course-net
Search
Close this search box.

SSL Adalah : Pengertian, Definisi, dan Fungsi dari SSL

Minet

September 28, 2022

SSL Adalah : Pengertian, Definisi, dan Fungsi dari SSL

SSL Adalah : Pengertian, Definisi, dan Fungsi dari SSL – Apakah anda mengetahui asal usul cara membuat website ? Disini kami akan mencoba untuk menjelaskan awal mulai pembuatannya, mulai dari domain, hosting, penggunaan SSL serta SEO dalam sebuah konten.

Lalu bagaimana mendapatkan uang dari website dan sebagainnya ? Di artikel ini kita akan membahas mengenai salah satu fitur yang sangat penting dalam proses pembuatan website.

Fitur ini adalah SSL atau singkatan dari Secure Socket Layer. SSL sudah menjadi hal yang sangat penting untuk sebuah website. Fitur yang disediakan sangat bermanfaat untuk suatu website, mulai dari keamanan, melakukan optimasi SEO serta masih banyak lagi.

SSL Adalah : Pengertian, Definisi, dan Fungsi dari SSL

Untuk itu simak artikel kali ini yang akan mengupas tentang pengertian SSL serta fungsinya. Yuk simak artikel kami kali ini yah.

Definisi dari Secure Socket Layer

Fungsi SSl dan Mengapa Sangat Vital Dalam Internet

Secure Socket Layer adalah salah satu komponen yang harus dimiliki sebuah website. Kegunaan utama dari komponen ini adalah sebagai keamanan transfer data yang dilakukan di dalam website, menjadikan transfer data lebih aman karena terenkripsi, sehingga tidak mudah untuk diretas. Jika website tidak memiliki komponen ini, maka browser akan menganggap bahwa website tersebut tidak aman (not secure).

Selain sebagai keamanan, SSL berfungsi sebagai penjaga privasi pengguna, dalam transaksi serta transfer data di dalam website, karena itulah komponen ini wajib dimiliki untuk semua website, untuk menjaga keamanan dan privasi pengguna website.

Tujuan utama dari pemasangan komponen ini adalah untuk fitur pengaman dalam transfer data, menjadikan data yang keluar masuk di dalam situs terenkripsi, serta lebih aman. Namun, teknologi yang satu ini telah digantikan dengan fitur yang lebih baru yakni TLS atau transport layer security. Kami akan membahas mengenai pengaplikasian, serta definisi TLS di lain waktu.

Meskipun begitu, masih banyak orang yang menyebutnya sebagai SSL, dikarenakan sudah terbiasa menyebut nya demikian, serta tidak jauh berbeda fungsinya, hanya lebih lengkap, dan lebih mutakhir saja dalam fitur keamanan dan enkripsi data. Keduanya sama-sama memiliki fitur sebagai keamanan website, jadi Anda tidak perlu khawatir dengan perbedaan kedua istilah tersebut.

Fungsi SSl dan Mengapa Sangat Vital Dalam Internet

Fungsi SSl

Jadi, singkatnya, fitur ini adalah sebuah fitur keamanan dimana website haruslah menggunakan fitur TLS, atau SSL ini sebagai keamanan data, enkripsi, dan penjamin keamanan dan privasi para penggunanya. Namun secara spesifik, mengapa website perlu menggunakan fitur TLS atau SSL ini, berikut ini adalah fungsi dari kedua fitur yang sama ini:

  • Menghindari Kesalahan Pengiriman Data

Fitur ini selain meningkatkan keamanan juga diperlukan untuk proses autentikasi pengguna, dimana fitur TLS/SSL ini akan memastikan bahwa data yang masuk ke dalam website sudah sesuai dengan pengguna, dan sesuai dengan keinginan pengguna. Hal ini juga untuk menghindari salah pengiriman data menuju server pencurian, hacker, atau pengguna yang tidak bertanggungjawab.

  • Menghindari Pencurian Data

Fitur utama dari SSL ini adalah sebagai pengaman dari pencurian data, serta kebocoran data yang disebabkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab seperti hacker. Dengan cara apa data bisa dilindungi? Caranya adalah dengan melakukan enkripsi data, atau pengacakan data secara sensitif, dengan demikian tidak sembarang orang bisa membaca dan mendownload data Anda.

  • Meningkatkan Reputasi dan Kepercayaan Website

Saat website sudah terpasang dengan fitur keamanan SSL ini, maka akan bisa diakses oleh web browser seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox, namun saat website tidak dilengkapi fitur keamanan ini, maka web browser akan melakukan pemblokiran, dan notifikasi peringatan bahwa website yang dituju tidak aman.

Fitur ini digunakan oleh para pembuat website selain untuk meningkatkan keamanan website, juga untuk meningkatkan reputasi dan tingkat kepercayaan website.

  • Meningkatkan Ranking SEO website pada mesin pencari

Ranking SEO website adalah sebuah ranking mesin pencari dimana website Anda jika memiliki ranking yang bagus, maka mesin pencari akan semakin mudah menemukan website Anda, sehingga website Anda ditempatkan di urutan atas mesin pencari, alhasil, website Anda semakin mudah diakses orang, dan semakin banyak orang mengakses website Anda.

Salah satu poin penting untuk mendapatkan rangkin mesin pencari yang baik dengan meningkatkan keamanan website. Dengan menggunakan TLS SSH SSL bisa membantu website anda untuk mendapatkan peringkat yang baik.

Nah, itulah dia beberapa alasan teknis mengapa fitur keamanan SSL ini sangatlah diperlukan suatu website, tidak hanya menjamin keamanan website, tetapi juga berperan secara tidak langsung pada skor SEO website Anda, untuk meningkatkan kepopularitasan website Anda, dan secara pasif akan bisa meningkatkan income yang Anda dapatkan dari website melalui iklan, dan kunjungan website.

Cara Kerja dari Fitur Keamanan Secure Socket Layer

SSL beberntuk sertifikat kemanan yang bisa di pakai oleh website untuk membuktikan bahwa website mereka aman. Setelah memahami SSL, kami akan menjelaskan kepada Anda tentang cara kerja SSL dalam melakukan enkripsi data dengan cepat.

Secure Socket Layer ini adalah fitur yang akan mengamankan komunikasi kedua buah komputer yang sedang terhubung di internet. Karena pertukaran data selalu terjadi di internet, dan terjadi dalam kedua belah pihak secara bersamaan, data yang penting ini harus diamankan dengan cara fitur enkripsi untuk menghindari berbagai bahaya yang bisa ada di internet seperti kebocoran data, atau penipuan online.

Sertifikat ini memiliki dua kunci kombinasi yang saling terhubung, yakni private key dan public key.

Kesimpulan

SSL merupakan fitur yang mengamankan komunikasi data. Dengan berbagai fitur yang disediakan, dapat mengamkan data dari kedua belah pihak. SSL dipastikan tidak ada kebocoran data, serta mengaman kan dari serangan hacker atau pihak yang tidak bertanggung jawab. Hal ini akan memberikan dampak yang baik untuk traffic website anda.

Setelah mengetahui pengertian SSL, Apakah kamu sudah paham ? Yuk ikuti beberapa pelatihan yang tersedia di Course-net yang berkaitan tentang SSL.

Mau Belajar Website ? Promo Terbatas

Demi memberikan kemudahaan kepada Anda, kami mengajak anda untuk mengikuti palatihan yang tersedia di Course-Net. Untuk mengikuti pelatihan kursus website bisa mengisi form dibawah ini :

Anda bisa mengisi form yang telah kami sediakan, Di Course-Net tersedia juga kursus hacker yang bisa anda pelajari. Selanjutnya anda bisa update informasi seputar dunia IT di Blog Course-net.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!