course-net
Search
Close this search box.

Home >

Sistem Operasi Linux: Definisi, Fungsi dan Jenisnya

Tuesday, 19 December 2023 2:51 PM

sistem operasi linux

Sistem operasi Linux digunakan untuk mengoperasikan komputer atau laptop. Sedangkan variasi dari sistem operasi Linux biasa disebut dengan “Distro Linux” merupakan jenis-jenis Linux yang dirancang untuk berbagai sistem operasi yang biasa Anda gunakan. Variasi sistem Linux ini dirancang oleh Kernel Linux yang nantinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. 

Kini, hampir 90% internet didukung server Linux dan 80% OS yang digunakan di smartphone di seluruh dunia juga dirancang Kernel Linux. Hal inilah yang membuat Linux dikenal sebagai Sistem Operasi Open Source yang andal dan digunakan di seluruh dunia. 

Jika Anda ingin tahu lebih banyak soal Linux, simak penjelasan di bawah ini. 

Tentang Linux

Siapakah yang pertama kali menciptakan sistem operasi linux? Orang pertama yang berhasil mengembangkan Kernel Linux yaitu Linus Benedict Torvalds yang merupakan seorang rekayasawan perangkat lunak asal Finlandia yang kini juga menjabat sebagai koordinator project tersebut. 

Linux merupakan sebuah sistem operasi yang sifatnya open source atau bebas digunakan dan dikembangkan secara gratis. Lalu apa tujuan penggunaan sistem operasi Linux

Tujuan penggunaan sistem operasi ini yaitu untuk menjalankan komputer, laptop, smartphone, router Wifi, server dan jaringan data serta masih banyak lainnya. Linux memiliki peran yang hampir sama seperti Windows OS, iOs, Android, dan Mac OS yang sama-sama digunakan untuk menjalankan server web.

Apakah berarti Linux dan Windows merupakan sistem operasi yang sama? Tentu saja berbeda. Sebab Linux biasanya digunakan untuk pengembangan perangkat, sedangkan Windows dan iOS hanya digunakan untuk user dan tidak bisa dikembangkan. 

Fungsi Linux

Sebagai sebuah sistem operasi, Linux biasanya digunakan untuk mengembangkan perangkat. Sistem operasi Linux sifatnya open source, sehingga mudah digunakan, disebarluaskan dan juga dikembangkan secara gratis oleh semua orang.

Fungsi utama Linux yaitu untuk mengelola pembuatan infrastruktur jaringan. Jaringan yang dimaksud seperti internet, keamanan, IT, mesin industri dan sebagainya. Hal inilah yang membuat Linux sangat berperan penting dalam dunia industri. 

Jika tidak ada Linux, maka akan sulit mengembangkan sebuah perangkat atau alat yang sesuai dengan perkembangan zaman. Di era yang semakin modern ini, Linux mudah digunakan untuk mengembangkan berbagai perangkat dan jaringan. 

Hal inilah yang memungkinkan seseorang bisa menjadi pengembang aplikasi yang sukses. Anda juga bisa menggunakannya dengan bebas dan tanpa biaya. Berikut ini beberapa penjabaran tentang fungsi utama Linux: 

– Sebagai Server OS

Fungsi utamanya jelas menjadi server OS yang bisa menjalankan server website, email, database serta jaringan lainnya. Linux memiliki kemampuan, keamanan dan stabil untuk mengelola lalu lintas jaringan yang sangat tinggi. Hal inilah yang membuat Linux cocok digunakan untuk mengelola server. 

– Network OS

Linux juga berfungsi sebagai router, perangkat jaringan rumah, saklar dan lainnya. 

– Embedded Device OS

Fungsi lainnya yaitu Linux bisa digunakan dan tertanam di berbagai aplikasi. Hal ini bisa Anda temukan dalam perlengkapan rumah tangga canggih, peralatan sistem file dan sejenisnya. 

– Software Development

Salah satu fungsi utama sistem operasi Linux yaitu untuk pengembangan. Linux merupakan tempat untuk beberapa alat pengembang yang digunakan untuk perangkat lunak. Sebab Linux sifatnya open source, sehingga bisa digunakan kapan saja, oleh siapa saja dan bebas. 

– Cloud

Bagi Anda yang biasa menggunakan cloud computing, Linux merupakan komponen penting dalam penyimpanan ini. Fungsi lain Linux yaitu memberikan akses cloud computing untuk menjalankan server cloud dan layanan lain. 

Jenis Linux

Setelah mengetahui fungsinya, sistem operasi Linux merupakan turunan dari sistem operasi UNIX yang menggunakan lisensi GNU GPL. Sistem operasi inilah yang terus dikembangkan oleh pemrogram dari seluruh dunia.

Hal inilah yang membuat Linux memiliki beragam jenis yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan. Berikut ini beberapa jenis Linux: 

1. Debian 

OS Debian merupakan salah satu jenis Linux yang memiliki performa stabil. Hal inilah yang membuat OS Debian biasanya digunakan untuk mengoperasikan komputer server atau admin. 

OS Debian bisa digunakan di semua jenis perangkat. Salah satu keunggulannya yaitu performanya stabil dan pemeliharaannya berbasis APT yang canggih sehingga sangat membantu sistem komputer bekerja lebih cepat dan aman. 

2. Elementary OS

Jenis lain yang mudah Anda temui yaitu Elementary OS yang berfungsi untuk memberikan pengalaman pengguna website agar lebih intuitif. Elementary bisa Anda gunakan untuk membuat tampilan agar mirip dengan desktop macOS.

3. Ubuntu

Salah satu jenis Linux yang paling populer yaitu Ubuntu. Ubuntu memberikan layanan agar tampilan antarmuka lebih intuitif, memiliki instalasi yang mudah serta memiliki komunitas yang lebih luas. 

Linux Ubuntu sendiri memiliki beberapa varian seperti Ubuntu Server, Ubuntu Desktop, Xubuntu, Kubuntu dan Lubuntu. 

4. SuSE

Jenis sistem operasi Linux ini dikembangkan oleh OpenSuSE Project. Salah satu keunggulannya yaitu user friendly, terutama untuk pengguna baru yang ingin belajar soal sistem operasi. 

Performa Linux ini juga cenderung stabil dan punya desain yang menarik. Karena tampilannya yang mudah, SuSE ini cocok digunakan pemula karena memiliki beragam pilihan bahasa yang akan memudahkan pemula. 

5. Mandriva

Sistem operasi ini ada sejak tahun 1998 dan menggunakan RPM Package Manager. Jenis Linux ini bisa digunakan khusus untuk Anda yang ingin kemudahan instalasi berbasis GUI. 

Mandriva Linux cocok digunakan untuk Anda yang membutuhkan berbagai software yang akan digunakan dalam perkantoran. Jenis Linux ini juga tersedia lebih dari 68 bahasa, sehingga cukup mudah dimengerti. 

Kelebihan Sistem Operasi Linux

Dari beberapa jenis Linux yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan, ada beberapa kelebihan Linux yang juga perlu dipahami. Berikut ini beberapa kelebihan Linux yang perlu diketahui: 

– Kebal Malware

Sistem komputer ini dikenal kebal malware dibandingkan beberapa sistem operasi lainnya. Linux memiliki sistem keamanan yang lebih tinggi dibandingkan lainnya. 

Namun hal ini bukan berarti Linux benar-benar aman dari serangan malware. Linux meminimalisir risiko terserang malware karena mengharuskan pengguna menjadi administrator jika ingin menjalankan sebuah program. 

– Aplikasi Bawaan Lengkap

Kelebihan lainnya yaitu aplikasi bawaan cukup lengkap, terutama saat Anda menginstal pertama kali. Jika Anda membutuhkan sistem operasi untuk tujuan tertentu, Anda bisa mencari aplikasi yang pasti sudah ada di dalam sistem Linux. 

– Open Source

Kelebihan utama Linux yaitu open source yang membuat aplikasi ini banyak digunakan di berbagai server. Anda bisa menggunakan Linux tanpa membutuhkan lisensi khusus yang biasanya harganya mahal. Linux bisa Anda gunakan secara gratis dan menyesuaikan kebutuhan Anda. 

Meskipun ada banyak keunggulan, namun sistem operasi Linux juga punya sedikit kekurangan. Salah satunya tampilan interface yang cukup rumit, sehingga akan sulit dipahami pemula. Namun Anda bisa kursus di CourseNet untuk lebih memahami soal Linux dengan didampingi profesional.

Kursus networking di sini akan membantu Anda belajar banyak hal, terutama soal Linux dan cara mengembangkan berbagai aplikasi. Selamat belajar!

Artikel Terkait

Tags

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!

Mau Berkarir Di Bidang Networking? Tapi Ga Punya Basic IT

Kursus di Course-Net, Anda akan didampingi langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. 100.000++ ORANG DARI LEVEL MAHASISWA, STAFF, MANAGER, HINGGA BUSINESS OWNER TELAH BERGABUNG BERSAMA DI COURSE-NET INDONESIA DAN TERUS BERTAMBAH! Jadi Kapan giliran Anda ikut kursus di Course-Net?