course-net
Search
Close this search box.

Tipe Data Adalah: Definisi, Fungsi, dan Jenisnya

Minet

October 25, 2022

Tipe Data Adalah: Definisi, Fungsi, dan Jenisnya

Tipe Data Adalah: Definisi, Fungsi, dan Jenisnya – Dengan perkembangan dunia yang sudah serba digital dan komputerisasi, justru bisa memberikan peluang yang besar bagi seorang programmer atau anak IT untuk memanfaatkan momen yang satu ini. Bagi seorang programmer, tentunya Anda sudah mengenal istilah data bahkan tipe data.

Data sendiri merupakan sesuatu yang memang belum memiliki arti untuk penerimanya, sehingga masih memerlukan sebuah pengolahan data. Data juga mempunyai bervariasi tipe data yang sudah terklasifikasi. Masing-masing mempunyai fungsi dan kerjanya berbeda-beda dan sendiri.

Tipe Data Adalah ? Belajar Mengenal Tipe Data

Apa Itu Tipe Data?

Apa Itu Tipe Data?

Pernah terbayangkan dan pasti mencari tahu jawaban dari pengertian tipe data itu sendiri. Tipe data adalah bentuk klasifikasi variable dalam menentukan data yang nantinya disimpan ke dalam sebuah memori. Tentunya, kita bisa temukan berbagai macam tipe yang fungsinya bermanfaat bagi kinerja komputer dengan kode bahasa pemrogramannya.

Pada dunia pemrograman memang diartikan khusus bahwa ia adalah format data storage yang terkandung jenis atau rentang nilai tertentu. Keberadaan ini juga masih kurang familiar untuk kalangan orang programmer dan dianggap wajar sebab ada banyak bidang yang harus mereka pahami.

Fungsi

Sebuah tipe data memang bisa dipahami dengan baik ketika langsung diterjunkan atau difungsikan secara baik dan langsung. Keberadaannya bagi programmer dan masyarakat umum mempunyai fungsinya masing-masing.

Fungsi dari adanya tipe untuk seorang programmer antara lain:

  1. Bisa berikan control atau batasan tersendiri dari sebuah program yang sedang dibuat.
  2. Mampu pilih tipe para programmer yang bisa tentukan memori yang akan digunakan.

Sedangkan, fungsi untuk masyarakat umum antara lain:

  1. Mampu mengenal adanya bilangan bulat dan tak bulat
  2. Mampu melakukan penentuan suatu volume air dari bentuk bangunan.

Dengan begitu, setiap elemen akan merasakan dampaknya masing-masing. Programmer memang harus dan penting menguasai salah satu tipe tersebut agar bisa menyempurnakan mesin pencari yang sudah digunakan di Indonesia.

Jenis-Jenis

jenis tipe data

Informasi yang bisa dijelaskan dalam satu tempat memang tidak akan cukup, terlebih mempelajari dunia programmer yang sebelumnya sudah harus menguasai komputer. Oleh karena itu, untuk menghindari minimnya ilmu dan informasi terdapat jenis tipe data yang memang secara umum lebih banyak yang menggunakannya.

Tipe data ini akan mempunyai berbagai macam jenis yang sesuai dengan data yang akan digunakan. Inilah tipe yang paling umum digunakan antara lain:

  • Tipe data String

Jenis tipe data String ini mempunyai kumpulan karakter dengan panjang tertentu. Tipe ini memang sering dianggap sebagai tipe yang dasar sebab tipe inilah yang paling umum digunakan oleh masyarakat.

Hampir semuanya sama dengan tipe Char, hanya saja penulisan karakter String jika dalam bahasa pemrograman akan diawali dan diakhiri dengan kutip ganda dan kenal penulisan null untuk semua karakter yang kosong.

  • Tipe data boolean

Tipe data Boolean merupakan tipe dengan jenis data yang setelah dikuasai sebelum nantinya terjun ke dalam dunia pemrograman.

Jenis ini biasanya akan digunakan saat mewakili nilai yang bear dan salah. Nilai salah atau false dan true nantinya akan direpresentasikan pada angka 0. Tipe ini juga hanya bisa untuk

merepresentasikan dua nilai dengan pertimbangan, contohnya hubungan angka kecil dan besar.

  • Tipe data Integer

Tipe data Integer adalah tipe yang bisa didefinisikan sebagai sebuah bilangan bulat. Jika diartikan dalam suatu program menggunakan tipe ini tidak akan mendukung penggunaan huruf. Kemudian bilangan yang digunakan harus bulat.

  • Tipe data float

Selanjutnya terdapat tipe data float yang disebut sebagai tipe data dengan bilangan yang real. Tipe ini bisa menuliskan karakter desimal atau berkoma bahkan sudah mendukung bilangan yang berkoma, sebagai contoh adalah 3, 14, atau 1,2.

  • Tipe data Array

Kemudian terdapat tipe data array yang sudah dikenal dengan sebutan list. Tipe ini memang sudah digunakan untuk menyimpan elemen dari urutan tertentu dan memang dari tipe yang sama. Elemen atau nilai struktur data array juga bisa mengambil dengan indeks data integer yaitu (-1, 0, 2, 3)

Masih banyak jenis tipe yang lainnya, setidaknya kelima tipe data bisa lebih dikuasai oleh Anda, sehingga bisa lebih mudah membantu Anda dalam dunia pemrograman. Tipe data Integer, float, dan complex termasuk dalam tipe data numerik yang terdapat dan digunakan untuk tangani data di Python.

Python sendiri merupakan sebuah bahasa pemrograman yang digunakan dalam kembangkan atau membuat program dan aplikasi. Anda bisa mulai membuat program dan aplikasi untuk digunakan pada sistem komputer bahkan aplikasi kecerdasan buatan.

Fungsi Python inilah yang menghasilkan baris kode dan dikelompokkan menjadi satu kesatuan dan mampu digunakan berkali-kali. Baris kode ini juga bisa diselipkan data numerik di dalamnya.

Baca Juga : Apa Itu Database ? Pengertian, Fungsi, Jenis hingga Contohnya!

Macam Tipe Kategori Primitive

Setelah mengenal tipe data yang bersifat numerik, ada pula tipe dengan kategori primitive. Tipe primitive ini mempunyai 4 jenis dimana tipe ini memang dikenal dengan menyimpan satu nilai dan dalam satu variablenya.

Inilah macam-macam tipe data yang termasuk dalam kategori primitive yaitu:

1. Bilangan bulat atau Integer

Tipe ini memang tergolong numerik dan akan digunakan saat ditemukan bilangan bulat. pada tipe ini akan dibagi lagi menjadi 4 jenis, yaitu:

  • Byte, digunakan saat data stream pada file maupun jaringan
  • Short, digunakan pada komputer dengan kapasitas 16-bit
  • Int, digunakan karena mampu merepresentasikan angka dalam pemrograman
  • Long, digunakan ketika nilainya berada di luar kapasitas rentang tipe int.

2. Bilangan pecahan atau Floating Point

Tipe ini khusus untuk menangani bilangan desimal atau perhitungan yang detail. Ada 2 jenis pada tipe ini, yaitu:

  1. Float, digunakan saat menandai nilai yang presisi
  2. Double, digunakan ruang penyimpanan 64-bit saat menyimpannya.

3. Karakter atau Char

Tipe ini mempunyai aturan “unicode” jadi bilangan harus diawali dengan kode “/u” namun bisa juga gunakan bilangan heksadesimal dari 0000 hingga FFFF.

Baca Juga : Normalisasi Database Adalah : Pengertian ,Contoh & Tujuannya

4. Boolean

Terakhir terdapat tipe boolean yang termasuk tipe dengan dua nilai benar atau salah. Ini penting digunakan saat mengambil keputusan.

Berakhir sudah informasi yang bisa dijelaskan terkait dunia tipe data. Anda bisa mempelajari lebih lanjut bagaimana bahasa pemrograman yang digunakan untuk tipe data tersebut. Dengan begitu, Anda bisa lebih mahir dalam dunia pemrograman.

Macam-macam tipe tersebut biasanya digunakan dalam pemrograman komputer, seperti Java dan lainnya. Masih banyak lagi tipe lainnya dan tidak mungkin diuraikan detail melalui artikel. Oleh karena itu, Anda perlu mengikuti kelas kursus yang mempelajari hal tersebut agar lebih mudah mendapatkan ilmu.

Macam-macam tipe yang dijelaskan di sini hanyalah sebagian tipe yang memang biasa digunakan oleh programmer dan harus dikuasai oleh seorang programmer saat sedang menjalankan proses pembuatannya. Semoga informasi ini bisa membantu Anda dalam menambah ilmu terkait tipe dari data.

Mau Belajar Tipe Data ?

Disin anda harus belajar tipe data terlebih dahulu, Sehingga anda bisa memahami struktur data dan algoritma. Di Course-Net dalam program ITVersity anda akan diajarkan dari dasar khusus untuk pemula. Untuk mengikuti pelatihan ini anda diharuskan mengisi form dibawah ini :

Segera daftarkan diri anda dalam mempelajari sebuah database di Course-Net, Gabung Di ITVersity Course-Net Indonesia.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!