course-net
Search
Close this search box.

Home >

Sejarah Internet di Dunia Hingga Berkembang di Indonesia

Thursday, 21 December 2023 2:46 PM

sejarah internet

Pada Masyarakat modern seperti saat ini kehadiran internet sudah sangat akrab bahkan hampir seluruh kalangan usia sudah akrab dengan hadirnya internet. Ini dikarenakan internet bisa dengan mudah menghubungkan seluruh dunia dengan real time.

Sebelum populer seperti saat ini nyatanya sejarah internet cukup panjang dan berlangsung cukup lama. tertarik mengetahui tentang sejarahnya? Simak informasinya berikut ini.

Sejarah Internet

Tentunya kalian bertanya-tanya kapan internet muncul, di mana kemunculannya, dan informasi lainnya terkait perkembangannya. Berikut untuk lebih jelasnya.

a. Tahun 1969 (Internet dicetuskan)

Peneliti dari Universitas California (UCLA) tepatnya di Los Angeles pada Oktober 1969 melahirkan proyek bernama ARPANET (Advanced Research Projects Agency Network) untuk kebutuhan Departemen Pertahanan. Jadi bisa dikatakan sejarah internet dimulai pada tahun ini dengan hadirnya ARPANET.

Proyek inilah yang disebut sebagai pendahulu internet dan awalnya hanya mampu menghubungkan sebanyak 4 komputer dan berkembang menghubungkan 13 komputer dalam waktu satu tahun. Sampai akhirnya jaringan ARPANET di tahun 1981 mampu menghubungkan 231 komputer.

b. Tahun 1971 (Surat elektronik pertama)

Ray Tomlison orang Amerika Serikat tahun 1971 pertama kalinya berhasil mengirimkan surat elektronik memakai ARPANET. Hasil dari pengiriman tadi maka diciptakanlah pemakaian simbol ‘@’ pada Alamat surat sampai sekarang. Simbol tadi sebenarnya untuk pemisah di antara jaringan yang digunakan dan nama pengguna.

c. Tahun 1983 (Komunikasi antar jaringan)

Tahun 1983 ARPANET telah berhasil untuk melakukan hubungan antar jaringan komputer lainnya yang mana ini menjadi poin utama untuk perwujudan internet yang dimulai dari sini awalnya. Sehingga tahun ini merupakan bagian penting dari sejarah internet.

d. Tahun 1990 (Lahirnya WWW)

Tim Berners-Lee yang saat itu bekerja di lab fisika CERN telah berhasil mencetuskan yang namanya WWW. Itu merupakan suatu bagian yang mencetuskan sistem manajemen informasi terdesentralisasi. Kemudian Tim Berners- Lee dan Robert Cailliau melakukan pengembangan untuk bahasa pemrograman HTML serta protokol untuk pertukaran hypertext HTTP.

Proyek tersebut akhirnya disebarluaskan pada April 1993. Kemudian terus diterima banyak orang lalu populer dengan dirilisnya Mosaic di November 1993. Mosaic ini merupakan search engine pertama yang ada di dunia.

e. Tahun 2000-an (Jejaring sosial dan perangkat mobile)

Setelah populernya search engine, tepatnya di tahun 2000 internet telah berkembang menjadi sebuah jejaring sosial yang pertama kali diciptakan tahun 2003. Lalu sejarah internet mulai berkembang tahun 2004 yang mana Mark Zuckerberg membangun The Facebook.com.

Tujuan awal pembuatannya sebenarnya sebagai penghubung antara seluruh mahasiswa Harvard. Akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu dan internet maka Facebook menjadi salah satu dari raksasa sosial media yang mempunyai pengguna sebanyak 2,3 miliar orang.

Tahun 2007, Apple berhasil menghebohkan dunia dengan inovasinya yaitu keluarnya ponsel bernama iPhone yang populer hingga saat ini.

Pengertian Internet

Setelah mengetahui sedikit tentang sejarah perkembangan internet maka, kalian juga harus mengetahui apa sebenarnya yang dimaksud dengan internet itu sendiri.

Memang banyak pengertian dari para ahli mengenai internet. Namun secara garis besarnya, internet adalah suatu jaringan yang berasal dari berbagai komputer di seluruh dunia yang terkoneksi memakai protokol TCP/IP.

Bisa dikatakan jika internet serupa dengan perpustakaan besar yang dapat memberikan berbagai jenis informasi bagi semua orang di dunia dan bisa diakses kapan pun di mana pun. Bahkan saat ini, internet merupakan sistem jaringan teknologi terluas yang ada di dunia.

Perkembangan Internet

Setelah kalian mengetahui tentang pengertian serta sejarah internet, maka kalian juga perlu mengetahui bagaimana perkembangannya secara global.

Tentunya seiring dengan berjalannya waktu, internet sudah berkembang serta terus mengalami perubahan menjadi lebih baik entah dari cakupan, kecepatan, transmisi, dan penggunaannya.

Jika dilihat pada cakupannya, internet meliputi skala wilayah maupun batas terjadinya jangkauan akses di suatu wilayah tertentu. Perluasan tadi bisa dilakukan dengan menggunakan satelit.

Berdasarkan pada transmisi paket datanya maka pengalaman yang ada sudah sangat pesat dikarenakan dukungan dari berbagai teknologi terbaru dan lebih modern.

Bila diperhatikan dari sisi kecepatan sudah dan inovasi terhadap generasi jaringannya seperti 2G, 3G, 4G, dan yang terbaru 5G.

Bila diperhatikan dari segi penggunaannya terus berkembang bahkan tidak dapat diprediksi. Perubahan yang terjadi seperti komunikasi, informasi, dan juga perangkat yang dipakai. Dahulu internet terbatas pada penggunaan untuk riset militer akan tetapi sekarang sudah mencakup semua bidang kehidupan.

Sejarah Internet di Wilayah Indonesia

Seperti yang diketahui jika sejarah internet pertama kali dimulai pada tahun 1969 yang merupakan awal mula dilakukannya penelitian hingga pada tahun 1986 dikeluarkannya NSFNET untuk menggantikan ARPANET. Hal tersebut menjadi awal mula dari penyebaran internet ke beberapa negara.

Sedangkan sejarah internet di Indonesia dimulai sekitar tahun 1990-an. Masa itu internet lebih akrab dikenal dengan sebutan Paguyuban Network.

Nama-nama yang mempunyai jasa terhadap pembangunan internet khususnya di Indonesia seperti Onno W. Purbo, Adi Indrayanto, Firman Siregar, Putu, Robby Soebiakto, Muhammad Ihsan, Suryono Adisoemarta, dan M. Samik-Ibrahim.

Periode pembangunan dari jaringan internet Indonesia yakni tahun 1992-1994. Beberapa tokoh tadi memberikan sumbangsih lewat dedikasi dan keahliannya di dalam melakukan pembangunan jaringan komputer serta internet di Indonesia.

Seiring berjalannya waktu, internet mengalami perkembangan cukup baik. Tentunya berkat jasa dari beberapa nama yang sudah disebutkan sebelumnya, layanan ISP pertama Indonesia kemudian diluncurkan tahun 1994 dengan nama IPTEKNET.

Pada tahun yang sama kemudian PT IndoInternet / IndoNet juga berhasil berdiri serta beroperasi. IndoNet sebenarnya merupakan ISP komersial pertama Indonesia yang awalnya memanfaatkan lisensi PT Lintas Arta. Ketika itu, sambungan awal internetnya memanfaatkan metode dial-up.

Internet dan Masyarakat Indonesia

Setelah mengetahui sejarah internet di dunia dan juga sejarah singkat internet di Indonesia maka kalian juga harus mengetahui bagaimana internet ini berhasil membaur dan kemudian menjadi bagian dari Masyarakat Indonesia.

Perlu diketahui jika internet yang ada di Indonesia semakin menunjukkan perkembangan cukup pesat. Bahkan untuk saat ini, Masyarakat Indonesia telah dapat mengakses internet menggunakan berbagai perangkat elektronik.

Fasilitas untuk mencatat dan menyimpan data sejarah penafsiran dan penggunaan internet adalah salah satu hal yang bisa ditemukan pada perangkat tadi. Ini tentu saja memudahkan pengguna terutama Masyarakat Indonesia untuk melihat kembali apa yang sudah pernah ditelusuri.

Menurut informasi, per Juni 2021 tingkat penetrasi internet Indonesia sudah berhasil mencapai peringkat 7 di Asia Tenggara jadi bila di totalkan jumlah pengguna internet sudah mencapai 212,35 jiwa. Perkembangan tari tidak terlepas dari banyak bermunculan perangkat untuk mengaksesnya dan juga layanan internet yang semakin terjangkau.00

Jadi itulah beberapa hal yang bisa diketahui tentang sejarah internet hingga bisa berkembang seperti saat ini. Untuk kalian yang merasa tertarik dengan jaringan internet dan ingin memperdalamnya maka bisa mengambil kelas di CourseNet. Untuk mentor dan materi yang diajarkan sudah pasti berkualitas dan mudah dipahami.

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!