.

Berikut ini bermacam bridge yang biasa digunakan:

1. Bridge Lokal

Bridge lokal mengacu pada perangkat atau elemen dalam jaringan lokal yang berfungsi untuk menghubungkan dua segmen jaringan lokal yang berbeda. Fungsi ini bisa memungkinkan pertukaran data antar dua segmen tersebut tanpa harus melewati jaringan umum. Secara umum digunakan untuk meningkatkan keamanan dan efisiensi dalam suatu jaringan lokal.

2. Bridge Remote

Bridge remote adalah perangkat atau teknologi yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol atau mengakses perangkat dari jarak jauh. Ini bisa menghubungkan satu LAN dengan LAN lain. Dengan adanya hubungan tersebut akan terbentuk sebuah sistem jaringan Wide Area Network atau WAN.

3. Bridge Wireless

Bridge wireless menjadi perangkat atau teknologi yang digunakan untuk menghubungkan dua jaringan nirkabel atau perangkat nirkabel. Dalam hal internet, bridge ini bisa digunakan untuk menghubungkan dua titik akses Wi-Fi yang berjauhan. Hal ini memungkinkan perluasan jangkauan jaringan nirkabel tanpa harus menarik kabel fisik.

Fungsi Bridge

Setelah mengetahui apa itu bridge, Anda juga harus tahu mengenai fungsi dari bridge. Sebagai alat yang menghubungkan dua jaringan komputer LAN, di mana keduanya saling terpisah, bridge bisa membuat user dari kedua jaringan tersebut saling bertukar data dan berkomunikasi.

Di samping fungsi dasar tersebut, ada juga fungsi lain yang dimiliki bridge, seperti:

1. Menghubungkan Jaringan LAN

Untuk fungsi bridge kali ini bisa diartikan sebagai contoh sebuah sekolah dengan beberapa bangunan yang terpisah antara satu dengan lainnya. Jika setiap gedung terdapat jaringan LAN dan setiap jaringan tersebut terhubung dengan bridge, maka akan jauh lebih ekonomis dibandingkan harus menghubungkan setiap jaringan menggunakan kabel.

2. Memudahkan Pengelolaan Jaringan Sendiri

Jika setiap departemen yang ada di sekolah terdapat perangkat dan kepentingan, workstation, atau server berbeda, akan jauh lebih efisien jika terdapat jaringan LAN masing-masing. Tujuan atau kepentingan departemen yang berbeda bisa jadi nyaman saat bekerja dengan adanya jaringan komputer otonom. Jika ingin terhubung dengan departemen lain, tinggal gunakan bantuan bridge.

3. Mengurangi Beban Jaringan

Fungsi bridge satu ini contohnya jika terdapat banyak pengguna yang mengakses data dengan ukuran besar dalam sebuah server secara bersamaan. Jika hanya satu LAN saja yang diandalkan, maka performa jaringan akan terhambat untuk memenuhi permintaan semua pengguna yang ada. Karena itu, jauh lebih baik jika menggunakan banyak LAN yang saling terhubung dengan server melalui bridge.

Fungsi Bridge Lainnya

Mulai dari sini, apakah Anda sudah memahami apa itu bridge? Selain beberapa fungsi di atas, bridge juga memiliki fungsi lain seperti memperkecil luas jaringan sehingga jadi lebih kecil dan bisa memonitor hal tersebut. Bahkan bridge juga bisa mengontrol broadcast jaringan apabila melalui bridge.

Bridge juga memiliki fungsi bisa memindahkan data dengan melalui intermediate network menggunakan tipe protokol yang berbeda sama sekali. Bridge juga bisa menggandakan frame data yang berasal dari satu jaringan asal jaringan tersebut tetap terhubung dengan jaringan lain dan bridge.

Cara Kerja Bridge

Jika Anda mengenal repeater, Anda harus membedakannya dengan bridge karena cara kerja keduanya sering disamakan. Cara kerja bridge jauh lebih canggih jika dibandingkan dengan repeater.

Cara kerja repeater sendiri adalah menerima sinyal yang didatangkan dari sebuah jaringan kabel yang kemudian mengirimkannya ke jaringan kabel tanpa memperhatikan apa isi pesannya alias buta. Berbeda dengan cara kerja bridge yang bisa memetakan setiap alamat Ethernet atau user yang terdapat dalam jaringan komputer.

Jika bridge sudah mendapatkan paket data, bridge kemudian akan menemukan tujuan dan sumber dari data yang dikirim. Apabila tujuan pengiriman ternyata tidak dikenali, bridge bisa saja menolaknya. Tapi sebaliknya, jika ternyata sumber dan tujuan sudah sesuai maka paket data tersebut bisa diteruskan menuju alamat yang dituju.

Kesimpulan

Mengenai apa itu bridge, fungsinya tidak hanya sekedar menciptakan variasi dan dinamika dalam lagu, tapi juga mencakup peran pentingnya sebagai penghubung antar perangkat atau jaringan dalam dunia teknologi. Kehadirannya membawa nilai tambah yang signifikan baik dalam konteks musik maupun teknologi.

Dengan memahami peran serta fungsi bridge dalam berbagai konteks, Anda bisa lebih mendalam dalam menghargai kompelsitas dan keragaman yang terlibat dalam menciptakan pengalaman yang unik pada kedua bidang tersebut. Dengan demikian, bridge tidak hanya menjadi elemen penggabungan dalam musik, tapi juga jembatan yang memperkuat konektivitas dan kemajuan dalam dunia teknologi modern.

Jika Anda penasaran dengan bridge dan ingin mempelajarinya secara mendalam, Anda bisa bergabung dengan CourseNet yang menawarkan kelas terbaik untuk meningkatkan skill dunia digital bagi siapa saja yang tertarik. Apalagi skill dalam dunia digital sekarang sangat dibutuhkan dalam keseharian dan dunia kerja.

Silakan ikuti kelas online gratis dengan materi yang berbobot, ditambah dengan fasilitas yang sangat mendukung bagi Anda yang ingin mempelajari apa itu bridge.

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!