course-net
Search
Close this search box.

Struktur Data Adalah : Apa Itu Struktur Datas ? Kegunaan & Jenisnya

Minet

October 24, 2022

Struktur Data Adalah : Apa Itu Struktur Datas ? Kegunaan & Jenisnya

Struktur Data Adalah : Apa Itu Struktur Data ? Kegunaan & Jenisnya – Masih seputar dunia pemrograman yang sedang meningkat peminatnya saat ini. Salah satu bagian terpenting dan harus dipahami oleh kalangan programmer adalah struktur data. Hadirnya struktur ini dengan tujuan memudahkan user atau pengguna saat mengakses data yang cepat dan tepat.

Hanya saja, masih banyak yang menganggap keberadaannya sangat sulit dipelajari. padahal, sesungguhnya struktur data mudah dipelajari saat kita sedang bersungguh-sungguh dalam mendapatkan ilmunya. Informasi inilah yang akan membantu Anda dalam mengenalkan bagian penting ini.

Struktur Data Adalah ? Panduan Penggunaan & Jenis Tipe Data

Struktur Data Adalah ? Panduan Penggunaan & Jenis Tipe Data

Kami akan membawa Anda untuk mengenal lebih jauh terkait definisi, tipe, tujuan, bahkan bagaimana cara untuk mempelajarinya. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah mengenal bagian terpenting dalam dunia pemrograman.

Definisi dari Struktur Data

Apa itu Struktur Data? Tentunya sebelum mengenal lebih jauh, kita harus bisa memahami lebih jauh dan mendalam definisinya terlebih dahulu. Struktur data adalah sebuah cara dalam menyimpan dan mengatur sebuah data dengan terstruktur pada sistem database sehingga bisa lebih mudah untuk diakses.

Ada beberapa istilah yang harus Anda pahami pada materi ini, yaitu:

  1. Node, merupakan sebuah elemen dalam struktur data yang berisi pointer ke node yang selanjutnya
  2. Indeks, merupakan objek yang memang berada dalam sistem database dan bisa mempercepat proses pencairan suatu data.

Bagian ini memang diperuntukkan dalam mengelola, melakukan kompres file bahkan digunakan untuk mengolah data yang lainnya. Struktur inilah yang menjadi dasar yang harus Anda pelajar karena bisa membantu Anda dalam menyatukan bermacam-macam elemen data dengan efektif.

Struktur data juga bisa mempengaruhi ketepatan algoritma dari suatu program. Oleh karena itu, keberadaannya menjadi hal yang penting dalam sebuah proses pemrograman.

Kegunaan

Setelah mengenal pengertian struktur data, lanjut ke informasi selanjutnya yang berkaitan dengan kegunaannya. Dengan mengetahui kegunaannya, diharapkan semakin banyak orang yang akan tertarik dalam belajar pemrograman.

Inilah kegunaan yang bisa didapatkan, antara lain:

  1. Proses pemrograman jauh lebih mudah. Perintah yang dibuat dengan bahasa pemrograman juga jauh lebih mudah.
  2. Dalam segi menyimpan dan mengatur data akan lebih efisien, rapi dan terorganisir.
  3. Adanya pertukaran data, tetap bisa Anda lakukan dalam membagikan informasi yang cepat dan mudah walaupun dilakukan dengan antar aplikasi.
  4. Bisa tingkatkan kualitas algoritma, Algoritma dan struktur data bisa menjadi kesatuan yang saling berpengaruh dalam efektivitasnya.
  5. Bisa lakukan antisipasi masalah coding, masalah akan lebih cepat selesai saat gunakan ini. Sebab kita bisa ketahui letak kesalahan atau error yang terjadi dan bisa segera ditangani.
  6. Mampu mengelola sumber daya dan layanan, sistem operasi bisa diatur yang nantinya akan memuat manajemen direktori file, alokasi memori, dan sebagainya.
  7. Pengindeksan, digunakan untuk mengindeks suatu objek yang memang sudah tersimpan dalam database.
  8. Searching, akan lebih cepat dalam proses pencarian.
  9. Skalabilitas, bisa digunakan dalam mengalokasikan dan mengelola penyimpanan data dari semua penyimpanan.

Itulah kegunaan yang terdapat di struktur dalam dunia pemrograman. Sudah bisa dipastikan memang keberadaannya sangat berperan penting. Terlebih saat terjadi problem atau error akan jauh lebih mudah ditemukan atau dilacak.

Tipe-Tipe Data

Tipe-Tipe Data

Setidaknya Anda benar-benar harus mengenal dan mengetahui dengan singkat terkait tipe-tipe yang ada pada struktur basis data. Tipe struktur ini memang digunakan dalam menyimpan data di komputer. Berikut ini tipe-tipe struktur data yang bisa Anda pahami:

1. Tipe Array

Tipe ini memiliki sebuah kumpulan elemen dengan jarak yang berdekatan. Ini memang sangat membantu dalam menari data yang acak dan bisa diandalkan hanya dengan gunakan indeksnya saja.

Keunggulan dari tipe array adalah ;

  • Mampu berperan sebagai implementasi tipe lain seperti queue dan stack
  • Dalam proses pencarian sebuah data akan lebih cepat

Tentunya masih ada kekurangan dibalik kelebihan tersebut. Kekurangan dari tipe ini adalah:

  • Proses penambahan dan pengurangan suatu data akan membutuhkan waktu yang lama. Tipe ini akan menampung data secara berurutan.

2. Tipe Linked List

Tipe linked list merupakan tipe dengan struktur data yang terdiri dari urutan data yang linier dan dihubungkan satu dengan yang lainnya. Ketika menggunakan tipe ini, maka Anda harus bisa mengakses data secara manual karena tidak bisa mencari data dengan sistem yang acak.

Untuk tipe ini akan terbagi lagi menjadi 3 jenis, yaitu:

  • Jenis singly linked list
  • Jenis doubly linked list
  • Jenis circular linked list

Tenang saja, ketiganya tetap bisa Anda bedakan dari proses proses kunjungan atau traversal yang terjadi ke setiap noder di dalam satu waktu.

Keunggulan yang diberikan dari tipe ini adalah:

  1. Mempunyai ukuran yang lebih dinamis
  2. Penggunaan memori yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda
  3. Proses penambahan dan pengurangan data jauh lebih cepat

Sedangkan kekurangan yang terdapat dari tipe ini adalah:

  1. Sayangnya, memori bisa saja terkuras lebih besar
  2. Anda tidak bisa kembali ke node yang sebelumnya
  3. Adanya proses traversal yang jauh lebih panjang dikarenakan tidak secara langsung mengakses pada indeks

3. Tipe Stack

Tipe struktur data ini termasuk yang linier dan mengikuti urutan yang tertentu. Urutan yang digunakan dari tipe stack adalah LIFO atau Last In First Out dan FILO atau First In Last Out. Istilah tersebut mempunyai arti yang sama, yaitu data yang terakhir masuk akan menjadi data yang keluar pertama kali dan sebaliknya.

Keunggulan yang ditawarkan dari tipe in antara lain:

  1. Bisa kelola data dengan efisien
  2. Bisa bersihkan objek dengan otomatis
  3. Bisa lakukan kontrol memori lebih mandiri

Kekurangan yang dimilikinya, antara lain:

  1. Memori yang mempunyai kapasitas yang terbatas
  2. Bisa terjadi overflow saat jumlah objek terlalu banyak
  3. Tidak bisa lakukan akses data yang acak

Ketiga tipe tersebut bisa Anda pelajari terlebih dahulu, sebab masih ada tipe yang lainnya .Tipe lain yang bisa Anda ketahui lebih jauh antara lain:

  1. Tipe Queue
  2. Tipe Tree
  3. Tipe Graph
  4. Tipe Hash Table

Masih sama dengan tipe yang sudah dijelaskan, sisa keempat tipe-tipe ini juga mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing dari cara penggunaannya.

Sekarang sudah paham bukan jika struktur data memang mempunyai posisi dan peran yang penting dalam dunia pemrograman. Dengan informasi yang sudah dijelaskan di atas, Anda sudah bisa membekali diri dengan informasi dasar struktur tersebut.

Jika sudah mengenal dasar-dasarnya, maka Anda bisa lanjut mempelajari cara pemrograman baik secara otodidak ataupun dengan mengikuti kelas khusus yang sesuai. Semuanya akan jauh lebih mudah dipahami ketika Anda mempelajarinya dengan tekun. Yap itu saja yang bisa dibagi kali ini, semoga membantu!

Mau Lebih Dalam Belajar Struktur Data ?

Kini anda bisa mahir dalam struktur data, dengan mengikuti Course-Net ITVersity. ITVersity ini menjelaskan tentang dasar IT, seperti Algoritma , Struktur Data, OOP , Database hingga computer System. Anda bisa melihat kurikulum ITVersity disini, Atau bisa langsung mengisi form dibawah ini. :

Semoga informasi yang kami berikan dan bermanfaat untuk anda, Yuk belajar IT kini lebih mudah bersama Course-Net.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!