course-net
Search
Close this search box.

Digital Marketing Adalah : Definisi , Tips, Strategy & Penerapannya

Minet

November 2, 2022

Digital Marketing Adalah : Definisi , Tips, Strategy & Penerapannya

Digital Marketing Adalah : Definisi , Tips, Strategy & Penerapannya – Teknologi yang semakin canggih membuat pemasaran produk jadi jauh lebih mudah yaitu dengan digital marketing. Pemasaran digital sudah sangat umum dilakukan dalam dunia bisnis. Banyak pelaku usaha yang sudah menggunakan promos digital untuk pemasaran produk mereka.

Digital Marketing Adalah ? Belajar Digital Marketing Cepat & Bersertifikat

Pemasaran digital marketing adalah pemasaran yang dianggap lebih efektif dalam memperkenalkan suatu produk kepada konsumen.

Digital Marketing Adalah : Definisi , Tips, Strategy & Penerapannya

Apa Itu Digital Marketing?

apa itu digital marketing ? Digital marketing adalah cara pemasaran produk baik itu barang atau jasa dengan memanfaatkan teknologi digital. Biasanya pemasaran produk dengan digital marketing ini memanfaatkan website dan sosial media.

Pemanfaatan website dan sosial media seperti Instagram, Tiktok, WhatsApp, Facebook dianggap lebih efektif untuk memberikan pengaruh kepada customer baik secara langsung maupun tidak langsung.

Contoh digital marketing yang saat ini banyak terlihat ada pemanfaatan Tiktok sebagai sarana promosi. Banyak pelaku usaha yang menggunakan aplikasi tersebut untuk mengenalkan produk mereka sekaligus memberikan pengaruh.

Baca Juga : Dasar Belajar Digital Marketing Untuk Pemula

Tips dan Strategi

Dalam melakukan pemasaran produk tentu harus mempersiapkan strategi pemasaran dengan matang. Harus ada planning atau perencanaan dalam membuat strategi marketing. Berikut ini merupakan beberapa tips yang dapat dilakukan untuk membuat digital marketing sehingga bisa sukses.

1. Kenali Audiens atau Calon Customer

Kenali Audiens atau Calon Customer

Tips pertama yang harus diperhatikan dalam membuat digital marketing yang menarik yaitu mengenali terlebih dahulu audiens atau calon customer Anda. Saat melakukan pemasaran dengan memanfaatkan sarana digital tentu Anda perlu membuat konten promosi.

Konten promosi ini di posting tak hanya pada satu sosial media saja tetapi bisa beragam. Oleh karena itu, Anda harus mengenal audiens atau calon customer sasaranmu. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti tempat tinggal audiens, jenis kelamin mereka, usia, pekerjaan atau lainnya.

Semua berdasarkan dengan sasaran pasar yang sudah Anda tentukan. Sebagai contoh apabila produk yang dijual berupa buku maka sasarannya bagi mereka yang masih duduk di bangku sekolah.

Bisa anak SD, SMP, SMA atau perguruan tinggi yang membutuhkan buku untuk digunakan. Iklannya juga harus menyesuaikan yang mereka senangi sehingga dapat dengan mudah sampai ke audiens jika konsep dan tema konten sesuai dengan sasaran pasar.

2. Konten yang Menarik Audiens

Konten yang Menarik Audiens

Dalam membuat sebuah konten tentu Anda harus paham apa yang akan dibuat. Jangan asal-asalan dalam membuat sebuah konten promosi. Tugas digital marketing membuat konten yang menarik ini akan memudahkan untuk sampai kepada audiens.

Audiens akan jauh lebih tertarik dengan konten iklan yang menarik dan tidak membosankan. Seorang konten creator yang baik tentu dapat membuat iklan yang memikat audiens mereka. Akan lebih banyak orang yang tertarik dengan produk yang Anda iklankan dengan konten menarik.

Pembuatan konten yang menarik akan sangat berpengaruh pada audiens atau penonton. Buatlah konten dengan memperhitungkan 10 detik pertama yang menarik bagi konten yang Anda miliki.

3. Konsistensi Visual Iklan

Konsistensi Visual Iklan

Tips selanjutnya harus diperhatikan dalam membuat sebuah konten promosi yaitu dengan memperhatikan tampilan visual dari iklan tersebut. Tampilan visual dari iklannya yang dibuat tentu sangat penting memperhatikan konsistensi.

Dalam visual iklan sehingga akan tetap terlihat sama selain menarik juga harus konsisten. Visual dari sebuah produk tidak hanya sebatas lucu tetapi juga mencerminkan warna font serta gaya fotografi yang jadi salah satu ciri khas dari produk atau jasa yang Anda sedang promosikan.

Tampilan visual iklan yang sama dan konstan ini akan membuat audiens Anda jadi lebih mengenali Anda.

4. Sosial Media yang Tepat

Digital Marketing Adalah : Definisi , Tips, Strategy & Penerapannya

Tips yang perlu diperhatikan dalam memilih konten untuk digital marketing yaitu pilih media sosial yang tepat. Media sosial media salah satu buat platform yang penting dalam melakukan promosi digital. Media sosial ini memiliki banyak audiens atau customer dengan berbagai jenjang usia yang sangat cocok untuk Anda jadikan sebagai tempat promosi.

Cobalah untuk aktif di media sosial seperti di aplikasi Facebook, Tiktok, maupun aplikasi Instagram. Keberadaan media sosial tersebut akan sangat membantu untuk memaksimalkan promosi yang Anda lakukan.

5. Perhatikan SEO

Tips selanjutnya harus diperhatikan saat Anda akan membuat konten promosi untuk digital marketing yaitu harus memperhatikan SEO jika ingin memuat konten untuk mengisi website.

Dengan menggunakan SEO untuk memuat konten website Anda maka promosi jadi jauh lebih maksimal. Website dapat dijadikan sebagai salah satu wadah untuk publikasi dari suatu perusahaan.

Konten promosi yang diposting di website ini bisa berupa peluncuran produk baru, cara-cara pemanasan, tips yang terkait dengan produk dan lain sebagainya.

Tambahkan ide-ide dan konten yang berkaitan dengan produk yang Anda jual. Sebagai contoh Anda menjual produk kecantikan maka bisa menambahkan konten tips dalam pemilihan pelembab untuk kulit yang sangat kering, tips untuk merawat kulit yang berjerawat dan lain sebagainya. Sesuaikan dengan SEO yang ada sehingga traffic tulisan akan naik.

Baca Juga : Perbedaan SEO Dan SEM : Pengertian, Manfaat & Keuntungannya

6. Sesuaikan dengan Buyers Journey

Tips selanjutnya yang harus diperhatikan yaitu sesuaikan konten Anda dengan Buyer’s Journey. Buyers journey ini memiliki tiga tahapan marketing funnel digital yang harus Anda perhatikan yaitu:

  • Awareness, calon pembeli harus mengetahui ketika dia memiliki masalah
  • Consideration, yaitu calon pembeli harus mempertimbangkan terkait dengan alternatif dari solusi yang bisa di sambil untuk masalah mereka.
  • Decision, yaitu calon pembeli harus mampu mengevaluasi dan juga memutuskan solusi masalah mereka.

Apabila konten yang Anda buat sudah sesuai dengan tahapan tersebut maka ini akan jauh lebih mudah untuk lakukan promosi.

Apabila audiens berada di tahap pertama maka Anda bisa memberikan politik Anda sebagai solusi dari masalah yang merdeka miliki.

Tips selanjutnya yang harus diperhatikan pada saat akan membuat kontan promosi untuk digital marketing yaitu lakukan riset kompetitor. Kompetitor jadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam pembuatan konten digital marketing yang akan Anda buat. Anda bisa mencoba memperhatikan strategi dari lawan atau kompetitor.

Bagaimanakah cara untuk dapat mengetahui strategi yang mereka gunakan? Ini Anda bisa memanfaatkan Google dengan cara mencari perusahaan konsultan pemasaran dari yang mereka gunakan.

7. Melakukan Riset Kompetitor

Tips selanjutnya yang harus diperhatikan pada saat akan membuat konten promosi untuk digital marketing yaitu lakukan riset kompetitor. Kompetitor jadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam pembuatan konten digital marketing yang akan Anda buat. Anda bisa mencoba memperhatikan strategi dari lawan atau kompetitor.

Bagaimanakah cara untuk dapat mengetahui strategi yang mereka gunakan? Ini Anda bisa memanfaatkan Google dengan cara mencari perusahaan konsultan pemasaran dari yang mereka gunakan.

Itulah beberapa informasi terkait dengan pengertian digital marketing dan tools digital marketing yang harus Anda pahami. Perlu menggunakan strategi untuk dapat membuat sebuah konten yang menarik.

Tanpa strategi yang menarik maka promosi Anda tidak akan berjalan dengan lancar. Pemasaran produk-produk harus dilakukan secara maksimal dan tidak asal-asalan

Mau Belajar Digital Marketing ? Dapat Sertifikasi Juga Loh

Kamu mau mahir dalam digital marketing ? Ikuti kelas belajar digital marketing semi private yang tersedia di Course-Net. Isi data diri anda melalui form dibawah ini, Tim marketing kami akan segera menghubungi anda.

Segera daftarkan anda, Dapatkan juga sertifikasi digital marketing apabila anda mengikuti kelas digital marketing di Course-Net.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!