course-net
Search
Close this search box.

Home >

4 Contoh Email Marketing yang Menarik dan Baik untuk Dicoba

Thursday, 6 June 2024 11:58 AM

4 Contoh Email Marketing yang Menarik dan Baik untuk Dicoba

Menjalankan bisnis dan ingin mengembangkannya tentu saja diperlukan beberapa strategi dan salah satunya yakni email marketing. strategi ini telah banyak dipraktikkan brand besar hingga sekarang, bahkan dengan kemajuan teknologi contoh email marketing yang menarik mudah untuk ditemukan.

Melihat hal tersebut menjadi pertanda jika pemasaran lewat email masih tergolong efektif dari dulu hingga hari ini, Maka dari itu email marketing masih di pertahankan oleh semua digital marketer untuk menjadi salah satu solusi strategy marketing. Lebih jelasnya mengenai email marketing.

Apa itu Email Marketing?

Email marketing merupakan salah satu bentuk dari digital marketing dan memanfaatkan media email guna mempromosikan suatu produk maupun suatu layanan bisnis.

Email marketing sangat membantu pelanggan bisnis guna memperoleh informasi terkait produk ataupun penawaran terbaru. Hal ini memungkinkan pelanggan tertarik membeli produk terbaru dan memperoleh diskon khusus.

Penggunaan email marketing bertujuan meningkatkan promosi produk, brand awareness dan membangun hubungan bersama pelanggan.

Dikarenakan salah satu dari tujuannya untuk engagement, maka email marketing masuk ke dalam Customer Relationship Marketing (CRM).

Pentingnya Email Marketing

Peran penting dari email marketing

Memang ketika dibandingkan bersama metode marketing lainnya penggunaan email marketing akan tampak lebih tradisional. Pemasaran ini berbeda dengan media sosial marketing yang dapat membuat penerimanya langsung memberikan komentar pada produk yang diberikan.

Namun jika pemasaran bertujuan untuk membangun hubungan jangka panjang, maka teknik ini bisa menjadi pilihan tepat. Teknik ini bisa menarik minat para pelanggan dan membuatnya menjadi lebih setia.
Ketika pelanggan sudah loyal, maka pelanggan bukan hanya membaca email yang dikirimkan. Namun pelanggan juga merasa sabar menunggu kapan lagi perusahaan mengirimkan email terkait produk terbarunya.

Email marketing tergolong penting dikarenakan berpotensi mengakuisisi konsumen baru lebih besar jika dibandingkan lainnya. bahkan keberhasilan akuisisi konsumennya bisa mencapai 81% lebih besar dibandingkan social media marketing.

Poin penting lainnya yakni biayanya yang tergolong murah. Bahkan ketika ada email yang dikirimkan seharga 1$ maka mempunyai potensi keuntungan mencapai 40$.

Baca Juga: 10 Manfaat Email Marketing Terhadap Pengembangan Bisnis 

Keuntungan Menggunakan Email Marketing

Strategi marketing ini memang sudah lama namun memang tidak pernah usang. Ini karena manfaat serta keuntungan yang dimiliki ketika pelaku usaha menerapkan strategi ini. Lebih jelasnya maka berikut keuntungan yang bisa diperoleh.

1. Meningkatkan Brand Awareness

Setiap email komersial dikirimkan pada pelanggan, awareness atau kesadaran pada produk, brand, dan layanan kian meningkat. Jadi secara tidak langsung bisa membantu dalam menjaga nama brand atau perusahaan agar tetap diingat.

2. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Loyalitas dan kepercayaan menjadi meningkat ketika strategi ini diterapkan. Guna mencapai tujuan tersebut maka informasi terkait contoh email marketing yang menarik perlu untuk terus diupdate. Email yang dikirimkan jangan hanya seputar penawaran produk saja.

Pilih konten yang berpotensi untuk disenangi pelanggan maupun calon pelanggan. Email tersebut dapat membantu calon pelanggan dalam mengenal serta mempercayai bisnis Anda.

3. Mudah Digunakan

Mudah dalam penggunaannya merupakan kelebihan lainnya. tidak perlu merancang email marketing sendiri karena sudah tersedia banyak perusahaan digital marketing yang akan membantu. Anda hanya perlu untuk mempersiapkan konten dan juga daftar email para penerima.

4. Mampu Menyesuaikan Segmentasi Pasar

Sebelum mengirimkan email yang berisikan pesan komersial kepada pelanggan kalian dapat menyesuaikan segmentasi pasar yang didasarkan pada minat, perilaku, dan demografi. Ketika data tersebut telah dimiliki maka Anda hanya perlu untuk memiliki mengirimkan email tadi ke kelompok mana.

Pemilihan segmentasi akan memudahkan dalam penentuan jenis konten yang nantinya akan dikirimkan. Pemilihan segmentasi pasar dapat meningkatkan efektivitas strategi pemasaran.

5. Mudah Untuk Diukur

Pengukurannya mudah karena terdapat laporan pada setiap email yang telah dikirimkan ke pelanggan ataupun calon pelanggan. Laporan tadi berisikan rasio klik, penayangan, buka email, email tidak terkirim dan rasio konversinya.

Data dalam laporan tadi menjadi tolok ukur guna mengetahui keberhasilan pada strategi marketing. sehingga bisa dijadikan acuan ketika melakukan evaluasi.

Contoh Email Marketing

Hal menarik pada email marketing yakni bisa mengirimkan banyak jenis konten seperti penawaran, promosi, sampai newsletter. Lebih jelasnya berikut adalah contoh email marketing yang menarik.

1. Email Marketing Promosi

email promosi

Email marketing dari Sayurbox merupakan salah satu contoh yang menarik. Penulisan subject email yang mampu menarik perhatian konsumen yakni waktunya special discount akhir pekan. Selanjutnya penulisan kalimat pembuka lebih dahulu dan menjelaskan mengenai besaran diskon ataupun promosi yang ditawarkan.

Di bawah kalimat pembuka, langsung diberikan produk rekomendasi yang tengah diskon. Jadi konsumen bisa memperoleh gambaran tentang produk semacam apa yang tengah diskon dan potongan harganya. Pada bagian akhirnya terdapat CTA yang berguna mengajak konsumen untuk membeli.

2. Email Marketing Penawaran

Email Marketing Penawaran

Contoh email marketing yang menarik lainnya dari GoPay berupa penawaran. Sejatinya email marketing yang berisikan penawaran tidaklah rumit karena dapat langsung memberikan informasi terkait penawaran saja.

Poin yang perlu diperhatikan yakni bagian subject. Pastikan subject emailnya harus bisa menarik perhatian dari konsumen dan buatlah semenarik mungkin serta relasi dengan konsumen. Jangan lupa menyertakan CTA serta arahkan ke link di mana konsumen bisa melakukan proses pembelian.

3. Email Marketing Update

email marketing update

Contoh email marketing yang menarik selanjutnya terkait dengan update mengenai fitur di aplikasi ataupun website. Anda hanya perlu menjelaskan perubahan apa saja yang ada secara singkat entah itu di bagian subject ataupun isi email. Nantinya berikanlah CTA yang akan mengarah ke penjelasan terkait perubahan tadi.

Contoh email marketing menarik di atas merupakan contoh dari Sayurbox. Email marketing di atas isinya suatu update dari fitur atau ketentuan yang berlaku pada aplikasi mereka. Dalam pembuatan email marketing seperti itu, Anda hanya perlu memberi sedikit penjelasan tentang perubahan apa saja yang ada dengan singkat, baik pada subject email ataupun isi email. Kemudian, berikan CTA menjelaskan perubahannya secara lengkap.

4. Email Marketing Konten

Email Marketing Konten

Email marketing tidak hanya berisikan pemberitahuan, penawaran, dan promosi saja. Nantinya Anda bisa mengirimkan tips, konten informatif, dan lainnya lewat email marketing. Salah satu contohnya dari blu by BCA Digital yang mengirimkan email berisikan tips mengatur keuangan ketika tanggal tua. Anda hanya perlu menyesuaikan isi email dengan bidang yang Anda geluti saja.

Bagian isi email harus berisikan sedikit penjelasan terkait konten yang akan diberikan. Pastikan konten tadi akan membuat konsumen menjadi penasaran serta ingin membaca kontennya dengan lengkap. Pastikan CTA-nya mengarah ke konten yang dibuat entah itu video, artikel ataupun podcast.

Itulah informasi terkait email marketing dan juga beberapa contoh email marketing yang menarik untuk Anda contoh. Supaya pembuatan email marketing lebih tepat sasaran maka perdalam pengetahuan dengan mengikuti kelas digital marketing di Course-Net.

Sistem pemasaran digital berbeda dengan pemasaran tradisional. Maka apa pun strategi yang dipergunakan di dalamnya, Anda perlu memperdalam digital marketing dengan lebih baik.

Artikel Terkait

apa itu target market
Digital Marketing
Minet Course-Net

Target Market dalam Bisnis

Target market atau target pasar adalah sekelompok orang yang menjadi fokus utama suatu perusahaan dalam pemasaran produk atau layanannya. Dalam era persaingan bisnis yang semakin

Read More »

Tags

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!

Mau Berkarir Di Bidang Digital Marketing? Tapi Ga punya Basic IT

Kursus di Course-Net, Anda akan didampingi langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. 100.000++ ORANG DARI LEVEL MAHASISWA, STAFF, MANAGER, HINGGA BUSINESS OWNER TELAH BERGABUNG BERSAMA DI COURSE-NET INDONESIA DAN TERUS BERTAMBAH! Jadi Kapan giliran Anda ikut kursus di Course-Net?