course-net
Search
Close this search box.

Home >

Test Engineer Adalah : Pengertian, Tugas, dan Skill

Monday, 23 October 2023 4:04 PM

Test Engineer Adalah

Di setiap industri, sebelum meluncurkan produk pastinya akan ada pengujian terlebih dahulu. Dibalik produk yang berkualitas, tentunya produk tersebut sudah melalui berbagai macam test dan uji coba. Test engineer adalah sosok dibalik itu yang bertanggung jawab untuk memastikan agar produk tersebut sudah layak dipasarkan.

Apa Itu Test Engineer

Test engineer adalah seorang profesional yang bertanggung jawab untuk menguji produk tertentu dan memastikan bahwa produk tersebut memenuhi persyaratan atau berfungsi dengan baik. Mereka juga berperan untuk merancang dan menentukan metode terbaik untuk melakukan pengujian untuk menguji produk tersebut sebelum diperkenalkan ke pasar atau customer.

Profesi ini dapat bekerja di berbagai industri seperti IT, pengembangan software, hardware, dan sebagainya. Dalam menjaga kualitas produk, peran mereka sangatlah penting untuk memastikan bahwa customer merasa puas dengan produk tersebut. Selain itu, dengan adanya identifikasi masalah sejak awal, maka dapat menghemat waktu dan biaya untuk jangka panjang.

Tugas Test Engineer

Tugas utama dari profesi ini tentunya terkait dengan pengujian dan pengecekan keseluruhan produk sebelum diluncurkan. Disini kita akan membahas lebih spesifik apa aja tugas seorang test engineer :

1. Merencanakan Pengujian

Test engineer biasanya akan merencanakan pengujian dengan merancang strategi terlebih dahulu. Jenis pengujian yang akan dilakukan tergantung pada produknya.

Setelah itu test engineer menentukan jenis pengujian apa yang akan digunakan serta bagaimana dan kapanproduk tersebut harus diuji.

2. Melakukan Uji Peralatan

Test engineer bertugas untuk menguji semua fungsi produk dan memastikan bahwa produk tersebut berfungsi sesuai harapan customer. Bisa juga menguji apakah ada masalah atau celah yang dapat diperbaiki.

Dengan adanya pengujian, maka produk yang diluncurkan hasilnya akan lebih maksimal dan meminimalisir adanya masalah pada produk.

3. Membuat Laporan Hasil Temuan

Dalam menjalankan pengujian dan pengecekan, hasilnya harus direkam dan data-data tersebut dikumpulkan. Hal tersebut dapat menjadi evaluasi untuk pengembangan produk kedepannya.

Jika ditemukan masalah seperti bug atau yang lainnya, seorang test engineer harus melaporkannya kepada tim. Issue tersebut akan ditentukan prioritasnya untuk dibuatkan skenario perbaikan dan pengujiannya.

4. Debugging Perangkat Lunak

Seorang test engineer yang bekerja dengan perangkat lunak biasanya menjalankan proses debug. Proses debug melibatkan penggunaan sistem dengan menu yang terintegrasi dalam perangkat lunak untuk menguji segala aspek dan fungsi perangkat lunak tersebut.

Seperti contoh dalam pengujian video game, di dalam menu debug terdapat semua fungsi, animasi, dan tekstur game untuk digunakan selama evaluasi oleh teknisi pengujian.

Skill yang Diperlukan Untuk Menjadi Test Engineer

Untuk memulai karier di profesi ini, tentunya diperlukan skill atau keterampilan khusus untuk menjadi test engineer yang layak.

Apa saja skill yang dibutuhkan?

1. Pengetahuan Teknis

Seorang test engineer harus memiliki pengetahuan teknis terhadap produk atau program yang akan diuji untuk menentukan kualitas yang bagus dari produk tersebut.

Contohnya yaitu, untuk melakukan pengujian perangkat lunak atau software maka seorang test engineer tentunya harus memahami kode. Tanpa adanya pengetahuan teknis, maka pengujian tidak dapat dilakukan secara maksimal.

 2. Analisis

Seorang test engineer harus memiliki skill analisis. Seorang test engineer harus memiliki tugas untuk menganalisis hasil pengujian dari setiap produk.

Jika tidak memiliki skill analisis yang kuat, mereka tidak mampu membuat produk menjadi berkualitas. Karena itulah skill analisis yang tinggi wajib dimiliki oleh seorang test engineer.

3. Kreativitas

Seorang test engineer harus bisa berpikir kreatif saat melakukan pengujian produk. Dengan begitu, produk yang dihasilkan jadi semakin unik dan berkualitas.

4. Teamwork

Untuk melakukan pekerjaan menjadi lebih baik, seorang test engineer harus bisa bekerja sama dengan tim. Dalam pengujian tentunya test engineer harus bekerja dengan departemen lain dalam mempelajari lebih lanjut tentang produk yang diuji.

Dengan adanya skill teamwork, mereka dapat bekerja secara efektif dan saling membantu antar departemen dalam menyarankan rencana untuk kemajuan proyek tersebut.

Kesimpulan

Itulah ulasan mengenai test engineer. Test engineer adalah profesi yang penting di dalam perusahaan, untuk memastikan bahwa produk yang diciptakan dapat berfungsi dengan baik. Dengan adanya produk yang berkualitas, pastinya akan memberi kepuasan kepada pelanggan.

Salah satu skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang test engineer adalah analisis. Untuk mempelajari dan memperdalam ilmu tersebut, Anda dapat mengikuti kursus Data Analyst di Course-Net. Segera kunjungi kunjungi Course-Net untuk info lebih lanjut.

Kursus IT di Course-Net Di Jamin SAMPAI BISA!

Masih Ga percaya ? Di Course-Net kamu Belajar Langsung Oleh Coach Praktisi Aktif Berpengalaman

Play Video about kursus IT

Tertarik mau berkarir dibidang IT? Tapi Ga punya SKill IT? Atau Karir IT kamu stuck gini gini aja ?Tenang, Kamu akan dibimbing langsung oleh Coach Praktisi Aktif Kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun.

SAYA BERMINAT, SAYA MAU LIHAT PROGRAM KURSUS DI COURSE-NET

Yuk, Akselerasi Karir IT mu untuk berkarir dengan apa yang kamu mau. Eiits jangan lupa, Berkarir di bidang IT bisa GAJI 2 Digit Loh, Ga percaya ? Yuk Daftar Sekarang Di Course-Net Indonesia.

Artikel Terkait

Tags

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!

Mau Berkarir Di Bidang IT? Tapi Ga Punya Basic IT

Kursus di Course-Net, Anda akan didampingi langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. 100.000++ ORANG DARI LEVEL MAHASISWA, STAFF, MANAGER, HINGGA BUSINESS OWNER TELAH BERGABUNG BERSAMA DI COURSE-NET INDONESIA DAN TERUS BERTAMBAH! Jadi Kapan giliran Anda ikut kursus di Course-Net?