course-net
Search
Close this search box.

Home >

Apa itu Brand Ambassador? pengertian, jenis – jenis, dan peran utama bagi perusahaan

Monday, 12 February 2024 2:29 PM

brand ambassador

Dukungan dari brand ambassador terkenal atau berpengaruh dapat berdampak positif pada penjualan. Ketika seorang duta merek mendukung atau mempromosikan suatu produk atau layanan, hal itu dapat mendorong konsumen untuk melakukan pembelian. dengan adanya seorang brand ambassador yang semakin dikenal maka brand yang kamu jual semakin luas jangkauan customernya.

Apa itu Brand Ambassador? pengertian, jenis – jenis, dan peran utama bagi perusahaan

pengertian brand ambassador

Menjadi Brand Ambassador adalah seorang influencer atau orang terkenal yang  dibayar untuk mendukung suatu produk. Anda juga bisa menyebutnya pemasaran influencer. Kemudian, dengan bekerja sama dengan mereka, pesan merek Anda akan tersebar luas dalam jaringan mereka yang sama luasnya. Itu bukanlah akhir. Menjadi terkenal saja tidak cukup. Brand Ambassador adalah duta merek yang  menjadi wajah suatu merek. Dengan kata lain, itu menjadi “wajah” merek. Oleh karena itu, mereka  harus dapat memberitahu Anda sesuatu tentang produk, layanan, atau merek Anda. Idealnya brand ambassador ini menjadi sumber inspirasi bagi masyarakat. Dan Anda harus dapat memanfaatkan jaringan dan hubungan yang sudah Anda miliki untuk mempromosikan merek Anda melalui strategi pemasaran dari mulut ke mulut.

Duta merek dapat dipilih berdasarkan kesesuaiannya dengan citra dan visi merek Anda. brand Ambassador biasanya dipilih karena  sudah bertahun-tahun menggunakan produk dan memiliki pengalaman. Oleh karena itu, diharapkan beliau dapat berbagi pengalaman otentiknya dalam menggunakan produk ini. Ketika sebuah perusahaan memilih brand Ambassador, mereka akan terus mempromosikan merek tersebut dalam jangka waktu tertentu. Biasanya, baik online maupun offline, pengguna diharuskan untuk menyetujui dan memilih merek. Oleh karena itu, Anda harus selalu memilih merek Anda dibandingkan merek pesaing Anda saat berpartisipasi dalam media sosial, acara, pertunjukan, dll. Oleh karena itu, ketika berpartisipasi dalam media sosial, acara, pertunjukan, dll. Anda harus selalu memilih merek Anda dibandingkan merek pesaing Anda.

Duta merek adalah selebriti seperti aktor, musisi, dan selebriti. Namun kenyataannya, selebriti Instagram dan influencer media sosial kini bisa menjadi duta merek. Asalkan memenuhi kriteria di atas dan memenuhi anggaran perusahaan. Namun, menjadi terkenal saja tidak cukup. Brand Ambassador merupakan “wajah” dari sebuah brand, sehingga mereka harus mengkomunikasikan visi brand dan memiliki pengetahuan yang baik terhadap produk brand tersebut. Dengan cara ini, pesan merek Anda akan tersebar  luas ke seluruh jaringan Anda.

Jenis – Jenis Brand Ambassador 

Influencer 

adalah orang yang tugasnya mempromosikan suatu merek atau produk dengan memposting konten media sosial pada waktu-waktu tertentu. Pada BA jenis ini juga biasanya mampu menjangkau kelompok sasaran yang lebih luas. Oleh karena itu, perusahaan biasanya menetapkan protokol yang ketat dalam perjanjian kerja sama sebelum menandatangani kontrak untuk mencapai tujuannya.

Informal 

Informal Brand Ambassador bersifat independen dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Umumnya jenis ini adalah seseorang yang dengan sukarela merekomendasikan suatu produk kepada teman dan kerabatnya karena puas dengan merek tersebut.

College 

College Brand Ambassador adalah promotor yang tugasnya meningkatkan brand awareness di kalangan rekan-rekannya. Brand Ambassador jenis ini biasanya bekerja di lingkungan pelajar. Tugas seorang duta merek di universitas biasanya mencakup memperkenalkan produk, mendistribusikan sampel, menempelkan poster, dan mendirikan stand. Tergantung pada jenisnya, duta merek jenis ini digunakan khusus untuk  mahasiswa.

Affiliate 

Adalah promotor yang menggunakan pemasaran afiliasi untuk membantu kedua belah pihak  mendapatkan keuntungan besar. BA jenis ini biasanya mempromosikan  produk dengan menyebarkan link ke halaman penjualan. Affiliate Brand Ambassador menerima komisi dari setiap konsumen yang membeli melalui link kami. Sistem afiliasi ini  sering disebut-sebut sebagai sistem yang memudahkan bisnis mencatat dan melacak seluruh dolar penjualan secara detail.

Peran Utama Brand Ambassador

Salah satu tugas utama seorang brand Ambassador adalah meningkatkan kesadaran brand di kalangan target audiens. Anda dapat melakukannya dengan menghadiri acara, menjalankan promosi, dan berinteraksi dengan calon pelanggan  melalui media sosial dan aktivitas tatap muka. harus mempunyai pemahaman yang baik terhadap brand yang diwakilinya.

Anda harus mampu mengartikulasikan dengan jelas nilai, visi, dan misi merek Anda kepada publik. Bertanggung jawab membangun dan memelihara hubungan positif dengan pelanggan, mitra, dan komunitas terkait. Anda dapat melakukan ini melalui interaksi langsung, membuat konten yang relevan, dan mewakili merek Anda di acara komunitas. Sebagai orang yang berinteraksi langsung dengan pelanggan dan komunitas, duta merek sering kali menjadi sumber masukan yang berharga bagi perusahaan. Bagikan masukan pelanggan dengan tim pemasaran dan pengembangan produk Anda untuk membantu meningkatkan produk dan layanan Anda.

BA sering kali diminta untuk membuat konten menarik untuk mempromosikan suatu merek, seperti postingan media sosial, blog, dan video. Konten Anda harus sesuai dengan citra merek Anda dan memenuhi kebutuhan kelompok sasaran Anda. Berpartisipasi dalam acara promosi, peluncuran produk, atau aktivitas merek lainnya untuk  memperkuat citra merek Anda dan meningkatkan interaksi  pelanggan.

Kesimpulan

Penting bagi duta merek untuk dapat mengukur efektivitas kampanye dan upaya periklanan yang dijalankannya. Untuk mengevaluasi kinerja, Anda perlu melacak metrik seperti peningkatan kesadaran merek, interaksi media sosial, dan penjualan. Harus mematuhi pedoman merek dan nilai etika perusahaan dalam segala tindakan dan komunikasi. Mereka harus mewakili merek Anda dengan cara yang positif. 

Peran dan tanggung jawab duta merek berbeda-beda bergantung pada industri, merek, dan strategi pemasaran  perusahaan. Namun, penting untuk mewakili merek Anda dengan benar, membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan, dan meningkatkan kesadaran merek secara keseluruhan. anda juga bisa meningkatkan brand penjualan dengan belajar digital marketing yang akan mengembangkan brand bisnis anda terhadap sosial media

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!