course-net
Search
Close this search box.

Home >

CRM adalah : Pengertian, Tujuan Dan Pentingnya CRM Untuk Bisnis

Monday, 12 February 2024 11:06 AM

Apa itu CRM? Simak Pengertian, Jenis Serta Tujuannya CRM Untuk Perusahaan & Bisnis

Pernah anda mendengar dengan istilah CRM?, kenapa banyak perusahaan menggunakannya dalam mengembangkan perusahaan? banyak manfaat bagi bisnis anda jika menggunakan customers relationship management didalam mengambil keputusan terhadap pengmbangan product yang sudah didata berdasarkan minat perilaku konsumen. Dengan artikel ini anda akan memahami apa itu CRM dan manfaat penggunaan.

Apa itu CRM? Simak Pengertian, Jenis Serta Tujuannya CRM Untuk Perusahaan & Bisnis

Apa itu CRM? Simak Pengertian, Jenis Serta Tujuannya CRM Untuk Perusahaan & Bisnis

Customers Relationship Management atau Manajemen hubungan pelanggan (CRM) adalah pendekatan bisnis yang digunakan perusahaan untuk meningkatkan hubungan pelanggan. Hal ini mencakup pengelolaan interaksi dengan pelanggan, termasuk mengumpulkan dan menganalisis informasi tentang mereka dan interaksi mereka dengan perusahaan. Untuk memulai, suatu perusahaan memerlukan suatu sistem yang mendukung efektifitas pelaksanaan kegiatan yang berkaitan dengan manajemen hubungan pelanggan. yang disebut sistem CRM adalah serangkaian teknologi, proses, dan strategi yang digunakan perusahaan untuk mempertahankan pelanggan. Sistem mencakup perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan mengakses informasi pelanggan dan proses bisnis yang mengontrol cara perusahaan berkomunikasi dan berinteraksi dengan pelanggan.

Jenis – Jenis CRM

Pemasaran

Pada CRM pemasaran ini berfokus kepada hal pengelolaan dan untuk memperkuat hubungan antara prospek dengan pelanggan. Melalui kegiatan ini yaitu email marketing, sosial media marketing, ads, hingga ada promosi lainnya. pemasaran juga membantu untuk mengelola dan melacak campaign untuk mengukur campaign bisa mendapatkan wawasan tentang minat dan preferensi data pelanggan yang valid

Operasional 

Pada jenis CRM ini mengutamakan pada otomatisasi dan proses operasional dengan menjaga hubungan pelanggan. Kegiatan yang dilakukan oleh operasional ini seperti kegiatan promosi yang dilakukan tim pemasaran dalam meningkatkan bisnis dan mendapat dukungan penuh pelanggan sehingga meningkatkan traffic.

Baca Juga : 13 Cara Membuat Iklan yang Menarik Perhatian Konsumen

Kolaborasi

Dengan sistem ini mampu membantu pihak perusahan dalam berbagi informasi pelanggan ke antar departemen. Dengan tim melacak riwayat yang dibutuhkan konsumen untuk mendapatkan informasi yang diperlukan. Salah satu contohnya adalah penyelesaian keluhan pelanggan yang memerlukan data dan informasi dari satu departemen ke departemen lainnya.

Tujuan CRM

Untuk menjalankan dan mengembangkan suatu perusahaan tentu diperlukan strategi jangka panjang. dengan anda memiliki sasaran penjualan, sasaran komersial, dan profitabilitas lebih mudah untuk mengevaluasi dan menetapkan tujuan pemasarn yang efektif. dengan menggunakan sistem customer relationship management memberikan kemudahan kepada perusahaan terhadap informasi yang harus diberikan kepada pelanggan dan hal tersebut meningkatkan performace bisnis terhadap perilaku customers.

Tahapan CRM

Berikut beberapa tahapan yang digunakan dalam penggunaan customers relationship management dalam mengembangkan bisnis perusahaan yang bisa anda terapkan,

Identifikasi Bisnis

Langkah pertama adalah memahami kebutuhan bisnis Anda secara menyeluruh. Hal ini termasuk mengidentifikasi masalah yang ingin Anda selesaikan, tujuan bisnis yang ingin Anda capai, dan proses yang perlu di otomatisasi atau ditingkatkan.

Pemilihan Platform

Setelah memahami kebutuhan bisnis Anda, langkah selanjutnya adalah memilih platform CRM yang memenuhi kebutuhan Anda. Pertimbangkan faktor-faktor seperti fitur yang ditawarkan, skalabilitas, integrasi dengan sistem yang ada, biaya, dan dukungan pelanggan.

Membuat rencana 

Setelah memilih platform, buat rencana implementasi terperinci. Hal ini termasuk menetapkan tujuan spesifik, menyusun anggaran, menentukan rencana implementasi dan mengidentifikasi sumber daya yang diperlukan.

Data CRM

Data pelanggan adalah kunci keberhasilan. Pastikan Anda menangkap dan mengimpor data pelanggan dengan benar ke platform. Hal ini dapat mencakup pembersihan data, menggabungkan data dari berbagai sumber, dan memastikan keakuratan data.

Konfigurasi Binis

Sesuaikan platform CRM dengan kebutuhan bisnis Anda dengan mengkonfigurasi pengaturan dasar, melakukan penyesuaian yang diperlukan, dan menyesuaikan tata letak dan alur kerja sesuai dengan proses bisnis Anda.

Penggunaan CRM

Melakukan pelatihan bagi pengguna yang akan menggunakan CRM. Pastikan mereka memahami cara menggunakan platform dengan benar, termasuk mengakses data, memasukkan data, menjalankan laporan, dan menggunakan fitur lainnya.

Pengujian Platform

Sebelum diluncurkan sepenuhnya, uji platform CRM untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik. Identifikasi potensi masalah dan selesaikan sebelum meluncurkan di seluruh organisasi.

Penerapan dan Penilaian 

Terapkan CRM secara bertahap ke berbagai departemen atau tim di perusahaan Anda. Hal ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan dan menyempurnakan proses penerapan sebelum diterapkan secara luas. Terus memantau dan mengevaluasi kinerja setelah penerapan. Gunakan data dan umpan balik untuk mengidentifikasi area dimana dapat ditingkatkan dan melakukan penyesuaian yang diperlukan.

Pengembangan CRM

Kebutuhan bisnis anda akan terus berkembang. Pastikan Anda terus melakukan pembaruan, penyesuaian, dan pengembangan tambahan berdasarkan kebutuhan bisnis Anda. Melalui fase-fase ini Anda dapat memastikan penerapan yang sukses dan memberikan nilai tambah yang signifikan bagi perusahaan Anda.

Manfaat CRM Untuk Perusahaan

Manfaat CRM Untuk Perusahaan

CRM memungkinkan departemen seperti penjualan, pemasaran, dan layanan pelanggan berkolaborasi secara lebih efektif untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Informasi terpusat memungkinkan komunikasi yang lebih lancar dan koordinasi yang lebih baik antar tim. Dengan CRM, perusahaan dapat menanggapi pertanyaan, keluhan, atau masalah pelanggan dengan lebih cepat dan efisien, sehingga meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan.

CRM berguna untuk membantu perusahaan mengurangi kendala yang dihadapi pelanggan dengan mengidentifikasi dan memecahkan masalah yang dapat menyebabkan pelanggan merasa tidak puas. juga membantu perusahaan meningkatkan penjualannya dengan meningkatkan jumlah pembelian yang dilakukan pelanggan, meningkatkan harga produk atau jasa yang dijual, dan meningkatkan jumlah pelanggan yang membeli produk atau jasanya. digunakan untuk meningkatkan pemahaman pelanggan dan preferensi mereka dengan mengumpulkan dan menganalisis informasi tentang pelanggan dan interaksi mereka dengan perusahaan.

Kesimpulan

Anda dapat melihat semua informasi dalam satu dasbor sederhana yang menampilkan data mulai dari riwayat pelanggan, status pesanan, hingga masalah layanan. CRM memudahkan Anda dalam menyusun strategi bisnis dan mengambil langkah yang tepat untuk memajukan perusahaan. Anda bisa mempelajari ilmu bisnis dengan digital marketing yang akan membantu anda dalam meriset dan menganalisa data dalam performa bisnis.

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!