course-net
Search
Close this search box.

Web Scraping: Kenali Pengertian, Kegunaan dan Cara Kerjanya

Minet

April 3, 2024

apa itu web scraping

Peran web scraping menjadi sangat penting terutama di perkembangan ekonomi digital. Ini diakibatkan jumlah data yang ada di internet terus mengalami perkembangan secara cepat. Banyak pihak yang bergantung kepada data guna melakukan identifikasi trend, mengikuti persaingan, memahami perilaku dari pelanggan dan lainnya.

Lonjakan tersebut membuat analisis data sudah menjadi bagian penting saat organisasi dijalankan. Perkembangan bidang analisis data yang semakin besar, kecerdasan buatan, serta pembelajaran mesin maka perusahaan membutuhkan analis data yang dapat melakukan hal tersebut.

Mengenal Apa Itu Web Scraping

Web scraping adalah teknik yang dipergunakan untuk mengumpulkan konten serta data melalui internet. Data tersebut umumnya disimpan di file lokal jadi bisa dimanipulasi serta dianalisis sesuai dengan kebutuhan.

Akan tetapi saat membicarakan mengenai teknik ini, akan merujuk ke aplikasi software. Aplikasinya deprogram guna mengunjungi website, mengambil halaman yang relevan, serta mengekstraksi informasi berguna.

Otomatisasi proses tersebut, bot-bot yang ada bisa mengekstrak jumlah data jumlah besar pada waktu yang singkat. Tentunya teknik ini tergolong sangat penting dikarenakan big data yang harus selalu diperbarui serta berubah ketika memainkan peran yang penting.

Kenali Kegunaannya

Teknik ini mempunyai banyak aplikasi dan paling utama pada bidang analisis data. Untuk perusahaan riset pasar memakai alat scraping guna mengambil data melalui media sosial ataupun forum online.

Sudah banyak perusahaan melakukan scraping kontak saat mengambil data melalui web yang akan dipakai untuk kebutuhan pemasaran.

Ketika kalian pernah memberikan izin ke sebuah perusahaan untuk dapat mengakses kontak sebagai imbalan memakai layanannya, maka kalian sudah memberi perusahaan tadi izin guna melakukan scraping dan tidak terdapat banyak pembatasan untuk cara penggunaan teknik ini.

Perlu dipahami jika teknik ini mempunyai sisi negatif. Jika ada pihak yang tidak jujur maka kerap mengambil data yang penting seperti rincian bank dan juga informasi pribadi lainnya sebagai alat untuk melakukan penipuan.

Sangat penting untuk bisa menyadari bahaya ini sebelum nantinya memulai melakukan perjalanan scraping web sendiri. Pastikan kalian selalu update dengan aturan hukum yang berkaitan dengan web scraping.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Setelah mengetahui yang dimaksud dengan scraping web maka kalian bertanya-tanya soal bagaimana cara kerja metode manual atau lainnya. perlu dipahami di sini metode yang digunakan bisa sangat bervariasi dan bergantung kepada software ataupun tools yang digunakan.

Akan tetapi seluruh bot web scraping akan mengikuti tiga prinsip dasar di dalam cara kerjanya dan berikut adalah prinsip tersebut.

1. Mengirim Permintaan dari HTTP ke Server

Saat mengunjungi suatu situs web lewat browser, kalian secara otomatis akan mengirimkan orang yang dikenal dengan permintaan HTTP. Ketika permintaan sudah disetujui, tentunya akses serta seluruh informasi dalam situs tadi bisa dilakukan.

Web scraping membutuhkan izin dalam mengakses suatu situs. Tentunya hal pertama yang perlu dilakukan oleh seorang web scraper yakni mengirimkan permintaan HTTP kepada situs targetnya.

2. Mengekstrak dan Menganalisis

Setelah suatu situs web memberi akses ke web scraper, tentunya bot tadi bisa membaca serta mengekstrak kode HTML ataupun XML situs. Kode tersebut menentukan struktur konten pada situs web.

Selanjutnya lakukanlah analisis kode sehingga bisa mengidentifikasi serta mengekstrak elemen ataupun objek yang sudah ditentukan sebelumnya terutama siapa pun yang telah melepaskan bot tadi.

3. Menyimpan Data Relevan Secara Lokal

Sesudah HTML ataupun XML diakses, lalu di craper, serta dianalisis. Make web scraper selanjutnya akan menyimpan data relevan secara lokal. Data umumnya akan disimpan untuk data terstruktur dan kerap berbentuk file Excel, semacam .xls atau .csv.

Ketika langkah-langkah tersebut selesai, tentunya data sudah siap digunakan sesuai dengan kebutuhan. Memang ketika melihat 3 tahapan di atas, aktivitas web scraping akan terlihat mudah akan tetapi sebenarnya tidak demikian.

Hal tersebut diakibatkan karena masalah yang harus di atasi dan juga adanya aturan berbeda mengenai apa yang tidak bisa dan bisa dilakukan bot.

Beberapa Contoh Web Scraping

Berikut ini terdapat beberapa contoh dari aktivitas scraping web yang paling umum dilakukan yakni seperti berikut.

1. Detail Produk di E-commerce

Scraping web bisa dilakukan dalam mengekstrak detail produk, deskripsi, harga dan ulasan melalui website e-commerce. Pengambilan data tersebut melalui beberapa e-commerce, bisnis bisa melakukan analisis persaingan, pemantauan tren harga dan juga membuat keputusan terkait harga secara tepat.

2. Analisis Sentimen Sosial Media

Web Scraping juga bisa digunakan dalam mengumpulkan postingan serta komentar di sosial media yang berkaitan dengan merek ataupun produk tertentu. Nantinya data tersebut akan dipergunakan untuk dianalisis guna mengukur sentimen publik, memperoleh informasi terkait preferensi pelanggan dan mencari tahu soal pendapat pelanggan.

3. Headline dan Artikel

Scraping web berita akan membantu mengumpulkan ringkasan artikel, headline dan juga URL dari berbagai macam sumber berita. Tentunya data gabungan tersebut bisa dipakai untuk pemantauan media, kurasi konten dan juga analisis trend.

4. Daftar Real Estate

Scraping web bisa dipakai dalam mengekstrak daftar dari real estate melalui web properti. Tentunya dengan melakukan pengamatan terkait detail properti semacam fasilitas, lokasi, harga dan lainnya tentunya bisa membuat kalian melakukan penawaran serta membuat keputusan secara tepat.

Scraping Web Menggunakan Python

Tentunya banyak sekali web scraping tools yang bisa dimanfaatkan salah satunya yakni Phyton. Tools yang satu ini sangat berguna terutama bagi kalian para pencari kerja yang berburu informasi terkait rekrutmen baru secara otomatis.

Namun selain itu banyak keunggulan lain dan berikut diantaranya.

1. Mudah Digunakan

Alat ini mudah dikodekan, kalian tidak perlu menambahkan titik koma ataupun kurung kurawal. Hal inilah yang membuat data di Python tidak begitu berantakan serta mudah untuk digunakan.

2. Performa Tinggi

Alat Phyton semacam Scrapy dan Soup bisa dengan mudah digunakan dalam mengembangkan scraper web dengan kinerja tinggi yang pastinya sangat cepat, efisien, serta mudah di-debug ketika terjadi kesalahan ataupun error.

3. Sintaks Mudah Dipahami

Sintaksnya mudah dimengerti dikarenakan kode Phyton sangatlah mirip dengan kalian membaca suatu pernyataan berbahasa Inggris. Lekukan yang terdapat di scraping web ini sangat membantu para pengguna dalam membedakan di antara cakupan maupun blok berbeda di dalam kode.

4. Banyak Koleksi Library

Python web scraping mempunyai koleksi perpustakaan yang banyak semacam Pandas, Matplotlib, Numpy dan lainnya yang memang menyediakan metode serta layanan. Ini sangatlah cocok bagi scraping web serta manipulasi secara lebih lanjut lewat data yang sudah diekstraksi.

Jadi itulah yang perlu kalian pahami soal web scraping dan juga salah satu jenis alatnya. Bagi kalian yang tertarik belajar lebih dalam mengenai dunia IT bisa mengambil paket kursus di CourseNet. Ada jaminan sekali bayar langsung bisa sehingga kalian dijamin akan memiliki bekal ilmu setelah belajar di sana.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!