WordPress : Definisi dan Cara Belajar Buat Web WordPress

Di era digital ini, sekarang pembuatan website merupakan salah satu hal krusial yang digunakan banyak orang, tidak terbatas untuk website pribadi, ataupun bisnis, tetapi juga digunakan untuk berbagai hal seperti personal blog, personal diari, dan bahkan digunakan untuk undangan pernikahan. Salah satu cara sederhana, dan paling mudah untuk membuat website pribadi adalah dengan menggunakan WordPress.

Apa itu WordPress? WordPress adalah sebuah media yang bisa digunakan secara gratis untuk membuat website, serta melakukan kustomisasi pada website. Selain gratis digunakan, juga mudah untuk pembuatan website, jadi sangat cocok untuk amatir mencoba membuat website, dan belajar tentang bagaimana cara untuk web development, dan bahkan bisa mulai membuat website yang menguntungkan.

Artikel kali ini, kami akan menjelaskan kepada anda tentang WordPress. Semoga artikel ini bisa membantu anda dan memberikan kemudahaan kepada anda.

Apa itu WordPress? WordPress Adalah

Apa itu WordPress? WordPress Adalah

Secara teknisnya, WordPress adalah sebuah software open-source gratis yang digunakan untuk proses pembuatan website, serta manajemen konten. Tools ini digunakan untuk melakukan posting website, pembuatan blog, dan masih banyak lagi.

WordPress adalah sebuah program yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman PHP, digabung dengan MySQL, serta MariaDB untuk keperluan database dalam WordPress didukung oleh HTTPS. Fitur ini termasuk ke dalam arsitektur plugin, dan system template yang memudahkan web desainer untuk memilih, menilah, serta melakukan manajemen konten website dengan mudah.

Salah satu fitur yang menarik dari WordPress adalah fitur untuk pemilihan dan kustomisasi tema yang sangat luas, dan bebas, sehingga web developer bisa menggunakan fitur ini untuk kustomisasi website mereka dengan mudah, bebas, dan bisa lebih fleksibel lagi dalam penciptaan website.

Secara singkat, WordPress adalah sebuah platform yang memungkinkan orang untuk membuat website pribadi, atau professional, dan salah satu platform pembuatan dan hosting website yang paling terkenal di dunia, digunakan secara massal, lebih dari 450 juta pengguna website yang tersebar di seluruh dunia.

Jika Anda ingin membuat website, baik itu website untuk komersial, website untuk pembuatan blog pribadi, website menjual barang secara online, atau bahkan website untuk undangan pernikahan, serta website resmi untuk landing page profil perusahaan, semua bisa Anda lakukan menggunakan WordPress.

Fungsi Dari WordPress dan Kegunaannya

Fungsi Dari WordPress dan Kegunaannya

Nah, sekarang Anda sudah paham bukan mengenai definisi dari WordPress itu sendiri, Sekarang, kami akan terangkan mengenai apa saja fungsinya, serta kegunaannya. Pada mulanya, Fungsi dari platform yang satu ini hanya sebatas digunakan untuk membuat dan memposting tulisan sederhana pada website.

Namun, seiring dengan perkembangannya, ada berbagai fitur pendukung yang membuat platform ini menjadi diminati oleh sejuta umat, dan menjadi salah satu platform pembuatan dan manajemen konten pada website yang paling diminati, dan paling populer. Seperti apa sajakah fungsi, serta kegunaan dari platform yang satu ini?

  • Sebagai platform membuat website pribadi

Salah satu fungsi awal dari platform ini adalah untuk digunakan sebagai catatan online, sebagai fitur untuk mempublish, posting, dan manage tulisan online yang bisa dilihat dan dibaca oleh para pengguna.

Sekarang, Anda bisa menggunakannya untuk membuat website pribadi, bisa dari website untuk blog Anda sendiri, website untuk menceritakan diari Anda, atau website untuk latihan pembuatan web design.

  • Platform untuk membuat website perusahaan

Platform ini juga bisa digunakan untuk membuat website resmi perusahaan, karena sudah support dengan banyak tema, serta fitur yang diperlukan untuk membuat landing page perusahaan secara resmi dan professional. Anda bisa menggunakan platform ini, serta menggunakan CMS yang bisa menyediakan berbagai fasilitas serta tools untuk keperluan website professional perusahaan.

  • Membuat website portofolio

Seperti yang sudah kami sebutkan diatas, platform ini juga bisa digunakan untuk website kepentingan pribadi, salah satunya adalah portofolio online yang bisa Anda gunakan sebagai perkenalan jati diri, menjadikan Anda lebih mudah dikenal, serta mudah mengenalkan diri Anda saat Anda membutuhkannya.

  • Membuat website forum online

Membuat suatu komunitas dengan menggunakan WordPress. Forum ini bisa anda lakukan dengan diskusi online yang ramai, interaktif dan lain sebagainya. Dalam membangun forum ada beberap fitur WordPress yang bisa digunakan diantaranya seperti Chat , Reply , Thread dan lainnya.

  • Membangun Blog

Blog merupakan website pribadi yang bisa di isi dengan beberapa hal, Mulai dari pengalaman hingga menjadi bisnis. Blog adalah tempat mencurahkan hati anda dalam hobi dan minat.

Selain itu jika anda memiliki suatu bisnis, tidak ada salahnya juga membuat blog bisnis anda. Blog tersebut bisa berisi tentang penjelasan perusahaan anda, produk yang akan dijualkan dan lain sebagainya.

  • Membuat website toko online atau e-commerce

Dengan menggunakan wordpress yaitu dapat membuat website toko online atau e-commerce. Dengan semakin populernya belanja online, serta peralatan yang sering di pakai. Tidak heran bila banyak orang yang mulai mengembangan website toko.

Adanya beberapa fitur yang bisa Anda manfaatkan dalam membuat toko online. Salah satunya adalah fitur add to cart produk, fitur testimonial dan user friendly.

Baca Juga : WordPress Diserang Tiga Celah, Jutaan Website Terancam !

Nah, Jadi Apakah Anda Tertarik Untuk Mempelajari Website Builder Ini?

WordPress memberikan anda kemudahan dalam membuat website. Anda akan menemukan kemudahaan dalam membuat website.

Website builder ini sangat mudah digunakan, serta tidak sulit untuk pendaftaran, dan download. Berikut ini adalah link WordPress download yang bisa Anda gunakan.

Apakah Anda tertarik untuk mencoba mulai membangun website menggunakan WordPress? Jika iya, kami menawarkan kursus web design tidak hanya untuk WordPress, tetapi juga untuk berbagai platform website lainnya. Untuk mengikuti pelatihan, Kamu bisa isi form dibawah ini :

Yuk ikuti berbagai pelatihan cara membuat website dengan mudah dan praktis, dibimbing dengan tenaga ahli yang berpengalaman dibidangnya.

Share This Post

Related Posts

0
0

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Thanks for submitting your rating!
    Please give a rating.

    Thanks for submitting your comment!
    promo end of year

    Artikel Rekomendasi