course-net
Search
Close this search box.

MySQL Adalah : Pengertian , Penerapan & Kelebihannya

Minet

January 6, 2023

MySQL Adalah : Pengertian , Penerapan & Kelebihannya

MySQL Adalah : Pengertian , Penerapan & Kelebihannya – Dalam dunia manajemen database ada yang namanya MySQL yang mungkin bagi orang awam itu mungkin masih sangat asing. Sistem manajemen database itu memang sangat berguna di masa seperti sekarang, terlebih lagi saat perkembangan teknologi yang sangat pesat. Sistem manajemen database ini masuk dalam RDBMS dan menggunakan model relasional

Bila kalian bekerja atau berada di dunia manajemen database, maka kalian itu sangat perlu untuk mempelajari sistem manajemen database ini lho. SQL menjadi salah satu hal yang harus kalian pelajari, supaya kalian bisa melakukan manajemen database dengan maksimal. Berikut ini kami akan berikan penjelasan apa itu MySQL secara lengkap supaya kalian bisa memahaminya.

MySQL Adalah ? Apa Itu MySQL ?

Pengertian Dari MySQL

MySQL Adalah : Pengertian , Penerapan & Kelebihannya

Hal pertama yang harus kalian ketahui bila ingin mengenal itu adalah informasi soal pengertian MySQL untuk tahu pemahamannya. Jadi sebenarnya MySQL adalah sebuah brand SQL yang bisa menjadi pilihan kalian untuk software RDBMS ini. Pengembang pertama dari software RDBMS ini adalah AB yang merupakan perusahaan asal Swiss yang dimulai tahun 1994.

Hak kepemilikan dari software RDBMS itu kemudian dibeli oleh perusahaan asal Amerika Serikat Sun Microsystems di tahun 2008 yang lalu. Kemudian di tahun 2010 ternyata perusahaan Sun Microsystems ini diakuisisi oleh Oracle yang merupakan salah satu perusahaan teknologi terbesar di Amerika Serikat. Sejak saat itu Oracle ini pun memiliki hak penuh atas MySQL yang sebelumnya dimiliki oleh Sun Microsystems.

Aspek Dalam MySQL

Aspek Dalam MySQL

Dalam memahami mengenai salah satu brand dari SQL ini, maka kalian harus tahu apa saja aspek yang ada di dalamnya. Mengetahui setiap aspek yang ada di dalamnya akan membuat kalian semakin mengenali dan juga bisa memanfaatkannya dengan lebih baik. Berikut ini kami akan jelaskan apa saja sih aspek yang terdapat pada salah satu brand software RDBMS ini.

  1. Database

Aspek yang paling pertama itu adalah database yang merupakan sekumpulan data yang terstruktur dan juga terorganisir. Jadi misalnya kalian membuat suatu file seperti mengambil gambar atau video, maka foto atau video itu adalah sebuah data. Sementara galeri yang ada di dalam smartphone yang menjadi tempat menyimpan foto dan video itu adalah sebuah database.

Jadi bisa disimpulkan kalau database adalah sebuah tempat menyimpan dan juga melakukan pengelolaan data yang memang diperlukan. Kata relasional ini berarti penyimpanan data pada database itu akan disimpan dan dikelola sebagai tabel yang berarti saling terkait. Jika software tidak menggunakan sistem penyimpanan seperti ini berarti tidak relasional dan berarti akan dipanggil DBMS saja.

Baca Juga : Normalisasi Database Adalah Pengertian, Contoh & Tujuannya

  1. Open Source

Aspek yang berikutnya adalah open source yang berarti kalian bisa install, menggunakan, dan juga memodifikasi MySQL secara bebas. Kalian pun bisa melakukan kustomisasi pada software secara bebas supaya bisa sesuai dengan keinginan kalian. Kustomisasi software itu biasanya dengan melakukan pengubahan pada source code dari software yang dibuat supaya sesuai dengan keinginan.

Tapi memang aktivitas atau perubahan yang bisa kalian lakukan pada software itu memang tergantung dari situasi dan juga GPL. GPL itu adalah GNU Public License di mana lisensi berbayar sudah pasti akan bisa memberikan kalian akses yang lebih fleksibel pada software ini. Lisensi berbayar ini pun akan memberikan kalian bantuan tingkat lanjut yang bisa dibilang premium yang tidak didapatkan di lisensi gratis dari software RDBMS ini.

  1. Model Client Server

Aspek yang ketiga adalah penggunaan salah satu software RDBMS adalah software ini mempergunakan model client server. Komputer yang memasang dan juga menjalankan software RDBMS ini disebut sebagai komputer client. Untuk supaya bisa mengakses data, maka komputer client itu harus terhubung terlebih dahulu ke komputer server RDBMS.

Penggunaan dari Brand software RDBMS ini awalnya memang sangat terbatas, tapi sekarang sudah kompatibel untuk berbagai sistem operasi. Berbagai platform computing seperti Windows, Mac OS, Ubuntu, sampai Linux sudah bisa menggunakannya. Bahkan aplikasi website seperti Twitter, Facebook, Google, Youtube, dan lain sebagainya mempergunakan RDBMS milik Oracle bernama MySQL ini untuk penyimpanan data.

Apa Itu SQL?

Jadi yang mempergunakan SQL itu memang ada banyak dan bila ada SQL maka biasanya server yang digunakan menggunakan Syntax SQL. Bahasa program SQL ini memiliki tugas untuk memberitahukan server tentang apa yang harus dilakukan pada data. Berikut ini beberapa operasi yang diinstruksikan oleh SQL kepada server.

  1. Data Query

Operasi yang pertama itu adalah Data Query yang artinya adalah proses meminta informasi yang detail dan spesifik dalam sebuah database.

  1. Manipulasi Data

manipulasi data yakni menambah, menghapus, menyortir, mengubah untuk memodifikasi data. Modifikasi data sendiri meliputi mengubah data itu sendiri, value dan juga visual dari data tersebut.

  1. Identitas Data

Operasi yang ketiga itu adalah identitas data yang artinya adalah menentukan tipe data seperti misalnya mengubah data numerik jadi data integer. Lalu juga menentukan schema atau hubungan dari setiap tabel yang ada di dalam database.

  1. Data Access Control

Operasi yang terakhir adalah data Access control yang merupakan operasi menyediakan keamanan dan juga melindungi data. Jadi dari operasi ini akan ditentukan siapa saja yang bisa menggunakan dan juga melihat informasi yang ada di dalam database.

Software RDBMS ini memang lebih banyak mempergunakan bahasa SQL ini untuk bisa berinteraksi dengan database. MySQL sendiri biasanya ditulis dalam bahasa C atau juga C++.

Cara Kerja MySQL Adalah

Hal berikutnya yang juga harus dipahami bila ingin memahami MySQL Workbench itu adalah soal bagaimana cara kerjanya secara detail. Kalian bisa download MySQL ini setelah kalian tahu cara kerjanya dan kemudian kalian pun bisa install dan mempergunakannya secara maksimal. Berikut ini kami akan jelaskan bagaimana sih cara kerjanya supaya kalian lebih memahami bagaimana konsepnya.

Jadi konsep secara umumnya adalah satu atau beberapa komputer itu harus terhubung dengan server menggunakan jaringan khusus atau network. Setiap komputer atau dalam hal ini client akan melakukan permintaan atau request dari antarmuka pengguna komputer tersebut. Kemudian server akan menampilkan hasil output yang diminta oleh client tersebut sepanjang server memahami instruksi dengan benar.

Selama terjadi pada ruang lingkup SQL yang sama, maka akan terjadi proses utama berikut ini.

  1. SQL ini akan membuat database untuk menjadi tempat menyimpan dan juga memanipulasi data yang dibutuhkan. Selain itu juga akan menentukan bagaimana keterkaitan atau keterikatan dengan masing-masing tabel yang ada dalam database
  2. Komputer Client itu akan membuat permintaan dengan mengetikkan pernyataan SQL yang spesifik sesuai dengan yang dibutuhkan.
  3. Aplikasi server akan memberikan respons menampilkan informasi yang diminta oleh client. Informasi tersebut nantinya akan muncul di sisi client sesuai proses dari MySQL.

Pada saat akan menampilkan informasi dari sisi client, biasanya akan ada instruksi untuk mempergunakan GUI yang mana. Semakin ringan dan juga user friendly suatu GUI, maka akan semakin cepat dan juga mudah aktivitas manajemen data tersebut. Ada cukup banyak GUI yang tersedia saat ini mulai dari yang berbayar sampai yang gratis, mulai dari yang hanya untuk MacOS sampai ke semua sistem operasi.

Client akan memilih GUI berdasarkan kebutuhannya, dan biasanya untuk manajemen database termasuk WordPress itu menggunakan phpMyAdmin.

Kelebihan MySQL

Banyak sekali yang melakukan MySQL download saat ini dan mempergunakannya untuk berbagai kebutuhan manajemen data. Hal ini bisa terjadi karena memang ada banyak sekali kelebihan yang dimiliki yang membuat orang tertarik untuk mempergunakannya. Berikut ini kami akan informasikan kelebihan apa saja sih yang dimiliki pada salah satu software RDBMS yang populer itu.

  1. Memiliki Performa Terbaik

Kelebihan yang pertama adalah soal performa yang bisa dibilang sangat baik, karena ada banyak sekali cluster server yang mendukung. Performa dan juga kecepatan yang dimiliki oleh software RDBMS ini memang sangat tinggi, sehingga sangat membantu dalam manajemen data. Software ini akan membantu untuk bisa menyimpan berbagai data yang besar dari e-commerce.

Selain itu dengan performa dan juga kecepatan yang sangat tinggi itu akan bisa membuat kalian bisa melakukan berbagai kegiatan bisnis berat. Performa inilah yang menjadi alasan utama orang mempergunakan MySQL ini.

  1. Fleksibilitas Yang Memudahkan Penggunaan

Kelebihan yang kedua itu adalah fleksibilitas dari software tersebut karena memang merupakan salah satu software open source. Jadi kalian itu bisa mengubah source code sesuai dengan keinginan kalian tanpa perlu khawatir adanya batasan tertentu. Terlebih lagi ada pilihan untuk melakukan upgrade ke versi premium berbayar yang akan lebih banyak fitur.

Kemudahan dalam penggunaan itu termasuk juga pada proses install lho, di mana install mudah dan membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja.

  1. Aman

Kelebihan yang ketiga dari mempergunakan software RDBMS ini adalah soal tingkat keamanan yang memang cukup baik. Keamanan memang menjadi perhatian utama dari sebuah Software RDBMS ini lho, dan software ini menyediakan keamanan yang baik. Dengan mempergunakan Access Privilege System dan User Account Management yang dimiliki, membuat sistem keamanan jadi sangat baik.

Verifikasi dengan basis host dan enkripsi password juga tersedia, sehingga tingkat keamanan pun jadi lebih baik lagi.

  1. Memiliki Standar Industri

Kelebihan yang terakhir adalah memiliki standar industri, hal ini terbukti dengan sudah banyak industri yang menggunakannya sejak lama. Jadi bisa dibilang juga kalau ada banyak sekali resource yang dikelola langsung oleh developer yang sudah berpengalaman. Jadi para pengguna dari MySQL itu akan bisa mendapatkan pembaruan secara berkala yang tentunya sangat menguntungkan.

Software ini pun bisa dikembangkan oleh siapa saja yang menginginkannya, bahkan freelancer developer pun bisa turut mengembangkannya. Banyak sekali freelancer developer yang ikut mengembangkan software ini untuk bisa mendapatkan uang.

Dari beberapa kelebihan di atas kita tahu kalau wajar pada akhirnya perusahaan teknologi yang besar dan populer menggunakan software tersebut. Meskipun memang cukup besar biayanya, tapi kami rasa sangat sepadan dengan kelebihan yang didapatkan dari sana. Demikianlah informasi mengenai MySQL yang memang penting dan harus kalian pahami. Nah buat kamu yang mau memperdalam skill ini bisa berguna untuk data science, Upgrade skill kamu di kursus data science sekarang juga.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!