course-net
Search
Close this search box.

Category /

Pemrograman Web dan Bahasa Pemrograman

Wednesday, 17 April 2024

pemrograman web adalah

Mendapatkan informasi yang baru adalah hal yang penting di kehidupan sehari-hari untuk menambah wawasan dan kecerdasan. Perkembangan teknologi mempermudah proses pencarian informasi itu untuk sampai ke kita. Setiap informasi di internet tersimpan dalam sebuah halaman website yang dibuat dengan menerapkan pemrograman web atau website. Lalu, apakah pemrograman website itu?

Mengenal Pemrograman Web

Web programming atau pemrograman web adalah sebuah istilah yang melekat pada internet maupun website. Ini karena pemrograman adalah proses yang harus dilalui untuk bisa menghasilkan website yang diperlukan dalam dunia internet. Istilah web banyak dikenal orang dengan sebutan WWW atau kepanjangannya World Wide Web.

World Wide Web terdiri atas halaman-halaman website yang terhubung satu sama lain yang kemudian disebut sebagai hyperlink. Kemudian inilah yang akan membentuk database informasi yang dijalankan dengan sebuah protocol yang disebut HTTP atau HyperText Transfer Protocol.

Bahasa dalam Pemrograman Web

Anda perlu tahu bahwa bahasa pemrograman adalah hal yang sangat esensial dan mencakup semua ilmu yang berkaitan dengan pemrograman, baik itu pemrograman website, pembuatan aplikasi desktop, aplikasi mobile, aplikasi game, software dan masih banyak jenis aplikasi lain dengan kegunaan yang beragam.

Dalam proses pembuatan aplikasi atau software, bahasa pemrograman dipakai untuk mengisi statement, fungsi dan perintah supaya aplikasi yang dibuat bisa berhasil sesuai dengan apa yang diharapkan dan dirancang oleh seorang programmer. Maka dari itu, pemrograman web juga punya banyak bahasa yang diterapkan, antara lain sebagai berikut:

1. HyperText Markup Language atau HTML

HTML ini sebenarnya bukanlah sebuah bahasa pemrograman, akan tetapi sebuah markup language atau dengan kata lain adalah bahasa penandaan yang di dalamnya terdapat kumpulan tags. Pada dasarnya HTML ini hanya dipakai untuk mendeskripsikan bahwa bagian khusus pada sebuah halaman website adalah konten yang perlu ditampilkan oleh pencari atau browser dengan metode tertentu. HTML ini adalah standar dalam internet yang didefinisikan dan dikontrol oleh World Wide Web Consortium atau W3C. Maka perlu ditegaskan kembali bahwa bahasa pemrograman web yang paling dasar dalam pembuatan website adalah HTML.

2. Cascading Style Sheet atau CSS

CSS adalah sebuah bahasa pemrograman stylesheet yang dipakai untuk pengaturan tampilan sebuah dokumen yang dituliskan menggunakan HTML. Dalam CSS ini juga terdapat CSS Framework yang dipakai untuk menambahkan banyak desain tertentu di dalam halaman web supaya desain yang ditampilkan pada sebuah halaman lebih menarik untuk dilihat. Penerapan CSS secara umum adalah untuk pengaturan halaman website yang dituliskan menggunakan HTML maupun XHTML.

3. Hypertext Preprocessor

Bahasa pemrograman web PHP ini adalah salah satu bahasa scripting yang sangat penting untuk dikuasai jika Anda ingin berkarier sebagai seorang pengembang web atau web developer. Bahasa ini memiliki sifat server-side scripting, yang mana ketika akan mengaplikasikan bahasa pemrograman PHP tidak bisa hanya memilih jenis file dengan ekstensi PHP saja.

Selain itu, bahasa pemrograman PHP membutuhkan sebuah server website agar bisa berjalan. PHP juga bisa terintegrasi dengan HTML, jQuery, JavaScript, Ajax dan masih banyak lagi jenis lainnya. Walau begitu, secara umumnya bahasa pemrograman PHP ini dipakai secara bersamaan dengan file yang memiliki tipe HTML supaya file ini bisa mengoperasikan berbagai macam fungsi.

4. JavaScript

JavaScript merupakan suatu bahasa scripting yang dijalankan oleh client. Dalam hal ini, pemrosesan script akan dilakukan sendiri oleh user di komputernya. Umumnya, JavaSCript dipakai untuk membuat aneka animasi dan konten interaktif lain untuk ditampilkan dalam halaman web.

Anda bisa melihat banyaknya pustaka JavaScript yang dipakai oleh programmer untuk menghasilkan halaman website yang disesuaikan agar tampak lebih menarik dan interaktif. Anda bisa menjalankan script yang dituliskan dalam JavaScript dengan menggunakan browser yang mumpuni dan mendukung untuk mengoperasikan JavaScript. Ini juga banyak disebut sebagai JavaScript-enabled browser.

5. Structured Query Language atau SQL

Bahasa pemrograman web selanjutnya adalah SQL yang merupakan suatu domain-specific language yang dipakai untuk proses pengolahan data pada Relational Database Management System atau disingkat RDBMS. MySQL adalah salah satu aplikasi RDBMS yang banyak dipakai oleh programmer untuk membuat aplikasi website. Ini berguna untuk pengolahan basis data yang mereka kelola.

Umumnya diterapkan fungsi pada bahasa pemrograman web PHP untuk memproduksi, membaca, mengedit atau menghapus data yang ada pada SQL. Setelah itu bisa ditampilkan dalam halaman web.

6. Python

Python merupakan sebuah bahasa yang serbaguna dan bisa dipakai untuk pengembangan berbagai jenis aplikasi, begitu juga untuk aplikasi website. Framework yang terkenal seperti Flask dan Django memberi ruang bagi developer menggunakan python untuk membangun aplikasi website mereka dengan lebih cepat, efisien dan tentunya aman. Python juga bisa dipakai untuk membuat script oleh server dan melakukan pengelolaan dalam website. 

7. Java

Java yang lebih dikenal sebagai suatu bahasa untuk pengembangan software umum bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan web. Selain itu, Java bisa dipakai untuk membuat aplikasi website dengan basis servlet dan JavaServer Pages atau JSP. Framework seperti Spring Framework menyediakan alat yang dipakai untuk membuat aplikasi web Java yang skalabel dan baik.

8. Ruby

Dalam pemrograman web, Ruby adalah bahasa yang banyak dipakai bersamaan dengan kerangka kerja dari Ruby on Rails untuk membuat aplikasi basis website. Rails adalah sebuah kerangka kerja Model-View-Controller atau MVC yang mempercepat pengembangan website dan menyediakan alat dan struktur yang baik. Ruby on Rails dikenal karena pendekatan yang disebut sebagai “konvensi yang melebihi konfigurasi”.

9. TypeScript

Ini adalah bahasa dalam pemrograman web yang merupakan superset dari JavaScript dengan menambah jenis statis juga fitur lain. Bahasa ini bisa membantu developer untuk mengatasi bug terkait tipe dan menghasilkan kode JavaScript dengan lebih terstruktur. TypeScript banyak dipakai untuk mengembangkan aplikasi basis website yang besar dan kompleks, terlebih dengan penggunaan framework sejenis Angular.

10. Swift

Bahasa ini dikembangkan oleh Apple sejak awal untuk pengembangan aplikasi dalam iOS. Akan tetapi, dengan sokongan dari server-side Swift, kemudian bahasa ini bisa dipakai dalam pengembangan website. Developer bisa memakai Swift untuk membuat aplikasi basis website dengan aman dan cepat dengan menerapkan Vapor sebagai kerangka kerjanya.

Anda masih bisa menemukan lebih banyak jenis bahasa pemrograman yang ada di internet. Ini hanyalah ulasan mengenai beberapa bahasa yang paling populer dan banyak dipakai. Dengan wawasan ini, bukan tidak mungkin nantinya Anda terinspirasi dan bisa membuat bahasa pemrograman sendiri yang memberikan lebih banyak kelebihan dan keuntungan.

Dengan memahami bahwa bahasa pemrograman yang biasa digunakan untuk membuat halaman web adalah pengertian dari HTML, maka Anda sudah memiliki modal untuk memulai langkah awal di bidang pemrograman.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengembangkan kemampuan di bidang IT, khususnya mengenai pemrograman web dan juga jenis bahasa pemrograman lainnya maka bisa segera bergabung dengan kursus IT secara online di CourseNet.

Mau Ikut Kursus Di Course-Net? Lihat Jadwal Kelas Selangkapnya.

Kerja udh lama tapi karir masih stuck disitu-situ aja ? Atau udh coba ikut kursus, tapi malah isinya teori aja ? Tenang, Course-net punya solusinya. Anda akan didamping langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas dunia. Berminat ? Yuk Konsultasi sekarang juga.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!