course-net
Search
Close this search box.

Home >

Menjadi Profesional dengan Ikut Bootcamp Data Analyst

Wednesday, 18 October 2023 1:26 PM

Bootcamp Data Analyst

Di era digital ini, banyak perusahaan yang mengambil keputusan berdasarkan data. Data analyst menjadi salah satu profesi yang banyak dicari dan dibutuhkan. Banyak orang yang mulai mengikuti pelatihan atau bootcamp data analyst untuk mendapatkan sertifikasi agar bisa memulai karier di bidang tersebut.

Data analyst adalah seseorang yang memiliki keahlian dalam menganalisis data untuk mendukung pengambilan keputusan bisnis di suatu perusahaan. Mereka bertanggung jawab untuk mengolah data menjadi wawasan dan informasi yang dapat digunakan oleh perusahaan.

Peran ini dianggap penting dalam pengambilan keputusan berdasarkan bukti dan data. Mereka dapat bekerja di berbagai industri seperti keuangan, pemasaran, dan sebagainya untuk membantu perusahaan dalam mengidentifikasi peluang bisnis.

Untuk menjadi seorang data analyst profesional, biasanya orang ikut bootcamp untuk mempelajari skill tersebut dan mendapat pelatihan agar semakin menguasai bidang tersebut. Banyak keuntungan yang bisa didapat dari mengikuti bootcamp atau pelatihan tertentu.

Keuntungan Ikut Bootcamp Data Analyst

Dengan mengikuti bootcamp, tentunya Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan dan manfaat terutama untuk Anda yang ingin memulai karier di bidang analisis data atau meningkatkan skill yang dimiliki. Memilih bootcamp tentunya harus selaras dengan tujuan Anda serta pertimbangan lainnya.

Baca juga : Inilah Bahasa Programming Sangat Popular Tahun 2023

Berikut beberapa keuntungan Anda mengikuti bootcamp data analyst :

1. Mendapat Pelatihan Langsung dan Intensif

Bootcamp menawarkan pembelajaran praktis yang memungkinkan Anda untuk langsung mengerjakan proyek dan kumpulan data yang asli. Pengalaman ini sangat berharga untuk mengasah skill dan mendapatkan kepercayaan diri dalam menganalisis data. Semakin banyak berlatih melakukan proyek nyata, Anda akan semakin lihai dan terampil.

Anda akan dibimbing langsung oleh Coach berpengalaman yang profesional di bidang data analyst. Dengan bimbingan dan wawasan dari mereka, Anda akan mendapatkan banyak ilmu dan materi pembelajaran baru.

Dengan program intensif, durasi pembelajaran akan lebih singkat sehingga cara ini efisien untuk memperoleh skill yang diperlukan hanya dalam hitungan minggu atau beberapa bulan. Bootcamp terasa lebih efisien dibanding mengejar gelar tradisional yang memakan waktu lama.

2. Kurikulum yang Terfokus

Bootcamp dirancang khusus untuk fokus pada skill, alat, dan teknik analisis data. Anda akan langsung berkonsentrasi mempelajari hal seputar data analyst tanpa harus menghabiskan waktu untuk tugas yang tidak behubungan.

Anda dapat lebih terfokus untuk membangun portofolio proyek yang menunjukkan skill Anda dalam data analyst.

Dengan kurikulum yang terfokus, Anda akan lebih menguasai dan menonjolkan skill data analyst yang telah diasah. Dengan memperoleh keterampilan dengan cepat, Anda dapat siap kerja dalam waktu singkat.

3. Menambah Jaringan

Seringkali, bootcamp menawarkan peluang untuk terhubung dengan orang dari industri yang sama. Hal ini dapat bermanfaat untuk menambah koneksi dan juga bisa mendapatkan pekerjaan.

Menambah jaringan dengan orang akan sangat bermanfaat untuk bekerjasama atau berkolaborasi.

4. Mendapat Sertifikasi

Setelah menyelesaikan bootcamp, pastinya Anda akan mendapat sertifikat tanda penyelesaian. Sertifikat bisa menjadi bukti valid bahwa Anda telah berhasil menyelesaikan pelatihan dan telah menguasai skill tertentu.

Sertifikat dapat membantu Anda untuk menunjukkan skill kepada recruiter. Hal itu juga bisa menjadi poin plus untuk Anda karena dengan mengikuti bootcamp, Anda dianggap dapat berkomitmen dalam menyelesaikan pelatihan tersebut.

Namun untuk mendapatkan sertifikasi, akan ada ujian kelayakan peserta untuk siap kerja. Anda akan mengikuti tes atau membuat proyek akhir sebagai syarat kelulusan.

Baca juga : Phising Adalah : Definisi, Jenis dan Cara Menghindarinya

Skill Yang Harus Dimiliki Seorang Data Analyst

Dengan mengikuti bootcamp, tentunya Anda akan memperoleh skill atau keterampilan tertentu yang membantu Anda untuk berkarier di bidang Data Analyst. Untuk menjadi seorang data analyst, Anda harus memiliki dan menguasai beberapa skill berikut ini :

  • Mengoperasikan Microsoft Excel
  • Menguasai bahasa pemrograman seperti SQL, Python dan R
  • Analisis data
  • Matematika & statistika
  • Visualisasi data

Skill tersebut dapat diperoleh dengan sering melatih dan mempelajarinya. Mungkin terkadang Anda kesulitan untuk mempelajarinya sendiri. Karena itu, Anda dapat mengikuti pelatihan atau bootcamp agar bisa menjadi seorang data analyst profesional.

Rekomendasi Tempat Bootcamp Data Analyst Terbaik

Bootcamp data analyst merupakan program pelatihan intensif yang dirancang untuk mempersiapkan seseorang dengan skill dan pengetahuan tertentu untuk memulai karier sebagai data analyst. Biasanya pelatihan ini berlangsung dalam waktu yang relatif singkat dan berfokus pada project-based.

Dengan mengikuti bootcamp, Anda akan menguasai skill data analyst seperti mengumpulkan, membersihkan, menganalisis, dan membuat laporan data.

Pelatihan ini juga tersedia dalam berbagai format, seperti kelas online dan kelas tatap muka. Anda dapat memilihnya sesuai kebutuhan dan ketersediaan Anda.

Dalam memilih bootcamp, tentunya Anda harus memilih tempat yang berkualitas dan terbaik. Course-Net menyediakan kursus data analyst yang dapat membantu Anda untuk menguasai skill data analyst. Dengan bimbingan Coach berpengalaman kelas dunia, Anda dapat meningkatkan peluang karir sebagai professional Data Analyst hingga bergaji puluhan juta!

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Tags

Artikel Terkait

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!