course-net
Search
Close this search box.

Home >

ROAS dalam Digital Marketing, Pelajari Di Sini!

Friday, 22 March 2024 3:24 PM

roas

Kecanggihan teknologi menghadirkan berbagai inovasi salah satunya adalah adanya digital marketing. Dahulu proses pemasaran mungkin dilakukan dari rumah ke rumah dan dilakukan secara lapangan. Namun kini untuk melakukan pemasaran dapat Anda lakukan hanya melalui media sosial atau media digital lainnya.

Salah satu alat yang berperan pada digital marketing adalah ROAS. Tahukah Anda apa itu ROAS, elemen yang satu ini sangat penting keberadaannya dalam menjalankan kegiatan digital marketing.

Apa Itu Return on Ad Spend, Apa Perannya Dalam Digital Marketing?

– Pengertian Return on Ad Spend

Return on Ad Spend atau kepanjangan dari ROAS adalah salah satu perhitungan metrik yang digunakan untuk mengukur kampanye periklanan yang dilakukan pada dunia marketing. Sebagai seorang pebisnis, Anda tentu sudah mengetahui bahwa keunggulan utama yang dimiliki digital marketing yaitu bisa terukur dengan jelas oleh karena itu elemen yang satu ini penting sekali untuk diketahui.

Ketika Anda melakukan kampanye digital Anda perlu mengetahui bahwa terdapat beberapa metrik yang dapat dijadikan sebagai acuan dalam menilai. Apakah kampanye yang dilakukan ini sudah efektif atau belum. Nah salah satu elemen yang digunakan untuk melakukan perhitungan ini adalah ROAS. Return on Ad Spend diketahui bisa membantu dalam mengetahui performa kampanye digital yang dilakukan oleh sebuah perusahaan.

– Peran Return on Ad Spend pada kampanye digital

Dalam praktiknya Anda tentu mengetahui sendiri bahwa dalam melakukan kampanye digital ini untuk mengetahui standar ukur yang baik dalam setiap bisnis ataupun perusahaan memiliki standar yang berbeda-beda. Nah namun pastinya semua perusahaan sangat mengharapkan bahwa apabila hasil dari kampanye tersebut memberikan manfaat khususnya bagi perkembangan bisnis tentu dapat dinilai bahwa kampanye digital yang dilakukan ini telah berhasil.

Jadi untuk mengetahui apakah campaign yang dilakukan itu telah berhasil atau tidak, Anda bisa melakukan perhitungannya dengan menggunakan ROAS ini. Jadi dengan menggunakan elemen ini Anda bisa mengetahui apakah jumlah pengeluaran iklan online tersebut sudah seimbang dengan pemasukan atau yang dihasilkan atau belum. Selain itu elemen ini juga berfungsi sebagai bahan dalam melakukan evaluasi terhadap kampanye digital yang telah atau sedang dilakukan.

Jadi jika pada evaluasi tersebut rasio antara pengeluaran dan hasilnya dinilai bagus. Maka hal tersebut dapat dijadikan sebagai acuan dalam mengembangkan strategi yang sedang berjalan. Begitu juga bila elemen tersebut dinilai kurang bagus maka hal tersebut bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam mencari strategi digital yang dinilai lebih tepat.

Baca Juga : Content Marketing Adalah: Pengertian, Tujuan, dan Contohnya

Mengapa ROAS Penting?

Mengutip dari appsflyer.com, berikut ini adalah alasan mengapa ROAS penting:

1. Memilih channel pemasaran terbaik

Dengan mengukur ROAS di berbagai saluran periklanan, seperti e-mail, media sosial, dan mesin pencari, seorang digital marketer dapat menentukan saluran yang paling memberikan laba.

Dengan demikian, alokasi anggaran dapat lebih efektif karena dapat berfokus pada saluran yang memberikan hasil terbaik, serta menghilangkan saluran yang tidak memberikan hasil yang signifikan.

2. Mengoptimalkan iklan

Membandingkan ROAS di berbagai materi iklan bermanfaat bagi digital marketer untuk mengoptimalkan iklan mereka. Misalnya, mereka dapat mengidentifikasi kata, gambar, atau pesan mana yang paling sesuai dengan audiens target mereka, dan kemudian membuat lebih banyak konten sejenis.

Hal ini membantu menyempurnakan strategi periklanan dan memaksimalkan performa kampanye mereka.

3. Memudahkan pembuatan laporan

ROAS membuat pelaporan dan komunikasi menjadi lebih mudah karena metrik tersebut memberikan gambaran singkat tentang hasil finansial dari upaya periklanan, yang bahkan  dapat dipahami bahkan oleh orang awam.

Karena itu, laporan yang dibuat menggunakan ROAS dapat lebih jelas dan ringkas sehingga membantu pengambilan keputusan dengan pemangku kepentingan.

4. Mendapatkan wawasan berbasis data

Dengan menganalisis data ROAS dan memahami apa yang berhasil dan apa yang tidak, digital marketer dapat memperoleh wawasan untuk mengembangkan kampanye di masa mendatang. Pendekatan berbasis data ini membantu mengambil keputusan dengan lebih objektif sehingga dapat menghemat biaya dan mendapat hasil yang maksimal.

Selain itu, data dan bukti nyata dalam bentuk ROAS memudahkan digital marketer untuk mendukung suatu ide atau proposal yang ditujukan kepada manajemen atau pemangku kepentingan.

Bagaimana Cara Menghitung ROAS yang Benar?

Setelah mengetahui peranannya ini lalu bagaimana ROAS bisa dikatakan bagus atau tidak, berikut ini adalah cara menghitungnya. Metode perhitungan elemen ini sebenarnya dinilai sangat sederhana karena cara yang dilakukan hanya dengan membandingkan antara pendapatan dari kampanye digital dengan biaya pengeluaran suatu perusahaan atau bisa ditulis sebagai berikut.

Rumus ROAS = Revenue/Cost

Jadi rumus di atas berupa perbandingan, jadi hasilnya nanti juga berupa rasio. Misalnya pendapatan yang dihasilkan yaitu sebesar 10 juta rupiah sedangkan untuk biaya iklan secara keseluruhan mencapai 1 juta rupiah maka nilai Return on Ad Spend yang dihasilkan berdasarkan rumus di atas yaitu 10:1. Berdasarkan perhitungan tersebut dapat diketahui bahwa setiap Rp 1 yang dikeluarkan dari rasio yang dihasilkan Anda mendapat keuntungan sebanyak Rp 10.

Jika dilihat dari perbandingan tersebut, nilai Return on Ad Spend yang dihasilkan termasuk terbilang bagus ya. Karena keuntungan yang diperoleh mencapai 10 kali lipat. Ya, jika dilihat secara teori masalah perhitungan elemen ini memang sangat mudah untuk dipahami. Namun ternyata dalam praktiknya hal ini bisa menjadi lebih rumit dibanding dari yang diduga.

Bagaimana tidak karena konsep dari pendapatan itu Anda harus memahaminya dengan baik. Contohnya seperti Anda perlu menghitung dengan benar apa saja yang termasuk dalam pendapatan atau yang disebut dengan revenue itu. Begitu juga pada pengeluaran atau cost, Anda perlu menghitungnya secara keseluruhan mulai dari biaya dalam pemasangan iklan atau biaya untuk berlangganan software.

Jadi sebelum melakukan perhitungan dengan ROAS formula, Anda perlu menghitungnya secara teliti tujuannya tidak lain untuk memperoleh nilai perbandingan yang akurat terhadap digital campaign yang akan dijalankan.

Seperti Apa ROAS yang Bagus?

Informasi selanjutnya yang akan dibahas pada artikel ini yaitu bagaimana cara menilai atau menentukan bahwa ROAS yang dihasilkan tersebut bagus, tinggi atau tidak. Hal tersebut penting diketahui karena bahwasanya informasi dari elemen tersebut berpengaruh pada performa kampanye digital yang nantinya akan digunakan.

– Faktor kampanye digital yang menentukan

Nah namun ternyata untuk mengetahui apakah elemen Return on Ad Spend ini bagus atau tidak dilihat dari berbagai faktor yang ada pada kampanye digital itu sendiri. Jadi bisa dilihat apakah tujuan kampanye tersebut sudah tersampaikan sesuai dengan strategi yang dijalankan atau tidak.

Contohnya dari tujuan kampanye tersebut Anda bisa melihat apakah sudah meningkatkan brand awareness terhadap calon konsumen atau tidak, jika tujuannya seperti itu namun nilai elemen yang dihasilkan kecil bukan berarti menunjukkan bahwa kampanye yang dilakukan tidak berjalan baik ya.

– Berapa margin keuntungan atau platform digital yang dipakai

Faktor lainnya juga bisa dilihat dari skala ataupun industri bisnis serta berapa margin keuntungan yang didapat. Beberapa hal tersebut harus selalu dipertimbangkan karena faktor-faktor tersebut dapat mempengaruhi nilai rasio elemen yang dihasilkan dari kampanye digital tadi.

– Melihat akurasi angka pendapatan serta pengeluaran

Selanjutnya untuk mengetahui seberapa besar atau seberapa baik elemen dari rasio itu. Anda juga bisa melihatnya dari akurasi pendapatan ataupun pengeluaran yang dihasilkan. Dengan mengecek nilai akurasi ini Anda bisa mempertimbangkan apakah akan mengurangi biaya iklan atau membidik target audiens lebih tepat lagi.

Hal tersebut tujuannya tidak lain dan tidak bukan supaya nilai Return on Ad Spend yang dihasilkan baik. Dengan begitu upaya yang dilakukan dalam melakukan strategi digital ini sudah tepat.

Jadi hal yang disebutkan pada poin ketiga ini dapat digunakan sebagai tips dalam meningkatkan nilai dari Return on Ad Spend. Pertama Anda bisa mengurangi biaya pengeluaran yang bisa dilakukan dengan mengurangi biaya pada proses pengerjaan. Ataupun mempersempit target audiens, selain itu menjalankan A/B testing juga bisa menjadi cara efektif.

Lalu cara kedua memperhatikan akurasi yang disebutkan tadi dan yang terakhir dapat dilakukan dengan mencari tahu terlebih dahulu. Isu-isu apa saja yang tidak ada hubungannya dengan kampanye. Hal tersebut karena dari beberapa kasus ada yang menunjukkan nilai ROAS yang dimiliki ini rendah padahal penjualannya sangat tinggi sekali.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda ketahui tentang Return on Ad Spend untuk mengetahui atau mempelajari lebih lanjut. Anda bisa melakukan pelatihan di Course-Net, berbagai skill akan dipelajari di sana mulai dari teknik dasar hingga profesional.

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!