course-net
Search
Close this search box.

XAMPP Adalah : Pengertian , Program & Cara Kerjanya

Minet

February 7, 2023

XAMPP Adalah : Pengertian , Program & Cara Kerjanya

XAMPP Adalah : Pengertian , Program & Cara Kerjanya – Bagi seorang developer atau seorang programmer, mungkin sering kali melihat tentang sebuah aplikasi atau platform bernama XAMPP di mana platform yang berupa open source ini adalah sebuah platform developer dan programming yang cukup banyak diminati, dan sekarang menjadi salah satu platform penulisan koding dan bahasa atau software yang bisa digunakan secara gratis.

Secara singkatnya, XAMPP itu sendiri adalah sebuah software dengan basis open source yang bisa dioperasikan atau digunakan melalui website, dan di dalamnya terdapat berbagai macam program, serta penulisan kode atau koding berupa program MySQL, PHP, serta Apache. Selain itu, platform ini juga bisa menggunakan local host agar lebih cepat aksesnya.

XAMPP Adalah : Pengertian , Program & Cara Kerjanya

Xampp Adalah ? Yuk Mengenal Fungsi & Cara Kerjanya

Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai apa itu XAMPP lalu bagaimana cara download XAMPP secara gratis dan bisa langsung di install Android, iOS dan PC. Selain itu akan kami beritahukan juga tentang apa itu XAMPP, lalu fitur yang bisa digunakan dalam platform yang satu ini, keunggulan serta keterbatasan platform jika dibandingkan dengan tools lainnya.

Pengertian dari Apa Itu XAMPP dan Kegunaannya

Pengertian dari Apa Itu XAMPP dan Kegunaannya

Apa itu XAMPP software? XAMPP itu sendiri adalah sebuah software yang memungkinkan untuk seorang programmer menuliskan kode, serta menyusun website dan aplikasi secara offline, tanpa perlu menggunakan koneksi internet. Setelah website selesai disusun, atau kode telah ditulis, developer bisa menguploadnya pada aplikasi, atau memroses kode untuk segera dibuatkan aplikasi.

Pada mulanya, software XAMPP itu sendiri muncul karena terdapat kesulitan dalam penggunaan serta instalasi Apache, lalu dengan adanya dukungan dari beberapa pemrograman lainnya seperti MySQL dan juga PHP, kemudian pada akhirnya muncullah platform XAMPP ini. Aplikasi ini adalah sebuah platform yang digunakan untuk memudahkan pemrograman webserver di dalam local host.

Pada dasarnya aplikasi ini mempermudah untuk pihak pengembang yang sedang membutuhkan untuk instalasi dan set up web server menggunakan local host, melakukan programing, serta menjalankannya hanya dengan menggunakan satu aplikasi saja.

Aplikasi ini sudah ada lebih dari 10 tahun, dengan komunitas pengembang dan pengguna yang sudah sangat banyak, serta dukungan dari banyak programmer atau developer professional. Segala hal yang terkait dengan kesusahan atau menggunakan aplikasi XAMPP download serta localhost XAMPP default bisa kamu temukan di website official komunitas XAMPP.

Ada beberapa jenis dari platform XAMPP, yaitu XAMPPX cross platform, Apache, Maria DB, PHP, dan Perl. Jenis-jenis ini memiliki perbedaan seperti:

Cross platform atau X adalah penanda bahwa XAMPP tersebut kompatibel dengan berbagai platform dan OS, lalu XAMPP Apache adalah software dengan web server default, yang mengatur program dan transfer data antar website, dan pengunjung website. MariaDB, adalah software DBMS, default, dan digunakan untuk mengelola database dan data-data yang ada di dalamnya.

PHP adalah bahasa pemrograman untuk membuat suatu website , aplikasi dan lainnya. Pemrograman ini menjadi bahasa pemrograman yang paling disukai.

Cara kerja dari XAMPP

Bagi developer yang belum tahu mengenai cara kerja dari platform XAMPP itu sendiri, software ini memungkinkan untuk setiap developer dapat membangun, menulis kode, serta membuat database dan aplikasi secara offline, sehingga setiap developer dapat membuat kode mereka tanpa perlu bergantung terhadap koneksi internet.

Developer kini bisa menggunakan Xampp dengan mudah dan bisa menggunakannya secara nyaman. Dengan adanya Xampp pastinya memudahkan semua developer untuk melakukan pekerjaan.

Download XAMPP 64 bit dan 32 bit Adalah

Anda bisa mendownload aplikasi XAMPP sesuai dengan kebutuhan yang anda inginkan. Dimana terdapat beberapa versi yang bisa anda download seperti 64Bit, 32 bit dan lain sebagainya. Ini bisa anda download secara GRATIS.

Karena itulah aplikasi ini sangat berguna bagi seorang developer baik itu programmer yang dikontrak, atau programmer yang freelance.

Fungsi dan kegunaan dari XAMPP

Setelah mengetahui pengertian dari xampp, Berikut ini adalah beberapa fungsi serta kegunaan dari XAMPP:

Pengaturan database My Admin dan PHP

Xampp merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengatur database yang ada pada PHP. Semua dijalankan tanpa menggunakan Xampp.

Dengan menggunakan software ini, Anda bisa melakukan manajemen database. Selain itu anda bisa melakukan perubahan dan update database yang dikelola di PhpMYadmin.

Dapat menginstall wordpress secara offline

Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk menginstall, lalu menjalankan WordPress secara localhost. Bagi yang belum tahu mengenai apa itu menjalankan secara localhost, artinya menjalankan secara offline. WordPress menjadi salah satu CMS yang paling sering digunakan menggunakan xampp.

Dapat menjalankan laravel hanya dengan melalui perangkat

Anda bisa langsung download XAMPP untuk versi 64bit dan 32bit. Kami juga telah menyediakan link downlod xampp yang bisa anda gunakan.

Jika anda sedang mencari tools yang mempermudah editing dan input code. Xampp adalah tools yang sangat bagus untuk mempermudah proses editing yang dilakukan secara offline.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!