course-net
Search
Close this search box.

Home >

CTR Adalah: Rumus dan Cara Meningkatkan CTR Organik

Wednesday, 21 February 2024 4:27 PM

ctr

CTR adalah jumlah pengunjung yang klik iklan yang Anda pasang di suatu web. CTR merupakan salah satu metrik yang sangat penting di dalam bidang digital marketing. Apabila impression penayangan tinggi, namun kliknya sedikit kemungkinan cara Anda beriklan masih kurang optimal.

CTR adalah singkatan dari Click Through Rate yang bisa dioptimalkan serta ditingkatkan secara organik hingga menghasilkan jumlah klik yang besar apabila dioptimalkan dengan baik. CTR juga bisa dilakukan di media sosial dan salah satu contohnya adalah FB. Selain itu, CTR FB ads adalah jumlah pengunjung yang klik iklan yang Anda pasang melalui Facebook.

Rumus CTR

Click Through Rate
Sumber : Kargo

Agar mengetahui jumlah klik yang diperoleh sudah sesuai atau tidak, maka Anda harus menghitung rumus CTR. Nah, rumus CTR adalah:

CTR = Jumlah total klik : total tayangan

CTR adalah persentase orang yang sudah klik tautan, tombol maupun visual email dibagi jumlah total email yang terbuka.

Cara menghitung rumus CTR yaitu bisa melakukan perhitungan secara tepat dan juga akurat. Contoh rumus penerapan rumus menghitung CTR, yaitu:

Halaman website Anda mempunyai impression dengan kata kunci “cara memulai bisnis” adalah 10.000. Nah, jumlah klik yang diperoleh adalah 1000.

Cara menghitung CTR adalah:

CTR = jumlah total klik

CTR = 1.000 : 10.000 = 0,1.

Jadi, CTR situs web Anda di bawah 10%.

CTR situs web Anda masih tergolong rendah, sehingga Anda harus mendapatkan organik CTR tinggi karena berpengaruh dengan pendapatan klik pada hasil pencarian Google. Selain itu, Anda juga perlu belajar digital marketing agar mendapatkan traffik dan penjualan lebih banyak melalui kursus digital marketing di CourseNet.

Cara Meningkatkan CTR Organik

Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan CTR organik pada web. Nah, cara jitu meningkatkan CTR adalah:

1. Membuat Title Tak Unik dan Mengandung Kata Kunci

Cobalah membuat tag judul yang lebih unik di setiap halaman web Anda yang bisa memberitahukan orang-orang mengenai tentang isi halamannya. Tag judul ini jadi salah satu elemen SEO on-page paling penting sebab dapat memberi tahu mesin pencari dan pembaca mengenai website.

Tag judul yang Anda berikan di halaman terlihat pada tiga tempat utama, yaitu di halaman hasil pencarian, browser dan situs eksternal. Khususnya pada situs media sosial yang menampilkan link ke dalam artikel Anda. Contohnya di TikTok dan CTR TikTok adalah jumlah pengguna TikTok yang klik iklan Anda.

2. Mengecek Click-through-rate Website Saat Ini

Anda juga perlu mengecek click-through-rate web saat ini dengan menggunakan Google analytics. Di Google Analytics ini terdapat 2 tempat yang bisa Anda lihat informasinya, yaitu dengan memilih Acquisiton – Search – Console – Queries. Cara ini dilakukan agar bisa melihat pertanyaan-pertanyaan maupun kata kunci apa yang merujuk ke dalam web Anda.

Hasil laporan yang diberikan berupa jumlah impression, klik, CTR serta posisi rata-rata pada halaman hasil pencarian. Semuanya adalah data-data penting yang bisa dilihat dan juga disimpan, kemudian dianalisa secara rutin. Hal ini sangat berguna untuk meningkatkan CTR adsense Anda.

CTR adsense adalah jumlah klik tayang iklan Anda yang diklik yang diterima dibandingkan jumlah tampilan iklan. Umumnya CTR adsense bisa dihitung dengan cara jumlah iklan dikali 100 dan dibagi jumlah tampilan iklan.

3. Memakai Skema Mark-up pada Halaman Web

Schema mark-up adalah salah satu elemen penting juga untuk membantu konten interaktif dan kaya supaya muncul di halaman pertama mesin pencarian. Umumnya infobox yang muncul teratas di hasil penelusuran jika skema yang Anda miliki tepat dengan yang dicari oleh algoritma Google.

Semakin sering melihat infobox meningkat di puncak hasil penelusuran, maka semakin sering juga Anda melihat ini dapat mempengaruhi hasil organik.

4. Membuat Deskripsi Meta Tags secara Jelas

Anda juga harus memperhatikan meta taks, yang merupakan paragraf pendek yang terletak di bawah judul Anda saat websitenya muncul di halaman pencarian. Fungsi dari meta tags adalah memberitahukan pengunjung website yang dapat mereka harapkan dari klik link tersebut.

Jika Anda menulis deskripsi tag sendiri, search engine dapat menampilkan kalimat yang berkaitan dengan kata kunci yang dicari untuk memberikan tanpa jika website Anda mempunyai informasi yang dicari. Itulah sebabnya CTR ads adalah salah satu hal penting untuk Anda tingkatkan.

5. Memasukkan Image di Post

Image cukup membantu menarik perhatian dan hal ini sudah bukan jadi rahasia umum lagi. Terlebih lagi di suatu konten, baik di website maupun media sosial. Anda perlu memastikan jika visual yang Anda masukkan pada konten adalah gambar original serta relevan dengan isi kontennya.

6. Memanfaatkan Fitur Fetch as Google pada Google Search Console

Cobalah memanfaatkan fitur fetch as Google untuk memodifikasi tag pada web Anda dengan cara klik option satu ini. Apabila sudah berada di layar tersebut, Anda bisa klik fetch as Google. Apabila Anda sudah mengizinkan Google untuk melakukan indeks web, Anda bisa melihat data baru dengan kurun waktu seminggu.

Di sanalah Anda bisa kembali ke search traffic – seacrh analytics untuk melihat adanya perubahan yang berpengaruh dengan CTR iklan atau ads. Nah, CTR iklan adalah jumlah klik yang didapatkan iklan dibagi dengan frekuensi iklan yang ditampilkan.

7. Mengoptimasikan URL

Cara berikutnya meningkatkan CTR adalah dengan mengoptimalkan URL dan Anda pasti sudah paham URL adalah elemen penting pada strategi SEO dan juga untuk meningkatkan CTR. URL dapat menarik perhatikan supaya orang klik link ke dalam halaman website Anda. jejak, panjang dan kategori URP bisa mempengaruhi hasil pencarian.

Saat Anda menerbitkan suatu halaman web dan mengkategorikan hingga memasukkan halaman ke sub kategori sangatlah penting. Hal ini dapat membantu untuk menambah kesempatan memakai kata kunci dan meningkatkan visibilitas di mesin pencarian.

8. Melokalisasikan Konten

Cara meningkatkan CTR adalah lokalisasikan konten dengan baik. Pada 5 tahun terakhir ini, Google menyadari jika ada perubahan yang banyak orang memakai smartphone maupun tablet karena jumlah melalui smartphone meningkat. Saat menggunakan mobile device saat mencari sesuatu merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi apa yang dicari yaitu lokasi kita berada.

9. Memakai List pada Artikel

Gunakan daftar tahu list pada artikel, seperti contohnya “10 Cara Meningkatkan CTR Organik” yang kerap. Artikel yang mengandung list akan lebih populer dan orang-orang lebih tertarik untuk membaca artikelnya. Anda juga bisa membuat artikel panduan step-by-step sebab hal ini juga dapat dihitung sebagai daftar atau listicles.

Apalagi CTR adalah marketing yang sangat penting untuk bisnis Anda untuk meningkatkan penjualan melalui online. Itulah sebabnya Anda harus menghitung berapa jumlah pengunjung yang klik iklan atau link ke web Anda.

10. Memastikan Waktu Loading Website Tidak Lambat

Klik tidak dihitung apabila halaman Anda tidak loading pada saat yang sama. Itulah sebabnya kecepatan website merupakan hal penting dalam meningkatkan klik yang ingin diperoleh dan juga user experience bagi pengunjung web Anda.

Nah, jadi CTR adalah jumlah pengunjung yang klik iklan yang Anda pasang di suatu web.

Kursus Digital Marketing di Course-Net Di Jamin SAMPAI BISA!

Masih Ga percaya ? Nih Testimoni Alumni Course-Net Yang Udah Belajar Digital Marketing

Play Video about kursus digital marketing

Tertarik mau berkarir dibidang digital marketing? Saatnya kamu ambil keputusan ini. Klik  dibawah ini untuk informasi berkaitan tentang kursus digital marketing yang tersedia di Course-Net.

SAYA BERMINAT, SAYA MAU IKUT KURSUS DIGITAL MARKETING

Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat untuk anda. Simak terus berita IT seputar digital marketing. Demikianlah artikel hari ini, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang ingin mengetahui tentang digital marketing.

Artikel Terkait

Tags

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Subscribe Sekarang!

Dapatkan berita & artikel terbaru seputar IT Gratis!

Mau Berkarir Di Bidang Digital Marketing? Tapi Ga punya Basic IT

Kursus di Course-Net, Anda akan didampingi langsung oleh Coach Praktisi Aktif kelas Dunia yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. 100.000++ ORANG DARI LEVEL MAHASISWA, STAFF, MANAGER, HINGGA BUSINESS OWNER TELAH BERGABUNG BERSAMA DI COURSE-NET INDONESIA DAN TERUS BERTAMBAH! Jadi Kapan giliran Anda ikut kursus di Course-Net?