course-net
Search
Close this search box.

Bahasa Pemrograman Adalah : Pengertian , Jenis & Contohnya

Minet

December 22, 2022

Bahasa Pemrograman Adalah : Pengertian , Jenis & Contohnya

Bahasa Pemrograman Adalah : Pengertian , Jenis & Contohnya – BahasTeknologi yang berkembang saat ini memang sangat mengandalkan adanya bahasa pemrograman, semuanya mempergunakan ini. Semua hal yang berhubungan dengan teknologi itu sudah pasti akan mempergunakan bahasa ini lho. Mulai dari aplikasi, website, sistem operasi, bahkan sampai ke berbagai perangkat teknologi yang ada saat ini.

Meskipun menjadi kunci bagi dunia teknologi saat ini, akan tetapi masih banyak orang yang tidak memahami mengenai bahasa untuk pemrograman. Terlebih lagi jenis dan pilihan yang tersedia sekarang ini sangat banyak, dan masing-masing menawarkan konsep yang berbeda. Jadi wajar kalau akhirnya banyak orang yang merasa malas untuk mempelajari bahasa untuk membuat program tersebut.

Bahasa Pemrograman Adalah : Pengertian , Jenis & Contohnya

Pengertian Dari Bahasa Pemrograman Adalah ?

Apa Itu Bahasa Pemrograman ?

Hal pertama yang harus kalian cari tahu terlebih dahulu untuk mempelajarinya adalah informasi soal apa itu bahasa pemrograman. Jadi bahasa pemrograman adalah bahasa yang digunakan untuk memberikan instruksi kepada perangkat teknologi seperti komputer misalnya. Sintaks menjadi salah satu hal yang harus dibuat yang akan memberikan perintah komputer untuk menjalankan program yang dibuat.

Penulisan kode tentunya tidak seperti bahasa yang kita pakai sehari-hari, karena ini perintah untuk komputer maka memakai bahasa komputer. Bila kita lihat dari pengertiannya, maka jelas bahasa ini akan menjadi kunci bagi perkembangan teknologi yang berjalan saat ini. Semakin berkembang bahasa pemrograman, maka akan semakin berkembang pula teknologi yang ada di dunia saat ini.

Ada dua metode yang bisa digunakan untuk menerjemahkan bahasa untuk supaya bisa dipahami dan dipakai oleh komputer. Berikut ini kami akan jelaskan apa saja ih metode yang bisa digunakan itu.

  1. Metode Compiler

Compiler sendiri merupakan sebuah tools yang bisa dipakai untuk memindah seluruh perintah dari bahasa komputer dan mengubah menjadi satu paket file. Jadi nantinya komputer akan mengeksekusi perintah tersebut pada saat pengguna menjalankan paket file tersebut. Biasanya ekstensi dari paket file tersebut berbeda-beda sesuai dengan perangkat yang digunakan untuk menjalankannya.

  1. Metode Interpreter

Metode yang kedua adalah Interpreter yang merupakan sebuah tools untuk mengubah bahasa program menjadi kode mesin. Perubahan ini dilakukan tanpa menghasilkan paket file yang baru dan caranya dengan menerjemahkan perintah baris demi baris. Contoh bahasa pemrograman dengan metode interpreter itu adalah web browser.

Baca Juga : Belajar Jaringan Komputer Untuk Pemula Lengkap!

Fungsi Bahasa Pemrograman

Ada beberapa fungsi yang membuat bahasa program yang mungkin tidak banyak diketahui orang terutama oleh orang awam. Sebenarnya ada 2 fungsi dari bahasa program yang membuat bahasa tersebut menjadi kunci dari teknologi dan juga perkembangan teknologi. Berikut ini kami akan jelaskan apa saja sih fungsi yang dimiliki oleh bahasa program yang banyak digunakan di berbagai program dan perangkat.

  1. Sebagai Media Komunikasi Programmer Dengan Komputer

Fungsi yang pertama itu adalah menjadi jembatan bagi programmer untuk bisa berkomunikasi dengan komputer dalam hal ini memberikan perintah. Sayangnya memang bahasa komputer itu berbeda dengan bahasa manusia biasa yang tentunya perlu disesuaikan. Bahasa pemrograman inilah yang kemudian menjadi alat untuk programmer bisa membuat perintah kepada komputer.

  1. Tools Untuk Mengembangkan Sistem Dan Program

Fungsi yang kedua dari bahasa program ini adalah sebagai alat untuk supaya bisa mengembangkan sistem dan juga program tertentu. Adanya bahasa ini akan membuat programmer itu akan bisa melakukan perbaikan atau juga pengembangan pada program atau juga sistem operasi. Jadi bukan hanya untuk membuat program saja, akan tetapi juga untuk bisa mengembangkan satu program yang sudah dibuat sebelumnya.

Jenis-Jenis Bahasa Pemrograman

Jenis-Jenis Bahasa Pemrograman

Ada beberapa jenis-jenis bahasa pemrograman yang sebenarnya dibedakan berdasarkan tingkat kedekatan dengan logika dari komputer itu sendiri. Berikut ini kami akan coba jelaskan 3 jenis bahasa pemrograman yang mungkin perlu kalian pahami.

  1. Bahasa Pemrograman Tingkat Rendah

Bahasa tingkat rendah itu adalah jenis bahasa yang paling dekat hubungannya dengan logika komputer, namun tentunya lebih sulit. Jadi bahasa yang digunakan ini tidak perlu harus diterjemahkan terlebih dahulu dengan Compiler atau juga Interpreter. Bahasa program tingkat rendah sendiri terbagi menjadi 2 lagi, berikut ini kami akan berikan penjelasannya untuk kalian.

  • Bahasa Mesin

Bahasa mesin adalah bahasa asli dari komputer yang biasanya ditampilkan dengan menggunakan kode biner berisi 0 dan 1. Tapi positifnya bahasa ini adalah lebih gesit saat digunakan, karena tidak perlu harus diterjemahkan terlebih dahulu.

  • Bahasa Assembly

Bahasa Assembly ini adalah bahasa tingkat rendah yang digunakan untuk membuat sistem yang secara langsung berhubungan dengan hardware atau perangkat keras. Bahasa ini menggunakan mnemonik atau singkatan dalam bahasa Inggris untuk bisa membentuk satu perintah tertentu. Jadi meskipun ini merupakan bahasa tingkat rendah, tapi masih perlu ada konversi lagi untuk bisa menjadi bahasa mesin.

  1. Bahasa Pemrograman Tingkat Menengah

Berikutnya adalah bahasa tingkat menengah yang bisa dibilang juga sebagai bahasa untuk menghubungkan bahasa tingkat rendah dengan tinggi. Bahasa yang digunakan ini sudah sedikit lebih mudah dipahami oleh manusia, tapi memang kompleksitasnya itu memang lebih tinggi. Bahasa program tingkat menengah itu memang paling sering digunakan untuk membangun sebuah sistem operasi atau program yang mengelola program lainnya.

Ada beberapa bahasa pemrograman pada tingkat menengah, berikut ini beberapa contohnya.

  1. C
  2. C++
  3. C#
  1. Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi

Jenis bahasa program yang terakhir itu adalah bahasa program tingkat tinggi yang jenis bahasa dengan perintah yang menyerupai bahasa manusia. Bisa dibilang ini adalah salah satu bahasa pemrograman untuk anak-anak dan bisa mulai dipelajari sedari dini. Dengan kata lain jenis bahasa pemrograman tingkat tinggi ini sangat mudah untuk ditulis, dibaca, dan juga dikelola lebih lanjut.

Bisa dibilang ini adalah jenis bahasa program yang direkomendasikan untuk para pemula dan baru ingin belajar menjadi programmer. Tingkat kesulitan dari penggunaan bahasa program tingkat tinggi ini memang relatif rendah dan juga lebih mudah lho. Jadi bahasa program dengan tingkat tinggi ini banyak digunakan pada aplikasi atau juga dipakai untuk membangun sebuah website.

Bahasa program tingkat tinggi itu memang tidak mudah dipahami oleh mesin komputer, sehingga perlu adanya proses terjemah menjadi bahasa mesin. Tapi kalian tidak perlu khawatir, karena ada banyak sekali bahasa program tingkat tinggi yang sudah menyertakan compiler atau interpreter. Jadi sudah pasti akan jauh lebih mudah dan juga lebih nyaman untuk menggunakan bahasa program tersebut.

Bahasa program dengan tingkat yang tinggi ini pun terbagi lagi menjadi 2, berikut ini kami akan jelaskan kedua bahasa pemrograman tingkat tinggi ini.

A. Pemrograman Berorientasi Pada Prosedural

Bahasa program yang berorientasi pada prosedural itu berarti jenis bahasa program yang membagi perintah menjadi bagian-bagian yang kecil.

Setiap bagian yang sudah terbagi tersebut akan diurutkan secara sistematis dan komputer akan menjalankan sesuatu urutan yang diberikan. Salah satu kelebihan dari penggunaan jenis bahasa ini adalah programmer nantinya akan bisa dengan mudah mengikuti alurnya.

Tapi jenis bahasa ini pun memiliki kekurangan juga, salah satu kekurangannya adalah sulit untuk memodifikasi satu bagian tanpa mengubah bagian yang lainnya.

Ada beberapa contoh bahasa program yang masuk ke dalam bahasa program berorientasi pada prosedural.

  1. Pascal
  2. Basic
  3. Fortran

B. Pemrograman Berorientasi Pada Objek

Jenis yang kedua itu adalah bahasa program yang berorientasi pada objek, jadi perintah program itu akan menjadi objek tertentu. Setiap objek dari perintah ini memiliki karakteristik masing-masing dan komputer nantinya akan mengeksekusi perintah tersebut sesuai dengan karakteristiknya itu.

Keuntungan dari mempergunakan bahasa program ini adalah kemudahan dalam melakukan modifikasi pada program tertentu. Ini karena perubahan yang dilakukan itu tidak akan menyebabkan error pada bagian lain di sistem. Kekurangan dari bahasa program ini adalah programmer mungkin akan kesulitan memahami alur dari program yang dibuatnya.

Ada beberapa contoh bahasa yang mungkin masuk ke dalam kategori bahasa pemrograman yang berorientasi pada objek ini. Berikut ini beberapa di antaranya.

  1. Jawa
  2. PHP
  3. Python
  4. Ruby

Contoh Bahasa Program

Seperti sudah kami jelaskan sebelumnya kalau adanya program dan juga sistem itu dikarenakan adanya bahasa program yang cukup banyak. Berikut ini beberapa contoh atau macam-macam bahasa pemrograman yang mungkin orang awam itu tidak mengerti dan memahaminya.

  1. Javascript
  2. Python
  3. Jawa
  4. SQL
  5. C#
  6. C++
  7. C
  8. PHP
  9. Typescript
  10. Kotlin
  11. GO
  12. Swift
  13. Ruby
  14. Dart
  15. CSS
  16. R
  17. HTML

Dari beberapa bahasa program di atas ada beberapa yang populer, salah satunya itu ada Javascript yang memang paling umum digunakan. Fungsi dari script ini adalah untuk menambah fitur, validasi formulir dan lain sebagainya pada web browser. Bisa juga script ini akan digunakan untuk mengembangkan sebuah permainan atau juga aplikasi tertentu lho.

Selain itu ada juga bahasa PHP yang juga cukup populer dan bahasa ini akan membuat tampilan web itu akan jadi lebih dinamis. PHP sendiri bisa mempersingkat kode dalam sebuah situs, jadi bisa ditampung dalam seperangkat aturan tertentu.

Baca Juga : Perbedaan PHP dan HTML yang Wajib Anda Ketahui

CSS atau bisa juga HTML itu memang menjadi salah satu bahasa program yang saat ini sangat populer dan banyak digunakan pada situs. Banyak orang yang menganggap CSS ini bukan sebagai bahasa pemrograman, tapi tidak bisa dipungkiri penggunaan CSS ini pada pembuatan web.

Terakhir ada bahasa C++ yang juga merupakan bahasa program yang cukup populer meskipun berada pada tingkatan menengah lho. Beberapa bahasa serupa seperti bahasa C dan juga C# itu akan lebih mudah dipelajari dan juga dipergunakan bila kalian mempelajari bahasa C++ ini.

Kesimpulan

Jadi bisa dibilang developer baik itu program, aplikasi, game, sistem operasi, dan lain sebagainya itu akan mempergunakan bahasa ini. Jadi kalian bisa mencoba mempelajari bahasa pemrograman ini dengan sebaik mungkin supaya bisa memahami dan mengikuti teknologi saat ini. Mau belajar bagasa pemrograman ? Yuk ikuti kelas full stack hanya di Course-Net.

Mau Belajar IT Bareng Coach Praktisi Ahli ? Yuk Konsultasi Dengan Tim Konsultan Kami

Belajar di Course-Net! Dapatkan skill langsung oleh coach praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya. Gratis Re-Coaching selamanya tanpa BATAS. Segera cek jadwal kelas terdekat.

Artikel Lainnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!